alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5259fe57108b465a4e00000c/jokowi-gak-usah-ada-mobil-murah-saja-udah-macet
Jokowi: Gak Usah Ada Mobil Murah Saja Udah Macet
Quote:REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Kehadiran mobil murah ramah lingkungan (LCGC) serbu pasar otomotif tanah air. Bagai pisau bermata dua, satu sisi mudahkan masyarakat memiliki kendaraan roda empat, sisi lainnya dikhawatirkan menambah masalah macet ibu kota. Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) pun angkat bicara akan hal tersebut.

“Gak usah ada mobil murah saja udah macet tiap hari gini,” keluh Jokowi kepada Republika. “Macet belum selesai udah datang mobil murah,” tambahnya.

Untuk mengurai kemacetan Jokowi lebih fokus memperbaiki transportasi umum. Ia sendiri telah merencanakan untuk menambah armada Trans Jakarta dan Metromini. “Busway nanti saya tambah 450an, metromini 400an hingga akhir tahun,” terangnya.

Selain itu, monorail dan MRT juga menjadi solusi kemacetan di Jakarta. Transportasi masal tersebut diperkirakan akan rampung dalam beberapa tahun kedepan. ‘Monorail masih 3,5 tahun, MRT masih 6 tahun, “ ungkap Jokowi.

Transportasi masal memang menjadi prioritas utama dalam mengurai macet jakarta. Jokowi berharap semua proyek transportasi masal akan terealisasi. “Tidak macet itu setelah MRT jadi, Mono Rail jadi, Elevated Rail jadi, ditambah Busway dibelokin menjadi feeder,” paparnya.

Jokowi menjelaskan, bila fokus dan serius dikerjakan, mega proyek ini bisa kelar 8-10 tahun mendatang. Apakah macet akan sirna di Jakarta? Tentu manjadi harapan semua masyarakat.

Videografer: Casilda/Fian Firatmaja
Reporter : Fian Firatmaja
Redaktur : Sadly Rachman


Nanti jangan salahin jokowi kalo nambah macet dengan alasan program jokowi ga jalan
yang harusnya disalahin adalah yang beli mobil murah

ane masih inget di tv one, ada wawancara antara Sutan Bhatoegana dan 2 narasumber lain (ane lupa siapa) ... Sutan Bhatoegana ngomong bahwa rakyat ( menengah ke bawah) harus bisa menikmati mobil murahemoticon-Najis (S), setelah itu barulah kita benahi infrastruktur...lalu narasumber yang lain menyanggah dan bilang " anda (sutan) harusnya berfikir sistematis dong, kita harus bangun infrastruktur dulu baru mikirin mobil(public transportation),..gitulah kurang lebih ane nangkepnya

menurut ane, ada politik ini mah , udah bisa ketebak

Quote:
Sutan Demokrat: Mobil Murah, Pemerintah dan Rakyat Untung
Oleh Silvanus Alvin

Liputan6.com, Jakarta : Ketua DPP Partai Demokrat Sutan Bhatoegana mengatakan tidak hanya pemerintah pusat yang diuntungkan oleh kebijakan mobil murah ramah lingkungan. Kebijakan tersebut juga menguntungkan rakyat.

"Bicara keuntungan, semua untung. Pemerintah untung lewat devisa, dari devisa balik ke rakyat. Jadi rakyat juga untung, karena negara kan punya rakyat," kata Sutan dalam perbincangan dengan Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (28/9/2013).

Sutan mengatakan keuntungan mobil murah melakui kebijakan low cost green car (LCGC) itu tidak bisa disebut hanya menguntungkan Partai Demokrat sebagai penyokong utama pemerintahan SBY. Menurut dia, memang kebetulan SBY merupakan Ketua Umum Demokrat.

"Jangan apa-apa Demokrat diuntungkan. Kan negara ini koalisi, ada partai lain juga kan," imbuhnya.

Sutan menilai, kebijakan mobil murah ramah lingkungan ini berguna untuk menangkal serangan pasar bebas pada 2015 mendatang. Pada masa mendatang, diperkirakan mobil-mobil luar negeri semakin merajalela di Indonesia. Sehingga dengan program mobil murah itu, serangan mobil luar negeri bisa dikendalikan.

"Kalau kita tidak bikin murah ini, mobil dari luar nanti saat pasar bebas 2015, kita nggak bisa apa-apa. Saat kita ada mobil murah, mobil mereka nggak laku," ungkap Sutan.

Kebijakan mobil murah itu dinilai politis karena diluncurkan jelang pemilihan umum. Menurut Analis Kebijakan Publik Dinna Wisnu, hanya pemerintah yang berkuasa saat inilah yang diuntungkan dengan kebijakan ini.

Dinna menjelaskan, dengan kebijakan ini pemerintah tampak ingin mendorong masyarakat Indonesia dari berbagai elemen untuk membeli mobil-mobil yang sedang dipasarkan sekarang. Implikasi dari pembelian mobil itu, akan terjadi pertumbuhan ekonomi.

"Pertumbuhan ekonomi itu kan dari konsumsi-konsumsi yang dilakukan oleh masyarakat. Tapi ini jadi masalah, untuk pemerintah baru nanti yang akan terpilih. Yang baru yang akan membereskan," kata Dinna. (Eks/Sss)

sumber





Quote:Penjualan Mobil Cetak Rekor Tertinggi
Dadan Kuswaraharja - detikOto
Sabtu, 12/10/2013 05:46 WIB

Jakarta -Penjualan mobil di Indonesia selama bulan September kemarin mencetak rekor tertinggi. Untuk pengiriman mobil ke diler (wholesales) di bulan tersebut sebanyak 115.921 unit.

Demikian data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia yang dikutip detikOto, Sabtu (12/10/2013).

Pasar mobil di bulan lalu bergairah karena adanya pameran berskala besar Indonesia International Motor Show.

"Hasil penjualan Honda di tahun ini terutama bulan September ini sangat menggembirakan karena tidak hanya memperlihatkan tren penjualan yang terus meningkat di tahun ini, tetapi juga pertumbuhan penjualan yang dicapai seluruh produk Honda dibandingkan tahun lalu," ujar Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy.

Honda sendiri di bulan September mencetak angka penjualan sebanyak 7.600 unit, meningkat 83% dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 4.163 unit.

Dengan demikian, penjualan Honda di tahun ini telah mencapai 69.610 dengan pangsa pasar sebesar 7,7%. Angka tersebut meningkat 50% dibanding periode yang sama di tahun 2012 lalu yang tercatat sebanyak 46.372 unit dengan pangsa pasar 5,7%.

Jonfis berharap tren peningkatan penjualan mobil ini terus berlanjut pada bulan-bulan berikutnya.

Walhasil, dengan penjualan mobil yang mencapai rekor tersebut, secara keseluruhan angka penjualan mobil semua merek selama tahun ini sudah mencapai 908.279 unit . Jadi dengan sisa 3 bulan, target penjualan mobil sebesar 1,1 juta unit akan dapat tercapai.

"Saya rasa akan terlampaui, tapi pastinya tidak bisa diketahui yang jelas lebih dari 1,1 juta," ujar Ketua Gaikindo Johnny Darmawan.

[URL="http://oto.detik..com/read/2013/10/12/054610/2385129/1207/penjualan-mobil-cetak-rekor-tertinggi"]sumber [/URL]


selamat menikmati macet brother, jakarta dan sekitarnya ( termasuk bandung kayaknyaemoticon-Berduka (S))
bayangin kalo jakarta sperti ini
dead lock
Jokowi: Gak Usah Ada Mobil Murah Saja Udah Macet
karek nyaho tah
Spoiler for ??:



kalo mau belajar dari singapure untuk mengatasi kemacetan

Quote:
SINGAPURA, KOMPAS.com — Pertumbuhan kendaraan di Jakarta memang tidak sebanding dengan perkembangan jalan di Jakarta. Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan DKI, setiap hari setidaknya ada lebih dari 1.000 kendaraan bermotor baru turun ke jalan di Jakarta. Hal ini jauh berbeda dengan Singapura yang memiliki banyak peraturan bagi warga yang ingin mempunyai kendaraan pribadi.

Manajer Komunikasi Land Transport Authority (LTA), Khrisna, menjelaskan, di Singapura banyak aturan yang membuat warganya berpikir terlebih dahulu untuk memiliki kendaraan pribadi. Selain kebijakan pajak yang tinggi bagi kendaraan pribadi, usia kepemilikan kendaraan di Singapura juga dibatasi hanya 10 tahun.

"Izin untuk memiliki kendaraan pribadi di Singapura memang tidak mudah. Ada yang namanya Vehicle Quota System dan juga Preferential Additional Registration Fee (PARF)," kata Khrisna di LTA Gallery, Singapura, Jumat (23/3/2012).

Vehicle Quota System atau sistem kuota kendaraan ini, lanjutnya, mengatur pertumbuhan kendaraan di Singapura sejak tahun 1990. Berdasarkan kebijakan ini, jumlah kendaraan baru yang berhak melakukan registrasi izin didasarkan pada data pertumbuhan kendaraan dan jumlah kendaraan yang sudah habis masa berlakunya.

Sementara preferential additional registration fee (PARF) ini sudah dilakukan pada tahun 1975 yang bertujuan mendorong para pemilik kendaraan pribadi untuk membuang atau menyudahi pemakaiannya sebelum masa berlaku 10 tahun habis. Biaya untuk PARF ini hampir sama dengan biaya untuk memiliki kendaraan baru lagi sehingga banyak penduduk Singapura yang memilih untuk menyudahi pemakaian dan kemudian membeli baru.


"Jadi kendaraan yang di Singapura sebagian besar memang kendaraan baru sehingga keamanan kendaraannya terjamin dan bebas polusi emisi gas buang," ujar Khrisna.

Tidak hanya itu, kebijakan electronic road pricing (ERP) juga membuat penduduk Singapura mempertimbangkan keputusannya untuk memiliki kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Ditambah lagi, sulitnya mencari lahan parkir sehingga harus parkir di dalam gedung yang tarifnya tidak murah. "Harus seperti itu. Jika tidak maka kemacetan yang akan terjadi. Dengan banyaknya aturan itu, kami juga imbangi dengan pembangunan dan perbaikan transportasi massal tanpa henti," tandasnya.


emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)

Kalo mau jujur:
mobil Esemka yang dulu didorong mantan Walikota Solo Joko Widodo sebagai mobil nasional, tak jauh beda dengan kebijakan mobil murah ramah lingkungan yang kini dikeluarkan pemerintahan SBY.

Jokowi: Gak Usah Ada Mobil Murah Saja Udah Macet



wahh ini isyu LGCC jadi hilang ditelan bumi gara2 kemenangan di penyisihan AFC

kerjaan istana pengalih isyu emoticon-Mad:
emoticon-Ngacir
udah ngga usah banyak protes selesaikan saja itu MRT jangan sampai mangkrak
Quote:Original Posted By mengapakamumalu

Kalo mau jujur:
mobil Esemka yang dulu didorong mantan Walikota Solo Joko Widodo sebagai mobil nasional, tak jauh beda dengan kebijakan mobil murah ramah lingkungan yang kini dikeluarkan pemerintahan SBY.

Jokowi: Gak Usah Ada Mobil Murah Saja Udah Macet


yoi bener tapi mobil murah sekarang produsennya tetap industri otomotif asing toh?
harusnya pemerintah dukung mobil esemka dengan dimudahkan perizinannya segala macemnya



Biasalah, menjelang 2014.
Aji mumpung masih berkuasa, masih bisa bikin aturan untuk cari dana masukan buat kampanye.
Quote:Original Posted By deniswise
udah ngga usah banyak protes selesaikan saja itu MRT jangan sampai mangkrak


kalo MRT udah direalisasi jangan pada protes ya gan emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By deniswise
udah ngga usah banyak protes selesaikan saja itu MRT jangan sampai mangkrak


anak alay nih

makan omongan sendiri loh jokwi

lalau ESEMKA yang dulu lu banggain tuh mau di kemanain jokwi?...
ane jdi ragubpilih RI 1 buat ente bru jd gubernur aje ente dh mkn omongan sendiri gimna jd presiden?.....emoticon-Bingung.....
Asal bukan karena munafik atau egois aja..
protes2 tpi dianya kgak pernah naik busway atau kereta ke kantor
cuma karena gak ingin punya saingan aja di jalan

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Macet bukan hanya masalah jumlah kendaraan, tpi karena org pda gak mau beralih menggunakan transportasi umum
Tp klo di suruh naik bus### ogahlah kapok di dempet2 ac nya bocor lg jalurnya ga steril,mending naik kendaraan pribadi
jelas macet banget, lha blom keluar mobil lcgc aja dah macet akut. gimana ntar kalo lcgc udah nyebar? ntar yang banyak beli dan make ya seputaran Jabodetabek..

di Kalimantan mah gak laku, emang bisa mobil LCGC nempuh medan kayak gini:
Jokowi: Gak Usah Ada Mobil Murah Saja Udah Macet
Jokowi: Gak Usah Ada Mobil Murah Saja Udah Macet
emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By kardozo
Tp klo di suruh naik bus### ogahlah kapok di dempet2 ac nya bocor lg jalurnya ga steril,mending naik kendaraan pribadi


Quote:Original Posted By kefarhat.abbis
Asal bukan karena munafik atau egois aja..
protes2 tpi dianya kgak pernah naik busway atau kereta ke kantor
cuma karena gak ingin punya saingan aja di jalan

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Macet bukan hanya masalah jumlah kendaraan, tpi karena org pda gak mau beralih menggunakan transportasi umum


sabar aja gan, jokowi juga kan baru setahun
butuh proses buat bikin transportasi public yang baik dan nyaman
jokowi tuh butuh dukungan gan,ga bisa kerja sendiri..butuh dukungan masyarakat dan pemerintah..jangan mau nerima enaknya aja.. butuh dukungan dan proses

setuju banget ini sama pak jokowi
pemerintah pusat bisanya cuman nyusahin aja ga pernah bantuin pemdanya
Quote:Original Posted By vss1992
setuju banget ini sama pak jokowi
pemerintah pusat bisanya cuman nyusahin aja ga pernah bantuin pemdanya


Pertama ane gak sepakat disebut mobil LCGC karena gak ada sangkut paut ma low cost green car - harga mahal, gak bisa isi bensin subsidi, namanya bahan bakar fosil pasti merusak ozon, kalo mobilnya warna ijo bolehlah disebut green car.


Gak semudah itu gan..
Harus dilihat dari dua sudut pandang yang berbeda..

Keberadaan mobil murah ini dapat menyerap tenaga kerja yang tidak sedikit, sebagian besar komponen lokal dalam artian industri dalam negri hidup dan dapat meningkatkan pendapatan per kapita penduduk dan pertumbuhan ekonomi Indonesia terlepas dari perusahaan otomotif itu milik asing, tetap kalo mobilnya dapat keringanan pajak, tapi kan onderdil dan sparepart, supplier industri tetap aja PPN 10% emoticon-Hammer

Apakah hanya menguntungkan Pulau Jawa? Tidak.
Bahan baku dari sparepart mobil itu tersebar di seluruh antero Sabang sampai Merauke. (gak perlu jelasin ngertilah yah)

Kalo pemikiran pihak DKI kan menambah macet. Yah itu pun tidak salah koq..

Makanya Pemprov DKI "bermain" di sistem parkiran, ERP, pembatasan usia kendaraan, dan memaksimalan angkutan massal, seperti MRT dan busway..

Setiap kebijakan pasti ada yang diuntungkan dan dirugikan, tidak semua kebijakan itu harus menguntukngkan saja,. Tinggal mana yang lebih berguna untuk mensejahterakan orang banyak kan ?


1. Coba pikirkan untuk tutup dulu akses masuk-keluar Bodetabek ke DKI Jakarta, jangan sampai ada kendaraan pribadi (mobil dan motor) dari luar yang menambah kemacetan jalan DKI Jakarta yang memang sempit. Lumayan untuk mengurangi arus komuter dan urbanisasi.
2. Coba pikirkan untuk larang truk-kontainer (terutama di Jakarta Utara dan Barat) beroperasi di luar pukul 22:00-05:00 WIB
3. Coba pikirkan untuk larang sepeda motor beroperasi di DKI Jakarta
4. Coba pikirkan untuk peraturan 1 Kartu Keluarga hanya boleh memilliki 1 unit kendaraan mobil (mau mobil murah kek, mau Lamborgini kek terserah) dan bukti bayar parkir tahunan/ garasi luas, tidak boleh parkir di depan ruko/ rumah/ pinggir jalan
5. Coba pikirkan untuk membenahi dan memperbanyak angkutan massal. MRT di bawah tanah, monorail/ LRT di atas jalan, bus umum yang nyaman yang hanya berhenti di halte.
6. Coba pikirkan untuk perlebar jalan umum dan trotoar, bayar ganti rugi sepantasnya untuk pemilik SHM yang luas wilayahnya dipotong untuk kepentingan pelebaran jalan
mending pokus ke mrt aja deh
Quote:Original Posted By vss1992
setuju banget ini sama pak jokowi
pemerintah pusat bisanya cuman nyusahin aja ga pernah bantuin pemdanya


Kayaknya ini sengaja kebijakan pemerintah untuk cari dana buat 2014. Mumpung masih berkuasa, gan.
Project MRT juga bakal bikin macet emoticon-Ngakak