alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5258dc5c1acb17d63d000005/ketua-apindo-ngeluh-banyak-cuti-bersama-di-indonesia
Ketua APINDO Ngeluh Banyak Cuti Bersama di Indonesia
Ketua APINDO Ngeluh Banyak Cuti Bersama di Indonesia

Jakarta - Para pengusaha merasa dirugikan akibat banyaknya cuti bersama di Indonesia. Mereka khawatir kebijakan cuti bersama mengganggu kegiatan produksi industri dalam negeri yang seharusnya bisa dimaksimalkan.

"Itu menggangu kita lah, kalau cuti jangan terlalu banyak, jadi kita susah," tegas Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi saat ditemui di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Jumat (11/10/2013).

Menurutnya, harus ada upaya yang keras agar dapat bersaing dari produk-produk impor. Apalagi ke depan, perdagangan akan sangat terbuka seperti berlangsungnya masyarakat ekonomi ASEAN atau ASEAN Economic Community (AEC). Sehingga, menurut Sofjan cuti bersama harus dikurangi.

"Kita terlalu banyak cuti, ini kita harus kerja keras, dunia lagi persaingan, ini banyak cuti berkurang lah cuti itu," pungkasnya.

Berikut daftar lengkap Hari Libur Nasional dan Cuti bersama 2014:



1 Januari, Rabu, Tahun Baru 2014
14 Januari, Selasa, Maulid Nabi Muhammad SAW
31 Januari, Jumat, Tahun Baru Imlek 2565 Kongzili
31 Maret, Senin, Nyepi Tahun Baru Saka 1936
18 April, Jumat, Wafat Isa Al Masih
1 Mei, Kamis, Memperingati Hari Buruh Internasional
15 Mei, Kamis, Hari Raya Waisak 2558
27 Mei, Selasa, Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW
29 Mei, Kamis, Kenaikan Isa Al Masih
28-29 Juli, Senin-Selasa, Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah
17 Agustus, Minggu, Hari Kemerdekaan RI
5 Oktober, Minggu, Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriah
25 Oktober, Sabtu, Tahun Baru Islam 1436 Hijriah
25 Desember, Kamis, Hari Raya Natal

Jakarta -

30-31 Juli dan 1 Agustus (Rabu-Jumat) untuk Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah.
26 Desember, Jumat, untuk Hari Raya Natal.

[url]http://finance.detik..com/read/2013/10/11/172443/2384901/1036/2/sofjan-wanandi-ngeluh-banyak-cuti-bersama-di-indonesia[/url]

Quote: Ahhelaahhhh.. om ini lupa ya kebiasaan penduduk indonesia..
1. “Kapan libur?” merupakan suatu pertanyaan yang sangat sering ditanyakan oleh orang Indonesia
2. anak-anak kecil di Indonesia lebih hafal lagu-lagu pop, rock, dan semacamnya daripada lagu-lagu wajib nasional Indonesia (bahkan lagu Indonesia Raya)
3. Ancol selalu ramai di hari Lebaran dan Tahun Baru
4. artis-artis Indonesia yang sudah kurang laku, mencoba peruntungan di dunia politik
5. bahasa gaul dan bahasa SMS adalah salah satu bahasa wajib di Jakarta
6. banyak orang yang tidak membeli karcis KRL Ekonomi, padahal harganya rata-rata hanya berkisar antara Rp1.500,00 – Rp2.500,00
7. banyak yang menuntut hak padahal mereka belum melakukan kewajiban
8. berbicara dengan bahasa daerah di tengah-tengah orang-orang yang tidak mengerti bahasa tersebut adalah suatu kepuasan batin
9. cinta ditolak? Dukun bertindak!
10. dangdut sangat digemari oleh masyarakat luas
11. di Indonesia, seseorang bisa jatuh pingsan ketika bertemu dengan idolanya
12. di Indonesia, setiap guru Bahasa Indonesia memiliki persepsi yang berbeda-beda tentang Bahasa Indonesia, tidak ada yang sama. Jawaban mengenai satu soal EYD (misalnya) bisa menjadi sangat rumit dan beragam (berbeda-beda) bila ditanyakan oleh guru-guru Bahasa Indonesia dari Sabang sampai Merauke
13. di setiap pesantren, Kiyai tidak pernah salah. di Gereja Pendeta bebas dari dosa
14. di setiap truk-truk pengangkut barang biasanya terdapat gambar-gambar lukisan wanita di bagian belakang
15. di universitas-universitas di Indonesia banyak remaja yang berminat belajar di Fakultas Hukum& Kedokteran
16. diberhentikan oleh polisi lalu lintas berarti harus siap-siap merogoh kocek Anda
17. Dufan adalah tempat yang cocok untuk berbagai masalah asmara dan percintaan
18. film horor selalu menjadi suatu tontonan yang ramai ditonton
19. hampir 80% tayangan stasiun televisi swasta di Indonesia adalah sinetron-sinetron yang tidak mendidik
20. hampir semua orang menyukai masakan Padang
21. hampir tidak ada orang yang mengatakan “naik bus Transjakarta”, tapi orang-orang akan mengatakan, “naik Busway”
22. hukum di Indonesia sangat payah
23. iklan-iklan SMS registrasi sangat mewabah di Indonesia
24. Jakarta itu keras
25. Jakarta selalu banjir
26. Jakarta selalu macet
27. jalan-jalan berlubang di Jakarta dan sekitarnya rata-rata baru diperbaiki ketika akan ada pemilihan lurah, camat, walikota, atau gubernur
28. kata-kata yang sangat mudah diucapkan oleh orang Indonesia adalah kata “maaf” (tapi kemudian diulangi lagi)
29. kebiasaan orang Jakarta salah satunya adalah pergi mudik ketika mendekati Lebaran dan kemudian membawa sanak saudara lainnya dari kampung untuk ikut tinggal di Jakarta
30. kebutuhan paranormal di Indonesia tidak akan pernah habis
31. kebutuhan sex remaja semakin meningkat
32. kehidupan malam di Jakarta sangat “wow”
33. kejujuran adalah hal yang kurang populer di negeri ini
34. ketika perut kosong, orang-orang bisa menjadi anarkis, tapi akan menjadi kalem bila perut sudah terisi
35. korupsi adalah hal yang lazim di Indonesia
36. korupsi tidak selalu identik dengan uang
37. koruptor punya link yang sangat bagus sehingga tidak perlu khawatir akan tindakannya
38. KRL Ekonomi di Jakarta selalu penuh sesak di pagi hari
39. KRL terlambat bukan suatu masalah baru
40. liburan ke Bali berarti orang kaya
41. mayoritas mahasiswa hobi berdemo
42. maling ayam biasanya dihabisi dan dipukuli oleh masyarakat (paling parah dibakar)
43. masalah penipuan, pembajakan, dan pemalsuan, Indonesia ahlinya!
44. masalah-masalah di Indonesia tidak pernah selesai karena di indonesia berlaku tiga macam sudut pandang, yaitu dari sisi teologi (agama), metafisik supranatural), dan ilmiah, sedangkan negara-negara maju tidak lagi memandang suatu masalah dari sudut pandang metafisik dan teologi, hanya dari masalah ilmiah saja. Ketiga sudut pandang ini tidak akan pernah bisa menyatu, itulah salah satu alasan mengapa Indonesia tidak maju-maju
45. maskapai penerbangan Indonesia sangat berani terbang bahkan dalam kondisi terburuk sekalipun
46. masyarakat muslim di Indonesia tidak pernah merayakan sholat Idul Fitri secara serempak
47. mayoritas supir-supir angkutan umum di Jakarta adalah oran Batak
48. menambahkan gelar “haji” setalah pergi ke Tanah Suci adalah suatu keharusan
49. mengemis adalah salah satu pekerjaan para perantau yang kurang berhasil di Jakarta
50. mengerjai junior ketika ospek merupakan suatu kesenangan dan kepuasan tersendiri bagi para senior
51. mengucapkan janji sangatlah mudah, tapi melaksanakannya?
52. menjadi rombongan kampanye suatu partai adalah salah satu hobi masyarakat Indonesia
53. merokok di tempat umum (bahkan dalam angkatan umum) adalah biasa dan terkesan tidak mengganggu sekitar
54. metode menyontek di kalangan pelajar semakin lama semakin berkembang dan canggih
55. musuh nomor satu angkutan umum adalah pengendara motor
56. musuh para pengendara mobil adalah segala angkatan umum ditambah pengendara motor
57. ngekost berarti bebas dari kekangan orang tua
58. orang Indonesia adalah orang-orang yang selalu merasa lebih pintar dari orang lain
59. orang Indonesia adalah orang-orang yang selalu merasa lebih religius dari orang lain
60. orang Indonesia adalah orang-orang yang selalu merasa lebih tahu segalanya
61. orang Indonesia adalah orang-orang yang selalu merasa yang paling benar
62. orang Indonesia adalah orang-orang yang selalu protes
63. orang Indonesia adalah orang-orang yang tidak bisa menerima kekalahan dengan lapang dada
64. orang Indonesia adalah orang-orang yang tidak takut mati
65. orang Indonesia adalah orang-orang yang unik yang masih ada di dunia ini
66. orang Indonesia gemar mencaci maki dengan kata-kata kotor, seperti: A****g! B**i! M****t! T*i! Dan kata-kata kotor lainnya yang berhubungan dengan alat vital manusia
67. orang Indonesia gemar menggunakan istilah asing dalam berbagai percakapan
68. orang Indonesia kadang lebih Inggris daripada orang Inggris sendiri
69. orang Indonesia sangat menyukai junk food
70.orang Indonesia bahkan lebih Arab daripada orang Arab itu sendiri
71. orang Indonesia selalu mengeluh, tapi tidak pernah mau bertindak
72. orang Indonesia selalu membuat hal sederhana menjadi hal yang rumit
73. orang Indonesia tidak pernah mau belajar dari kesalahan dan terus mengulangi kesalahan-kesalahan tersebut
74. orang Indonesia jarang mau mengerti dan menghargai orang lain
75. orang-orang cinta Jakarta sekalipun hidupnya tidak tenang di kota ini
76. orang-orang dulu mendukung SBY, tapi ketika jadi presiden, tidak sedikit orang yang menghinanya bahkan minta turun dari jabatannya, tapi yakinlah, ketika pemilu nanti orang-orang akan kembali memilih SBY
77. orang-orang Indonesia senang membuang kata-kata “jangan”, seperti JANGAN MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN, menjadi buang sampah sembarangan, lalu, JANGAN MENYELAK, menjadi menyelak, JANGAN MENYONTEK, menjadi menyontek, dan sebagainya
78. orang-orang yang duduk di DPR tidak pernah merasa puas dengan gaji yang diterimanya
79. orang-orang yang duduk di lembaga legislatif negara sangat gemar melakukan kegiatan studi banding di negara-negara lain
80. orang-orang yang sportif adalah kaum minoritas
81. pengendara motor selalu ada di barisan terdepan di lampu merah
82. pengendara motor selalu kabur ketika melakukan kesalahan
83. pengendara motor selalu lebih galak walaupun sebenarnya dia yang salah
84. pengendara motor selalu tergesa-gesa seperti dikejar setan
85. pengendara motor tidak pernah mau disalahkan
86. pengendara motor tidak pernah mau mengalah
87. pengendara motor tidak pernah taat aturan
88. PNS adalah salah satu pekerjaan yang diminati masyarakat Indonesia
89. prinsip “mangan ora mangan yang penting ngumpul” sangat berlaku diJakarta
90. rasa kesukuan di Indonesia sangat kuat daripada rasa nasionalisme terhadap Indonesia sendiri
91. rata-rata orang Indonesia pelit (bukan hemat)
92. rata-rata orang Indonesia selalu meninggikan anak-anak IPA dan menganggap remeh anak-anak IPS (padahal mayoritas anak IPA ketika kuliah nantinya memilih IPS)
93. rata-rata wanita Indonesia sangat senang bila mempunyai pacar orang asing (bule)
94. reformasi sangat dijunjung tinggi di negeri ini
95. remaja wanita sangat menyukai film horor
96. salah satu pemikiran remaja-remaja Indonesia adalah, free sex? Why not? Yang penting save sex
97. salah satu prinsip orang yang punya kekuasaan atau memiliki peran yang penting dalam suatu hal adalah, “Kalau bisa dipersulit, kenapa harus dipermudah? Kalau bisa diperlambat, kenapa harus dipercepat?”
98. semua restoran, rumah makan, dan warung makan pasti akan selalu ramai di saat waktu berbuka puasa di bulan Ramadhan
99. seni dari naik KRL Ekonomi adalah ketika orang tersebut bisa duduk di atas atap gerbong kereta dengan nyaman
100. sepeda motor adalah kendaraan favorit masyarakat

Point pertama yang terutama, "kapan Libur ?"
emoticon-Ngakak

emoticon-Hammer2


nggak cuti bersama n harpitnas aja udah sepi kantor2 pelayanan masyarakat emoticon-Big Grin
Ketua APINDO Ngeluh Banyak Cuti Bersama di Indonesia


Komen Kaskuser

Quote:Original Posted By Royler
itu mah sedikit om. masih mending Indonesia mah. coba kalo di jepang?
ada golden week, liburan musim panas dan musim dingin dan itu makan waktu gak sebentar.

APINDO baru libur segitu aja udah mewek... giliran gaji mw nya di kecil2in dan karyawan dipaksa kerja kek Romusha.

emoticon-Ngakak

woy TS... kalo mw taro di pejwan...

http://emang.wordpress.com/2010/02/0...bur-di-jepang/

"
Libur hari raya Nasional
1 Januari: Hari pertama tahun baru – Merayakan tahun baru
Januari minggu ke 2 hari Senin: Hari orang dewasa – 成人の日 (Seijin no hi) Coming of Age Day – Menyadarkan kalau sudah menjadi orang dewasa(umur 20 tahun),dan bertanggung jawab menjadi anggota masyarakat.
11 Februari: Hari berdirinya Negara Jepang -Membangun Negara dan memperdalamkan jiwa cinta terhadap negara
20 Maret (tergantung tahun) : Hari waktu yang sama lamanya dengan waktu malam hari di musim Semi - Menghargai kemurnian alam,dan pentingnya mahluk hidup.
29 April : Hari peringatan zaman Showa – Melalui hari-hari yang menggemparkan, mengingatkan kembali pencapaian pembangunan masa Showa dan membangun masa depan Negara.
3 Mei : Hari berdirinya UUD - Peringatan berdirinya UUD diJepang, mengharapkan kemajuan Negara.
4 Mei : Hari penghijauan - Bersyukur atas anugrah kemurnian yang diberikan.
5 Mei : Hari anak - Bersyukur atas pertumbuhan anak dan mengharapkan kesejahteraan anak,rasa terima kasih diberikan untuk Ibu.
Juli, minggu ke 3 hari Senin : Hari kelautan – Bersyukur atas kekayaan alam dan merharapkan kemakmuran lautan Jepang.
September,minggu ke 3 hari Senin : Hari penghormatan orang lanjut usia - Menghormati dan mencintai orang lanjut usia yang telah melewati beberapa tahun dan membangun lingkungan sosial dan juga mengharapkan panjang umur.
23 September (tergantung tahun) : Waktu siang dan malam sama lamanya,pada musim gugur – Menghormati nenek moyang,berdoa untuk orang yang telah meninggal
Oktober,minggu ke 2 hari Senin : Hari Olahraga – 体育の日 (Taiiku no hi) – Merayakan olahraga,meningkatkan kesehatan badan.
3 November : Hari kebudayaan - 文化の日 (Bunka no hi) - Mencintai perdamaian dan kebebasan, memajukan kebudayaan
23 Desember : Hari ulang tahun Kaisar – 天皇誕生日 (Tennō tanjobi) – Merayakan hari ulang tahun Kaisar.
Selain ada libur resmi, ada juga libur tidak resmi yang bukan tanggal merah tetapi sekolah dan sebagian kantor diliburkan.
Libur Tidak Resmi
Selain hari libur resmi yang ditetapkan pemerintah, Jepang juga memiliki tradisi liburan tidak resmi. (Sumber: Wikipredia)
Libur Golden Week: Golden Week adalah pekan di akhir bulan April dan awal bulan Mei yang secara kebetulan ada 4 hari libur resmi yang hampir berurutan (29 April, 3 Mei, 4 Mei, dan 5 Mei). Sebagian besar kantor-kantor memutuskan untuk meliburkan pegawainya selama periode Golden Week.
Libur Obon: Libur Obon (盆休み Obon yasumi) adalah hari-hari libur tidak resmi sebelum dan sesudah tanggal 15 Agustus. Walaupun perayaan Obon tidak merupakan hari libur resmi, perusahaan dan pemilik usaha sering meliburkan diri selama beberapa hari (13-16 Agustus) atau hingga satu minggu. Libur Obon digunakan untuk berziarah ke makam dan berkumpul dengan sanak keluarga di kampung halaman. Kantor pemerintah tetap buka seperti biasa, walaupun sebagian besar pegawai meminta cuti untuk merayakan Obon.
Libur Tahun Baru Jepang: Libur Tahun Baru Jepang (お正月 Oshogatsu yasumi) adalah kesempatan pulang ke kampung halaman dan berkumpul dengan sanak keluarga untuk merayakan hari Tahun Baru. Liburan tahun baru lamanya berbeda-beda tergantung pada kebijaksanaan masing-masing kantor. Kantor-kantor pemerintahan dan swasta biasanya tutup sejak menjelang akhir tahun (29 Desember atau 30 Desember) hingga beberapa hari sesudah Tahun Baru.
"


Quote:Original Posted By tgl.12.12.12
sistem kerja indonesia ini mau ikutin metode china, maklum hampir kebanyakan perusahaan yang pegang turunan chinese metode disana di implementasikan disini.

- bayar murah
- peras tenaga
- outsource / honorer.

liat foxconn, pegawainya berapa puluh orang loncat dari atas gedung stress karena pekerjaan, ada tu sampe HT ngebahas sistem kerja di china.

rekan di australi aja setahun bisa berapa bulan tuh libur dia pegawai pemerintah australi, kalo ga salah libur 3 musim.

kerja efektif cuma 9 bulan, bini nya cuti hamil aja 1 tahun.

jangan heran disini pekerja banyak yang mengidap stress, udah ga produktif pecat.



Quote:Original Posted By amanahcomp
jadi cuti bersama jga penting tuk kebutuhan kehidupan sosial yg ada dimasyarakt tersebut...




Quote:Original Posted By m26404058


Untuk kasus ini jawabannya relatif,
Mau dilihat dari kacamata mana dulu,,,
Kalau lihat dari kacamata buruh, libur segitu kurang..
Padahal itu hanya cuti bersama nya...
Belum tanggal merahnya....
Belum demo nya...
Belum bolos, dan sakitnya...

Sebagai buruh, tentu boleh meminta hak libur ...
Tapi jgn iri dengan pengusaha yg bisa libur seenaknya saja...
Itu kan menurut anda...
Kalau buruh tdk masuk kerja sehari, potongan gaji berapa sih?
Kalau direkturnya yg ga mau kerja, ga mau repot, trus ngga dapet orderan, trus bagaimana dia akan menggaji anda?



Kan sudan terkenal seantero dunia emoticon-Ngakak hari kejepit nasional gitu emoticon-Ngakak
Menurut ane cuti itu cukup penting di tengah padatnya kerja
Selamat datang di negeri yg tidak masuk akal.

cuti kebanyakan, gaji nuntut lebih. emoticon-Cape d... (S)
belum lagi libur bolosnya emoticon-Cape d... (S)
libur demo emoticon-Cape d... (S)
libur mudik emoticon-Cape d... (S)
pengusaha kok mewek katanya mental baja, katanya mau kabur keluar, katanya mau ganti orang dengan robot yah sudah lakukan saja
di sini cuti setahun 14 hari ...


ente liat di eropa setahun berapa hari cuti ???????


perasaan libur kita gak berlebihan deh, ato orang itu aja yg terlalu serakah pgn memeras habis tenaga pekerja. kalo masalah tuntutan buruh ane akui berlebihan, tapi kalo masalah libur wajar ah
ae laaaahhhh ...curhat tong .... ya biarin aja lah ... lha wong yang punya perusahaan ngasih cuti bersama juga....

semua tergantung peraturan perusahaannnya masing2 cuy .... emoticon-Cape d... (S)
cuti bersama bukannya diatur perusahaan masing masing?
emang kebanyakan libur, mana kepisah pisah lagi...ga produktif
ketua apindo mending jadi ketua panasbung aja deh ..

hak asasi ..

pegawai juga manusia dong ..

ga kaya ente KETUA .. bisa ngambil libur kapan aja emoticon-Najis
beh, ampe 100 listnya emoticon-Ngakak (S)
Yeeee malah jumlah cuti masih lebih rendah dibanding negara2 tetangga kok....

Ane setuju aja banyak cuti bersama, tapi kalo bisa pemerintah bikin aturan supaya harinya gak bareng2 di semua perusahaan, supaya mengurangi kemacetan di jalur2 wisata (misalnya perusahaan di daerah tamrin cuti bersama tgl X, perusahaan di daerah kuningan tgl Y)
Quote:Original Posted By juancoe
di sini cuti setahun 14 hari ...


ente liat di eropa setahun berapa hari cuti ???????




Nggak tau ane gan, emang setahun berapa hari negara dengan iklim dan kondisi seperti indonesia dapet jatah libur ? emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By woollover
ae laaaahhhh ...curhat tong .... ya biarin aja lah ... lha wong yang punya perusahaan ngasih cuti bersama juga....

semua tergantung peraturan perusahaannnya masing2 cuy .... emoticon-Cape d... (S)


Ane ato perusahaan ane dgn sistem roster mah nggak ngaruh cuti bersama ato harpitnas ato entah apa itu sebutannya gan, tapi menurut ane itu merupakan kemalasan yang sudah terstruktur dan jelas2 mengurangi produktivitas.

Coba dengan akal sehat kita bayangkan, bila kita bisa memaksimalkan hari2 yang kita pakai untuk berlibur untuk pendidikan adik2 yang masih sekolah, atau agan2 yang punya urusan dengan pemerintahan, entah itu ktp, sim, ato apa, pasti berpengaruh besar satu atau dua hari "hitam" yang dengan "kesepakatan" berubah jadi "merah"
hari libur di taun 2014 kan hari taun baru, hari keagamaan ama hari nasional, ya pasti libur lah
di kantor ane enggak libur emoticon-Turut Berduka
Quote:Original Posted By woollover
ae laaaahhhh ...curhat tong .... ya biarin aja lah ... lha wong yang punya perusahaan ngasih cuti bersama juga....

semua tergantung peraturan perusahaannnya masing2 cuy .... emoticon-Cape d... (S)


tempat saya saja hari raya masuk
Yaudah loe kerja aja sendiri emoticon-Big Grin
Goblok loe emoticon-Big Grin
pengen hari kerja banyak tapi bayar gaji karyawan kecil emoticon-No Hope

kalo mau hari kerja banyak WANI PIRO ?? emoticon-Big Grin
Belum bolos massal pas demo emoticon-Betty (S)