alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5258d27f138b465d7b000002/berita-perselingkuhan-artis-bisa-raup-pendapatan-miliaran-rupiah
Berita perselingkuhan artis bisa raup pendapatan miliaran rupiah
Berita perselingkuhan artis bisa raup pendapatan miliaran rupiah

Quote:
Ketika jagat infotainment diramaikan dengan berita-berita seputar selebritas yang kimpoi cerai, perselingkuhan, atau pertengkaran artis, masyarakat seolah ikut terhanyut.

Namun setelah ditelusuri, kebanyakan berita-berita semacam itu hanya rekayasa semata dari para selebritas yang punya kepentingan. Mereka sebetulnya telah menyusun skenario berita semacam itu. Tujuannya tidak lain untuk menaikkan pamor, promosi film, album lagu, atau mencuri sensasi supaya laku di panggung dan layar kaca.

Direktur Lembaga Studi Pers dan Pembangunan (LSPP) Ignatius Haryanto menilai, berita-berita rekayasa semacam itu merupakan pelanggaran etika jurnalistik.

"Ini sudah melakukan pembohongan terhadap publik. Ini pelanggaran berat etika. Berita rekayasa jelas melanggar kode etik," kata pria akrab dipanggil Hary ini ketika dihubungi merdeka.com, Jumat (11/10).

Menurut pakar pers nasional ini, masyarakat harus pandai-pandai memilah berita yang ingin mereka konsumsi. Selama ini berita-berita infotainment semacam itu banyak menabrak aturan-aturan dalam kode etik jurnalistik dan bahkan tidak layak disebut produk atau karya jurnalistik.

"Kalau jurnalistik kan harus jelas sumbernya, akurasinya, ada verifikasi dan lain-lain. Kalau infotainment kan tidak begitu," ujar Hary.

Meski tidak memenuhi kaidah dan melanggar kode etik jurnalistik, namun para pelaku di industri ini terus berproduksi demi alasan bisnis yang super menguntungkan.

Pihak infotainment, kata dia, jangan mengatasnamakan selera masyarakat untuk terus memproduksi tayangan-tayangan penuh gosip semacam itu. Infotainment jangan hanya beralasan demi sensasi, menaikkan rating atau jumlah klik untuk mengejar keuntungan.

"Ongkos produksi infotainment itu tidak sampai sepuluh juta untuk tayangan 30 menit, tapi iklannya bisa ratusan juta bahkan miliaran rupiah dalam 30 menit," ungkap Hary.

Menyikapi berita-berita rekaan pada tayangan infotainment itu, kata dia, masyarakat sebetulnya bisa melayangkan protes resmi ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

"Atau bisa juga menulis surat pembaca menyatakan penolakan terhadap tayangan semacam itu. Atau bahkan berhenti nonton, matikan televisi," tegas dia.

Meski terus mengecam keberadaan infotainment, Hary mengatakan sebetulnya infotainment bisa mulai membenahi diri untuk bisa menampilkan tayangan yang lebih berkualitas, tidak melanggar kode etik tapi tetap menarik.

Menurut dia masih banyak yang bisa digali di dunia hiburan, untuk disajikan ke hadapan penonton atau pembaca. Hary mencontohkan tentang aktor-aktor film Indonesia yang kini mulai merambah dunia perfilman Hollywood.

"Kan bisa diangkat bagaimana perjuangan mereka bisa masuk industri film Hollywood, bagaimana mereka bisa dilibatkan, kesulitan-kesulitan apa saja yang mereka hadapi. Kan bisa digali sisi-sisi itu," jelas dia.

Pada intinya, jika mau lebih kreatif, masih banyak sisi lain yang bisa digarap infotainment di dunia hiburan. Masyarakat kini sudah lebih cerdas dan butuh tayangan berkualitas.

sembur


Quote:
Kicauan Farhat Abbas soal rekayasa perselingkuhan Daus Mini terbukti

Beberapa waktu lalu Farhat Abbas berkicau di akun twitter kalau perselingkuhan Daus Mini dengan Merry Amril hanya rekayasa. Ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Yunita Lestari, istri Daus membenarkan kalau memang ada rekayasa yang terjadi antara ketiganya dengan beberapa program televisi swasta demi menaikan rating

"Nah, kami awalnya sudah mau berdamai dengan Merry. Tapi pihak stasiun televisi bilang nanti saja damainya, berantem dulu biar ratingnya naik," ujar Yunita, Selasa (8/10).

"Di script aku disuruh harus ribut dan cemburu, dan itu live yah. Sebenarnya hanya stuck-stuck di TV yah," sambung Yunita.

Memang awalnya Yunita tak mau menerima tawaran tersebut, namun karena ingin profesional, akhirnya ia setuju melakukannya.

"Aku di suruh marah-marah, awalnya nggak mau, tetapi dibilang ayo donk tunjukin aktingnya biar ratingnya bagus dan kita nurutin," cerita Yunita.

Dengan pengakuan dari Yunita, ocehan Farhat tentang adanya rekayasa antara Daus, Yunita dan Merry terbukti kebenarannya.

sembur

Duitnya gede jga ya emoticon-Genit.. pantesan pembodohan ini dilestarikan, malah makin nambah jam tayangnya..
kasian ibu2 yg hrusnya bisa produktif jdi tumpul, anak2 yg harusnya tercerahkan jdi terdegradasi
acara nggak bermutu....harus di banned permanen emoticon-Tai
ntunglah gwa gak ada suka2nya ma program ginianemoticon-Nohope
Syukurlah ane ngak punya TeVe... emoticon-Hammer2
Lumayan juga selingkuh bisa menghasilkan emoticon-Big Grin pantes kalo artis ga laku buat sinetron macam ini
Quote:Memang awalnya Yunita tak mau menerima tawaran tersebut, namun karena ingin profesional, akhirnya ia setuju melakukannya.


berita g jauh juga dengan sinetron ,ada aktingnya juga ,dan harus pro emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
ini calon artis yg menghiasi layar kaca segera
Berita perselingkuhan artis bisa raup pendapatan miliaran rupiah
teteup yg goblok yg nonton empotemen, lebih goblok lagi yg percaya emoticon-Busa
kata "abdi dalem" TV itu, si merry sama yunita mau bikin album...

sekian laporan A1
Capedeh
Kesian itu emak2 udah ikut terhanyut eh mlh boongan.
Dosa kelean ama orang tua emoticon-Hammer
yang nonton kan terlalu cerdas, makanya infotemen jadi naik rating terussss
yang nonton itu yang bodoh. paling malas kalau lihat acara kayak gitu, langsung tak ganti channelnya
Jujur ane gak suka infotaiment, tp tetap aja nonton, soalnya tv cuma satu di rmh gan
ternyata hanya rekayasa semata
pada umumnya orang2 kita pada demen melihat permasalahan orang lain, persoalan sederhananya, kecelakaan kecil di jalan raya, banyak warga sekitar pada berkerumun dan orang lain pada singgah, padahal orang barat di luar negeri, gak ngurus tuh... emoticon-I Love Indonesia (S)
inpotainmen tuh apaan sih? ban permanen aja lah
Quote:Original Posted By penggugatmk
acara nggak bermutu....harus di banned permanen emoticon-Tai


setuja sangad
yang penting laku tayangannya..emoticon-Big Grin
Klo ada Fantat Ngebass masuk TV, justru ratingnya turun krn pada pindah channel emoticon-Ngacir
heh... ampe gosip artis pun udah jadi shitnetron? emoticon-Cape d... (S)

untung gw ngak suka nonton emoticon-Cool