alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5257d1f60d8b46d93d000005/jurusan-bahasa-indonesia-makin-diminati-di-korea-selatan
Thumbs up 
Jurusan Bahasa Indonesia Makin Diminati Di Korea Selatan
Jurusan Bahasa Indonesia Makin Diminati Di Korea Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Minat anak muda di Korea Selatan untuk mengambil jurusan Bahasa Indonesia atau Melayu di universitas cukup tinggi, salah satunya karena lulusannya mudah terserap dunia kerja, kata seorang dosen.

"Setiap angkatan bisa sampai 30 mahasiswa lebih yang mengambil jurusan Bahasa Indonesia," kata Maman S Mahayana, dosen tamu pada jurusan Malay-Indonesia di "Hankuk University of Foreign Studies" di Seoul, Jumat (11/10).

Dosen Universitas Indonesia yang sudah beberapa tahun mengajar di Korea Selatan ini mengemukakan bahwa lulusan jurusan Bahasa Indonesia/Melayu itu umumnya terserap di berbagai perusahaan yang kemudian mereka ditugaskan di beberapa daerah di Indonesia.

"Karena itu selain mahasiswa yang murni mengambil jurusan Bahasa Indonesia, ada juga eksekutif beberapa perusahaan yang juga belajar Bahasa Indonesia. Para manajer itu biasanya dipersiapkan untuk bertugas di Indonesia. Kalau kursus singkat seperti ini biasanya cuma lima bulan," ungkapnya.

Pengamat sastra itu mengemukakan bahwa para mahasiswa Korea Selatan itu umumnya berangkat dari keadaan tidak tahu sama sekali tentang Bahasa Indonesia. Namun, berkat kerja keras mereka untuk belajar, akhirnya bisa menyelesaikan studinya dengan baik.

"Saya dalam mengajar selalu menggunakan pengantar Bahasa Indonesia. Bahkan saat pertama kali mengajar. Baru kalau mereka kesulitan memahami dijelaskan dengan Bahasa Inggris. Ternyata cara seperti ini efektif untuk melatih orang asing berani menggunakan Bahasa Indonesia," ujarnya.

Menurut dia, sebetulnya jumlah pertemuan di kelas tidak terlalu banyak, sebagaimana perkuliahan di dalam negeri.

Karena itu para mahasiswa kemudian mengembangkan sendiri kemampuannya di luar perkuliahan. Sebagaimana orang Korea Selatan pada umumnya, para mahasiswa itu juga dikenal bekerja keras dalam belajar.

Selain di Hankuk University, sejumlah perguruan tinggi lain di Korea Selatan juga membuka jurusan Bahasa Indonesia, seperti "Woosong University" di Daejeon.

http://www.republika.co.id/berita/in...hasa-indonesia

Apakah ini pertanda Indonesia nanti akan jd kiblat tempat orang2 asing mengadu nasib? Let wait and see emoticon-Matabelo
jurusan Bahasa Indonesia bukannya jurusan buangan yak kalo kata orang sini emoticon-Ngakak.

kok mau ya belajar bahasa Indonesia?
Sip lah..
Makin dikenl dah Indonesia emoticon-I Love Indonesia




Jurusan Bahasa Indonesia Makin Diminati Di Korea SelatanJurusan Bahasa Indonesia Makin Diminati Di Korea Selatan
Kebalikan dimari,disini bahasa negri gingseng yang diminati emoticon-Big Grin
sedangkan disini anak mudanya malah ikut-ikutan K-pop dan sok ngomong korea "MONYONGKESELEO" emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

mendingan tukeran kebangsaan aja deh emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
hmmmm....
habis potensi indonesia besar sih.
produk korea banyak laku disini.
mungkin mereka belajar bahasa indonesia karena faktor bisnis.
kebalikan ama yg disini
coba belajar bahasa 4l4y.......
Quote:Original Posted By tole_90
jurusan Bahasa Indonesia bukannya jurusan buangan yak kalo kata orang sini emoticon-Ngakak.

kok mau ya belajar bahasa Indonesia?


nah itu dia gan, tp knp mrk begitu minat ya mempelajari bhs indonesia
pasti dong mrk punya alasan k dpn dgn ilmu yg mrk timba itu

mungkin mrk sudah punya bayangan indonesia sbg negara berkembang potensinya sangat besar untuk jd kota maju beberapa tahun k dpnnya yg mana d negara mrk sendiri saat itu sudah mengalami kemunduran , jd mrk akan coba beralih mengadu nasib kemari

emoticon-Matabelo
Boleh di coba yg lagi jadi TKI di Korea.

Pan kalau orang kita sendiri pasti dapat nilai tinggi, karena mempelajari bahasanya sendiri. emoticon-Ngakak
wuih,segitu antusiasnya mahasiswa/wi korsel dlm mempelajari bhs indonesia..
Quote:Original Posted By bistro1996
Kebalikan dimari,disini bahasa negri gingseng yang diminati emoticon-Big Grin


tp ga sampai ada jurusannya d universitas kan gan emoticon-Matabelo
Bahasa melayu juga makin populer.. emoticon-Embarrassment

Memang sejak dulu sih yg namanya Melayu pasti maju dalam segala hal.. emoticon-Embarrassment

seperti singapore , malaysia, brunei, dll .. emoticon-Embarrassment

eh indonesia knp gak maju2 ya??? karna di pimpin orang... emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By terunik
nah itu dia gan, tp knp mrk begitu minat ya mempelajari bhs indonesia
pasti dong mrk punya alasan k dpn dgn ilmu yg mrk timba itu

mungkin mrk sudah punya bayangan indonesia sbg negara berkembang potensinya sangat besar untuk jd kota maju beberapa tahun k dpnnya yg mana d negara mrk sendiri saat itu sudah mengalami kemunduran , jd mrk akan coba beralih mengadu nasib kemari

emoticon-Matabelo


karena bnyak perusahaan korea yg di indonesia gan. . emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By tole_90
jurusan Bahasa Indonesia bukannya jurusan buangan yak kalo kata orang sini emoticon-Ngakak.

kok mau ya belajar bahasa Indonesia?


kalo disini mah yg diminati bhs inggris, jepang, mandarin ada juga korea kalo mereka kebalik gt, tuker aja dah lidahnya ma ane
Quote:Original Posted By nyampo
Bahasa melayu juga makin populer.. emoticon-Embarrassment

Memang sejak dulu sih yg namanya Melayu pasti maju dalam segala hal.. emoticon-Embarrassment

seperti singapore , malaysia, brunei, dll .. emoticon-Embarrassment

eh indonesia knp gak maju2 ya??? karna di pimpin orang... emoticon-Embarrassment

Orang sarap kayak ente gan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By onta.sesat
sedangkan disini anak mudanya malah ikut-ikutan K-pop dan sok ngomong korea "MONYONGKESELEO" emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

mendingan tukeran kebangsaan aja deh emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


emoticon-Ngakak

bangshatnidaaa monyongkeseleooo.......

emoticon-Ngakak (S)
Di indo, byk penemar msik dan pilem korea sih ya.
Elektronik jg laku di ind.
wah mulai banyak nih peminat belajar bahasa indonesia, bagus deh emoticon-I Love Indonesia (S)

-wwww-

tau gitu mending mahasiswi korea yg jur bhs ind pada belajar langsung sama anak2 bp sini.. pasti deh pada langsung bisa lancar ngomongnya..
×