alexa-tracking

[BERITA JET] HABIBIE : Jet Tempur Korea-RI OMONG KOSONG !!!!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5257bcf6c2cb170129000002/berita-jet-habibie--jet-tempur-korea-ri-omong-kosong
Thumbs down 
[BERITA JET] HABIBIE : Jet Tempur Korea-RI OMONG KOSONG !!!!


[BERITA JET] HABIBIE : Jet Tempur Korea-RI OMONG KOSONG !!!!

[BERITA JET] HABIBIE : Jet Tempur Korea-RI OMONG KOSONG !!!!

[BERITA JET] HABIBIE : Jet Tempur Korea-RI OMONG KOSONG !!!!

[BERITA JET] HABIBIE : Jet Tempur Korea-RI OMONG KOSONG !!!!


[BERITA JET] HABIBIE : Jet Tempur Korea-RI OMONG KOSONG !!!!







[URL="http://finance.detik..com/read/2013/10/11/141131/2384637/1036/ri-korea-akan-buat-jet-tempur-canggih-bj-habibie-itu-salah-dan-omong-kosong?f9911013"]detik[/URL]


Jakarta - Mantan Presiden dan Menristek BJ Habibie angkat bicara soal rencana pengembangan bersama jet tempur canggih antara Indonesia dan Korea Selatan (Korsel) yang biasa disebut KFX/IFX.

Menurut Habibie, Korsel tak unggul dalam bidang teknologi pesawat terbang termasuk jenis tempur, bahkan rencana kerjasama ini kini dibekukan sementara oleh pihak Korsel.

"Itu salah. Sekarang ini di-freeze kan? Itu omong kosong, wrong. Tapi dia nggak kasih kan?" kata Habibie kepada detikFinance pekan lalu.

Habibie menegaskan, Korsel malah pernah mengimpor pesawat militer CN235 buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI). Bahkan, Habibie bercerita soal pengalaman Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Chappy Hakim saat kunjungan kerja ke Korsel disuguhi pesawat VIP yang tak lain adalah CN 235 buatan Indonesia. Saat itu, CN235 dianggap pesawat paling aman daripada helikopter ketika cuaca buruk.

"Dari mana? Dia nggak unggul dalam bidang itu. Commercial airplane pun kita lebih unggul. Dari mana?"
katanya.

Secara pribadi Habibie lebih memilih mengembangkan pesawat komersial dan bermesin baling-baling daripada jet tempur. Alasannya pesawat komersial sangat dibutuhkan Indonesia sebagai negara kepulauan dan mesin baling-baling dianggap paling hemat.

"Tidak, kita hanya mau komersial. Nggak mau tempur, ngapain," katanya.

Dalam proyek ini, rencananya pemerintah Indonesia berkontribusi 20%, selebihnya oleh pemerintah dan BUMN strategis Korsel. Rencananya dari proyek ini akan diproduksi pesawat tempur KFX/IFX atau F-33 yang merupakan pesawat tempur generasi 4,5 masih di bawah generasi F-35 buatan AS yang sudah mencapai generasi 5. Namun kemampuan KFX/IFX ini sudah di atas pesawat tempur F-16.

"Lebih baik uang itu kasih saja sama PT DI," seru Habibie.

Pesawat KFX/IFX akan dibuat 250 unit, dari jumlah itu Indonesia akan mendapat 50 unit di 2020. Harga satu pesawat tempur ini sekitar US$ 70-80 juta per unit.
(hen/dnl)


==============

Ane awam gan urusan pesawat emoticon-Malu
Sepintas, kok ya ni habib kesannya kek post power syndrome gitu, selalu bangga banggain kedirgantaraan RI saat zaman dia berkuasa, bahkan sampe meremehkan kemampuan kedirgantaraan korya negri boyben emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

gmana gan pendapatnya?? sape nih yang bener?? bisa kasi pencerahan?
Yang komennya oke, ane kuot komennya dimari + emoticon-present emoticon-Big Grin

Spoiler for berita bangga:



KOMENG BP'ers :

KONTRA HABIB :
Quote:



Quote:


Quote:

Quote:


makasiiii emoticon-Angkat Beer


PRO HABIB
Quote:


makannya ane nanya gan emoticon-Malu

Quote:


ane ga ngelawak gan....kok lucu sih emoticon-Mad:

KOMEN SARAN :

Quote:


Quote:




GALAU :

Quote:



emoticon-Angkat Beer
aku gag gitu paham juga soal pesawat om,
tapi klo prof habibie yg bilang aku mah percaya2 aja.
korsel kiblatnya dari amerika

paling pesawat tempurnya pengembangan dari F-16 kali ya...

ane setuju dengan komen pak habibie
lebih baik mengembangkan industri pesawat komersil, saingannya bisa dibilang blom ada di ASEAN atau bahkan di ASIA cmiiw
klo yg bicara pakar pesawat saya percaya aja, lain cerita klo yg bicara cuman tukang baca artikel pesawat
emoticon-Ngakak
habibie gak kompak.. pake buka kartu emoticon-Bata (S)
Quote:

ane juga ga paham,,tp pak habibie pasti paham,,,jadi mending percaya aja sama beliau..
Standar kualitas alat perang di Asia itu harusnya Korea Utara, bukannya Korea Selatan.
Korea Selatan kan jagonya bikin boy-band banci Maho.
Quote:
org yg selalu suka membangga2kan masa lalu betapa hebatnya ini itu ..mana bisa maju mrk itu ..

lihat aja thn 90'an China yang pernah disebut mantan presiden Habibie sebagai Negara yang perkembangan teknologinya ketinggalan 50 tahun,
China aja udah mengejar ketinggalannya dalam waktu relatif singkat ..
lihat skrg kemajuan teknologi dirgantara,teknologi antariksa yg begitu mantap

Putera sulung mantan Presiden RI BJ Habibie, Ilham Habibie itu juga suka meremehkan kemampuan negara lain
" Soal buat pesawat kita masih lebih bagus dan jauh di atas China kata ilham "
ngomongnya terlalu gede tak pikir jauh skrg ini udah sehebat apa China itu yg udah mampu buat pesawat tempur siluman,pesawat luar angkasa dll
http://www.kaskus.co.id/show_post/52...362000007/33/-
mungkin pak habibi jengkel gan, buat pesawat tempur yg ga urgent banget beritanya dilebihkan, sedangkan buat pesawat komersial yg lebih penting dipakai di negara kepulauan seperti indonesia malah ga begitu didukung. makanya begitu pesawat tempur ga jadi2 beliau jadi jengkel "tuh kan tuh kan ga jadi kan?" emoticon-Big Grin

sebagai negara maritim terbesar alangkah baiknya indonesia perkuat alutsista perairannya bukan udaranya emoticon-Embarrassment
Quote:


loe itu gak ada yang lain selain ngomongin cina cina dan cina ya ?
berita ttg indo ama korsel loe nyambung ke cina
ya setidaknya kita bisa mimpiemoticon-Big Grin
Quote:


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
baru tau lu gan ... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
mau bagaimana lagi, Indonesia malah ngak punya teknologi ngebangun pesawat jet sama sekali, minimal kerjasama ama negara lain meskipun ilmu mereka juga pas-pasan emoticon-Cape d... (S)
apa juga hubungannya korea bikin pesawat ama boyben maho emoticon-Bingung (S)

duh semakin banyak lounger nyasar kemari emoticon-Malu (S)


---


meski pak habibie bilang gitu,n saya juga percaya pak habibie emang pakarnya..masalah pengambil keputusan itu kan tergantung politik kepentingan antar dua negara,,sapa tau ini awal kerjasama n selanjutnya bakal nambah ke sektor yg lain..
saya percaya kok kalo pak habibie bilang industri dirgantara kita lebih maju,,tapi sektor lain??dibanding korsel??? jangan terlalu sombong deh emoticon-Embarrassment
Pinginnya pak habibie itu duit negara mending buat riset bikin pesawat sendiri, daripada dikasih ke korea. bukan mau maksud goblok goblokin pesawat korea, tapi kebijakan pemerintah yang kurang memihak rakyat buat mandiri.

mampir trit ane tentang pak Habibie: Habibie: Ilmuan Nggak Usah Pulang ke Indonesia
apa krn pak hbbie cman bsa bkin yg baling2 ya.....
mkanya ga suka/bisa bikin yg bermesin jet...
tp beliau pkar n ilmuwan bdang drgantara, jg bukan politikus...
sooo...bsa bnar bsa salah...
ane kgak thu/ngerti...hehe
Quote:


Menurut ane bukan post power syndrome, tapi Habibie emang tau banyak di bidang ini. Mungkin beliau juga tau banget soal kualitas kedirgantaraan negeri boyben itu.
Kalo dibidang ini, ane percaya dah ke Habibie. Kejeniusannya dibidang ini sudah terbukti dan bukan sekedar omong kosong.

maaf nih pak profesor ... bukannya gak nasionalis ... tapi jujur aja sih ... gw lebih percaya teknologi korea daripada punya kita ... karena kl diliat dari pesawat hasil produksinya ... jujur aja masih ketinggalan jaman ...

Quote:


kebanyakan berinteraksi ama keyboard dan monitor jadi gitu kaleee .... emoticon-Wink
ane sepakat sama habibie, daripada ngejar mimpi mending njangkau yg realistis aja dalam hal ini emoticon-Embarrassment

Quote:


Loh itulah Indonesia

pd thn 90-an mungkin memang cina tertinggal 50 thn, tp dlm waktu 20 thn cina sdh bisa melesat jauh

ga usa jauh2 dah, vietnam dlm pengembangan ikan patin aja skrg sdjh lbh pesat dibanding Indonesia............pdhl belajarnya jg dr Indonesia

jd yg salah siapa? ya pemerintah ya rakyat indonesia

di saat negara lain sudah sibuk mikir terbang ke bulan indonesia masih sibuk ngurusin cara berpakaian