alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52577bfaf8ca17040a000004/ogah-makan-pisang-curian-letnan-gojali-jadi-penjaga-harta-karun
Ogah makan pisang curian, Letnan Gojali jadi penjaga harta karun
Spoiler for gambar:


Quote:Tahun 1946, Kepala Staf Resimen Divisi II TNI Mayor Alex Evert Kawilarang menumpas gerombolan perampok di Cibarusah Bogor. Setelah baku tembak mereka mengalahkan para perampok yang meresahkan warga.

Kawilarang memeriksa markas perampok. Selain harta, mereka menemukan banyak wanita cantik yang ditawan para perampok itu.

Setelah berjaga semalaman, Kawilarang mencari sarapan. Dia melihat ada anak buahnya yang makan pisang di markas itu, Kawilarang lalu ikut makan.

Tapi yang membuatnya heran, seorang anak buahnya yang bernama Letnan Muda Gojali, tak ikut makan. Kawilarang pun bertanya apa Gojali tidak lapar?

"Neen Mayoor, die pisang is gekocht met gerampokt geld. Ik eet dat niet (Tidak mayor, pisang itu dibeli dari uang hasil rampokan, saya tidak mau makan," jawab Gojali tegas seperti ditulis dalam buku AE Kawilarang Untuk Sang Merah Putih yang ditulis Ramadhan KH.

Kawilarang kagum mendengar jawaban Gojali. Kepercayaan pada anak buahnya itu makin besar.

Beberapa waktu kemudian, anak buah Kawilarang melakukan penggalian di bekas markas Jepang di sekitar Cigombong. Mereka mencari senjata Jepang yang biasanya disembunyikan dengan cara dikubur dalam tanah.

Tapi bukannya senjata, para prajurit TNI itu malah menemukan sebuah guci besar. Lebih mengejutkan, isi guci itu ternyata penuh emas dan permata dan berkilauan.

Walau bisa kaya tujuh turunan, para tentara jujur itu tak mau mengambilnya. Mereka lalu lapor dan menyerahkan harta itu pada Kawilarang, komandan mereka. Kawilarang juga jujur, dia tak mau makan emas permata peninggalan Jepang. Dia berniat menyerahkan harta temuan pasukannya pada pemerintah Indonesia yang saat itu masih morat-marit.

Kawilarang tahu harus mengutus siapa. Dia memanggil Letnan Muda Gojali yang menolak makan pisang hasil curian waktu itu. Kawilarang mengutus Gojali menyerahkan harta karun itu ke Kementerian Dalam Negeri di Purwokerto.

Gojali melaksanakan tugasnya dengan baik. Dia menyerahkan harta karun pada Sumarman yang kala itu menjabat Sekretaris Mendagri.

Berapa nilai harta karun tersebut, sebuah majalah pernah mencoba menghitung berdasar bukti-bukti otentik yang ditemukan. Isinya tak kurang dari tujuh kilogram emas dan empat kilogram permata. Nilainya kala itu saja diperkirakan Rp 6 miliar. Bandingkan besarnya jumlah itu dengan gaji seorang tentara yang kala itu berkisar Rp 50.

Tak jelas bagaimana Kementerian Dalam Negeri kemudian menggunakan harta tersebut. Tapi yang pasti Mayor Kawilarang, Letnan Muda Gojali serta Tentara Resimen II Bogor sudah menunjukkan pengabdian dan kejujuran yang luar biasa.
[ian]


Sumber
=====
eeehh...buset 6M jaman dulu emoticon-Belo
klo ditemuin skrg kemungkinan menguap 90% dah emoticon-Embarrassment


bangga dengan tentara jaman dulu emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
seandainya para arwah pejuang bisa dibangkitkan...paling pada mau ngedorr yg pada korupsi emoticon-Embarrassment

habis diserahin ke pemerintah langsung raib entah kemana tu harta karun..
Quote:Original Posted By eyangmomon
habis diserahin ke pemerintah langsung raib entah kemana tu harta karun..


cuman ada berita dan laporan dalam bentuk tulisan dan angka2 doang..tp barangnya gak jelas kemana emoticon-Embarrassment
guci and emasnya ampe skrg masih ada ga? Kalo ngga, ya sudah begitulah emoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassment
yang pasti orang orang kayak gini pangkatnya gak nyampe jendral .... emoticon-Wink
Quote:Original Posted By |||
eeehh...buset 6M jaman dulu emoticon-Belo
klo ditemuin skrg kemungkinan menguap 90% dah emoticon-Embarrassment


bangga dengan tentara jaman dulu emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


yakin lo ... ???

tentara ato serdadu saat itu juga banyak yang ngerampok lho ... malah saat itu gak heran kalo kebiasaan serdadu itu ngejarah masyarakat ... karena emang lagi kondisi perang jadi udah biasa ... emoticon-Embarrassment


makanya gw suka heran ama ababil disini yang pada pengen perang ... antara emang pengen ngejarah pas perang ato emang udah pada putus asa dengan kehidupan mereka yang sudah buntu .... emoticon-Ngakak
jika hidup saat ini mungkin mereka ragu menyerahkannya.kr pemerintah
Quote:Original Posted By ..:137ER::..


yakin lo ... ???

tentara ato serdadu saat itu juga banyak yang ngerampok lho ... malah saat itu gak heran kalo kebiasaan serdadu itu ngejarah masyarakat ... karena emang lagi kondisi perang jadi udah biasa ... emoticon-Embarrassment


makanya gw suka heran ama ababil disini yang pada pengen perang ... antara emang pengen ngejarah pas perang ato emang udah pada putus asa dengan kehidupan mereka yang sudah buntu .... emoticon-Ngakak


ngejarah bijimane om emoticon-Big Grin
orang malah rakyat jelata pada rela ngasih² makanan ke mereka
klo ngejarah paling juga para penjajah buat dijualin terus buat makan tentara sama rakyat emoticon-Stick Out Tongue

si om ini sepertinya umurnya udah tuwa...mpe tau jaman dulu emoticon-Hammer

Letnan Gojali


Kalau tidak salah Kol Kawilarang dulu pernah Menampar Pak Harto waktu jadi anak buahnya.
Quote:Original Posted By |||


ngejarah bijimane om emoticon-Big Grin
orang malah rakyat jelata pada rela ngasih² makanan ke mereka
klo ngejarah paling juga para penjajah buat dijualin terus buat makan tentara sama rakyat emoticon-Stick Out Tongue

si om ini sepertinya umurnya udah tuwa...mpe tau jaman dulu emoticon-Hammer


coba baca definisi menjarah dan merampok itu apa ... emoticon-Embarrassment

gudang sembako milik pribadi dibongkar untuk dijadikan ransum ... toko kelontong di bongkar untuk disita barang jualannya ... rumah orang berada di rangsek untuk diminta perhiasannya buat beli senjata ... apakah orang orang ini rela hartanya di rampas ???

lo bilang harta penjajah ... oke lah kalo hartanya pejabat ato tentara belanda yg di rampas ...
kalo ada hartanya orang jerman yang dirampas ... trus ada hartanya orang keturunan arab yang dirampas ... trus tokonya orang keturunan orang china yang di bongkar ... trus hartanya orang pribumi kaya ato ningrat yang disita .... semua dengan alasan untuk perjuangan ... tapi kenyataannya di nikmati oleh komandannya buat maen prempuan ato buat disimpen ... ????


kalo lo mau tau nih ya bosss ... saat perjuangan itu ... banyak masyarakat biasa, tokoh agama, hingga keturunan ningrat yang berjuang melawan penjajah .... tapi jangan lupa ... ada juga jebolan tentara peta yang pindah ke tentara indonesia untuk melawan belanda dan ada juga jebolah knil yang pindah ke tentara indonesia untuk melawan jepang .... dan yang terakhir .. ada juga gerombolan penjahat atau rampok yang ikut "berjuang" melawan penjajah ... tapi tujuan dari para gerombolan ini bukan kemerdekaan ... tapi untuk mencari HARTA .... emoticon-Wink


itulah yang namanya PERANG ... !!!
gak ada yang namanya hitam atau putih ... semua punya kepentingan sendiri sendiri ... emoticon-Wink
Klo tuh pejuang yang gak mau makan pisang masih idup , dia bakalan ngomong apa ya , ngeliat negaranya morat marit kaya sekarang
Trit lawas kembali bersemi
jadi kita disini dapet bagian harta karun gak?
Quote:Original Posted By ..:137ER::..


coba baca definisi menjarah dan merampok itu apa ... emoticon-Embarrassment

gudang sembako milik pribadi dibongkar untuk dijadikan ransum ... toko kelontong di bongkar untuk disita barang jualannya ... rumah orang berada di rangsek untuk diminta perhiasannya buat beli senjata ... apakah orang orang ini rela hartanya di rampas ???


bisa lebih spesifik lgi gak ama yg gw bold??
dari kalimat pertama aj gw udah bisa ngebaca menjurus kemana,.. emoticon-siul:
emang dpt cerita ap dari kakek buyut lo?? emoticon-Big Grin no offence yah, nanya doank,.. emoticon-Ngacir

Quote:Original Posted By ..:137ER::..
lo bilang harta penjajah ... oke lah kalo hartanya pejabat ato tentara belanda yg di rampas ...
kalo ada hartanya orang jerman yang dirampas ... trus ada hartanya orang keturunan arab yang dirampas ... trus tokonya orang keturunan orang china yang di bongkar ... trus hartanya orang pribumi kaya ato ningrat yang disita .... semua dengan alasan untuk perjuangan ... tapi kenyataannya di nikmati oleh komandannya buat maen prempuan ato buat disimpen ... ????


kalo lo mau tau nih ya bosss ... saat perjuangan itu ... banyak masyarakat biasa, tokoh agama, hingga keturunan ningrat yang berjuang melawan penjajah .... tapi jangan lupa ... ada juga jebolan tentara peta yang pindah ke tentara indonesia untuk melawan belanda dan ada juga jebolah knil yang pindah ke tentara indonesia untuk melawan jepang .... dan yang terakhir .. ada juga gerombolan penjahat atau rampok yang ikut "berjuang" melawan penjajah ... tapi tujuan dari para gerombolan ini bukan kemerdekaan ... tapi untuk mencari HARTA .... emoticon-Wink


itulah yang namanya PERANG ... !!!
gak ada yang namanya hitam atau putih ... semua punya kepentingan sendiri sendiri ... emoticon-Wink


kalimat pengaburnya panjang bener,.. emoticon-Ngacir
6M jaman dulu ya berarti 6T di jaman sekarang mungkin..
Mantaff komandan..!!
Dijaman culas begini
harta segitu bisa bikin orang menjual kejujurannya