alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525778d4bccb177313000003/bagi-pelajar-tawuran-adalah-simbol-kebanggaan
Bagi Pelajar, Tawuran adalah Simbol Kebanggaan
WELCOME TO MY THREAD


JAKARTA, KOMPAS.com- Tawuran pelajar merupakan bentuk kekerasan yang berbasis pencarian identitas. Meskipun orang dewasa menganggap tawuran pelajar hal yang mempriharinkan, namun bagi pelajar, tawuran adalah simbol kebanggaan.
Pengamat sosial dari Universitas Indonesia Devie Rahmawati menjelaskan, tawuran pelajar adalah jenis kekerasan yang relatif berbeda dengan kekerasan-kekerasan lainnya. Tawuran pelajar tidak terkait dengan motif politik ataupun ekonomi.
"Para pelakunya bukanlah orang-orang yang mencari nafkah atau tersibukkan untuk mencari penghidupan," kata Devie saat dihubungi Kompas.com, Jumat (11/10/2013).
Menurut Devi, salah satu penyebab utama tawuran kemudian menjadi tradisi karena adanya perselisihan antar sekolah yang menahun. Perselisihan kemudian bertahan puluhan tahun karena terwariskan kepada murid-murid baru atau generasi selanjutnya.
"Dengan pewarisan sense of identity, seseorang siswa baru akan menjadi siswa dari sekolah itu yang utuh apabila mereka menyerang murid sekolah lainnya," jelas Devie.
Devie mengaku, dia pernah menemukan para alumni sebuah sekolah di Jakarta yang membanggakan bagaimana sekolah mereka dulu berani menyerang sekolah-sekolah lainnya. Secara tidak langsung, tentu saja para alumni sekolah itu menegaskan sekolah mereka adalah sekolah yang disegani karena ketangguhan fisiknya.
"Hal itu tentu memperlihatkan betapa kekerasan telah menjadi cara membuktikan diri dan identitas," ujarnya.
Menurut data Pusat Pengendalian Gangguan Sosial DKI Jakarta, pada 2009, sebanyak 0,08 persen atau 1.318 dari 1.647.835 siswa SD, SMP, dan SMA di DKI Jakarta terlibat tawuran. Angka ini meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.
Dalam peristiwa penyiraman air keras di sebuah bus PPD 213 jurusan Kampung Melayu-Grogol, Jumat (4/10/2013) beberapa waktu lalu, pelaku penyiraman berinisial RN alias Tompel (18) yang merupakan pelajar SMA I Budi Utomo Jakarta, juga mengaku dendam pada pelajar SMK Karya Guna. Bagi pelajar SMK Budi Utomo, pelajar SMK Karya Guna adalah musuh. Begitu pula sebaliknya.
Apalagi, kurang lebih setahun yang lalu, Tompel pernah menjadi korban penyiraman air keras yang diduga dilakukan pelajar SMK Karya Guna di kawasan Kelor, Matraman. Alasannya menyerang penumpang yang ada di bus PPD 213, karena bus tersebut adalah bus yang sering ditumpangi oleh siswa SMK Karya Guna.
Kekerasan pelajar berlatarbelakang kebencian antar sekolah juga pernah terjadi di Jakarta, September tahun 2012 yang lalu. Saat itu, seorang pelajar SMA 70 berinisial FR alias Doyok, menikam seorang pelajar SMA 6 bernama Alawy Yusianto Putra dengan arit dalam sebuah tawuran di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan.
Alawy tewas dan Doyok saat ini menjalani hukuman penjara selama 7 tahun, usai vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Mei 2013 yang lalu.


SUMBER

tolong di emoticon-Rate 5 Star ya gan..

pengen yang segar2 lg ni gan..emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) tp jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L)
Si Hoktod utk melampiaskan bakar emosionalnya kapan-kapan suruh ngadepin anak sekolah yang demen tawuran aja bro!!

Kali aja ntar kalo pala ama congornya si Hoktod kena sambit batu bata, trus dia jadi bisa lebih bisa mengendalikan diri dan jadi wise emoticon-Malu
Bagi Pelajar, Tawuran adalah Simbol Kebanggaan
Pelajar yang bangga kalo berantem adalah pelaja2 yang dalam kehidupannya menghadapi kekerasa. Walau tidak menutup mereka yang datang dari keluarga tajir, tapi umumnya kaum miskin yang mendominasi tawuran.
suramnya dunia pendidikan di indonesia:-) :-)
Wooo emoticon-Belo

Yap emoticon-flower

Aku emang doyan ame bocah nyang suka tawuran emoticon-flower

Lebih keliatan macho gimana gitu emoticon-Genit
Hari ini mereka mengelap keringat hasil tawuran sambil membusungkan dada karna bangga, besok mereka akan mengelap keringat karna mengangkat beras atau mendorong gerobak sambil menundukkan kepala (buruh kasar).

Hari ini mereka berpikir keras mendapat nilai bagus di sekolah, esok hari mereka akan berpikir keras memajukan perusahaan (bos).
Quote:Original Posted By grasakgrusuk123
Hari ini mereka mengelap keringat hasil tawuran sambil membusungkan dada karna bangga, besok mereka akan mengelap keringat karna mengangkat beras atau mendorong gerobak sambil menundukkan kepala (buruh kasar).

Hari ini mereka berpikir keras mendapat nilai bagus di sekolah, esok hari mereka akan berpikir keras memajukan perusahaan (bos).


nampol banget gan post lu
tawuran bangga?
pantesan miskin. goblok sih!
Simbol kematian pdhl emoticon-Cape d...

Begitulah mental ababil

Ada yg terobsesi jd jagoan, biar kelihatan gagah, pemberani, & disukai cewek2, akhirnya tawuran. Ada yg terobsesi dgn jihad, biar kelihatan agamis & kyk orang suci, akhirnya jd teroris.
emoticon-Big Grin
luar biasa anak sekolah sekarang emoticon-Big Grin
beginilah calon penerus anak bangsa !!!!!! salut ane emoticon-Ngakak
yang susah itu ngilangin budaya turun temurunnya itu lo gan emoticon-Cape d...
biasalah show off emoticon-Big Grin
ane dukung trus dah mental seperti itu..biar org bego nya berkurang.. g nyusahin negara dan org2 sekitarnya..

ayo pelajar yg semangat y tawurannya...kalian itu semua kebanggan bangsa dan negara...emoticon-Toast
weleh..

koq gak sekalian buat olimpiade tawuran antara sekolah... emoticon-Cape d... (S)
Tawuran ga apa2 yg penting jgn ampe ada yg mati atau cacat. emoticon-Cool

Meski tawuran tp tetap berprestasi emoticon-Recommended Seller
jadiin atlit lembar lembing atau tolak peluru kek emoticon-Big Grin
mungkin pelajar sekarang terinspirasi dari crows kali gan emoticon-Big Grin