alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525751980d8b466c3f000004/ada-yang-coba-coba-hilangkan-jejak-kerajaan-majapahit
Ada yang coba-coba hilangkan jejak Kerajaan Majapahit!
Ada yang coba-coba hilangkan jejak Kerajaan Majapahit!

Ada yang mencoba ingin menghilangkan jejak kebesaran Kerajaan Majapahit. Hal itu tampak dari pengrusakan dan pendirian pabrik baja PT Manunggal Sentral Baja, persis di wilayah yang dijadikan sebagai ibu kota Majapahit, di Jalan Raya Mojokerto–Jombang, Trowulan.

Seperti diketahui, Trowulan merupakan situs kota yang dahulu merupakan pusat kerajaan Majapahit. Seperti tercantum dalam kakimpoi nagarakretagama oleh Prapanca, dan mulai mendapat perhatian luas sejak tercatat dalam karya Thomas Stamford Raffles, The History of Java.

“Sejak dilaksanakannya Temu Pusaka Indonesia 2012, Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI/Indonesian Heritage Trust) secara konsisten melakukan upaya pelestarian di kawasan yang merupakan ibu kota Kerajaan Majapahit ini,” kata Ketua Dewan Pimpinan BPPI Luluk Sumiarso, dalam pesan elektroniknya, Kamis (10/10/2013).

Sebagai tindak lanjut dari tindakan pelestarian itu, BPPI akan mendampingi mitra–mitra pelestari di Trowulan dan menyelenggarakan puncak peringatan Hari Pusaka Dunia (World Heritage Day) 2013 di sana.

“Kegiatan ini menunjukkan upaya kita bersama untuk mendorong sinergi para pemangku kepentingan dalam upaya penetapan Trowulan sebagai Kawasan Cagar Budaya sesuai Undang–undang Cagar Budaya XI/2010,” sambung Direktur Eksekutif Yayasan Arsari Djojohadikusumo Catrini P.Kubontubuh.

Menguatnya jejaring diantara para pemangku pelestarian pusaka, mendorong pula penolakan pendirian pabrik baja di kawasan ini. Selain aksi–aksi kultural yang dilakukan warga setempat, BPPI dan Jaringan Pelestarian Majapahit menginisiasi pembuatan petisi online di change.org untuk menggalang dukungan masyarakat di seluruh dunia.

“Setelah BPPI mempresentasikan kawasan pusaka Trowulan dalam the 15th International Conference of National Trustsdi Uganda-Afrika Timur, maka telah terkumpul hampir 10.000 dukungan dalam bentuk tandatangan,” jelasnya lebih lanjut.

Ditambahkan dia, selain dari Tanah Air, pelestarian kawasan itu juga mendapatkan dukungan internasional. Terlebih setelah dilakukan seleksi ketat oleh World Monuments Fund (WMF).

"Setelah melakukan seleksi ketat dari 248 nominasi di 130 negara, Trowulan dinyatakan oleh World Monuments Fund (WMF) sebagai World Endangered Site atau situs pusaka yang terancam kehancurannya. Perhatian internasional dalam bentuk advokasi pelestarian pusaka akan diberikan kepada Trowulan," tambah Dewan Penyantun BPPI Prof. Dorodjatun Kuntjoro Yakti.

Ditambahkan dia, sejak diluncurkan tahun 1996, program World Monuments Watch ini telah membantu 740 situs pusaka di 133 negara dan 5 benua untuk mewujudkan perubahan positif dalam menghadapi ancaman pengrusakan yang ada.

"Oleh karena itu, dengan dimasukkannya situs Trowulan ke dalam program ini, tentu saja menjadi dukungan yang luar biasa bagi seluruh pegiat pelestarian pusaka dalam menyelamatkan Trowulan,” tukasnya.

(sumber)

emoticon-Mad (S)

Diancuk tenan yang merusak kawasan bersejarah tersebut!
tanya tuh ama pemda , kawasan cagar budaya kok mau di bangun tempat pengecoran besi dan industri berat ...............gak ada otak otonomi sekarang
Siapa yang mau merusak gan?

*menunggu alay2 pengkoleksi K-POP yang turut membela peninggalan sejarah emoticon-Big Grin
kepentingan sejarah kalah ama kepentingan duit om.
biar bisa tulis ulang sejarah tuhemoticon-Embarrassment
gak ada ngeri ngerinye ...
smua itu kagak bakal terlaksana kalo kagak ada ijin dari pemda setempat

coba tanya pemda setempat udah di tampol brapa M ?? emoticon-Malu (S)
lha gimana nih sampe peninggalan sejarah mau digusur...yg ngasih ijin nih yang harus tanggung jawab........duit lebih berkuasa
Quote:Original Posted By lamda13
lha gimana nih sampe peninggalan sejarah mau digusur...yg ngasih ijin nih yang harus tanggung jawab........duit lebih berkuasa


sudah jelas dan pasti pemiliknya bangsa babi......mana perduli dia sama negara ini.....yg penting jadi duit mau ancur kek bukan bangsa gw ini........cabut ke luar negri.....emoticon-Ngakak
Kak@win jadi kakimpoi...

emoticon-Ngakak

tapi kayaknya pemerintah kurang peduli emang, cuma sekedar konservasi aja. Seharusnya bisa lebih dikelola dan diekspos untuk menunjukan betapa jaya bangsa ini..
Quote:Original Posted By blizzaga
biar bisa tulis ulang sejarah tuhemoticon-Embarrassment


dan meng-hak-i sediri negara ini emoticon-Mad:

Situs trowulan menghilang juga merupakan sejarahemoticon-Big Grin
ya sekarang kalo gak gitu, itu gimana orang pemda sana dapet duit? gimana mau beli mobil bagus? kalo bukan dari sogokan gimana lagi orang pemda mau sejahtera emoticon-Ngakak
kurang ajar tuh
ane prnh ksna. kyknya kmrn2 ada yg bwt petisi online soal ini. ane jg sedih dgr ky gni. jasmerah.
situs ker.MAJAPAHIT wajib di jaga,d lestarikan dan expos bknny malah mw d hilangkan,,
Quote:Original Posted By ZigZion
tanya tuh ama pemda , kawasan cagar budaya kok mau di bangun tempat pengecoran besi dan industri berat ...............gak ada otak otonomi sekarang


tanyain bupati mojkerto tuh.....pengusaha gak bakal bangun pabrik kalo pejabatnya gak kasih ijin....
bukan tujuan menghilangkan itu sie

tapi tujuan memperkaya diri sendiri emoticon-Ngakak
yang penting duit duit duit duit ......

situs bersejarah? gak bakal dipikiran sama orang2 macem begitu

emoticon-Mad (S)
Quote:Seperti tercantum dalam kakimpoi nagarakretagama oleh Prapanca

nih kaskus bikin ngakak..kok bisa2nya ada kakimpoi emoticon-Ngakak
×