alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52567bdc148b46992c000004/info
Poll: Setujukah Gan??

This poll is closed - 9 Voters

View Poll
ya 66.67% (6 votes)
tidak 33.33% (3 votes)
Cool 
Info
Disayangkan, Gaji Pilot Pesawat Tempur Beda Jauh dengan Pilot Komersial
Info
Seiring dengan pembaruan alat utama sistem senjata (Alutsista) Tentara Nasional Indonesia, Dewan Perwakilan Rakyat menyoroti perlunya diperhatikan penyesuaian kesejahteraan prajurit TNI.

Komisi Pertahanan Dewan Perwakilan Rakyat memandang harus ada perhatian khusus terhadap prajurit TNI yang punya risiko besar dalam menjalankan tugas negara tapi gajinya belum sesuai.

Sebagai contoh, anggota Komisi I DPR, Mardani Ali Sera, membandingkan gaji pilot pesawat tempur Sukhoi dengan pilot komersial maskapai penerbangan berbeda jauh. Padahal, dari risiko, tanggung jawab, dan jenis spesifikasi pesawat jelas pilot Sukhoi lebih besar.

Mardani mengaku tidak tahu persis berapa besarnya selisih gaji pesawat komersial dengan pilot jet tempur. Namun ia menyebut selisihnya lumayan jauh. "Mungkin selisih bedanya antara satu banding empat," ungkap dia kepada detikcom.

“Ya, bagaimana karena kemampuan kita baru segini. Kalau kenaikan gaji itu kan harus satu paket. Tidak bisa satu-satu divisi,” kata politikus PKS ini melanjutkan. "Pilot pesawat tempur itu ibaratnya milik dan mengabdi kepada negara."

Anggota Komisi I lainnya, Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati atau Nuning juga mendorong perlunya dinaikkan kesejahteraan prajurit TNI, termasuk pilot pesawat tempur.

Politikus Partai Hanura ini mengakui standar penggajian antara orang pemerintah dengan swasta memang berbeda sehingga tidak bisa untuk dibandingkan begitu saja. Karena itu, menurutnya, perlu adanya apresiasi-apresiasi selain materi.

"Antara lain dengan karir karena mereka orang-orang pilihan," kata Nuning kepada detikcom, kemarin. Namun sayangnya, lanjut Nuning, sistem karir di TNI khususnya AU tidak memberikan apresiasi kepada penerbang tempur.

Dia menyebutkan untuk tahun ini, militer mendapat porsi anggaran sebesar tujuh persen dari total belanja pemerintah Rp 1.154,4 triliun. Alokasi ini menempatkan bidang pertahanan berada di posisi empat setelah pelayanan umum, ekonomi, serta pendidikan.

Karena itu, Nuning menekankan, hal ini harus diimbangi dengan pembagian anggaran yang seimbang di tubuh TNI antara alutsista, pendidikan, dan kesejahteraan prajurit.


sumber : [url]http://news.detik..com/read/2013/10/10/153719/2383703/10/disayangkan-gaji-pilot-pesawat-tempur-beda-jauh-dengan-pilot-komersial?991104topnews[/url]Info
ntu fenomena umum di semua negara kali...


btw bikin judul trit yg bener gan.
well ini salah satu hambatan kenapa ane ga boleh jadi pilot di TNI emoticon-Frown
Dimana2 sama. Yang namanya jadi tentara ya pengabdian, gajinya? Tabah sampai akhir
setau gw, pilihan jadi anggota TNI atau pun pilot tempur adalah passion dan keinginan dalam hati untuk mengabdi tanpa embel2 gaji...

yg masih berdinas aktif sebagai .pnb pasti berfikir seperti itu, ntah klo sudah di belakang meja ato punya posisi strategis, sehingga terbutakan..

klo masalah peningkatan kesejahteraan prajurit, semua lapisan perlu, gak cuma pilot aja, dan jgn sampe tercipta kotak2 di dalam tubuh TNI yg disebabkan oleh adanya perbedaan penghasilan yg terlalu mencolok/signifikan....
Jadi pilot pesawat tempur, punya kesempatan buat manuver di udara atau nembakin rudal seharga mobil alphard, yg bagi sebagian org cuma mimpi, bahkan bagi pilot komersil yg gajinya mahal sekalipun cm bisa nglakuin di sebuah video game....that,s priceless

Curcol emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By cherrybombers
setau gw, pilihan jadi anggota TNI atau pun pilot tempur adalah passion dan keinginan dalam hati untuk mengabdi tanpa embel2 gaji...

yg masih berdinas aktif sebagai .pnb pasti berfikir seperti itu, ntah klo sudah di belakang meja ato punya posisi strategis, sehingga terbutakan..

klo masalah peningkatan kesejahteraan prajurit, semua lapisan perlu, gak cuma pilot aja, dan jgn sampe tercipta kotak2 di dalam tubuh TNI yg disebabkan oleh adanya perbedaan penghasilan yg terlalu mencolok/signifikan....


Barrel roll lebih baik daripada barrel belly kata teman saya si Penerbang Mustang dulu.
enakny jd pilot komersil,slain gaji gede,jg bs modusin pramugari
emoticon-Ngakak (S)
semoga ke depannya kesejahteraan anggota TNI lebih diperhatikanemoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By Milanistina
enakny jd pilot komersil,slain gaji gede,jg bs modusin pramugari
emoticon-Ngakak (S)


ehemm.... kepengen yaaa? emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By mailanakemak
ehemm.... kepengen yaaa? emoticon-Malu (S)

ga ah,enakan kerjaan yg skarang
emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By cherrybombers
setau gw, pilihan jadi anggota TNI atau pun pilot tempur adalah passion dan keinginan dalam hati untuk mengabdi tanpa embel2 gaji...

yg masih berdinas aktif sebagai .pnb pasti berfikir seperti itu, ntah klo sudah di belakang meja ato punya posisi strategis, sehingga terbutakan..

klo masalah peningkatan kesejahteraan prajurit, semua lapisan perlu, gak cuma pilot aja, dan jgn sampe tercipta kotak2 di dalam tubuh TNI yg disebabkan oleh adanya perbedaan penghasilan yg terlalu mencolok/signifikan....


curhat nih.... emoticon-Ngacir
*penerbang militer layak dapet insentif khusus yang mayan gede,,, kasianlah nagndelin pengabdian mulu*
Pilot komersil biaya sekolahnya kan tanggung sendiri, dan itu ngga sedikit. Sedangkan pilot jet tempur semua semua kan udah jadi tanggungan negara. Logikanya wajar dong gajinya jauh lebih tinggi. Analoginya sama aja kaya PNS dan karyawan swasta.
Bukannya saya ngga setuju kalo kesejahteraan pilot militer disejajarkan dengan pilot komersil, tapi rasanya terlalu naif membandingkan keduanya. Harusnya membandingkan sesuatu apple to apple, misalnya gaji pilot militer TNI ternyata jauh dibawah gaji pilot militer TUDM, itu baru lumayan imbang. Kalo mau dibanding-bandingin sama gaji pilot Lion Air ya ngga nyambung.
Quote:Original Posted By memo2000
Pilot komersil biaya sekolahnya kan tanggung sendiri, dan itu ngga sedikit. Sedangkan pilot jet tempur semua semua kan udah jadi tanggungan negara. Logikanya wajar dong gajinya jauh lebih tinggi. Analoginya sama aja kaya PNS dan karyawan swasta.


baru dapet CPL udah kebelit utang.. emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By memo2000
Bukannya saya ngga setuju kalo kesejahteraan pilot militer disejajarkan dengan pilot komersil, tapi rasanya terlalu naif membandingkan keduanya. Harusnya membandingkan sesuatu apple to apple, misalnya gaji pilot militer TNI ternyata jauh dibawah gaji pilot militer TUDM, itu baru lumayan imbang. Kalo mau dibanding-bandingin sama gaji pilot Lion Air ya ngga nyambung.


tetep gak bisa juga, kan disesuaikan dengan tingkat ekonomi masing2 negara, okelah klo mau ditambahin dari tunjangan resiko misalnya, tapi klo selisihnya terlalu besar dan itu membuat TNI, terutama AU jadi terkotak2 dikarenakan perbedaan penghasilan yg signifikan, malah kedepannya akan gak bagus..
ntar yg infanteri juga bilang, klo resiko besar saya, saya maju di garis depan. resiko kehilangan nyawa besar saya.. klo mau, ya itu, kesejahteraan prajurit, tanpa melihat matra dan unit nya, semua dinaikkan secara merata, biar dikit naek nya tapi sama merasakan..
Jadi inget tetangga saya, seorang mantan pilot tempur TNI-AU yg punya jam terbang A4E skyhawk dan mantan pejuang seroja berpangkat Let.kol, yg akhirnya memilih menjadi pilot maskapai swasta.
Memang kelihatan banget perbedaan kesejahteraannya ketika beliau menjadi pilot pesawat komersial.
Tetapi seingat saya beliau disekolahkan dulu juga ke mamarika oleh perusahaan untuk memperoleh rating boeing. Secara logika wajar kalo gaji pilot pesawat komersial lebih besar, karena tanggungjawab keselamatan kepada penumpang cukup tinggi
saya sih lebih setuju bahwa tunjangan ini diberikan tidak hanya kepada pilot, akan tetapi semua personel TNI yg punya resiko besar, salah satunya adalah awak kapal selam,dengan tekanan tugas, dan segala macam resiko (tenggelam, dekompresi, dll), dan punya kesempatan untuk "dilupakan" karena kerahasiaan tugasnya, menurutku mereka layak dapat tunjangan lebih
Quote:Original Posted By satrianegara77
ntu fenomena umum di semua negara kali...


btw bikin judul trit yg bener gan.


maap gan ..lagi belajar bikin trit emoticon-Malu (S)