alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525665fbc3cb17e537000006/seniman-jogja-ditangkap-karena-mural
Seniman Jogja Ditangkap Karena Mural

Seniman Jogja Ditangkap Karena Mural


Tulis `Jogja Ora Didol`, Seniman Mural Dipidana
Spoiler for pict:

Ironis, Yogyakarta yang dikenal dengan Kota Seniman justru mengadili senimannya. Hanya karena menebalkan mural di dinding rumah kosong di pinggir jalan, Muhammad Arif Buwono, 17 tahun, ditangkap Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta, Senin malam, 7 Oktober 2013.

Alasan petugas menangkap dan memproses secara hukum karena dianggap melakukan aksi corat-coret tembok. Arif kini harus duduk di kursi pesakitan Pengadilan Negeri Yogyakarta. "Saya di atas tangga, diancam, isoh midhuk, ra? Yen ra isoh, tak tembak ndhasmu! (bisa turun, enggak? kalau enggak bisa, saya tembak kepalamu!)," kata Arif menirukan ancaman petugas, Kamis, 10 Oktober 2013.

Saat ditangkap, Arif dan dua teman seniman mural di Pojok Beteng Wetan, Jalan Brigjen Katamso, sedang menebalkan tulisan 'JOGJA ORA DIDOL' yang artinya Jogja tidak dijual. Sekitar pukul 23.15 WIB, ada razia dari Satuan Polisi Pamong Praja dan ia ditangkap serta di bawa ke posko di Balai Kota Yogyakarta. Ia diinterogasi hingga keesokan harinya sekitar pukul 15.15 WIB.

Ia didakwa karena melanggar Pasal 1 ayat (1) angka 2 Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 7 Tahun 2006 tentang Perubahan Ketentuan Pidana, juncto Pasal 16 huruf C Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 18 Tahun 2002 tentang Pengelolaan Kebersihan. Bahkan, saat penangkapan, petugas mengancam akan menembak. Lalu Arif dimasukkan ke dalam mobil petugas dan dibawa ke pos kantor Satuan Polisi Pamong Praja.

Di Pengadilan Negeri Yogyakarta, para seniman datang untuk menyaksikan jalannya sidang. Jadwal pemanggilan sidang pukul 08.30 WIB, namun hingga pukul 11.00 sidang belum dimulai.

Ketua DPRD Kota Yogyakarta Henry Kuncoroyekti, yang ikut datang di Pengadilan Negeri di Jalan Kapas Yogyakarta, menyatakan petugas tidak bisa membedakan pelanggaran. Bahkan, banyak reklame dan baliho tidak berizin justru dibiarkan. "Pemerintah Yogyakarta berbanding terbalik dengan budaya kota yang memang banyak seniman," kata dia.

MUH SYAIFULLAH

Spoiler for sumber:

Quote:Yang berkenan emoticon-Rate 5 Star dan kasih ane emoticon-Blue Guy Cendol (L) ane ucapin terima kasih emoticon-Shakehand2

Quote:Seniman Jogja Ditangkap Karena Mural

Quote:KLIK GAN
lha kok bisa ? bukannya Jogja ada tempat khusus buat mural ? mungkin satpol gak bisa bedain mural ma vandalisme..
emoticon-I Love Indonesia (S)
Disatu sisi emang vandalisme tapi disi laen Walkot jogja sekarang emang parah emoticon-Cape d... (S)

Laen kali mo bikin gituan jam 3 pagi aje. Pol pepi udal pada ngorok.
kebangetan nih POL PP nya
pilih mana
di tempelin foto OM OM NARSIS apa MURAl ??
lagian bagus ko kata ane ....
SATPOL PP : SATUAN POLISI PLENGAK PLENGOK bukan ea...?

cos kerjaannya ndomblong aj
dah ada tritnya semalem,tp dah diclosed..padahal bagus..

wah jan,padahal jogja kui identik
dengan mural dn kritik
jalanan..menurut ane dulu ane sbg
pendatang justru itu salah satu
daya tarik jogja,jangn sampelah
jogja kehilangan aura kreatifitas dn
seninya..bnyk seniman besar lahir
dikota ini..salah satunya ya karena
lingkungan yg support..

anti tank siap2 kucing2an dong emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By trukmania
Disatu sisi emang vandalisme tapi disi laen Walkot jogja sekarang emang parah emoticon-Cape d... (S)

Laen kali mo bikin gituan jam 3 pagi aje. Pol pepi udal pada ngorok.


Walikota ne endi yak?? Apalagi wakil walikotaneemoticon-Shutup

Salahmu mileh HaTi . . . . . . . . . . . . . emoticon-Ngacir
Seniman Jogja Ditangkap Karena Mural
Mungkin mesti dibuat seperti mural2 dibawahnya biar ga ditangkap..
Quote:Original Posted By aortanesia
dah ada tritnya semalem,tp dah diclosed..padahal bagus..

wah jan,padahal jogja kui identik
dengan mural dn kritik
jalanan..menurut ane dulu ane sbg
pendatang justru itu salah satu
daya tarik jogja,jangn sampelah
jogja kehilangan aura kreatifitas dn
seninya..bnyk seniman besar lahir
dikota ini..salah satunya ya karena
lingkungan yg support..

anti tank siap2 kucing2an dong emoticon-Smilie


kenapa sekarang jogja satpol pp nya gitu gan emoticon-Bingung
mungkin ada salah paham, mural dianggap vandalisme oleh pihak satpol pp, main ciduk ajaemoticon-Mad (S)

lagian gak ada yg salah dgn pesan dari muralnya
emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)

kl nangkep wong liat2 dulu tohemoticon-Cape d... (S)
kalo mau bener2 menyalurkan kreativitas seniman jogja ya mungkin ada baiknya dibikin peraturan daerah yang membedakan vandalisme dengan seni, sehingga kreativitas seniman tidak dianggap vandalisme
sudah minta ijin belom itu corat coret tembok?

apa gara2 karena terpengaruh oleh corat coret tembok di kota tetangga yang meresahkan masyarakat?
pas jaman ane di jogja, setau ane aman2 aja tuh yg corat-coret tembok dengan gambar dan tulisan.. bahkan siang hari dan itu pun di tempat ramai.. kenapa sekarang jd begini??
Quote:Original Posted By indosphere
Seniman Jogja Ditangkap Karena Mural
Mungkin mesti dibuat seperti mural2 dibawahnya biar ga ditangkap..


Iki kan omah sing pojokan jl brigjen katamso arah jl parangtritis ??
Omah kui ono sing nduwe ra ?? Yen ono sing nduwe wes ijin urung ??
Nggon nggo mural kan wes ono dhewe tho ?? Yen corat coret bangunan omahe wong ra ijin kui salah opo ora ??
Quote:Original Posted By banteng.budug


kenapa sekarang jogja satpol pp nya gitu gan emoticon-Bingung


wah ane dah hampir 5 tahun ninggalin jogja,jadi kurang tau situasi disana skg..dari kbr yg beredar sih ini terkait kebijakan walikota baru yg katanya juga jadi anti kritik jalanan,makanya seniman di jogja bikin petisi dan festival buat nyindir walikota..

#wah kangen jogja eh dab emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By boy 867


Iki kan omah sing pojokan jl brigjen katamso arah jl parangtritis ??
Omah kui ono sing nduwe ra ?? Yen ono sing nduwe wes ijin urung ??
Nggon nggo mural kan wes ono dhewe tho ?? Yen corat coret bangunan omahe wong ra ijin kui salah opo ora ??


iyo gan jokteng wetan.
ya punya rumah fine2 aja kok,lokasi itu lokasi favorit pr seniman muural .
Wakikota jogja lg parag berat kok sekarang.

Haryadi Suyuti cen Asu je,tdk bs membuat jogja makin kreatif malah nangkepi seniman....

Wah tapi du dukung ama PDIP nih....alamat di kaskus di delete nih
seniman goblok tolol kampungan emoticon-fuck
lu coret2 minta izin dulu sama yang punya tembok njing emoticon-fuck

muka lu sini gua semprot pake pylox, trema kaga loe????

abege tolol ngaku2 seniman, ketangkep pol pp mewek2 sama lsm

jembut.................................................. emoticon-Tai:



LSMnya juga sama, tolol juga... Gak bisa bedain mana salah mana benar, gak bisa pilah2in satu pidana ke pidana lain... goblok dah emoticon-Tai:

nyesel gua jadi orang jogja..
corat coret tembok sembarangan
jelas saja merugikan orang lain lah

emoticon-Cape d...
wong kan cmn bkn gtu aj kok d tangKaep....
Loh koq bisa?
Masuk vandalisme kah?