alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525656a3bbf87bcb40000000/10-langkah-jokowi-antisipasi-banjir
10 Langkah Jokowi Antisipasi Banjir
Quote:10 Langkah Jokowi Antisipasi Banjir



10 Langkah Jokowi Antisipasi Banjir

Jakarta - Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Manggas Rudy Siahaan mengatakan Gubernur DKI Joko Widodo menyiapkan 10 langkah strategis menghadapi musim hujan. Anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 500 miliar.

Di bawah ini 10 langkah strategis Jokowi dalam mengantisipasi banjir Jakarta:

1. Persiapan rumah pompa
Menurut Manggas, ada 135 rumah pompa di Jakarta dan yang utama ada 73 rumah pompa. Sedangkan secara keseluruhan ada 500 unit pompa yang beroperasi, tapi 70 unit masih dalam perbaikan.

Pompa, Manggas melanjutkan, memiliki posisi potensial dalam pengendalian banjir, terutama untuk menyedot genangan sehingga meminimalisir terjadinya banjir. Kebanyakan pompa ini tersebar di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

2. Pemasangan kamera pengawas alias CCTV di rumah pompa

Tiap rumah pompa akan dipasangi empat hingga delapan unit CCTV. Tujuannya untuk memudahkan pengawasan ketinggian air. Bahkan, Manggas melanjutkan, CCTV ini terkoneksi ke ruangan kantor Jokowi.

3. Revitalisasi pintu air

Dinas mengeruk sampah di pintu air seperti Pintu Air Duri, Kamal Muara, Kapuk Muara, Kapuk Poglar, Pesing, Manggarai, dan Tomang. Dalam sehari sekitar 70 ton sampah yang nyangkut di pintu air.

Pintu air di Jakarta berperan penting mengendalikan air kiriman dari Bogor. Bila kondisinya tidak baik, dapat dipastikan air kiriman akan menggenangi permukiman di sepanjang aliran Sungai Ciliwung.

4. Drainase

Manggas mengatakan Dinas mulai melakukan pengecekan gorong-gorong yang ada, termasuk got-got kecil di komplek perumahan. Terutama jaringan gorong-gorong dalam kota.

5. Pengerukan waduk

Dinas Pekerjaan Umum pun mengeruk 12 waduk yang ada di Jakarta. Saat ini, Manggas menjelaskan, kedalaman rata-rata waduk tersebut hanya dua meter karena banyak endapan. Waduk juga banyak ditumbuhi eceng gondok.

Kedua belas waduk tersebut adalah Waduk Bojong, Waduk Sunter, Waduk Teluk Gong, Waduk Situ Lembang, Waduk Melati, Waduk Rawa Babon, Waduk Cengkareng, Waduk Grogol, Waduk Pegangsaan II, dan Waduk Bujana Tirta, Waduk Ria-Rio, dan Waduk Tomang Barat. Rencananya waduk-waduk tersebut selesai dinormalisasi akhir tahun ini.

6. Pengerukan kali besar

Selain pompa dan waduk, Dinas juga mulai mengeruk kali, baik yang besar maupun kecil, di Jakarta. Kali utama yang dikeruk di antaranya Kali Mookervart, Kali Angke, Kali Pesanggrahan, Kali Krukut, Kali Grogol, Kali Baru Barat, Kali Baru Timur, Kali Cipinang, Kali Sunter, Kali Buaran, Kali Jati Kramat, dan Kali Cakung. Untuk Kali Ciliwung penanganan ada di bawah Kementerian Pekerjaan Umun.

7. Pengerukan kali submakro

Menurut Manggas, kali-kali kecil seperti Kali Palmerah dan Kali Lontar pun mulai dikeruk. Tujuannya, mengurangi beban di kali-kali utama.

8. Refungsi kali

DKI mulai merapikan pinggiran kali, seperti membangun jalan inspeksi kemudian menertibkan bangunan liar dan penghijauan.

9. Membangun sumur resapan

Dalam skala lebih kecil, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral mulai membuat 1.958 sumur resapan. Kepala Dinas ESDM Andi Baso mengatakan sumur resapan memang tidak terlalu berpengaruh saat banjir. Saat ini 30 persen sudah selesai dibangun.

"Hanya mengurangi genangan air saja," katanya. Sehingga, pembuatan sumur resapan difokuskan pada daerah-daerah yang setiap banjir menyebabkan genangan. Seperti di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Jalan Matraman, Jakarta Timur, permukiman elite di Menteng, Jakarta Pusat dan sebagainya.

10. Satgas tanggap banjir

Membentuk satuan tugas tanggap banjir. "Satgas ini ada di tiap kecamatan," ujarnya. Satgas tersebut bertugas melaporkan bahaya dini banjir, juga menyiapkan pengungsian.

Di DKI Jakarta dari 44 Kecamatan yang ada, 32 kecamatan (72,7 persen) di antaranya rawan banjir atau ada 200 titik. Dari 267 kelurahan yang ada, 93 kelurahan (34,8 persen) merupakan wilayah rawan banjir dan genangan. Banjir di Jakarta mengancam sekitar 983.399 jiwa atau 10,2 persen dari total penduduk Jakarta, 9.588.198 jiwa.


Tercatat warga di Jakarta Utara terbanyak terkena imbas banjir, yakni 500.918 jiwa (51 persen). Kemudian berturut-turut disusul Jakarta Barat 187.707 jiwa (19 persen), Jakarta Timur 167.753 jiwa (17 persen), Jakarta Pusat 64.633 jiwa (7 persen) dan Jakarta Selatan 62.388 jiwa (6 persen).

SUMBER....


Semoga langkah Pak Jokowi untuk antisipasi banjir bisa sukses!!!!!!!
Mental nyampah orang Jakarta kudu hilang dulu emoticon-Berduka (S)
jangan ada banjir lagi deh di jakarta, semoga---
semoga cepat terealisasi pak rencananya
sama warganya juga dibina supaya tidak buang sampah ke kali
masa bodohlah dengan program2 itu..kagak baca ane....ane cuma demen ama foto sejuknya TS..kali kotor buket itu dikeruk juga...rasanya sejuk coy ngelihat air atau apalah itu bisa ngalir...DAMN kenapa pakde nggak jadi Gubernur di tempat ane aja?
harapan ane, jangan sampe jadi proyek anget2 tai ayam...ane dukung supaya berhasil emoticon-Angkat Beer
Semoga langkah Pak Jokowi antisipasi banjir sukses emoticon-2 Jempol
aaaminnn emoticon-Smilie
kan 10 langkahnya sudah terealisasi,tinggal nunggu banjirnya utk membuktikan 10 langkah tsb..
Quote:Original Posted By looneybunny


Semoga langkah Pak Jokowi untuk antisipasi banjir bisa sukses!!!!!!!


skrg kita tunggu hujannya gan...apakah masih akan banjir?
superman banjir emoticon-Belo.. kita liat musim ujan ntar emoticon-Big Grin
koq panasbung nya blm masuk?...
Gini dong, sebelum banjir datang sudah ada langkah2 untuk mengantisipasinya.

Jangan giliran banjir datang baru sibuk nyari solusi gimana menghadapinya.

Jokohok emoticon-Recommended Seller
Quote:Original Posted By orgindox
koq panasbung nya blm masuk?...


panasbung lagi makan siang yang ke sore-an .. gan .. emoticon-Ngakak
muda"an ga banjir lagi...ayo jgn buang sampah sembarangan yaemoticon-Big Grin
maju terus jokowaw emoticon-I Love Indonesia (S)
mantab... emang beneran ada kerjanya...
mudah2an warga yg masih buang sampah di kali diberikan kesadaran untuk ikut menjaga...
Maju terus om jowi.. Kami mendukung program2 positifmu.
tinggal orang2 jakartanya aja nih, jangan buang sampah semabarangan...emoticon-Ngacir2
Jadi ini 10 Langkahnya si Joko kan ya, bukan 10 Langkahnya si Hoktod kan? emoticon-Malu
Quote:Original Posted By rsryodongokk.
Jadi ini 10 Langkahnya si Joko kan ya, bukan 10 Langkahnya si Hoktod kan? emoticon-Malu



Jokowi & Ahok maju bersama demi Jakarta lebih baik!


Sikat habis panasbung basi mencret!