alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5256291e19cb17264e000012/ekonomiwamenkeu-gampang-bikin-rupiah-kuat-tinggal-naikkan-bunga-yang-susah
[Ekonomi]Wamenkeu: Gampang Bikin Rupiah Kuat Tinggal Naikkan Bunga, yang Susah .....
[URL="http://finance.detik..com/read/2013/10/10/103119/2383214/4/wamenkeu-gampang-bikin-rupiah-kuat-tinggal-naikkan-bunga-yang-susah-kurangi-kemiskinan?f9911023"]Wamenkeu: Gampang Bikin Rupiah Kuat Tinggal Naikkan Bunga, yang Susah Kurangi Kemiskinan[/URL]

Jakarta - Pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dan gejolak ekonomi yang terjadi beberapa waktu terakhir, memang sangat mengkhawatirkan. Tapi perhatian pemerintah tak hanya rupiah saja, melainkan ada kemiskinan dan pengangguran.

Wakil Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, bila ingin membuat rupiah menguat terhadap dolar AS mudah. Naikkan saja suku bunga acuan (BI Rate), sehingga dana-dana asing masuk dan rupiah menguat. Namun dampaknya, kemiskinan dan pengangguran sulit dikurangi.

"Untuk menyelesaikan persoalan itu kebijakan moneter itu paling gampang. Naikkan bunga setinggi-tingginya, pengetatan kredit, itu akan membuat pertumbuhan lambat. Itu rupiah akan menguat," kata Bambang saat pemaparan economy outlook 2014 di Ritz Carlton, SCBD, Jakarta, Kamis (10/10/2013)

"Akan tetapi kita itu tidak hidup hanya di pasar keuangan saja. Indonesia masih punya orang miskin 26 juta orang. Terus kita punya pengangguran 6%. Banyak isu pembangunan ekonomi yang harus diselesaikan," ujarnya.

Pemerintah, ujar Bambang, masih berupaya untuk berkonsentrasi menurunkan kemiskinan dan pengangguran. Jika harus merelakan pertumbuhan ekonomi turun, maka akan sulit untuk menyelesaikan dua persoalan tersebut.

"Korbankan pertumbuhan akibatnya kita susah kurangi kemiskinan. Apalagi pengangguran itu akan susah lagi. Maka dari itu kita tetap inginkan pertumbuhan tetap berlanjut," ungkapnya.

Bambang mengatakan, ekonomi ke depan adalah bentuk keseimbangan baru. Pemerintah tidak bisa memberikan prediksi berapa tepat nilai tukar rupiah. Namun, yang dapat dipastikan adalah kestabilan ekonomi.

"Kita harus siap menghadapi keseimbangan baru. Kita tidak harus siapkan forecast untuk mata uang. Tapi kita siapkan untuk keseimbangan baru," kata Bambang.
(mkl/dnl)
------------------------------
Ane ndak paham soal ekonomi, namun dampak yang dirasakan oleh masyarakat akibat DOLAR Naik dan terpuruknya rupiah sudah mulai terasa, ditambah dengan kebijakan naiknya TDL per 1 oktober ini, BBM yang menyentuh diangka 6500/Liter...sudah bisa dipastikan menambah beban perusahaan yang berdampak kepada...PHK emoticon-Embarrassment

Bagi Wamen untuk meningkatkan suku bunga adalah hal terbodoh dan terboros. Yang seharusnya dilakukan adalah peningkatan ekspor, peningkatan pemberdayaan pertanian. emoticon-Embarrassment

Memang bukan sulapan jika ingin menaikkan dan mengkuatkan rupiah...apakah kita terlalu bodoh untuk impor bahan pokok?? emoticon-Embarrassment
Kayanya tiap mejelang pergantian presiden rupiah melemah mulu emoticon-Cape d...
tolong dikoreksi kalau saya salah. Tapi dari perspektif saya, kata-kata ini orang agak sedikit melenceng :

Quote:"Untuk menyelesaikan persoalan itu kebijakan moneter itu paling gampang. Naikkan bunga setinggi-tingginya, pengetatan kredit, itu akan membuat pertumbuhan lambat. Itu rupiah akan menguat," kata Bambang saat pemaparan economy outlook 2014 di Ritz Carlton, SCBD, Jakarta, Kamis (10/10/2013)

Ketika suku bunga dinaikkan, IYA MEMANG rupiah akan menguat. Tetapi itu bukan dikarenakan orang-orang kita yang ambil rupiah tetapi orang LUAR NEGERI yang membeli rupiah dengan tujuan dapet bunga tinggi. Selain itu, inflasi akan meledak gila-gila'an. Setelah itu ga lama kemudian pasti orang luar negeri akan menjual dan rupiah akan jatuh lagi.

Duit orang Indonesia itu berapa? Duit orang luar negeri berapa? Kalo ini orang berani, harus dibeberkan berapa persen kepemilikan uang rupiah di Indonesia supaya kita semua tahu.
Bukan kita yg terlalu bodoh impor terus, tp impor bajam pokok adlaj sumber rejeki pejabat
naikin bunga jadi 100% aja ... dijamin IDR langsung loncat .... emoticon-Big Grin
situasi seperti ini sangat tidak menguntungkan indonesia

karena walaupun secara nilai tukar menguntngkan eksport , tapi kondisi pasar global lagi tidak bagus , malah lebih bagus pasar domestik saat ini , disatu sisi kita membutuhkan devisa , cara paling gampang memperoleh devisa ialah suplus perdagangan..

seandainya bukan dolar sebagai nilai tukar dunia , situasinya tidak akan serumit ini...

jalan terbaik bagi indonesia ya tak lain menguatkan pasar domestiknya agar tak diserbu barang2 inport dan saya rasa apa yang dilakukan kemenkeu sudah tepat saat ini untuk jangka pendek ,

tentu ada problem pada bahan inport yang menjadi mahal , kedelai misalnya atau barang2 elektronik , dalam jangka pendek akan terjadi gejolak dan jangka panjang harus direncanakan untuk subtitusi import , kalau masalah kedelai lebih gampang saya rasa karena tinggal cari lahan yang kosong dan tanam , yang lebih repot adalah membujuk produsen elektronik untuk memindahakn pabriknya di indonesia , atau dalam jangka panjang kita buat perusahaan elektronik sendiri , seperti korea dengan samsung dan lgnya..

analisis sotoy dari calon SE baru emoticon-Ngakak
Simplenya kalo bunga naik yah yg punya duit lebih milih nabung daripada mengkoleksi dolar tapi buruknya ya ancaman kredit yang gagal bayar semakin tinggi
Quote:Original Posted By Malassah

jalan terbaik bagi indonesia ya tak lain menguatkan pasar domestiknya agar tak diserbu barang2 inport dan saya rasa apa yang dilakukan kemenkeu sudah tepat saat ini untuk jangka pendek ,

analisis sotoy dari calon SE baru emoticon-Ngakak

emoticon-2 Jempol bener banget nih.. ngegampangin masalah, menutup-nutupi masalah sesungguhnya...
Pasar domestik gak bisa kuat, karena regulasinya yang salah, hanya dibuat menguntungkan pihak tertentu, korupsi besar-besaran, sehingga infrastruktur yang harus nya berfungsi dengan baik agar ekonomi berjalan tidak digunakan semestinya emoticon-Cape d...
mengamati dlu deh . .
[Ekonomi]Wamenkeu: Gampang Bikin Rupiah Kuat Tinggal Naikkan Bunga, yang Susah .....
wamenkeu goblok,

skrg jg bunga udah naik 75 basis poin, ditmbh lg amerika pmrnthn stop, tpi kurs rupiah msh diatas 11rb....

gampang gundulmu kuwi...
Quote:Original Posted By ..:137ER::..
naikin bunga jadi 100% aja ... dijamin IDR langsung loncat .... emoticon-Big Grin


iya langsung longcat wkwkwkwk
semua kebutuhan hidup indonesia mendadak susah
palingan 1 kilo beras bisa jadi harganya 100 ribu 1 liternya
gila gak tuh
nanti pada akhirnya pertumbuhan ekonomi indonesia menjadi gak nentu emoticon-Cape d... (S)
kita buat simple aja pak, stop import bahan pokok, berdayakan hasil lokal.
gak usah repot repot naikin suku bunga.

gak semua ngerti kalau naikin suku bunga bisa menguatkan rupiah, yg di mengerti rakyat banyak include gue, import nya di stop atau di kurangi, itu sudah membantu memperbaiki ekonomi Indonesia.
kalau bunga tabungan dinaikkan otomatis bunga pinjaman juga naik. Pengusaha yang butuh modal apa nggak diberatkan?
Prestasi SBY, berhasil mengubah indonesia dari negara agraris menjadi negara importir
Quote:Original Posted By g1ng2

emoticon-2 Jempol bener banget nih.. ngegampangin masalah, menutup-nutupi masalah sesungguhnya...
Pasar domestik gak bisa kuat, karena regulasinya yang salah, hanya dibuat menguntungkan pihak tertentu, korupsi besar-besaran, sehingga infrastruktur yang harus nya berfungsi dengan baik agar ekonomi berjalan tidak digunakan semestinya emoticon-Cape d...


ini agak sedikit membuat jengkel memang , semua sumber daya kita punya tinggal menguasahakannya saja kita gak mau , terlalu pemalas memang kalau di pikir emoticon-Bingung (S)

malah orang lain yang buat , aneh emoticon-Bingung (S)


Quote:Original Posted By miss...afet
kita buat simple aja pak, stop import bahan pokok, berdayakan hasil lokal.
gak usah repot repot naikin suku bunga.

gak semua ngerti kalau naikin suku bunga bisa menguatkan rupiah, yg di mengerti rakyat banyak include gue, import nya di stop atau di kurangi, itu sudah membantu memperbaiki ekonomi Indonesia.


Kementannta mlempem, waktu mamarika stop eksport kedele ke indo beberapa tahun lalu, itukan udah kliatan betapa lemahnya pertanian kita. eh ga ada tindakan apa2 dari kementan PKS tai ini. kemendagnya sama aja ga ada kerjasama ama kementan buat ngatasin tengkulak. PKS emang tai, mau2nya jadi kacung demokrat
Quote:Original Posted By tyrani

Ane ndak paham soal ekonomi, namun dampak yang dirasakan oleh masyarakat akibat DOLAR Naik dan terpuruknya rupiah sudah mulai terasa, ditambah dengan kebijakan naiknya TDL per 1 oktober ini, BBM yang menyentuh diangka 6500/Liter...sudah bisa dipastikan menambah beban perusahaan yang berdampak kepada...PHK emoticon-Embarrassment

Bagi Wamen untuk meningkatkan suku bunga adalah hal terbodoh dan terboros. Yang seharusnya dilakukan adalah peningkatan ekspor, peningkatan pemberdayaan pertanian. emoticon-Embarrassment

Memang bukan sulapan jika ingin menaikkan dan mengkuatkan rupiah...apakah kita terlalu bodoh untuk impor bahan pokok?? emoticon-Embarrassment


kita bicara rupiah yee...emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
justru kontradiktif om,
pertama, BBM kalo nggak dinaikin justru makin memperlemah rupiah karena impor BBM yang belinya pake USD makin tinggi
kedua, melemahnya rupiah justru bagus buat eksportir sehingga ekspor meningkat.
http://bisnis.news.viva.co.id/news/r...bm-mulai-turun

untuk pemberdayaan pertanian, dan swasembada bahan pokok ane sepakat...emoticon-shakehand:

Quote:Original Posted By darkrevenant
tolong dikoreksi kalau saya salah. Tapi dari perspektif saya, kata-kata ini orang agak sedikit melenceng :


Ketika suku bunga dinaikkan, IYA MEMANG rupiah akan menguat. Tetapi itu bukan dikarenakan orang-orang kita yang ambil rupiah tetapi orang LUAR NEGERI yang membeli rupiah dengan tujuan dapet bunga tinggi. Selain itu, inflasi akan meledak gila-gila'an. Setelah itu ga lama kemudian pasti orang luar negeri akan menjual dan rupiah akan jatuh lagi.

Duit orang Indonesia itu berapa? Duit orang luar negeri berapa? Kalo ini orang berani, harus dibeberkan berapa persen kepemilikan uang rupiah di Indonesia supaya kita semua tahu.


agan bener, wamenkeu juga bener, cuman si wamenkeu bicaranya sepotong. Dia udah tau efek buruk bunga tinggi bagi perekonomian, makannya nggak dilakuin naikin bunga setinggi2 nya tersebut, cuman omong2an aja dia mah... emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By miss...afet
kita buat simple aja pak, stop import bahan pokok, berdayakan hasil lokal.
gak usah repot repot naikin suku bunga.

gak semua ngerti kalau naikin suku bunga bisa menguatkan rupiah, yg di mengerti rakyat banyak include gue, import nya di stop atau di kurangi, itu sudah membantu memperbaiki ekonomi Indonesia.


klo stop barang2 impor tiba2 juga susah apabila produksi dalam negri gak bisa bisa memenuhi kebutuhan, otomatis harga2 pangan akan melonjak drastis dan banyak org kelaparan. nah loooo
Suruh aja bank2 besar dan trader2 besar2an jual USD atau beli IDR
Mungkin bisa naik hihihi
Menkeu dan wamenkeu sama gobloknya.
×