alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5255fc86bdcb173b3d000000/aman-ga-yah-gaji-pegawai-yg-tiap-bulan-dipotong
Aman ga yah gaji pegawai yg tiap bulan dipotong?
Quote:Aman ga yah gaji pegawai yg tiap bulan dipotong?

Politisi dan juga aktivis yang kerap berada di berada di garis Buruh, Rieke Dyah Pitaloka meminta Pemerintah segera meng-audit penyaluran dana atas instrumen-instrumen keuangan yang dikelola PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) dan lembaga jaminan pensiun tenaga kerja lainnya yang dimiliki Pemerintah, selain itu Rieke meminta agar legalitas Jamsostek dan lembaga penjamin sosial lainnya yang dikelola negara tidak boleh dibaca sebagai 'Perusahaan Terbatas' dengan pengertian-pengertian kapitalis vulgar dalam bentuk pencarian untung (profit oriented) tapi harusnya dibentuk sebagai 'Trust Fund' artinya 'masuknya dana pekerja, pengelolaan dana pekerja dan penyaluran kembali dana tersebut didasarkan pada 'kepercayaan' pekerja bukan pada 'peningkatan laba' yang didasarkan pada cara-cara spekulasi dimana keuntungannya banyak mengarah pada Direksi dan Komisaris ketimbang mengamankan dana pekerja.
Lebih lanjut Rieke menyatakan "Semua Badan yang sumber dana-nya dari hasil potongan upah dan gaji rakyat, di negara mana-pun tidak boleh dikelola untuk mencari untung, semua harus sebesar-besarnya untuk kepentingan peserta, tidak ada deviden maupun tantiem untuk direksi dan komisaris"
Rieke juga meminta agar ada transformasi yang menyeluruh terhadap Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), "Ya, hal itu sudah diamanatkan dalam UU BPJS, " katanya. "ada empat BUMN yang selama ini bertindak sebagai BPJS, yaitu : ASKES, JAMSOSTEK, TASPEN dan ASABRI, keempat-empatnya harus transformasikan diri".
Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) ada lima Jaminan :

1. Jaminan Kesehatan
2. Jaminan Kecelakaan Kerja
3. Jaminan Pensiun
4. Jaminan Hari Tua
5. Jaminan Kematian

Sementara Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) itu punya dua jenis yaitu BPJS Kesehatan (transformasi dari PT ASKES jalankan Jaminan Kesehatan mulai 1 Januari 2014) dan BPJS Ketenagakerjaan (transformasi dari PT Jamsostek yang dimulai Juli 2015).
Rieke mengingatkan kedua PT tersebut harus jadi BPJS secara serentak pada tanggal 1 Januari 2014. Oleh karena itu harus ada audit sesuai Perintah UU BPJS, tapi sampai hari ini tidak dijalankan.

S u m b e r

Setiap bulan pasti ada potongan dari gaji kita untuk akes ke asuransi-asuransi di atas.

Kira-kira setelah diaudit dan mereka bertransformasi menjadi BJPS, premi kita setiap bulan yang dipotong dari gaji masuk kemana yah? emoticon-Bingung (S)

Mohon pencerahan dari para pakar hukum BP dan calon-calon sarjana hukum...!!!
Aman......
Kan klo pindah kerja masih bisa lanjut sistemnya.....
Quote:Original Posted By rabitamotor
Aman......
Kan klo pindah kerja masih bisa lanjut sistemnya.....

Awal tahun 2014 kan sistemnya yang berubah, takutnya nanti malah jadi rumit proses klaimnya.

Ada yang bisa kasih info yang lebih detail tidak? emoticon-Bingung (S) Soalnya masih was-was nih.
bukannya nambah malah berkurang
emoticon-Hammer (S)
gan ane juga mau nanya, ane udah resign kerja sejak akhir 2014. sekarang mulai usaha sendiri, apa ane masih bisa ambil ne dana. bukan apa apa sih, ini kan hak walau gak gede(palingan 5 jutaan). kalau disuruh nunggu sampai 56 th, trus 30 tahun lagi tu duit bisa buat beli apa?
sementara terendap puluhan tahun dananya(termasuk milik jutaan karyawan lain selain ane) berkembang siapa yang nikmatin?
ane curiga kayanya ini bakal jadi permainan lain selain dana haji

legit banget ngelola BPJS neh
Hanya mau mengingatkan para kawan-kawan yang dulu berapi-api minta disahkan SJSN dan BPJS. Apakah sekarang mereka sudah paham akan aspirasi mereka yang telah terealisasi???

Spoiler for tokohnyakah ini???:


Spoiler for demonya ngerti ga ya?:
Quote:Original Posted By joharkn
Hanya mau mengingatkan para kawan-kawan yang dulu berapi-api minta disahkan SJSN dan BPJS. Apakah sekarang mereka sudah paham akan aspirasi mereka yang telah terealisasi???

Spoiler for tokohnyakah ini???:


Spoiler for demonya ngerti ga ya?:


ini dia gan situasi yang paling susah, situasi yang selalu berbenturan sama sendi2 masyarakat, situasi yang gak tau siapa kawan siapa lawan, situasi yang banyak banget kepentingan dan modus2 tertentu dari oknum2 tertentu, situasi yang rakyat terus "dikorbanin".

POLITK GAN
Quote:Original Posted By sukgnubisan

Awal tahun 2014 kan sistemnya yang berubah, takutnya nanti malah jadi rumit proses klaimnya.

Ada yang bisa kasih info yang lebih detail tidak? emoticon-Bingung (S) Soalnya masih was-was nih.


Yah di mana mana pasti ruwetlah klo mau narik duit gan klo nyetor mah gampang emoticon-Big Grin
gaji pasti ditanggung aman emoticon-army


kalo potongan nyah ..... gak janji deh emoticon-Embarrassment
Klo kata para "ahli" sih anggap aja sedekah emoticon-Embarrassment