alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525516a61acb17b84c00000a/pic-uji-coba-meriam-90mm-cockerill-tarantula-tni-ad
[PIC] Uji Coba Meriam 90mm Cockerill Tarantula TNI-AD
Quote:Sengatan sang Laba-Laba

Created on Wednesday, 09 October 2013 13:59

Blarrrr...!! Blarrrr...!! Meriam 90mm Cockerill menyalak dahsyat bersahut-sahutan. Gema suaranya terdengar hingga kejauhan. Demikianlah suasana pelatihan penembakan senjata utama panser Tarantula yang dilaksanakan Pusat Kesenjataan Kavaleri TNI-AD di kawasan Cipatat Bandung Jawa barat. Pelatihan ini sendiri melibatkan puluhan personel kavaleri dan 2 buah Panser Tarantula.

Layaknya pelatihan, puluhan amunisi juga disiapkan. Munisi yang digunakan untuk latihan adalah dari jenis HESH buatan Belgia. Satu persatu, calon awak Tarantula mencoba membidik sasaran lesan ukuran 4x4 meter yang diletakan sejauh 1 kilometer. Dari beberapa kali uji tembak, terlihat akurasi meriam Cockerill ini sangat baik. Beberapa tembakan mencetak skor bulls eye. Padahal, ini baru merupakan latihan pertama sehingga para awak belum terlalu terlatih. Selain itu, meriam cockerill MK-3 90mm LP ini cukup canggih. Ia dilengkapi dengan pengukur jarak laser serta penglihat malam. Namun, dalam pelatihan ini juga dilatihkan menembak tanpa laser range finder. Sehingga kemampuan awak kavaleri benar-benar teruji.

Dari pengamatan ARC, platform Tarantula rupanya cukup stabil. Ketika meriam ditembakan, hampir tidak ada tolak balik yang terjadi. Berbeda misalnya jika kita melihat penembakan AMX-13, dimana tubuh tank ikut berguncang. Buktinya, Instruktur bule tampak santai nangkring diatas Tarantula tanpa takut terjerembab ketika sesi penembakan berlangsung. Kecilnya recoil ini juga merupakan keunggulan dari meriam Cockerill MK-3. Sistem meriam 90mm Tarantula terpasang pada kubah yang dioperasikan oleh 2 awak, juru tembak (gunner) dan danran alias komandan kendaraan. Sementara, tipikal amunisi yang disediakan adalah APFSDS-T (Armor Piercing Fin Stabilised Discarding Sabot-Tracer), HEAT (High Explosive Anti Tank), HE-T, dan Canister (anti personil). Walaupun munisinya sudah tidak efektif untuk melawan tank modern, kanon 90 masih memiliki gigi untuk tugas-tugas pengamanan, penyekatan, dan dukungan tembakan, fungsi yang nantinya akan diemban oleh Tarantula.

Pelatihan penembakan ini merupakan rangkaian dari pelatihan awak ranpur sebelumnya. Dimana sebelumnya juga telah dilatihkan operasional radio, mengemudi dan akhirnya penembakan. Bukan hanya siang hari, pelatihan menembak juga akan dilakukan pada malam hari, serta juga pelatihan penembakan senjata co-axial. Setelah pelatihan lengkap, prajurit Kavaleri pun makin siap dan sigap mengamankan negeri menggunakan senjata kebanggaan mereka yang baru, Tarantula.

(all photo: Pussenkav TNI-AD)


[PIC] Uji Coba Meriam 90mm Cockerill Tarantula TNI-AD

[PIC] Uji Coba Meriam 90mm Cockerill Tarantula TNI-AD

[PIC] Uji Coba Meriam 90mm Cockerill Tarantula TNI-AD

[PIC] Uji Coba Meriam 90mm Cockerill Tarantula TNI-AD

Spoiler for more pictures:



Source: http://arc.web.id/berita/579-sengata...laba-laba.html

Quote:Original Posted By supermarine

[PIC] Uji Coba Meriam 90mm Cockerill Tarantula TNI-AD

Instruktur bule ? , btw turret tarantula masih manual apa engak sih ? "Munisi" nya emoticon-Matabelo
oh masih di kavaleri di padalarang yah ngetest tembaknya, bareng sama org2 latian nyetir dump truck..
uji coba leopard ga sklian?
HESH antibunker.Coba diujicoba tembak ke Leuw 2 yg dibangga2kan juragan sekalian.
[PIC] Uji Coba Meriam 90mm Cockerill Tarantula TNI-AD

masuk ke IFV sama kyk ke masjid, sepatunya dilepas...emoticon-Ngakak (S)
Gan, mgkin yang dimaksud lapangan tembak Pusdikif Pussenif Cipatat
baru tau cockerill 90 ada squashhead munition, kirain cuma chally yang ada emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By mr.yakhont

Instruktur bule ? , btw turret tarantula masih manual apa engak sih ? "Munisi" nya emoticon-Matabelo

Bule dari CMI itu gan...
yg latihan nyetir dump truck nggak kaget2 ya?..
nanya:
yang ada di belakang turetnya itu apa?
Quote:Original Posted By kaka404
yg latihan nyetir dump truck nggak kaget2 ya?..
nanya:
yang ada di belakang turetnya itu apa?


rak serbaguna aja... buat naruh apapun yg bisa masuk kesitu..
Quote:Original Posted By cherrybombers
[PIC] Uji Coba Meriam 90mm Cockerill Tarantula TNI-AD

masuk ke IFV sama kyk ke masjid, sepatunya dilepas...emoticon-Ngakak (S)


Untung ga ada jamaah sandalniyah
instrukturnya bule??...yg diuji coba tarantula apa cockreeilnya?
Quote:Original Posted By frankmuller
uji coba leopard ga sklian?


Wis muleh ngandang...
ga sabar lihat uji coba Leopard 2emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By suromenggolo


Wis muleh ngandang...


Dimana?Tanah kelahiran atau majikan anyar?
Quote:Original Posted By toesbolteroes11


Dimana?Tanah kelahiran atau majikan anyar?


balikin ke rheinmetall denger2 emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By cherrybombers
rak serbaguna aja... buat naruh apapun yg bisa masuk kesitu..

yah... saya juga tahu itu rak serba guna... yang saya pengen tahu itu yang di rak ama yang putih2 itu apaan ya?
Quote:Original Posted By kaka404

yah... saya juga tahu itu rak serba guna... yang saya pengen tahu itu yang di rak ama yang putih2 itu apaan ya?


nasi bungkus emoticon-Belo
Heheheh... bener khan sabdanya mbah Suro kalo sang macan udah dibalikin lg ke kandangnya di Jerman sono... emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By suromenggolo


Wis muleh ngandang...


Quote:Original Posted By kimi mabok


balikin ke rheinmetall denger2 emoticon-Hammer