alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525414afbbf87b976a000005/ratusan-prajurit-tni-al-jalani-seleksi-pasukan-elite
Ratusan Prajurit TNI-AL Jalani Seleksi Pasukan Elite
Ratusan Prajurit TNI-AL Jalani Seleksi Pasukan Elite
Sebanyak 189 orang prajurit menjalani proses seleksi perekrutan masuk pendidikan pasukan elite TNI Angkatan Laut, masing-masing sebagai awak kapal selam, Pasukan Katak, juru selam, dan pasukan Intai Amfibi Marinir. Seleksi yang dijadwalkan berlangsung selama satu minggu itu, dipusatkan di Gedung Moeljadi, Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal), Bumimoro, Surabaya, mulai Senin (7/10).

Adapun tahapan seleksi yang harus dijalani calon siswa pasukan elit itu, meliputi tes kesegaran jasmani, kesehatan lengkap, psikologi tertulis dan wawancara, mental ideologi, dan kesehatan jiwa. Direktur Personel Kobangdikal Kolonel Laut (E) Catur Budi Susanto selaku Ketua Panitia Penerimaan, menjelaskan dari 189 prajurit tersebut, sebanyak 62 orang mengikuti seleksi calon siswa Pendidikan Pasukan Katak, Pendidikan Juru Selam (44 orang), Pendidikan Calon Awak Kapal Selam (22 orang), dan 61 orang sisanya di Pendidikan Intai Amfibi Marinir.

"Seluruh rangkaian seleksi penerimaan calon siswa pendidikan pasukan elit TNI AL akan menguras tenaga dan pikiran dari prajurit. Mereka yang lolos seleksi akan diketahui saat sidang penentuan akhir pada 18 Oktober mendatang," katanya. Ia menjelaskan dalam kalender pendidikan tahun 2013, TNI AL sudah menetapkan kuota kursi untuk calon siswa dari masing-masing pendidikan pasukan elit tersebut.

Pendidikan Pasukan Katak dan Intai Amfibi Marinir masing-masing mendapatkan kuota sebanyak 30 orang siswa, kemudian Pendidikan Juru Selam 20 orang, dan Pendidikan Awak Kapal Selam 15 orang. "Lokasi pendidikan bagi siswa prajurit yang dinyatakan lulus seleksi akan disebar di sejumlah tempat," tambah Catur Budi.

Siswa calon awak kapal selam menjalani pendidikan di Sekolah Kapal Selam (Sekasel), kemudian siswa Pasukan Katak di Sekolah Pasukan Katak (Sepaska) dan siswa Juru Selam di Sekolah Penyelam (Seselam), yang ketiganya di bawah komando Pusat Pendidikan Khusus Kodikopsla. Sedangkan siswa Intai Amfibi menjalani pendidikan di Sekolah Khusus Pusat Pendidikan Infanteri yang berada di bawah Komando Pendidikan Marinir, Kobangdikal.
om kira2 tanfibnya kapanemoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By kenyot10.
Ratusan Prajurit TNI-AL Jalani Seleksi Pasukan Elite

Adapun tahapan seleksi yang harus dijalani calon siswa pasukan elit itu, meliputi tes kesegaran jasmani, kesehatan lengkap, psikologi tertulis dan wawancara, mental ideologi, dan kesehatan jiwa. n Katak, Pendidikan Juru Selam (44 orang), Pendidikan Calon Awak Kapal Selam (22 orang), dan 61 orang sisanya di Pendidikan Intai Amfibi Marinir.

Pendidikan Pasukan Katak dan Intai Amfibi Marinir masing-masing mendapatkan kuota sebanyak 30 orang siswa, kemudian Pendidikan Juru Selam 20 orang, dan Pendidikan Awak Kapal Selam 15 orang. "Lokasi pendidikan bagi siswa prajurit yang dinyatakan lulus seleksi akan disebar di sejumlah tempat," tambah Catur Budi.

Siswa calon awak kapal selam menjalani pendidikan di Sekolah Kapal Selam (Sekasel), kemudian siswa Pasukan Katak di Sekolah Pasukan Katak (Sepaska) dan siswa Juru Selam di Sekolah Penyelam (Seselam), yang ketiganya di bawah komando Pusat Pendidikan Khusus Kodikopsla. Sedangkan siswa Intai Amfibi menjalani pendidikan di Sekolah Khusus Pusat Pendidikan Infanteri yang berada di bawah Komando Pendidikan Marinir, Kobangdikal.


Berarti masih jauh arang dari api dan nggak mungkin ada pengadaan yg datang dalam waktu dekat sekali
Sewa kan bisa emoticon-Stick Out Tongue
Quote:Original Posted By littlesophie24


Berarti masih jauh arang dari api dan nggak mungkin ada pengadaan yg datang dalam waktu dekat sekali


gw cuma mau komen foto, itu doppering nya deket bener oiiiiii.. gak nyampe setengah meter dari prajurit... emoticon-Takut (S)
Quote:Original Posted By littlesophie24


Berarti masih jauh arang dari api dan nggak mungkin ada pengadaan yg datang dalam waktu dekat sekali


Hut tni besok kan ada cbg
Entah pesanan, entah pinjeman
hibah 10 kapal selam dah pasti gak diambil keliatan yang direkrut untuk kapal selam terlalu sedikit
Quote:Original Posted By izalo
hibah 10 kapal selam dah pasti gak diambil keliatan yang direkrut untuk kapal selam terlalu sedikit


hibah dari mana mbah ?
Quote:Original Posted By kenyot10.

proses seleksi perekrutan masuk pendidikan pasukan elite TNI Angkatan Laut, masing-masing sebagai awak kapal selam, Pasukan Katak, juru selam, dan pasukan Intai Amfibi Marinir.


om mo nanya...itu pendidikannya sama semua / frogman dan taifib di bedain..??? kalo sama berarti ngeri juga yah kualifikasi hiu kencana dah bisa demolition dan infiltration mission CMIIW
frogman itu apa gan? Denjaka? yg dibold kan emang materi SF
Quote:Original Posted By ghost_rider


om mo nanya...itu pendidikannya sama semua / frogman dan taifib di bedain..??? kalo sama berarti ngeri juga yah kualifikasi hiu kencana dah bisa demolition dan infiltration mission CMIIW


Quote:Original Posted By kenyot10.
Spoiler for "dopper maut!!":

...

Pendidikan Pasukan Katak dan Intai Amfibi Marinir masing-masing mendapatkan kuota sebanyak 30 orang siswa,

...


Ini calon siswanya gabungan, atau memang dari pelaut sendiri, dan dari marinir sendiri?

Kalau dari logika saya sih... yang casis marinir, ikut seleksi untuk masuk ke sekolah taifib saja...

Quote:Original Posted By suromenggolo


Hut tni besok kan ada cbg
Entah pesanan, entah pinjeman


HUT tni 2014, mbah?
bukannya emang pinjem yak?
Quote:Original Posted By Mistaravim
frogman itu apa gan? Denjaka? yg dibold kan emang materi SF


itu loh om pasukan katak (bener gak sih frogman = pasukan katak?? ) cmiiw.
maksud pertanyaan saya atas berita di atas, kan dibilang kalo awak kapal selam juga ikutan latihan. berarti skill dan kualifikasi awak kapal selam kita dah sama kaya SF dong yah...(demolition and infiltration course included)??
baru tau saya soalnya hehehe. IMHO kirain pelatihan awak kapal selam lebih ke arah endurance dan psikotest bagus aja.
Quote:Original Posted By cherrybombers
gw cuma mau komen foto, itu doppering nya deket bener oiiiiii.. gak nyampe setengah meter dari prajurit... emoticon-Takut (S)

Pasukan khusus sih.Mesti tahan uji lebih daripada yg biasa.Make me wonder pasukan jaguh milik jiran jarak brp cm ya?
Quote:Original Posted By ghost_rider


itu loh om pasukan katak (bener gak sih frogman = pasukan katak?? ) cmiiw.
maksud pertanyaan saya atas berita di atas, kan dibilang kalo awak kapal selam juga ikutan latihan. berarti skill dan kualifikasi awak kapal selam kita dah sama kaya SF dong yah...(demolition and infiltration course included)??
baru tau saya soalnya hehehe. IMHO kirain pelatihan awak kapal selam lebih ke arah endurance dan psikotest bagus aja.


Ini baru seleksi masuk sekolahnya om.. belum pendidikan SF-nya...
ibarat kalau kuliah.. ini UMPTN-nya... nanti kalau lulus UMPTN, baru masuk ke jurusan yang didaftar. Mau ke Kedokteran, ke Teknik, atau ke Sains, tetep aja materi UMPTN-nya berbobot sama semua.

begitu ilustrasi berita diatas.
Quote:Original Posted By kenyot10.
Ratusan Prajurit TNI-AL Jalani Seleksi Pasukan Elite


salut buat instrukturnya..... mental ngga kuat bs termehek2 disini...emoticon-Kiss
Ratusan Prajurit TNI-AL Jalani Seleksi Pasukan Elite
Ratusan Prajurit TNI-AL Jalani Seleksi Pasukan Elite
Quote:Original Posted By cherrybombers
gw cuma mau komen foto, itu doppering nya deket bener oiiiiii.. gak nyampe setengah meter dari prajurit... emoticon-Takut (S)


ini malah sampe kena tembak emoticon-Turut Berduka
youtube-thumbnail
Quote:Original Posted By duckz777


ini malah sampe kena tembak emoticon-Turut Berduka


alamaaaaakkk emoticon-Takut (S)
pasukan khusus sama pasukan elite itu beda ga??
Quote:Original Posted By suromenggolo
Hut tni besok kan ada cbg
Entah pesanan, entah pinjeman


harus nya pesenan mbah, kan dah sesuai jadwal.
masalahnya, jeroan nya dpt dari mana kalo jerman g kasih ijin beli jeroan 214 ?