alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52526007bbf87b3e5a000006/ajaibnya-3-kata-ini-gan--motivasi
Ajaibnya 3 kata ini gan ! (motivasi)
Sebelumnya
Ajaibnya 3 kata ini gan ! (motivasi)

Ajaibnya 3 kata ini gan ! (motivasi)

Quote:Moga moga gak emoticon-Blue Repost
Kalau bisa tolong emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star


Quote:MAAF , TERIMA KASIH & TOLONG
Sebelumnya agan gak pernah merhatiin kan betapa dahsyatnya ketiga kata tersebut. dulunya ane juga gak terlalu peduli gan. rupanya kata kata tersebut banyak keindahan didalamnya emoticon-Malu (S)


Quote:
Ajaibnya 3 kata ini gan ! (motivasi)Ane tertarik mbuat thread kayak gini karena prihatin gan. asli prihatin kedua kata itu penting banget lho gan tapi (hampir) semua orang yang bergaul sama ane jarang banget nggunain kata kata itu emoticon-Mad (S) .Padahal kita semua diajarin kan sama bapak kita waktu kecil suruh bilang makasih, Minta maaf, Minta tolong dll tapi dewasa ini itu semua hampir gak pernah digunain emoticon-Mad (S)


Spoiler for :


Quote:Ajaibnya 3 kata ini gan ! (motivasi)INTERAKSISebagai makhluk sosial, tentu kita menyadari bahwa kita perlu berinteraksi dengan sesama. Namun, dalam proses interaksi tersebut, sering kali kita lupa akan hal-hal kecil yang sebenarnya memiliki peran sangat penting, misalnya mengucapkan kata “maaf”, “tolong”, dan “terima kasih”. Meski terkesan sederhana, menyepelekan ketiga kata tersebut dapat menghambat hubungan sosial kita, yang pada akhirnya membawa kita pada kegagalan.
Lalu, apa sebenarnya kekuatan yang ada di balik ketiga kata itu, sehingga memiliki peran sangat penting dalam kehidupan?

Mari kita meretas secara tuntas bagaimana kekuatan kata “maaf”, “tolong”, dan “terima kasih” mempengaruhi Agan dalam menggapai kesuksesan di segala bidang; serta bagaimana Agan mengembangkan karakter personal dengan tiga kata itu. Ditambah dengan kisah-kisah tentang dahsyatnya kekuatan ketiga kata itu, Semoga dibiuatnya thread ini semakin menguatkan Agan untuk menjadi pribadi yang ringan dengan kata-kata “maaf”, “tolong”, dan “terima kasih”.

Quote:Kalau mau saya punya referensi buku bagus nih gan
Spoiler for buku:


Quote:Tiga Kata Hebat
Ajaibnya 3 kata ini gan ! (motivasi)
Beberapa waktu yang lalu, seorang kawan lama mengirimkan sebuah artikel, yang berkisah tentang tiga kata hebat. Ketiga kosakata itu adalah ‘tolong’, ‘terima kasih’ dan ‘maaf’. Dalam artikel itu, kawanku mengatakan bahwa tiga kata ini mengandung nilai moral yang tinggi. namun sayang, saat ini ketiga kata itu telah lenyap dari kosakata keseharian kita, entah lupa atau dilupakan.

Kata ‘tolong’ adalah sebuah ungkapan penghalus yang bernilai budi pekerti tinggi demikian juga dengan kata ‘maaf’, sementara kata’terima kasih’ adalah kata yang didalamnya dipenuhi oleh muatan kesantunan dan rasa kebersyukuran atas segala yang terjadi maupun apa-apa yang telah dilakukan oleh orang lain pada kita.

Dari pencarian dan pengamatan saya akhirnya ada satu kesimpulan yang cukup menarik dan memang seyogyanya menjadi perhatian yang cukup serius bagi kita bila kita ingin kembali menghidupkan kosakata-kosata berdaya milik bangsa kita sendiri itu. Kesimpulan itu adalah bahwa ternyata dalam ruang lingkup keluarga Indonesia, pemberian contoh dari orang tua kepada anak mengenai aplikasi langsung penggunaan kosakata ini sangatlah kurang. Demikian juga dalam konteks kemasyarakatan. Pemberian contoh dari penguasa atau para pejabat sebagai pemimpin komunitas ke masyarakat juga sangat minim. Celakanya lagi di ruang-ruang pendidikan pun terjadi hal yang demikian. Guru kurang memberi keteladanan kepada para siswanya dalam mengeksplorasi konsepsi kata ‘terima kasih’,’tolong’ dan ‘maaf’ dalam keseharian secara wajar dan alamiah.

Kondisi ini yang pada akhirnya sedikit demi sedikit mengusur keberadaan kata-kata tersebut dalam keseharian kita, menjadikannya seperti tiga kata asing.

Dari ketiganya, kata “maaf” adalah kata yang paling “tersakiti”. Ia paling jaring terdengar oleh telinga kita, terutama dari mereka yang berposisi lebih tinggi, orangtua kepada anak, pimpinan kepada bawahan, pejabat kepada rakyat dan sebagainya. Nampak sekali bahwa kata ini syarat gengsi, sehingga tampak tidak elok kalau harus dinyatakan oleh mereka yang punya kuasa pada yang tidak. Selain itu, benturan budaya dan pemikiran bahwa yang tinggi tidak pernah bersalah masih terlalu lekat. Walhasil, “maaf” pun seperti terkubur dalam-dalam dari kosata keseharian kita.

Kata “maaf” adalah satu permohonan ampun akan segala kesalahan dan khilaf yang pernah dilakukan, bukan sekedar basa-basi untuk menghilangkan segala kewajiban, sebagaimana yang saat ini sering kita dengar. Inilah rupanya yang menjadi tembok besar penghalang, karena konsepsi meminta ampun seringkali dilekatkan pada pihak-pihak tertentu saja. Sementara pihak yang lain, sepertinya boleh “bersih” dari mengucapkan kata ini.

Sementara, untuk dua kata yang lain, kita masih boleh sedikti berlega hati. Meski tak terdengar nyaring dan riuh, kata “terima kasih” dan “tolong” masih sempat kita dengar.

Kata “terima kasih” adalah satu wujud ungkapan syukur atas bantuan atau apapun yang kita dapatkan dari orang lain. Berterima kasih adalah wujud apresiasi mendalam kita pada setiap orang di sekitar. Sama halnya dengan “terima kasih”, kata “tolong” merupakan wujud penghormatan kita pada sesama. Kita memandang setiap orang sama, sehingga saat meminta sesuatu kita melepaskan arogansi diri dengan mengucap “tolong”. Pada dasarnya, kata ini bukan sekedar penghalus saja, namun sekali lagi, bagaimana kita menempatkan orang lain pada derajat yang tinggi.

Sebegitu sulitkan ketiga kata tersebut dihidupkan kembali?

Sebenarnya tidak. Ketiga kata itu adalah kata-kata yang sederhana, yang tidak menguras energi untuk mengatakannya. Juga tidak mengurang pemikiran. Hanya, butuh sifat legowo dalam diri agar mudah terucapkan. Sayang, konsep hidup majikan-pembantu masih terlalu, dan menjadi semakin lekat dalam kehidupan kita. Akhirnya, hal yang seharusny mudah menjadi terlampau sulit. Sangat sulit bahkan. Artinya, untuk menghidupkannya kembali, kita perlu mendobrak konsep relasi majikan-pembantu dalam diri kita. Kita perlu menghidupkan kembali pemikiran bahwa setiap orang memiliki kedudukan sama dan berhak untuk menerima ucapan “terima kasih” saat dia menolong dan membantu kita, “tolong” saat kita meminta bantuan, dan “maaf” saat kita bersalah. Kita perlu membuang jauh egoisme pribadi. [URL="http://mutiarabirusamudra.blogdetik..com/tiga-kata-hebat/"]SUMBER[/URL]


Spoiler for Kisah Inspiratif:


Spoiler for Kisah nyata gan:


Quote:Terakhir ane berharap "Semoga 3 kata di atas bisa menjadi karakter.menjadi kata kata yang biasa kita pakai sehari hari ,Pokoknya dibumikanlah !"

Terakhir ane mohon maaf gan kalau ada salah kata di thread ane ini.terus Terima kasih udah ngeluangin waktu baca thread agak panjang ini. Sama minta tolong emoticon-Rate 5 Star or emoticon-Toast gan hehehe

By the way ane baru gan di kaskus (udah lama sebenernya cuman dari dulu cuma SR emoticon-Hammer (S) )

ini thread kedua ane
Thread pertama Kenapa orang Malaysia kalau nyanyi kayak bahasa Indonesia

Jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L) ya gan
Sundul dulu gan emoticon-Sundul Gan (S)

Pertamax milik TS semata
sepi banget ya?
inspiratif....smga bisa dterapkan
maaf tolong & terimakasih
kata-kata yg lumayan jarang diucapkan oleh anak zaman sekarang emoticon-Big Grin
Ini baru thread bermutu. Terimakasih y gan, maaf br bsk mkn bs ksh cendol, tlg ingetin by pm/vm emoticon-Smilie

kata2 yg mudah namun kadang bagi sebagian orang susah tuk diucapkan
cuma yang fair yang berani ngomong kata - kata itu gan......

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
itu jurus terakhir gan,,,emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By pasir.merah
maaf tolong & terimakasih
kata-kata yg lumayan jarang diucapkan oleh anak zaman sekarang emoticon-Big Grin


itulah gan yang menginspirasi ane buat thread kaya gini
pejwan emoticon-Cool
kata kata langka jaman sekarangemoticon-Matabelo
bner bgt kata gan nih, tolong,maaf n terimakash
emoticon-thumbsupemoticon-thumbsupemoticon-thumbsupemoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By exsan1985
itu jurus terakhir gan,,,emoticon-Ngakak


kamsudnya apa nih gans emoticon-Bingung (S)
Mungkin banyak yg menilai kata2 itu utk hubungan profesional
Tapi coba deh terapin ke keseharian dan pas ngobrol santai emoticon-Add Friend (S)
Menyebut kata tolong dan maaf yg menurut ane berad emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By Jonesi
cuma yang fair yang berani ngomong kata - kata itu gan......

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


GENTLEMAN Gans emoticon-Cool
mantap memotivasi gan emoticon-Big Grin
emoticon-Sundul
×