alexa-tracking

Agan suka mana lontong balap atau Lontong Kupang

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52525dff18cb170e6b000000/agan-suka-mana-lontong-balap-atau-lontong-kupang
Agan suka mana lontong balap atau Lontong Kupang
Assalamulaikum ....
Halo agan agan kaskus, sudah tau makanan inikah
Spoiler for LB:

Yup bener Lontong Balap
Lontong balap adalah makanan khas Indonesia yang merupakan ciri khas kota Surabaya di Jawa Timur. Makanan ini terdiri dari lontong, taoge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal. Lontong balap terdiri dari lontong yang diiris-iris dan di atas irisan lontong ini ditumpangi irisan tahu dan remasan beberapa lentho (bulatan kecil sebesar ibu jari dan dipencet ini bentuk lentho asli lontong balap, berbeda dengan lentho yang dipakai sekarang), kemudian di atasnya ditumpangi kecambah setengah matang yang porsinya terbanyak dalam hidangan, setelah itu diambilkan kuah secukupnya, sambal dan kecap disesuaikan selera pembeli

Kalo menurut Sejarah Menurut dahulu lontong balap masih dijual dalam kemaron besar yang terbuat dari tanah liat yang dibakar, yang berat dan dipikul keliling kota. Kemaron besar yaitu wadah terbuat dari tanah liat (dibakar menjadi warna merah bata). Karena bobot kemaron yang berat, sekarang tempat ini diganti dengan panci yang terbuat dari logam. Para penjual lontong balap ini, untuk berebut pembeli di perjalanan dan pembeli di pasar berjalan cepat-cepat menuju pos terakhir di Pasar Wonokromo, dari jalan cepat ini menimbulkan kesan berpacu sesama penjual (dalam bahasa Jawa: balapan), dari balapan ini kemudian dikenal dengan nama lontong balap.

Penjual lontong balap pada zaman dulu didominasi oleh penjual dari Kampung Kutisari dan Kendangsari yang sekarang menjadi wilayah Surabaya Selatan. Dari Kutisari-lah makanan lontong balap berasal. Kampung Kutisari dan Kendangsari, pada kenyataannya, keduanya sama-sama berjarak lebih kurang 5 km dari Pasar Wonokromo. Karena lontong balap dikenal luas oleh masyarakat dari Pasar Wonokromo yang sekarang berubah nama menjadi DTC, nama tempat itu pun melekat serta menjadi ciri khas nama masakan "Lontong Balap Wonokromo" yang untuk masa sekarang disebut lontong balap.

Pada masa sekarang lontong balap lebih sering dijual dalam kereta dorong dan warung, meski demikian nama lontong balap tetap tidak berubah. Lontong balap juga adalah makanan favorit orang Surabaya

Nah ada lagi gan
Spoiler for LK:

Yup bener lagi Lontong Kupang
Lontong kupang atau kupang lontong adalah nama makanan khas daerah Jawa Timur. Makanan ini terkenal khususnya di daerah Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan. Di daerah pesisir timur Jawa Timur, lontong kupang yang terkenal adalah Kupang Keraton. Nama Keraton ini diambil dari suatu nama daerah atau suatu nama kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Sudah sejak lama penduduk daerah ini mencari dan berdagang kerang kupang. baik dijual mentah ataupun berupa kuliner ( lontong kupang ).

Bahan utama yang digunakan adalah kupang putih (Corbula faba H), yaitu hewan laut semacam kerang bentuknya kecil sebesar antara biji beras dan biji kedelai. Kupang yang telah dikupas dan dimasak, ditambahkan lontong dan lentho, kemudian diberi kuah petis dan sedikit perasan jeruk nipis

Tambahan Hidangan Penyedapnya biasanya ini gan
Spoiler for Sate Kerang:


ah Kalo agan agan milih suka mana gan antara Lontong Balap atau Lontong Kupang.. trus minumnya apa gan? hehehe
Kalo ane sih ini gan
Spoiler for es:

Spoiler for Koment Kaskuser:


Bukti No emoticon-Repost gan
Spoiler for No Repost:

klo berkenan kasih rate yah gan
dan ane ga bakal nolak klo dikasih
Spoiler for cendol:

trus jangan lupa coment yah gan sebelum pindah thread sebelah
Thread ane yang Lain gan :
Gila Makanan sushi ini di desain Lucu dan Imut dan Menarik sebelum di makan
Kucing kucing yang memiliki tanda unik di tubuhnya..
9 Kisah Kencan Pertama PALING BURUK Sepanjang Masa
Keren gan Lukisan ini dibuat dari krayon warna yang diberdirikan
Karya Seni Indah Dari bahan Tak Terpakai
Mitos tentang kesehatan yang pernah sedikit ada dipikiran kita dan faktanya
[Amazing] Transformasi Anjing Liar Yang Ga Berbentuk Menjadi Lucu [+ picc]
22 perkembangan hewan peliharaan dari kecil dan dewasa [+ Pic ]
lontong balap enak gan, pertamax kah???
coba gan cari petunjuk cara mencari kupang....kalo agan masih kuat menyantapnya setelah tahu
hebat gan

btw dua duanya ane suka lho gan
walaa... uda lama banget neh gak makan lontong kupang...emoticon-Sorry
ane lebih suka lontong kupang seh gan..emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:


pertamaxx
Quote:

ndang di coba gan...

lontong balap gan
Quote:

sudah tau gan caranya...
ga mikir gan, yang penting makan...

ane suka dua2x gan.. lebih suka lontong balap... emoticon-Big Grin
qlo makan kupank kebanyakan gk enag juga diperut...

aku paling doyan lontong kupang cuk.. emoticon-Big Grin opo maneh seng puedes des des..... trus finishing touchnya es degan emoticon-Matabelo
kalo lontong balap enak jg si, tapi wareg kecambah emoticon-Big Grin
dua-duanya ane siap jabanin gan emoticon-Malu (S)
Quote:

bener cukkk emoticon-Jempol, nek pedes sampe slurup2 irunge mantap pastine... trus ngombe es degan jumbo wareg bos...

Lontong balap lah gan..emoticon-Kiss
ane suka dua-duanya gan emoticon-I Love Indonesia (S)
enak banget soalnya
Quote:

tambah degan ijonya gan jangan lupa emoticon-2 Jempol
Lontong Balap itu paporit ane dari kecil gan,,apa lagi sama sate kerang + petisnya agak banyakan.. Hmmmmm....
Klo udah keringetan + kepedesan tinggal nyeruput es degann..
Wooowwww,,mantap kaliiiii...... emoticon-Matabelo

emoticon-2 Jempol
aku seneng kabeh cak
podo enake maknyos
wah ane baru tau kalo ada lontong balap gan emoticon-Hammer2
kirain lontongnya ngedrag gitu emoticon-Ngakak

keknya enak gan jadi mau :emoticon-Genit
ane lebih suka lontong balap gan.. soal'e luwih seger.. emoticon-Jempol
wah ane baru tahu tuh gan makanan itu lain kali nyoba ah...