alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525230a0fdca17eb45000004/asal-usul-tulisan-dokter-jelek
Asal Usul Tulisan Dokter Jelek
Sebelumnya Bantu Dulu Gan
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Jangan Lupa :

~ Komeng
~ Cendol emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Quote:Inilah alasan kenapa tulisan dokter jelek..Suatu waktu Anda sakit dan pergi ke dokter. Pasti si dokter memberi selembar kertas yang berisi daftar obat apa saja yang harus kita tebus di apotek. Anda mengenalnya dengan resep dokter. Soalnya kemudian nyaris sama yang dihadapi setiap pasien, di mana pun dia berada, bahwa semua tulisan dokter itu tak terbaca saking buruknya.

Maka muncul joke-joke atau bahkan menjadi alamat, jika tulisan tangan Anda di sekolah atau universiteit buruk dan nyaris tak terbaca, pastilah tulisan tangan Anda itu disebut secara spontan sebagai "Tulisan Dokter". Ada lagi istilah lain untuk menunjuk tulisan acakadut itu: "Tulisan cakar ayam". Kalau ada "Pondasi cakar ayam", maka ada "tulisan cakar ayam". Atau Sutami yang menemukan "pondasi cakar ayam" pertama kali untuk pembangunan Jembatan Semanggi di Jakarta Pusat itu terinspirasi oleh "tulisan cakar ayam" seorang dokter ya? Boleh jadi. Tapi boleh jadi juga ini 'malpraktik' karena menghubung-hubungkan sesuatu yang tak berhubungan sama sekali.


Asal Usul Tulisan Dokter Jelek

Quote:Memang tak pernah ada yang tahu penyebab pastinya mengapa 'tulisan buruk' itu sudah mentradisi dan siapa pula yang pertama kali dengan 'jenius' memperkenalkannya.

dr Ika Dewi Ana, dokter gigi dan staf pengajar di Kedokteran Gigi UGM, menolak disebut tulisannya sangat buruk (ia mengaku tulisannya nyaris sama dengan tulisan arsitek karena rapinya...). Menurutnya, seumur-umur dia belajar kedokteran, tak pernah ada pelajaran bagaimana trik menulis resep yang buruk di secarik kertas. Yang diketahuinya bahwa semua dokter harus memberikan informasi yang benar, jelas, dan terbuka kepada setiap pasien. Itu saja.

Apa pihak apoteker bisa membaca tulisan resep yang kriting itu? Hmmm bertahun-tahun mereka sudah berhubungan. Pastilah apoteker sudah hapal mati anatomi tulisan yang nyaris tak terbaca itu. Dan penjaga apoteker yang biasanya tulisan tangannya rapi, kerap juga ikut-ikutan buruk.

Ini namanya koinsidensi yang buruk. Untunglah sudah zaman komputer. Tapi salah. Soalnya yang dicetak di komputer hanyalah kuitansi pembayaran. Adapun resep tetap saja ditulis dengan spirit kekritingan yang sempurna.

Atau ini sebuah siasat si dokter dan sudah menjadi legasi tak tertulis agar resep yang ditulisnya tak dipalsu pasien untuk menebus obat tanpa sepengetahunnya; dan jika dipalsu pastilah pihak apoteker yang sudah mengetahui anatomi tulisan cakar ayam dokter itu akan mencium gelagatnya seperti petugas bank yang mengenali betul mana uang palsu dan mana yang asli.

Dan menjadi kian lucu pada suatu saat seorang dokter lulusan luar negeri akan menulis resep dengan tulisan tangan yang sangat bagus malah dicurigai sebagai penipu oleh apoteker karena menyalahi 'kesepakatan' yang sudah berurat akar. Hwarakadah.

Nah, ngomong-ngomong soal kesepakatan, di secarik kecil kertas resep itu juga sudah ada 'aturan' atau 'struktur baku' penulisannya. Dan yang tahu 'aturan baku' ini, ya cuma dokter dan apoteker yang ditunjuknya.

Baris pertama resep itu akan tertulis nama obat yang akan diberikan oleh si dokter, tentunya nama obat yang akan diberikan juga disesuaikan dengan penyakit dan baris selanjutnya tertulis petunjuk penggunaan obat: berapa kali obat itu harus diminum, sesudah atau sebelum makan atau berapa banyak obat tersebut harus dikonsumsi, jenis obat; puyer, tablet, sirup, kapsul, atau lainnya. Biasanya jenis obat disebutkan menggunakan kode-kode tertentu yang arti atau maknanya si dokter dan si apoteker sudah sama-sama tahu. Ada lagi beberapa perintah tersembunyi kepada apoteker. Miriplah sandi-sandi dari sebuah 'gerakan mafia'.

Untuk perintah dan jenis obat biasanya ditulis agak menjaorok dari baris pertama yag berisi nama obat. Itu ditujukan untuk membedakan satu macam obat dengan lainnya. Itulah rahasia di balik penulisan resep.

Namun bukannya penjaga apoteker nyaris tahu semua apa yang dituliskan dokter itu. Apalagi penjaga apotekernya masih culun-culun. Dalam beberapa kali kasus misalnya, tulisan dokter tak jarang mendapat komplain dari apoteker lantaran 'perintah' tak jelas. Mereka takut jika ada nama obat yang mirip dan salah-salah mereka memberi obat yang keliru pada pasien bisa fatal akibatnya. Pasti si apoteker ini kelupaan 'ditraining' dalam 'kelas membaca resep'.

Ya, dari komunikasi kedua pihak inilah, si pasien ngeloyor dari apotek dengan menjinjing sekantong plastik obat. Persoalan apa si pasien tahu apa obat yang dibawanya itu sudah sesuai dengan diagnosis penyakit, hanya tiga orang yang tahu: Tuhan, dokter, dan apoteker.


Quote:Memang tulisan buruk dokter itu disengaja.... kenapa???

1. Apabila tulisan mudah dipahami pasien takutnya pasien salah persepsi terhadap obat itu....
2. Tidak semua obat efeknya sama terhadap penyakit pasien yang disebabkan oleh penyakit yang sama.....

Di dunia kedokteran memang diajarkan begitu..... demi keamanan pasien itu sendiri.......

Apabila tulisan dokter mudah dimengerti pasien.... kalo misalkan ada penyakit yang menurut pasien sama dengan yang dulu... terus tanpa menghubungi dokter dia seenaknya beli obat itu..... ato memalsukan resep itu..... kalo ada kesalahan yang menyebabkan lo meninggal salah sapa???

Definisi obat dan racun itu hampir mirip...... bedanya hanya pada dosisnya saja....Yang seorang dokter, ane mengucapkan terimakasih sudah membantu menyehatkan kami.. berkat kalian, kami bisa memperpanjang kesehatan kami..



Sumber :
amankan pertamax...

ouh trnyta bgitu tuh gan asal usul tulisan dokter jelek brarti emang sgaja y gan emoticon-Ngakak

nice post emoticon-2 Jempol
ga ngerti gan.. tau nya sembuh dah klo berobat sama dokter
Quote:Original Posted By black.id79
ga ngerti gan.. tau nya sembuh dah klo berobat sama dokter


hehe emoticon-Ngakak

emoticon-Sundul Gan (S)
emoticon-Sundul Gan (S)
itu kan emang sengaja kan gan biar cuman bisa di baca ama apotekernya.
kalo yang baca pasien trus dia salah beli obat kan bisa berabe
penemunya orang indonesia ea gan, emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
tp sayang ane muak mo emoticon-Najis kalo lihat dokter
Quote:Original Posted By rahulk
penemunya orang indonesia ea gan, emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
tp sayang ane muak mo emoticon-Najis kalo lihat dokter


knpa gan ente muak ?? emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By vhinjr
itu kan emang sengaja kan gan biar cuman bisa di baca ama apotekernya.
kalo yang baca pasien trus dia salah beli obat kan bisa berabe


betul gan emoticon-Sundul Gan (S)
Jdi ingat tulisan dlu waktu sekolah cakar ayam semua hahaaa...
Tpi klu ada yg nanya gw jwb aja kek gni kemampuan motorik gw g mampu imbangi kecepatan otak dlam menulis makanya tulisanya kacau kek gtu..
Harusnya pake sandi morse biar lebih rahasia emoticon-Ngakak
kuliah lama-lama sampe jadi dokter, tulisannye masih bagusan anak ane yg masih kelas 3 SD emoticon-Najis
tapi banyak jg dokter yang gak bener
yang penting sembuh..
kyk tulisan ane haha itu krna ane mles nulis kseringan nulis lwt lapi.. emoticon-Ngakak (S)
tapi gk semua nya jelek kok gan emoticon-Big Grin
jelek sih enggak cuman gak bisa di baca doang....emoticon-Ngakak
Biasa disebut dengan Tulisan Steno..
Tulisan emak ane sama kayak tulisan dokter, tapi sayangnya nasib emak ane beda gann emoticon-Matabelo
pusing gan kalo liat tulisan dokter emoticon-Amazed
Ane nggak diajarkan begitu selama pendidikan gan,
ane disuruh oleh dosen ane tulis yang rapi, kebetulan minggu ini ane ada tugas disuruh bikin resep untuk obat kulit (jerawat disertai peradangan) dan nilainya tergantung dari kerapian tulisan kita, yang penting bisa dibaca kata guru ane.

dan nggak ada sandi-sandi khusus kok, semua orang bisa mempelajarinya...
apoteker biasanya bergelut di bidang obat, jadi dia tau semua, obat ini bisa dicampur dengan ini, dan obat ini ndak cocok dengan obat ini, terus klo sakit ini biasanya obat ini yang dipake dokter-dokter, dan itu, jadi dengan hanya liat huruf awalan atau akhirnya sih apoteker yang pro udah bisa meracik dan nentuin mau dibikin apa , bahan obatnya apa aja dan untuk apa serta berapa banyak yang diperlukan...

klo tulisan dokter itu jelek, bisa jadi dokter itu tidak hafal nama obat/bahan obat tersebut, atau karena pasien numpuk dan sudah terlalu sering menulis resep, jadinya males dan ingin cepet cepet bikin resep sehingga tulisannya sambung semua dan panjang-panjang gitu garisnya.
Quote:Original Posted By xxganzxx
Sebelumnya Bantu Dulu Gan
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Jangan Lupa :

~ Komeng
~ Cendol emoticon-Blue Guy Cendol (L)




Asal Usul Tulisan Dokter Jelek






Sumber :


Beruntunglah bagi mereka yg memiliki tulisan buruk, setidaknya sudah sedikit menyerupai seorang dokter (persepsi tulisan lho gan) bukan sifat dan profesi!! Hehehe...