alexa-tracking

APEC Tanpa Obama

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5251fea720cb17a713000002/apec-tanpa-obama
APEC Tanpa Obama
Pertemuan Para Pemimpin Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik dimulai hari Minggu dengan diawali APEC CEO Summit. Puncak pertemuan akan berlangsung hari Selasa mendatang di mana para pemimpin akan melakukan retret dan bersama-sama mengeluarkan deklarasi bagi ditingkatkannya kerja sama di antara negara-negara anggota APEC.
       
Sayang pertemuan kali ini tidak dihadiri oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Krisis anggaran yang dihadapi negara adidaya tersebut membuat Obama terpaksa membatalkan kehadirannya. Obama bahkan tidak mengutus Wakil Presiden Joseph 'Joe' Biden untuk menggantikannya dan hanya menugaskan Menteri Luar Negeri John Kerry untuk mewakili AS.
        
Memang coba dikatakan bahwa ketidakhadiran Obama tidak mengurangi nilai Pertemuan Para Pemimpin APEC. Namun sebagai motor utama kekuatan ekonomi Asia Pasifik dan juga dunia, peran AS sangatlah penting. Belum ada negara yang bisa menggantikan peran AS sebagai penghela pergerakan ekonomi dunia.
        
Semua negara di dunia selalu berharap agar AS terus membuka pasar mereka bagi seluruh produk dunia. Tidak ada satu pun negara di dunia yang tidak menjadi AS sebagai pasar bagi mereka. Kelesuan ekonomi AS merupakan kelesuan bagi perekonomian negara-negara di dunia.
      
Untuk itulah kehadiran Presiden AS sangat penting dalam pertemuan APEC. Segala macam persoalan yang menghambat perekonomian dan juga perdagangan dengan AS bisa dicarikan jalan keluarnya. Di situlah pertemuan informal seperti APEC menjadi penting karena lobi-lobi bisa dilakukan tanpa perlu merasa ada tekanan.
      
Pertemuan APEC yang bersifat longgar dan tidak mengikat justru merupakan kekuatan. Semua negara anggota bisa memanfaatkan pertemuan sebagai kesempatan untuk mendorong kepentingan negara melalui pendekatan bilateral maupun multilateral. Kecerdikan bernegosiasi menjadi kunci keberhasilan untuk melakukan lobi-lobi.
       
Kehadiran Presiden AS diperlukan untuk menambah pamor dari pertemuan. Segala macam hal yang berkaitan dengan Presiden AS selalu menjadi berita utama media-media di dunia. Itulah yang menjadi promosi gratis bagi tuan rumah penyelenggara.
      
Kita tentu masih ingat ketika Indonesia mendapat giliran menjadi tuan rumah di Bogor pada tahun 1994. Ketika itu Presiden AS dijabat oleh Bill Clinton. Kehadiran Clinton dengan segala kontroversi dan pernak-perniknya membuat Pertemuan Bogor benar-benar menjadi menonjol.
       
Ketika itu Presiden Soeharto dengan cerdik meminta Iwan Tirta untuk menyiapkan batik bagi para pemimpin. Itulah yang membuat batik kemudian mendunia karena salah satunya dipakai oleh Presiden Clinton.
       
Pertemuan APEC di Bogor menjadi lebih lengkap karena menghasilkan sebuah kesepakatan dari para pemimpin APEC untuk merumuskan cita-cita bersama menyongsong tahun 2020. Semua anggota APEC sama-sama menetapkan peta jalan menuju tahun 2020 yang lebih menyejahterakan dan kesepakatan tersebut dinamakan sebagai "Bogor Goals".
       
Kali ini sebenarnya kita berharap Presiden Obama bisa ikut juga mengangkat pamor APEC. Rencana pertemuan bilateral bersama Presiden Rusia Vladimir Putin untuk membahas persoalan Suriah pasti akan membuat pertemuan di Bali semakin menjadi perhatian dunia.
      
Hanya saja kita tentu memahami kalau Obama memutuskan untuk membatalkan hadir di Bali. Di tengah jutaan pegawai sipil Amerika yang harus dirumahkan karena keterbatasan anggaran, tentunya tidak pantas jika seorang pemimpin tidak ikut berhemat.
      
Persoalan anggaran yang dihadapi Pemerintah AS merupakan persoalan politik yang pelik. Kongres AS yang dikuasai Partai Republik sejak awal tidak mendukung program jaminan kesehatan yang ditawarkan Obama atau dikenal dengan "Obamacare". Jaminan kesehatan bagi seluruh warga Amerika itu dianggap kalangan Partai Republik mengancam kelangsungan industri asuransi di negara itu.
      
Tarik menarik kepentingan itu menyebabkan anggaran pemerintah Amerika terhenti. Kecuali anggaran untuk pertahanan yang tidak berani dikurangi, anggaran federal lainnya dikurangi atau dihentikan sementara. Itulah yang membuat kegiatan pemerintah untuk melayani masyarakat berhenti untuk sementara waktu.
       
Sekarang tentunya diharapkan kecerdikan dari para pejabat Indonesia dan para diplomat untuk memunculkan isu-isu yang menarik. Tanpa ada hal-hal yang menonjol yang dibicarakan dan juga deklarasi unik yang dihasilkan, maka Pertemuan Bali tidak akan bisa dikenang sebesar Pertemuan Bogor.
        
Pekerjaan rumah yang tidak kalah beratnya adalah bagaimana membumikan Pertemuan APEC di Bali untuk kepentingan pembangunan Indonesia dan masyarakat Indonesia. Ada harapan misalnya, bagaimana memperjuangkan minyak kelapa sawit sebagai produk yang ramah lingkungan. Bagaimana pemerintah bisa berhasil memperjuangkan hal itu.
      
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidatonya mengatakan bahwa "Indonesia is land of growth and opportunity". Bagaimana itu bukan hanya menjadi sekadar pidato, tetapi benar-benar bisa menarik investasi masuk ke Indonesia.
      
Kita telah mampu menunjukkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan APEC yang baik. Tentunya keberhasilan ini akan menjadi lebih lengkap apabila ada hasil yang riil bisa kita dapatkan. Ini membutuhkan sikap get things done baik dari pemerintah dan para pengusaha.


kan udah ada yng di tugasin
berarti mewakili juga amerika
image-url-apps
obama ga hadir ya
gapapa deh haha emoticon-Smilie
KASKUS Ads
emoticon-Sundul Up
apec tanpa obama kayak e ga berpengaruh besar deh gan
emoticon-Sundul Up
orang america lagi krisis
AMERICAN SHUTDOWN !
emoticon-Sundul Up
×