alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52518854138b46257a00000c/ssstttkatanya-pas-khutbah-jumat-gak-boleh-ngobrol
sssttt...(KATANYA) pas khutbah jumat gak boleh ngobrol!
emoticon-No Sara Please
ni cerita ane alami sendiri gan.
ceritanya ane lagi shalat jumat.nah pas khotib lagi khutbah tuh kan kita gan boleh ngobrol ya gan?katanya shalat jumatny jadi gak sah.,kt ustadz sih gitu.tapi ane jadi bingung nih agan sebelah ane ngobrol tapi gak pke mulut.jadi dia tulis pake jari di sajadah.nah ntu hukumny gmana yak..??
dikatain ngobrol mreka gak ngobrol.dkatain gak ngobrol mereka chattingan di atas sajadah.
dari situ ane simpulin tuh orang asli indonesia.soalnya kebanyakan orang indnesia pandai memelintir dan membelokkan aturan..hehe emoticon-Malu
jangan2 ntar ada yang dengerin khutbah sambil ngaskus...emoticon-Cool
Pertamax
sepertinya gak boleh juga, karena larangan dilarang ngobrol itu karena akan mengganggu kita ndengerin khutbah, dan gangguan itu bukan cuma ngobrol saja, main jari seperti itu juga mengganggu kan?
Quote:Original Posted By alkhairgroup
sepertinya gak boleh juga, karena larangan dilarang ngobrol itu karena akan mengganggu kita ndengerin khutbah, dan gangguan itu bukan cuma ngobrol saja, main jari seperti itu juga mengganggu kan?

iya juga sih gan.yang paling sering ane lihat pas lagi khutbah orang2 pada tidur...emoticon-Cape d... (S)

Karena khutbah dan sholat jumat itu sepaket. Jd mendengarkan khutbah adalah wajib dan tidak boleh melakukan aktifitas lainnya krn bisa mengurangi nilai sholat jumat itu sendiri.
gak sampe gak sah jumatannya gan,,tapi fadlilah/pahala dari jumatannya gak dpt..
ya sekedar jumatan untuk menggugurkan kewajiban sebagai pengganti sholat dhuhur..
lebih ke makruh hukumnya
Pas khotbah kita ga boleh melakukan kegiatan apapun gan. Bahkan kalo ga salah inget zikir pun ga boleh karena emang kita harus fokus ama khotbah. Itulah kenapa solat jumat itu cuma 2 rakaat. Soalnya 2 rakaat pengganti dhuhur itu wajib dengerin khotbahnya.
Nah kalo yang ketiduran itu karena ga kuat godaan aja gan. Ga tau juga sah ato ga solatnya. Saya juga sering ketiduran tuh emoticon-Malu (S)
inti dari jumatan itu mendengarkan khotib gan & mengamalkannya, lah wong kalo engga dengerin ( apapun bentukalasannya ) ya percuma CMIIW

ane kalo juamatan selalu dengerin ko gan..emoticon-Malu (S)
sama aja....
yaaaps emang begitu ada nya . . kalo bisa jangan ngobrol gaan emoticon-Shakehand2
wah gan ente kyak gx da wktu laen aje,kan bsa ngbrol lg pas ssdah shlat
Quote:Original Posted By imjune
Pas khotbah kita ga boleh melakukan kegiatan apapun gan. Bahkan kalo ga salah inget zikir pun ga boleh karena emang kita harus fokus ama khotbah. Itulah kenapa solat jumat itu cuma 2 rakaat. Soalnya 2 rakaat pengganti dhuhur itu wajib dengerin khotbahnya.
Nah kalo yang ketiduran itu karena ga kuat godaan aja gan. Ga tau juga sah ato ga solatnya. Saya juga sering ketiduran tuh emoticon-Malu (S)

dlu ane jg sering ktdran.tapi ane biasain utk gak tdur.lama2 bisa gak tdur tapi pikiran suka melayang kemana2..emoticon-Ngakak

mikirin abis jumatan mw mkan apa,maklum anak kosan...
wkwkwkw bisa aja nulis di sajadah emg nya kliatan ya? emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By CiptoGareng
Karena khutbah dan sholat jumat itu sepaket. Jd mendengarkan khutbah adalah wajib dan tidak boleh melakukan aktifitas lainnya krn bisa mengurangi nilai sholat jumat itu sendiri.


ini ane setubuh ama agan atu ini, intinya sepaket
Quote:Original Posted By sayapemabuk
wkwkwkw bisa aja nulis di sajadah emg nya kliatan ya? emoticon-Ngakak

emoticon-Ngakak
ane jga gak ngerti gan.kayaknya mreka udah mempelajari teknik tertentu untuk berkomunikasi di atas sajadah..
Katanya, kita ngaskus gak boleh nge-junk emoticon-Bingung

Tapi masih banyak tuh yang ngejunk emoticon-Ngakak
ane ga tau gan
coba tanya mamah dedeh
Kalo gitu chatting lewat gadget juga boleh dong emoticon-Hammer

IMHO ngobrol = komunikasi, dan/atau nggak nyimak khotbah jum'atnya...

CMIIW


apapun yg menyebabkan ga nyimak khotbah yaa ga boleh emoticon-Malu (S)






by afroholic87 emoticon-Paw

×