alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525177931bcb173c68000000/alasan-lampu-sorot-kendaraan-bermotor-berwarna-kuning-bukan-putih
Alasan Lampu Sorot Kendaraan Bermotor Berwarna Kuning, Bukan Putih!
Quote:Alasan Lampu Sorot Kendaraan Bermotor Berwarna Kuning (Bukan Putih) Alasan Lampu Sorot Kendaraan Bermotor Berwarna Kuning (Bukan Putih)

Alasan Lampu Sorot Kendaraan Bermotor Berwarna Kuning (Bukan Putih)

Quote: Sebelum masuk ke inti ane jelasin dulu perbedaan warna kuning dan putih gan. Warna putih merupakan gabungan dari warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.
Jadi, warna putih itu terbentuk tidak dengan sendiri, dan sangat mudah terserap ke benda yang memiliki warna dari unsur warna putih tersebut.

Warna kuning merupakan salah satu unsur untuk membentuk warna putih.
Jadi, warna kuning itu berdiri sendiri, dan hanya terserap ke benda yang memiliki warna kuning saja.

Jadi seperti yang kita kita ketahui bahwa mata kita dapat melihat karena adanya pantulan cahaya dari sebuah benda yang masuk ke mata kita dan diterjemahkan oleh otak sesaui dengan panjang gelombang warna yang dipantulkan.

Mata normal manusia akan dapat menerima panjang gelombang dar 400-700 nm, mata kita dapat beradaptasi dengan cahaya yang memiliki sensetivitas maksimum di sekitar 555 nm, dimana daerah sensitivitas ini berada pada warna kuning cahaya, sehingga supaya timbul respon yang baik antar sesama pengguna jalan maka pada setiap kendaraan di beri lampu kuning dibagian depannya dan warna merah di bagian belakangnya karena lampu merah memiliki sensitivitas yang rendah,,,terkadang warna kuning juga digunakan untuk plakat/pamplet jalan yang menyerukan sebuah kewaspadaan.

Karena warna kuning hanya terserap di benda yang berwarna kuning saja.
Sedangkan kondisi di jalan sangat jarang sekali ditemui warna kuning untuk warna jalan (aspal), tanah, batu dan sebagainya.
Produsen berharap agar pengendara dapat melihat jelas kondisi jalan dan kondisi lalu-lintas dengan jelas karena lampu berwarna kuning terpantulkan kembali.


Quote: Lampu belakang kendaraan bermotor alias stop lamp, pasti berwarna merah. Mengapa tidak kuning, hijau, atau putih?


Pemilihan warna lampu di kendaraan, mengacu pada Vienna Convention on Road Traffic (1949), sebuah konvensi tentang kendaraan di jalan raya.

Aturan itu menyarankan warna merah pada lampu belakang demi keselamatan manusia, terutama saat mengemudi pada malam hari.

Pada dasarnya, mata normal manusia dapat menerima spektrum warna dengan panjang gelombang 400-700 nanometer (nm), tanpa merasa terganggu.

Nah, berdasarkan penelitian, warna merah memiliki panjang gelombang paling panjang (630-760 nm) dibandingkan warna lain. Walhasil, warna merah lebih mudah ditangkap mata manusia.

Warna putih tidak dipilih karena terlalu menyilaukan mata. Apalagi, mata manusia diketahui akan mengalami 'kebutaan sesaat' (sekitar 3 detik), saat diterpa cahaya yang menyilaukan. Akibatnya, justru membahayakan pengendara di belakangnya.


Quote: Nah, bagi agan-agan yang suka modif motor atau mobilnya jangan sekali-kali memodif lampu sorot kendaraan kita menjadi putih karena warna putih mudah terserap dan terbiaskan oleh titik air, embun, dan kabut.
Warna putih juga tidak nyaman di mata karena sifat warna putih yang mudah menyerap. Sangat menyilaukan jika berpapasan dengan motor/mobil yang menggunakan warna headlight putih tersebut
HARGAILAH PENGENDARA YANG LAIN
emoticon-Kiss
.


UPDATE

Quote:Jika agan melanggar hal ini dapat dipidana sesuai dengan UULLAJ pasal 285 :

Ayat (1)
Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Ayat (2)
Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu mundur, lampu tanda batas dimensi badan kendaraan, lampu gandengan, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, kedalaman alur ban, kaca depan, spakbor, bumper, penggandengan, penempelan, atau penghapus kaca sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).



TS mengharapkan emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) jangan dilempar emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)

Spoiler for Sumber:


TAMBAHAN DARI KASKUSER
Spoiler for KOMENTAR AGAN-AGAN:



ahhaayyyyideuuu

bener banget gan...
coba lampunya warna warni, pasti rame gan dijalanan.. emoticon-Ngakak
widih thx gan nice share..
Nice share...

Ane pakai lampu standar warna kuning, demi keselamatan emoticon-Big Grin


Quote:
Originally posted by:
profesor.idiot

Nice share gan motor ane juga sekarang pake lampu ori dari pabrik nya emoticon-Big Grin
wahh,, baru tau ane gan ternyata dampak lampu berwarna putih rupanya sangat membahayakan gan.. ane bantu rate ya gan??emoticon-Matabelo
Nice info gan emoticon-Toast
kebanyakan anak sekarang modif kendaran cuma buat gaya aja tanpa perhatikan keselamatan ,kenyamanan emoticon-Matabelo
Ye gila aja kalo putih emoticon-Cape d...

kuning warna nyentrik
ilmu pengetahuan baru gan emoticon-Rate 5 Star
ane kalo papasan kendaraan yg pake warna putih silau banget gan,..
bener2 mgganggu,.. emoticon-Cape d... (S)
klo lampu ijo pada jalan terus gan emoticon-Ngakak
yup, benar..
karena putih terlalu silau.
wah bermanfaat nih gan emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By X_Pitber
ane kalo papasan kendaraan yg pake warna putih silau banget gan,..
bener2 mgganggu,.. emoticon-Cape d... (S)


Quote:Original Posted By arzchy
yup, benar..
karena putih terlalu silau.


iy gan sangat mengganggu pandangan kiya kalau pake lampu putih,, emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By alkhairgroup
wah bermanfaat nih gan emoticon-2 Jempol
makasih gan, dibantu emoticon-Rate 5 Star ya gan

Quote:Original Posted By X_Pitber
ane kalo papasan kendaraan yg pake warna putih silau banget gan,..
bener2 mgganggu,.. emoticon-Cape d... (S)


iya gan, ganggu mata bgt apalagi kl lg gelap emoticon-Mad (S)


=====================
>> internet cepat harga bersahabat, FIRST MEDIA
kalo lampu putih pas kabut nggak keliatan ganemoticon-Cool
udah itu aja
nais inpoh gan
emoticon-Rate 5 Star
nice info gan.. baru tau ane arti warna kuning, warna kuning warna fav ane ganemoticon-Big Grin
plg sebel emang klo papasan ama mbl lampu putih , bikin sakit mata aja emoticon-Najis