alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5251455dffca17295f000000/siapa-bilang-cuma-jawa-yang-dibangun-pln-mulai-bangun-plta-baliem-50-mw-di-papua
(Siapa Bilang Cuma Jawa yang dibangun?) PLN Mulai Bangun PLTA Baliem 50 MW Di Papua
Spoiler for reff:


(Siapa Bilang Cuma Jawa yang dibangun?) PLN Mulai Bangun PLTA Baliem 50 MW Di Papua

(Wamena 1/8) PT PLN (Persero) mulai membangun Pusat Listrik Tenaga Air (PLTA) Baliem 2 kapasitas 50 Mega Watt (MW) yang akan memanfaatkan potensi aliran air sungai Baliem, Propinsi Papua. Direktur Utama PLN Nur Pamudji bersama dengan Bupati Jayawijaya, John Wempi Wetipo, dan Bupati Kabupaten Yahukimo, Ones Pahabol, menandatangani prasasti tanda dimulainya pembangunan PLTA Baliem pada Rabu (1/8) di Wamena. Penandatanganan prasasti tersebut disaksikan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan dan Penjabat Gubernur Papua, Syamsul Arief Rivai. Turut hadir menyaksikan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jarman, segenap direksi PLN serta para Muspida setempat. PLTA Baliem 2 kapasitas 50 MW ditargetkan beroperasi komersial (commercial operation date) pada tahun 2017.

Berdasarkan hasil Hydro Power Potentials Study (HPPS) yang dilakukan tahun 1999, sepanjang sungai Baliem memiliki potensi untuk membangkitkan lisrik hingga 880 MW. PLTA Baliem 2 sendiri memiliki potensi untuk dikembangkan hingga 170 MW dan untuk tahap pertama ini PLN akan membangun PLTA dengan kapasitas terpasang 50 MW yang terdiri atas 10 unit mesin berkapasitas masing-masing 5 MW. Pekerjaan Pembangunan PLTA Baliem 2 terdiri atas dua pekerjaan yaitu pembangunan akses jalan (access road) dan pembangunan utama (civil work, metal work, electric mechanical work, transmission lines and sub stations). Total dana investasi yang dibutuhkan untuk kedua pekerjaan tersebut diperkirakan mencapai hampir Rp. 4,9 triliun rupiah yang menggunakan pembiayaan APLN.

Untuk mengawali pembangunan PLTA Baliem 2, PLN segera melakukan pembangunan jalan akses (access road) menuju lokasi proyek PLTA dari jalan yang ada (existing road) sepanjang kurang lebih 20 km dengan menyusuri daerah lereng pegunungan. Selain membangun jalan akses, PLN juga akan membangun jaringan transmisi 70 kV sepanjang kurang lebih 35 km yang akan mengalirkan listrik dari PLTA Baliem ke Gardu Induk Wamena untuk selanjutnya disalurkan kepada pelanggan PLN yang ada di Kota Wamena, Kurulu dan daerah sekitarnya. Listrik yang dihasilkan oleh PLTA Baliem 2 ini juga akan dapat dinikmati oleh masyarakat yang ada di beberapa daerah sekitar PLTA dan untuk mengalirkan listrik dari PLTA Baliem ke 7 kabupaten lainnya PLN juga akan membangun jaringan listrik 20 kV.

Dengan kehadiran PLTM Walesi yang saat ini beroperasi untuk memasok listrik pada sistem kelistrikan Wamena dan nantinya PLTA Baliem 2 pada tahun 2017 nanti, adalah merupakan upaya dan kerja keras PLN dalam melistriki Papua, khususnya Wamena dan kota-kota sekitarnya dengan sepenuhnya memanfaatkan potensi sumber daya air yang sangat melimpah dan menghentikan ketergantungan PLN akan penggunaan BBM sebagai sumber utama penghasil listrik di Wamena, yang selama ini BBM tersebut harus diangkut menggunakan angkutan pesawat udara dari kota Jayapura.

Direktur Utama PLN, Nur Pamudji menyampaikan kepada sekitar 1500 masyarakat yang hadir pada acara “Oh Liah Waga” yang memiliki arti “Dari Gelap Menuju Terang” ini, bahwa PLN sangat serius untuk menuntaskan pembangunan PLTA Baliem 2. “PLN sejak tahun lalu, saat bersama-sama dengan Bapak Dahlan Iskan yang ketika itu masih menjabat sebagai Dirut PLN, langsung memutuskan untuk segera membangun PLTA Baliem 2, karena besarnya potensi air dari sungai Baliem yang sangat bagus untuk dibangun Pembangikit Listrik Tenaga Air yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat yang ada di wilayah Pegunungan Jayawijaya. Dengan PLTA Baliem 2 ini, maka tentunya rasio elektrifikasi akan terus tumbuh, masyarakat dapat memanfaatkan listrik untuk kegiatan perekonomian, Pemerintah Daerah dapat terbantu dalam mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi daerah” ujar Nur Pamudji. “Bahkan, dengan pembangunan akses jalan ini, meskipun PLTA Baliem belum beroperasi tapi sudah memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekitar untuk kemudahan akses transportasi menuju kota Wamena, utamanya dalam memasarkan produk-produk pertaniannya” tegas Nur Pamudji.

Sementara itu, Menteri BUMN Dahlan Iskan menyatakan bahwa PT Semen Gresik ditugaskan untuk melakukan survey mengenai kemungkinan dapat dibangunnya pabrik semen dengan memanfaatkan potensi gunung kapur yang ada. “Saya meminta Direktur Utama PT Semen Gresik untuk segera melakukan survey, apakah disini dapat dibangun pabrik semen. Tentunya pabrik tersebut akan memanfaatkan listrik dari PLTA Baliem 2 dan kedepan akan sangat membantu mengurangi permasalahan semen yang selama ini menjadi faktor mahalnya pembangunan di daerah Pegunungan Tengah” tegas Dahlan Iskan.

PLTA Baliem 2 dengan kapasitas 50 MW ini nantinya akan dapat menghasilkan energi listrik sebanyak 361 GWh/tahun dan potensi penghematan yang akan diperoleh PLN dari pengoperasian PLTA Baliem 2 dibandingkan dengan kondisi saat ini jika menggunakan BBM Solar (HSD) adalah sekitar Rp 2,4 triliun per tahun.

Tambahan berita lain:

Spoiler for reff:

Dahlan: Pabrik Semen Papua Didukung PLTA Baliem

TEMPO.CO, Wamena - Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan mengatakan rencana PT Semen Gresik Tbk untuk investasi membangun pabrik semen di Papua akan didukung pembangunan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Baliem.

Dahlan mengatakan, rencananya, pabrik Semen Gresik itu bisa dibangun di kawasan Pegunungan Jayawijaya. "Saya sudah minta dan mereka juga menyambut baik," kata Dahlan di Jayawijaya, Papua, Rabu, 1 Agustus 2012.

Menurut Dahlan, pembangunan PLTA Baliem akan memudahkan operasional pabrik semen di Papua, terutama kawasan Pegunungan Jayawijaya. "Jadi listriknya banyak yang bisa digunakan nanti," kata Dahlan.

Dahlan mengatakan, Pegunungan Jayawijaya yang memiliki kandungan kapur tinggi membuat peluang tersebut terbuka lebar. "Saya tidak bisa menjanjikan (pasti bangun pabrik), tapi akan saya usahakan," kata Dahlan. Pembangunan pabrik semen itu akan membuat proyek PLTA Baliem menjadi lebih bernilai.

Dahlan juga meminta kepada pemerintah setempat untuk mencari lokasi tanah lempung di sekitar Pegunungan Jayawijaya. Keberadaan tanah lempung itu, disebut Dahlan, penting sebagai salah satu bahan baku semen. "Biasanya ada di daerah yang kandungan kapurnya tinggi. Karena itu, kami minta pemerintah daerah untuk mencari lokasi tersebut," katanya.

Dahlan mengatakan, tim peneliti dari Semen Gresik akan segera dikirim ke Papua untuk meneliti potensi pembangunan pabrik tersebut. "Kalau listriknya jalan, ya tinggal menyusul lainnya (pembangunan pabrik)," ujar Dahlan.

Menurut Dahlan, keberadaan Semen Gresik akan sangat positif bagi perekonomian Papua. Pembangunan di Papua disebutnya tidak perlu lagi mendatangkan semen dari luar pulau dengan harga yang cukup tinggi. "Jadi semennya pasti laku," katanya.

Keberadaan pabrik semen di Papua pasti akan sangat diminati oleh masyarakat Papua. "Mana ada yang mau datangkan semen dari luar kalau di sini ada pabriknya," kata Dahlan.

Sementara investasi pembangkit listrik akan dilakukan oleh PT PLN (Persero) berkapasitas 50 megawatt dengan nilai investasi Rp 4,6 triliun, memanfaatkan potensi aliran Sungai Baliem, Provinsi Papua.

DIMAS SIREGAR

Spoiler for reff:

PLN Bangun PLTA Terbesar di Papua

(Siapa Bilang Cuma Jawa yang dibangun?) PLN Mulai Bangun PLTA Baliem 50 MW Di Papua

TEMPO.CO, Wamena - PT PLN (Persero) memulai pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air Baliem, Wamena, Papua. Menurut Direktur Utama PLN Nur Pamudji, PLTA Baliem akan menghasilkan listrik sebesar 50 megawatt. "Kami melihat Sungai Baliem memiliki potensi yang sangat besar untuk dijadikan penghasil listrik," kata Pamudji saat peresmian pembangunan PLTA Baliem, Rabu, 1 Agustus 2012.

Menurut Pamudji, listrik yang dihasilkan PLTA Baliem sangat besar dan bisa memenuhi kebutuhan listrik di kawasan Pegunungan Jayawijaya. Ia menyatakan PLTA itu mampu menerangi sejumlah kabupaten, yaitu Jayawijaya, Yahukimo, dan Kurima. "Bahkan bisa juga untuk menerangi seluruh kabupaten di kawasan Pegunungan Jayawijaya," ujarnya.

Pembangunan PLTA itu disebut Nur Pamudji merupakan tahap awal dari pengembangan listrik di kawasan Papua. Pembangunan PLTA sendiri tidak bisa dilakukan secara langsung, melainkan harus secara bertahap. "Jadi membangunnya harus bertahap, tidak bisa langsung besar sekaligus."

Pamudji menyatakan potensi listrik dari PLTA Baliem sangat besar. "Potensinya bisa dikembangkan hingga 800 megawatt," katanya. Ia menjamin pembangunan PLTA Baliem bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar.

"Jadi nanti akan dipasang trafo khusus untuk mengalirkan listrik ke pemukiman warga di sekitar PLTA," ujarnya. Hal itu dilakukan untuk mencegah terulangnya kejadian di mana masyarakat di sekitar PLTA yang justru tidak mendapat pasokan listrik, seperti di Asahan, Sumatera Utara.

PLN juga akan membuat program rumah sehat bagi masyarakat yang tanahnya dibebaskan untuk kepentingan pembangunan PLTA. "Akan kami buatkan rumah sehat agar listrik bisa masuk, kalau pakai rumah honai (khas adat Papua) listrik justru bisa membakar rumah," ujarnya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan menyatakan pembangunan PLTA itu akan dilanjutkan. Dahlan menyatakan pembangunan fisik akan dilakukan hingga mencapai tujuh PLTA. "Itu hanya di Baliem saja, karena memang potensinya besar sekali," kata Dahlan.

Menurut Dahlan, proyek PLTA Baliem merupakan proyek kelistrikan terbesar yang pernah digarap PLN di Papua. "Proyek ini yang terbesar bagi PLN, karena contohnya di Jayapura saja hanya 20 megawatt, pokoknya ini proyek pembangkit listrik terbesar PLN di Papua," ujarnya.

Untuk tahap pertama, Dahlan mengatakan, pembangunan PLTA Baliem akan dilakukan untuk membangun jalan sepanjang 28 kilometer. Setelah pembangunan jalan selesai, proyek senilai Rp 4,6 triliun itu akan dilanjutkan dengan pembangunan fisik pembangkit listrik. "Targetnya 2016 sudah harus jadi dan dinikmati oleh rakyat, jadi manfaatnya bukan hanya listrik tapi juga adanya jalan," kata Dahlan.

DIMAS SIREGAR

Semoga pembangunan sarana dan prasarana di Indonesia semakin merata gan emoticon-I Love Indonesia (S)
wow ini neehh

saatnya indonesia timur majuuuu
Quote:Original Posted By ishopsport.com
wow ini neehh

saatnya indonesia timur majuuuu


Pertamax ente amankan, Selamat gan emoticon-Big Grin
Jangan lupa bantu emoticon-Rate 5 Star ya emoticon-Malu (S)
nah sudah saatnya meratakan teknologi dan kesejahteraan buat rakyat Indonesia
ini salah satunya emoticon-Smilie
emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
Nice share gan, ane bantu emoticon-Rate 5 Star ya nih emoticon-I Love Indonesia (S)
ane dukung gan,. mari nikmati listrik sama rata di seluruh indonesiaemoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By silentrider.rx
ane dukung gan,. mari nikmati listrik sama rata di seluruh indonesiaemoticon-I Love Indonesia (S)


Bantu emoticon-Rate 5 Star dong gan emoticon-Malu (S)
jangan2 ntar dialirin ke pulau jawa lagi emoticon-Cape d...
manteb bro. semoga pembangunan pemerintah semakin merata
smoga bnr2 jd merata... amin...
smoga g cm perataan pembangunan aja, d dkt rmh ane ada waduk lmyn gede, tp generator g dipake gr2 "kurang perawatan" pdhl kl smua generator brfungsi bs pasok listrik k kota ane
tp nmnya pemerintah, skrg msh bnyk PLN yang pake bhn bakar fosil, pdhl indonesia bnyk kena sinar matahari, bnyk gunung (potensi bwt waduk), bnyk angin, bnyk gunung berapi, tp msh sukanya pk bhn bkar fosil
ane kmrn denger berita d klmntan ma d medan sering trjdi pemadaman brgilir, NAH LOH... kapan diatasi...
sebaiknya kalo PLN g mampu mensupply listrik ya ga usah dipaksakan, dibangun dlu fasilitasnya biar bisa (kan BUMN), kalo g mampu ya ksih k swasta aja (catatan: tidak boleh menggunakan fasilitas PLN ex. tiang dll) nah biarin aja ada persaingan, ntr ujung2nya kn konsumen yang menikmati (kl PLN suka pemadaman ya pindah, kl ada yg ngsih hrga murah jg pindah)
pendapat ane aja sih nih...
emng pembangunan harus merataemoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By parazigaleri
jangan2 ntar dialirin ke pulau jawa lagi emoticon-Cape d...


emoticon-Pawemoticon-Pawemoticon-Paw
curiga mulu gan? jawa udah cukup gan emoticon-Big Grin


posted by sitoy.51704 emoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:Original Posted By parazigaleri
jangan2 ntar dialirin ke pulau jawa lagi emoticon-Cape d...


Jawa ma papua jauhnya aja minta ampun, ngapain dialirin ke jawa? Abis di ongkos bikin infrastruktur gan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
moga aja tidak ada kasus korupsi di sana,, dapat bermanfaat tuk wilayah timur Indonesia emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By Cilom
moga aja tidak ada kasus korupsi di sana,, dapat bermanfaat tuk wilayah timur Indonesia emoticon-I Love Indonesia (S)


Amin gan emoticon-I Love Indonesia (S)
mantap dah PLTA dibangun di papua