alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525139991e0bc3b224000009/yang-pernah-ditilang-dan-paham-tentang-tilang-menilang-masukk-gann-bantuin-ane
yang pernah ditilang dan paham tentang tilang-menilang MASUKK gann, bantuin ane :(
nihh begini gan ceritanya, ane tadi lagi jalan menuju rumahh temen ane di deket RS. Pelni. Nah pas di Lampu merah petamburan dari Palmerah mau nyebrang ke RS. Pelni ane ga liat lampu merah soalnya tadi masih ijo, otomatis ane daripada berhenti di tengah jalan ane jalan terus kan. Nah tiba-tiba depan pos polisinya (Kolong jembatan) ane diberhentiin, kurang lebih begini dialognya :

Polisi (P)
Ane (A)

P : Siang de, Ga liat lampu merah ya?
A : maaf pa, saya ga liat soalnya ngeliatnya pas udah lewat
P : Mana surat-suratnya?
A : Nih pak (Ane ngasih kartu pelajar + STNK)
P : SIMnya mana?
A : Masih pelajar pa, belum punya SIM
P : Ikut saya kesitu *ngajak ane ke posnya dia*
A : *kunci setang terus ngikutin polisinya*

Didalam posnya
P : *nulis di surat tilang slip merah*
A : *keingetan anak kaskus yang bilang harus minta slip biru* Pa saya slip biru aja deh, soalnya saya kan ngakuin kesalahan
P : bener? tapi ini Rp. 500rb lho
A : *KAGET* bener pak?
P : *nyodorin bukunya* baca ini

nahh disitu ane disuruh baca kira" tulisannya gini
"Pasal 267 : ....... denda maksimal " *ane ingetnya gitu doank emoticon-Cape d... (S) *

P : Kalo kamu minta slip biru, dendanya maksimal. 500rb, mau?
A : Yaudah deh pak saya slip merah aja
P : Ini bisa lebih kecil kalo dipengadilan, malah kamu tau ga? kalo pelajar bawa motor itu hukumannya apa? Bisa ditahan motornya, kamu tau ga?
A : Iya pak saya tau *nada sekut*
P : Yaudah ini nanti kamu tebus di pengadilan *sambil nyodorin slipnya*
A : Iya pak, STNK saya?
P : Ya bapa tahan, kamu ambil nanti dipengadilan
A : Iya pak

Nahhh, pertanyaan ane

1. kalo menurut agan" bener ga sihh ane ngambil slip merah bukan slip biru?
2. Kira-kira ane harus nebus berapa ya?
3. Dan disini ada tulisan "Melanggar pasal 287 (TL)" itu maksudnya apa ya gan???

Mohon bantuannya ya gan emoticon-Sorryemoticon-Sorryemoticon-Sorryemoticon-Sorry
up up up up

bantu gan emoticon-Sorryemoticon-Sorry
1. merah: sidang, biru : bayar bank ( ada opsi juga, ikut sidang juga)
2. murah ( gak sama dg uu kok)
3. TL itu : trafic light
bener atas ane
ambil yg merah
tunggu seminggu ikut sidang/ga ikut juga gpp emoticon-Big Grin
seminggu lagi ambil sim/stnk yg ditahan di loket pembayaran denda biasanya bayar 25-30rb tergantung daerah agan emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By buatbarulagi
1. merah: sidang, biru : bayar bank ( ada opsi juga, ikut sidang juga)
2. murah ( gak sama dg uu kok)
3. TL itu : trafic light


thanks gan emoticon-Kiss emoticon-Smilie btw, kira-kira berapa gan? sampe 200rb ga? ane ga ada SIM juga lho gan
Quote:Original Posted By taypinsan
bener atas ane
ambil yg merah
tunggu seminggu ikut sidang/ga ikut juga gpp emoticon-Big Grin
seminggu lagi ambil sim/stnk yg ditahan di loket pembayaran denda biasanya bayar 25-30rb tergantung daerah agan emoticon-Smilie


kalo kita telat seminggu gitu, kita bayar dendanya doank? apa sama kesalahannya?
Quote:Original Posted By MosokSihhh
thanks gan emoticon-Kiss emoticon-Smilie btw, kira-kira berapa gan? sampe 200rb ga? ane ga ada SIM juga lho gan


gak punya sim, cerita lain emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By MosokSihhh


kalo kita telat seminggu gitu, kita bayar dendanya doank? apa sama kesalahannya?


yah dendanya itu uda ama kesalahanny gan
klo telat seminggu yah tinggal kaliin lagi gan emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By MosokSihhh


thanks gan emoticon-Kiss emoticon-Smilie btw, kira-kira berapa gan? sampe 200rb ga? ane ga ada SIM juga lho gan


ga ngaruh punya/ga
yg ditulis kan TL ga ada sangkut paut sama sim
ane pernah cuma kena 45k,daerah bekasi kota
slip biru juga ane pernah,emang bayar ke bank denda max,pas udah ambil sim kan dikasih tanda terima sama hakim
ane kena 2 pasal cuma kena 40k,terus balik lagi ke bank buat ngambil sisanya
intinya lebih murah slip biru,tapi ribet mesti bolak-balik
Menurut pengalaman ane sih,paling sekitar 60an K kok gan.
Tapi lebih enak klo agan segera mengurus SIM yah gan.supaya keberadaan agan di lalu lintas di akui dan di lindungi undang-undang lalin.
Itu polantasnya msh baik cuma nulis pelanggaran lalin,kelengkapan berkendara gk di tulis dia dlm hal ini agan kan gk punya sim.
Salam perubahan yang lebih baik.
Makanya, kalo ada polisi tancep gas aja, kalo dikejar tinggal adu emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak kalo kalah ya ngeles, kebelet beol lah, mau kasih makan kucing lah, emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak berasa film hollywood gitu, tapi ya tergantung motor juga, kalo legenda ya jangan dipaksain emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Kalo ane si mending tahan aja se motor2nya gan. Ntar kita panggil sodara/ tetangga yg kerja di kejaksaan
Quote:Original Posted By mohfar
Makanya, kalo ada polisi tancep gas aja, kalo dikejar tinggal adu emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak kalo kalah ya ngeles, kebelet beol lah, mau kasih makan kucing lah, emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak berasa film hollywood gitu, tapi ya tergantung motor juga, kalo legenda ya jangan dipaksain emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


wkwkwk, setuju, kalo mau gaspol liat spek motor sama kondisi lalu lintasnya juga emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By purwoatmodjo
Kalo ane si mending tahan aja se motor2nya gan. Ntar kita panggil sodara/ tetangga yg kerja di kejaksaan


Itu KKN gan namanya... Doca lho emoticon-Ngakak
mending di sidang aja gan. semoga sekarang lebih murah ya dari pada bayar polisi
Udah beberapa tahun terakhir ane memilih untuk penyelesaian sesuai hukum, gans.

Ane pake istilah "yang sesuai" setiap kali polisi ybs menanyakan ke ane perihal penyelesaian. Kalo ane merasa ngga bersalah maka ane akan memberikan 1x argumen, dengan harapan sang pak/ibu polisi memberikan kemakluman dan kita diizinkan melanjutkan perjalanan.

Tapi kalo memang sudah jelas ane melanggar dan ditilang, maka ane selalu memilih untuk SIM ditahan dan sekitar 14 hari kemudian ambil di Kepolisian atau Pengadilan setempat.

Contoh kejadian terkini adalah beberapa minggu lalu ane kena tilang di daerah Cawang. Ane mengaku bersalah dan berniat membayar denda sesuai pelanggaran, namun pak petugas menawarkan penyelesaian "di tempat" atau pengadilan. Ane pilih pengadilan.

2 minggu setelahnya, tepat hari Jum'at 4 Oktober kemarin ane mendatangi Pengadilan Negeri Jakarta Timur untuk sidang. Namun karena ane terlambat (jadwal sidang jam 10.00, ane baru nyampe jam 13.00), akhirnya ane diminta langsung ke loket pembayaran dimana ane mengantri dibelakang beberapa orang sebelumnya. Setelah menyerahkan bukti tilang, dalam 10 menit nama ane dipanggil dan langsung disebutkan jumlah dendanya, bayar di tempat, dapat bukti + SIM kembali, dan cusssss....selesai deh. Besaran dendanya juga masuk akal, gans.

Meskipun ngambilnya lumayan jauh, tapi jadi pelajaran juga buat ane dan disamping itu juga lega bisa menyelesaikan sesuai jalur hukum. Para petugas di Pengadilan juga sangat membantu kok.

FYI, kalo agan ditilang dekat lokasi dimana ada pos polisi, bisa juga membayar denda langsung di pos dengan bukti pembayaran sah dan sesuai tabel denda.

Semoga infonya bermanfaat, gan. Mari bersama-sama kita tertib hukum. emoticon-Smilieemoticon-I Love Indonesia (S)
nyimak aja deh
ane lom prnah ditilang soalnya emoticon-Big Grin
ane prnh ga bawa sim n stnk ktinggaln cm 70rb kokk
wah dapet ilmu dari yang berkomentar gan emoticon-2 Jempol
btw ane juga pelajar hehe emoticon-Ngakak
ane kuramg ngerti gan emoticon-Big Grin