alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52511333fcca17255b000002/tengok-yuk-ganberziarah-ke-kota-tua-jeddah
Tengok Yuk Gan:Berziarah ke Kota Tua Jeddah
Makam Siti Hawa Terlarang untuk Wanita
Tengok Yuk Gan:Berziarah ke Kota Tua Jeddah
Para peziarah memasuki pemakaman di Distrik Al-Ammereyah, Jeddah. Konon di area ini dimakamkan Siti Hawa. Namun perempuan tidak boleh memasuki area ini.

Tak ada yang istimewa dari bangunan tua itu. Hanya tembok setinggi 3 meter mengelilingi area seluas tiga lapangan bola. Tanpa atap dan hanya dihiasi gerbang masuk dengan tembok marmer. Namun, bangunan itu begitu terkenal di Jeddah, Arab Saudi, bahkan menjadi tujuan utama peziarah yang melancong di kota yang dikenal sebagai pintu gerbang kota suci Mekkah itu.

Yang menarik hanya papan nama yang berdiri di depan gerbang bangunan itu. Tulisan berbahasa Arab berbunyi ”Maqbarah Hawwa” atau Makam Siti Hawa. Benarkah? Hanya Tuhan yang tahu. Namun, pemakaman yang berdiri di Distrik Al-Ammereyah, Jeddah itu oleh banyak orang dipercaya sebagai tempat peristirahatan terakhir Siti Hawa, perempuan pertama. Konon, nama Kota Jeddah pun berasal dari kata ”Jaddah” yang berarti ”nenek”. Kata nenek merujuk kepada Siti Hawa, karena menurut riwayat, Jeddah merupakan wilayah di mana isteri Nabi Adam itu pertama kali diturunkan dan dimakamkan.

Makam tersebut berada di kawasan kota tua Jeddah atau Balad, tepatnya di jalan Mawkib Al Iman. Wajar bila pengunjung yang pertama kali berziarah bertanya di mana persisnya makam Siti Hawa. Sebab, tak ada tanda-tanda khusus yang menunjukkan itu. Ketika melewati pintu masuk, di sisi kiri terdapat kaligrafi doa-doa adab memasuki makam. Lalu di kanan, terdapat ruang pemandian mayat dan kamar kecil, plus musala. Semakin jauh melangkah, masuk area pemakaman.

Bukan gundukan tanah dengan rumput hijau, hanya hamparan lahan kering kerontang plus ratusan burung merpati jinak menghiasi jalur-jalur panjang makam yang dibagi menjadi blok-blok seukuran 1x1 meter. Tak berumput di atasnya, hanya pasir. Model makam di lokasi ini semua sama. Tanpa batu nisan dan nama. Ibrahim, Ahmad, dan Muhammad, tiga juru kunci makam menjelaskan tak ada yang tahu di mana persisnya makam Siti Hawa.

”Kami pun tidak tahu di mana. Daripada penasaran mencaricarinya, lebih baik berdoa semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT,” ujar Ahmad seraya mengangkat tangan mengajak berdoa bersama. Uniknya, kendati dipercaya sebagai kuburan Siti Hawa, makam tersebut terlarang untuk perempuan. Kebetulan, saat KORAN SINDO berkunjung, tampak serombongan peziarah berwajah Timur Tengah mengunjungi pemakaman. Namun, sejumlah perempuan yang turut bersama tidak diperbolehkan masuk oleh juru kunci makam.

”Maaf, perempuan tidak boleh masuk. Bidah,” ucap Ahmad yang setiap hari mengurusi makam itu. Tak dijelaskan mengapa bidah. Namun, penjaga makam begitu keras melarang perempuan memasuki area pemakaman, termasuk mengambil gambar baik dengan kamera foto atau pun video. Kini pemakaman tersebut menjadi pemakaman umum bagi masyarakat Jeddah. Konon, ada orang Indonesia yang juga dimakamkan di sana.

SHALAHUDDIN
Jeddah


Sumber:Koran SINDO

Maaf ya gan kalo trit nya SEDERHANA ....
jangan di bataemoticon-Blue Guy Bata (L),hanya minta rating nya aja emoticon-Rate 5 Star

Makasih Gan yang udah Mampir ...!!!!!!emoticon-2 Jempol
ga ada photo makamnya ya gan emoticon-Bingung (S)


Spoiler for Jadiin layar komputer agan seperti REAL AQUARIUM:
ane belom pernah kesana gan emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By dididawaweuaweu
tepat dengan suasana idul qurban


bener banget gan,kita qurban sekarang aja yuk gan???emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By VanUdin
ga ada photo makamnya ya gan emoticon-Bingung (S)

Spoiler for Jadiin layar komputer agan seperti REAL AQUARIUM:


agak di tutup gan,ntar malah ngiler lagi gan emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By bac.community
ane belom pernah kesana gan emoticon-Matabelo


ane juga belom kesana gan,kagak punya ongkosnya gan ...emoticon-Ngakak
wah kapan ya ane bisa kesana gan