alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5250fc82a2cb17d31d000002/ngaran-anak-sasatoan---nama-anak-hewan-dalam-bahasa-sunda
Ngaran Anak Sasatoan / Nama Anak Hewan dalam bahasa Sunda
Ngaran Anak Sasatoan / Nama Anak Hewan dalam bahasa Sunda
Pada banyak bahasa daerah, nama anak hewan mempunyai penamaan tersendiri dan berbeda dengan nama hewan dewasa,,
berikut ini adalah penamaan beberapa anak hewan dalam bahasa sunda :

Nama Hewan Nama Anak Hewan

Anak Anjing------------------:Kirik/kicik
Anak Bagong
(Babi Hutan)-----------------:Begu
Anak Bandeng--------------:Nanar
Anak Banteng---------------:Bangkanang
Anak Bangbung
(Kumbang)--------------------:Kuuk
Anak Bangkong
(Kodok)------------------------:Buruy
Anak Belut--------------------:Kuntit
Anak Bogo--------------------:Cingok
Anak Boncel------------------:Bayong
Anak Buhaya
(Buaya)-------------------------:Bocokok
Anak Deleg
(Gabus)-------------------------:Boncel/kocolan/kokocolan
Anak Entog/Meri---------------:baik
Anak Embe
(Domba)------------------------:Ceme
Anak Gajah--------------------:Menel

Anak Hayam
(Ayam)--------------------------:Ciak/pitik
Anak Japati
(Merpati)------------------------:Piyik
Anak Kancra-------------------:Badal
Anak Keuyeup
(Kepiting)-----------------------:Bonceret
Anak Kuda---------------------:Belo
Anak Kukupu------------------:Hileud
Anak Kutu----------------------:Kuar
Anak Lancah
(Laba-laba)--------------------:Aom
Anak Lauk
(ikan)----------------------------:Kebul/burayak
Anak Lele----------------------:Nanahaon
Anak Lubang------------------:Leungli
Anak maung
(macan)-------------------------:Juag/aum
Anak Monyet-------------------:Begog
Anak Munding---------------- :Eneng
Anak Reungit
(Nyamuk)-----------------------:Utek-utek
Anak Sapi----------------------:Pedet
Anak Ucing
(Kucing)-------------------------:Bilatung


SUMBER

mohon maaf kalo emoticon-Blue Repost

cuma ingin sekedar berbagi and mengharapkan sedikit emoticon-Blue Guy Cendol (L) bukan emoticon-Blue Guy Bata (L)
bagus nech tread buat pelajaran anak ane
nice inpoh gan emoticon-thumbsup cocok banget buat ane yang lagi belajar basa sunda emoticon-Big Grin emoticon-Malu
saé emoticon-2 Jempol
nice inpoh gan.
jadi tau ane nama nama binatang dalam bahasa sunda
berarti gw harus marah dong kalo dipanggil eneng...
Hatur nuhun gan, .....
orang sunda nih ceritanya emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By arjoen4
orang sunda nih ceritanya emoticon-Hammer2

emang kenapa kalo sunda gan ?
oh bgitu ya namany dlam bahasa sunda
thread sae kang...
jnten inget k lembur.
oh itu bahasa sunda nya ya gan
lmyn nambah2 kanyaho emoticon-Smilie emoticon-Smilie emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Hepi 

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
anak Lele nya ituloh... ane sering ngomong "Jiga Nanahaon" tapi gak tau artinya.... kirain "kayak apaan" eh ternyata kayak Anak Lele... .
Quote:Original Posted By anotherkwangmin
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
anak Lele nya ituloh... ane sering ngomong "Jiga Nanahaon" tapi gak tau artinya.... kirain "kayak apaan" eh ternyata kayak Anak Lele... .


kalo "kayak apaan" itu bahasa sundanya "jiga naon" kang,,
kalo "jiga nanahaon" artinya "kayak anak lele" emoticon-Ngakak

emoticon-Ngakak
tiap kota beda gan.
tiap kota beda gan
ari anak beurit naon gan....? nying-nying lain...emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By qqrei8
berarti gw harus marah dong kalo dipanggil eneng...


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


oh begu itu babi ane baru tau gan, soalnya sering banget temen ane yg di bandung manggil ane begu emoticon-Cape d... (S) emoticon-Mad (S)