alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5250e6ec108b461251000008/eksperimen-sains-keren-dengan-sebuah-teh-celup
Eksperimen Sains Keren Dengan Sebuah Teh Celup
Quote:Selamat Datang dan Jangan Lupa ya gan
emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Rate 5 Star

Quote:Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk melakukan percobaan atau eksperimen sains sederhana, bahkan hanya dengan menggunakan teh celup yang ada di dapur mungkin. Sebelum kita bereksperimen, ada baiknya kita mengetahui sejarah dibalik pembuatan teh celup ini. Teh celup tercipta secara tidak sengaja ketika seorang pedagang teh dan kopi bernama thomas sullivan (1904) memasukkan teh yang akan dijualnya ke dalam kemasan sutera. Awalnya pelanggan yang membeli harus membuka kemasan sutera tersebut untuk mengambil teh yang ada di dalamnya. hingga suatu ketika ada pelanggan yang memasukkan kemasan sutera berisi teh tersebut ke dalam air panas dan merasa cara itu lebih mudah untuk membuat teh.
Eksperimen Sains Keren Dengan Sebuah Teh Celup
Setelah itu teh kemasan sutera itu menjadi terkenal dan menjadi cara baru untuk menikmati teh. Langsung saja kita ke eksperimen yang akan segera dipraktekkan. Untuk eksperimen ini bahan-bahan yang diperlukan adalah:
Eksperimen Sains Keren Dengan Sebuah Teh Celup
1. Teh celup (gunakan yang kemasannya dilipat dan ada staplesnya)
2. Korek api
3. Piring atau wadah

Langkah-langkah:
1. Buka satu kemasan teh celup (lepaskan staplesnya), keluarkan teh yang ada di dalam kemasan. Kemudian bentuk kemasan teh celup hingga menyerupai silinder (bisa diberdirikan di atas wadah).
Eksperimen Sains Keren Dengan Sebuah Teh Celup

2. Nyalakan korek api, kemudian bakar bagian atas silinder kemasan teh celup.
Eksperimen Sains Keren Dengan Sebuah Teh Celup

3. Biarkan api bergerak ke bawah dan membakar silinder kemasan teh celup tersebut.
Eksperimen Sains Keren Dengan Sebuah Teh Celup

4. Ketika api mendekati bagian bawah, kemasan teh celup tersebut Api akan terbang dan melayang ke atas.
Eksperimen Sains Keren Dengan Sebuah Teh Celup

Quote:Bagaimana hal itu dapat terjadi?
Ketika api membakar bagian atas silinder teh celup, udara di sekitarnya memanas, mengembang dan bersifat kurang padat. Karena udara panas di atas api kurang padat dari udara (dingin) di sekitarnya, maka kemasan teh celup tersebut akan terdorong dan terbang ke atas.
Eksperimen Sains Keren Dengan Sebuah Teh Celup
(Gambar siklus udara di sekitar silinder kemasan teh celup)
Ketika udara panas naik ke atas, udara yang lebih dingin bergerak dan menggantikan posisi udara panas sebelumnya. Gerakan perpindahan panas ini berlangsung berulang-ulang menyebabkan kemasan teh celup terbang lebih tinggi dan lebih tinggi dari sebelumnya. Pada awalnya, silinder kemasan teh celup masih terlalu berat untuk dapat diangkat. Tetapi ketika dibakar, massanya akan berkurang, semakin ringan sampai akhirnya cukup ringan bagi arus udara untuk mendorongnya terbang ke udara.
diamankan
anjrit kalah cepet ane sama si vega
kapan2 ane coba gan
bantu emoticon-Rate 5 Star ya gan..
boleh2.. kapan2 ane cobain gan
wah boleh ditest nanti gan
keren gan..
dicoba dulu gan
wah sama dengan konsep balon udara yang pake api itu ya gan?
haha, boleh juga nih utk main2an sulap di rumah sm ponakan wkwkwkw
ayok ayok gan, jgan lupa di vote ya gan..
wah mantep emoticon-Rate 5 Star

materialnya harus bungkus teh celup ya gan? kalo kain kasa bisa ga kira kira ya gan?
otak TS canggih jugaemoticon-Ngakak (S)

patut dicobaemoticon-Blue Guy Cendol (S)
coba juga ah eksperimenya
kok bisa kaya gitu gan? emoticon-Matabelo
aman ga tuh gan? emoticon-Matabelo takut api nya mental ke muka..
wah,bisa di coba gan,tp bahaya gak nih?ntar apinya malah naik keatas trus bakar rumah lagi emoticon-Ngakak
dulu pernah baca tapi ga nyoba, emoticon-Malu
gapunya korek doang masalahnya emoticon-Ngakak (S)

kapan2 ane nyobalah didepan emak ane, itung2 bikin kaget emak emoticon-Ngakak (S)
Keren Gan, bisa buat pamer nih ke temen2. Coba ah~ emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir