alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5250dbd0118b465b5000000a/12-etika-penggunaan-smartphone-dalam-kehidupan-sosial
12 Etika Penggunaan Smartphone Dalam Kehidupan Sosial
Kehadiran Smartphone sangat membantu dalam menunjang aktifitas dan produktifitas penggunanya Gan. Namun acapkali fungsinya yang pintar sering membuat penggunanya kurang "cerdas" atau lebih halusnya kurang memaksimalkan penggunaannya. Bahkan yang sering terjadi adalah penggunaan yang tidak tepat, salah waktu, atau salah tempat . emoticon-Cape d... (S)

Tidak heran jika disekitar kita banyak ditemui, orang yang asik dengan gadget-nya dibanding dengan keadaan disekelilingnya. emoticon-Hammer

Tentu hal ini perlu diintropeksi, meskipun tidak masalah menggunakan smartphone dimana saja. Hanya saja jika keseringan, alih-alih kesenangan yang didapat melainkan kurangnya interaksi sosial, membuat orang sekitar tidak nyaman, bahkan mengganggu orang.
Spoiler for ilustrasi:


Mengapa Etika Penggunaan Smartphone Perlu di Ketahui ??
  • Hal ini tentu saja karena manusia memiliki aturan, karna aturanlah manusia disebut berbudaya, berbudi pekerti dan sosialitas tentunya.
  • Kedua agar banyak orang tidak terganggu tentunya


Beberapa etika yang harus diperhatikan dalam penggunaan smartphone :
  1. Pertamax, sering kali kita diharuskan melakukan komunikasi obrolan jarak jauh ini, namun terkadang situasinya adalah ada orang2 yang berada disekeliling kita (misalnya lagi sama teman, pacar, selingkuhan emoticon-Hammer). Jika situasi ini terjadi maka usahakan agar meminta ijin terlebih dahulu sebelum menjawab telepon.
  2. keduax, apabila agan sedang dalam keadaan menelepon, usahakan tidak menatap orang lain. Jangan pula berteriak karena cukup mengganggu

  1. Saat sedang menelepon diusahakan berjarak dari orang lain sekitar 3m. Tentu dengan begini bisa lebih leluas, apalagi menyangkut hal yang pribadi.

  1. Ijinlah terlebih dahulu jika ingin membalas pesan atau chat penting yang masuk saat bersama orang. Apalagi jika situasinya sedang rapat, wawancara kerja, bahkan dalam keadaan dilayani oleh pramusaji. Untuk situasi tersebut sebenarnya lebih baik untuk menghindari membalas atau melihat pesan gan.

  1. Pasanglah ponsel dalam keadaan sunyi (silent) pada situasi penting (sosial, rapat atau keagamaan). Coba bayangkan jika salah satu teman asik dengan gadgetnya (BBm-an, Update status FB, membalas mention) sementara agan&sista sedang bercerita .. emoticon-Cape d... (S)

  1. Anda masih bisa menggunakan smartphone untuk bermain game saat sedang menunggu, namun berhentilah saat dia datang. Jika agan melanjutkannya dalam waktu yg lumayan lama, tentu hal tersebut menimbulkan perasaan yang tidak enak pada orang yg baru datang tsb.

  1. Seberpa penting telepon atau pesan tersebut, jangan hiraukan saat berkendara, ini sangat penting! karna nyawa tidak bisa tergantikan. Jika keadaannya sedang menuju teman yg sedang menunggu, bilanglah sebelum berangkat jika agan tidak membalas berarti agan sedang dalam perjalanan.

  1. Gunakan ringtone yg tepat. Bayangkan jika situasinya sedang rapat dan anda lupa mengatur silent mode. Tiba-tiba ponsel berbunyi dengan nada ringtone lagu Dangdut Buka Dikit Joss! .emoticon-Ngakak

  1. Usahakan, smartphone agan jangan digenggam terus. Ada saku, ada tas dan tempat penyimpanan ponsel lainnya simpen deh gan, karena menggenggam ponsel terus menerus menimbulkan kesan sombong.

  1. Hindari penggunaan smartphone dalam keadaan stress, apalagi ingin berbagi di Sosial media. Dalam keadaan emosional, pesan yang agan tulis bisa berantakan. (kasus abg labil emoticon-EEK!)

  1. Jangan main tweeter atau ber-line ria saat sedang berjalan kaki. Fokus yg penuh pada ponsel membuat kita tidak terjaga pada jalan yang sedang di jejaki. Tentu kita tidak ingin masuk lubang, got yg rusak atau terserempet kendaraan.

  1. Jangan main games saat sedang produktif kerja, meski tidak ada pengawas. Percayalah hal ini akan menjadi kebiasaan apalagi jika game nya berupa permainan adiktif.


Itulah gan&sist 12 point dalam etika penggunaan smartphone.

Marilah Kita Bijak Menggunakan Smartphone Kita. Seperti perangkat yang pintar dan diciptakan oleh orang-orang pintar, penggunaannya pun harus pintar emoticon-Maaf Aganwatiemoticon-Maaf Agan

"Klo berkenan cendol dan ratenya gan buat newbi biar semangat" emoticon-Shakehand2
sip sip, nice info gan emoticon-Kiss
haha,, ko poin poinnya nomer 1 semua gan...? emoticon-Ngakak
tuh brarti penting semua gan, sampe point nya dinomorin 1 semua emoticon-Ngakak
emoticon-Matabelo mesti tepat guna + hormatin orang disekitar gan emoticon-Malu (S)
Benerin tritnya dulu gan bingung bacanya itu kenapa poinnya 1 semua emoticon-Hammer2
bsa jd emoticon-Hot News nih
smartphone and smartman,smartgirl..emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
untungnya ane belom punya smart phone
jd gak harus punya etikanya....emoticon-Ngakak
point 2-12 mana gan emoticon-Bingung (S)
tanggapan ane sih,
Pertama, itu bener banget gan, apalagi point 1, padahal org yg nolongin dya klo ada apa2 pasti org yg (dicuekin) ada d dktnya.
Kedua, sekarang,Tenggangrasa dan saling menghargai itu sudah menjadi hal yang langka, padahal itu adalah hal terpenting dalam menciptakan suatu kedamaian bersosial,
Ketiga, biar dapet imej keren (karna punya gadget baru), tajir(karna bisa beli), pinter(karna bisa mengoperasikan tekhnologi baru yang pinter), Penting/hebat(karna sibuk dengan orang2 yang nun jauh disana masih membutuhkan untuk berkomunikasi denganya. padahal dya yg nge pingemoticon-Ngakak)
kesimpulan ane sih, klao kita tidak menghargai lingkungan kita maka tidak heran orang2(tidak bergadged n di cuekin) akan menganggap para pengguna gadget itu berkesan Sombong dan sok pamer padahal kan belum tentu.
sedikit share pengalaman ane dengan orang2 yg tidak ber etika trsb,
"ane pergi lebaran ke rmh tmen SMA ane galama kemudian temen ane yg laen pada dateng setelah d bbm-in ma yg pnya rmh (ngasi tau klo dya lg d rmh)
, tapi anehnya dari 5 org yg lg ngumpul trsb ga ada yg ngobrol, semua malah pada sibuk BBM-an, kecuali ane yg ga pnyaemoticon-Cape d... (S) mati gaya deh ane, sambil ngabisin kue yg di meja. dah abis setengah toples kue ane lsg keluar tanpa pamit pindah ke rumah tetangganya temen ane,soale dya ga pnya bb ya ane ajak aja ngobrol ga lama kmudian ane di suguhi segelas kopi dan obrolan tentang tembang lawas,happy ending deh emoticon-Ngakak
maaf gan lg belajar ngetread , eh gagal ngebuat nomor poinya ..
suwun informasine
bantu rate aja gan
maaf gan lg belajar ngetread , eh gagal ngebuat nomor poinya .. emoticon-Ngakak (S)
bingungin trit nya gan.. emoticon-Ngakak
ane pernah tuh gan, yang poin jangan nge tweet ato line pas lagi jalan kaki.. waktu itu lagi bales sms, eh ngga taunya depan ada lobang dan ane mau terperosok *untung kagak jatuh ke lobang* ane cuma jatuh doank tapi ya sakit dan bikin tengsin banget gaaaan pas lagi balik makan soalnya.. huhu emoticon-Sorry
hahaha buat pelajaran nih supaya lebih hati2 lagi buat agan sista yg lain juga emoticon-Ngakak
yak anda benar!!
ane perhatiin kok nomornya 1 semuanya gan emoticon-Ngakak
tp nais inpoh gan emoticon-Big Grin
penggunaan smartphone ada etikanya ya emoticon-Cendol (S)
bagus gan, bermutu!.
tapi kayaknya bukan hanya smartphone tapi pengguna handphone2 lain juga harus hindarin emoticon-2 Jempol