alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5250d8f819cb17bb1f000003/minyak-goreng-non-kolesterol-yang-bener
Minyak Goreng Non Kolesterol?? Yang bener...
Ini thread pertama ane Gan, ane mau bahas masalah iklan-iklan di tipi yang sering memberikan pandangan yang kurang tepat buat masyarakat..

Kali ini kita bahas tentang minyak goreng ya..

Minyak Goreng Non Kolesterol?? Yang bener...

Minyak goreng tu memang non kolesterol Gan… Jadi kalau kita perhatikan iklan dan kemasan dari minyak goreng sering mencantumkan bahwa produk mereka itu non kolesterol. Ya memang bener, karena secara struktur kimianya memang tidak mengandung kolestrol, dengan atau tanpa proses pengolahan lanjutan.

Mungkin sekarang para produsen minyak goreng tidak segembar gembor dulu meng iklankan bahwa minyak goreng mereka non kolesterol. Betul gak…? Ane kurang tau juga sih habis sudah jarang nonton TV.

Nah sebenarnya bukan kandungan kolesterol yang ada dalam minyak goreng, akan tetapi fitosterol. Dan semua minyak nabati tidak mengandung kolesterol. Kolesterol berasal dari minyak hewani.

Kolesterol adalah molekul sejenis lipid yang ditemukan didalam aliran darah dan dalam sel tubuh. Kolesterol adalah senyawa lemak kompleks yang 80% dihasilkan didalam tubuh dan 20% lainnya dari luar tubuh atau sumber makanan.

Seseorang yang memiliki kelebihan kolesterol didalam tubuh maka akan mengakibatkan penumpukan lemak dalam darah yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Pada akhirnya, jantung dan otak akan kekurangan pasokan darah yang dapat menimbulkan stroke dan sakit jantung.

Agan jangan salah Gan, kolesterol juga ada yang baik dan jahat loh… Dimana kolesterol baiknya disebut dengan Low Density Lipoprotein atau disingkat LDL. LDL mengandung 75% protein dan sedikit protein. Kadar LDL yang berlebihan dapat menyebabkan penumpukan lemak didinding Arteri.

Kolesterol yang baiknya dikenal dengan HDL atau High Density Lipoprotein. HDL mengandung banyak protein. HDL berperan untuk membuang kelebihan kolesterol dari sel dan dinding arteri serta membawa kolesterol kehati untuk nantinya dibuang. Sehingga dengan kata lain HDL mencegah kolesterol mengendap diarteri dan menghindari pembuluh darah dari proses aterosklerosis atau terbentuknya plak pada pembuluh darah.

Nah sekarang kita bahas fitosterolnya. Fitosterol adalah senyawa sterol yang terdapat dalam tumbuhan yang strukturnya mirip kolesterol. Atau kelompok steroid alkohol fitokimia yang ada secarz alami pada tumbuhan dan tidak terdapat pada hewan. Dan yang lebih mengejutkan lagi fitosterol dapat menurunkan kadar kolesterol lho Gan… Dengan cara menghambat penyerapan kolesterol diusus sehingga membantu menurunkan jumlah kolesterol yang memasuki aliran darah. emoticon-Matabelo


Gitu deh Gan, ati ati ama iklan di tivi.. Mereka ga salah, hanya kadang tidak tepat penyampaiannya.

Kalo ada yang lagi minum emoticon-Blue Guy Cendol (L) boleh tu Gan bagi bagi.. Kalo nggak komeng dan rate juga gapapa.


yang namanya iklan emang ngibul gan emoticon-Ngakak
Waduh berarti selama ini dikibulin iklan dong emoticon-Hammer



Quote:
Originally posted by:
profesor.idiot

semua minyak goreng memang tdk mengandung kolesterol. tp krn proses pemanasan dlm memasak akan menimbulkan kolesterol jahat.. makin sering di pake masak / ga di ganti2, makin banyak kolesterol jahatnya.. CMIIW
Quote:Original Posted By babehh
semua minyak goreng memang tdk mengandung kolesterol. tp krn proses pemanasan dlm memasak akan menimbulkan kolesterol jahat.. makin sering di pake masak / ga di ganti2, makin banyak kolesterol jahatnya.. CMIIW


Thankyou komengnya Gan, setau ane nih ga tetap akan menimbulkan kolesterol, hanya saja minyak goreng yang sudah terus menerus dipanaskan akan mencapai titik asapnya (smoke point) akan berubah menjadi asam lemak jenuh yang akan teroksidasi menjadi radikal bebas di dalam tubuh.
ane taunya minyak ya minyak aja gatau kolesterol emoticon-Embarrassment
menyimak gan

ane koleterolnya mayan tinggi 250 dan jelas tegas dokter melarang goreng2 menggoreng emoticon-Ngakak

jadi bingung
lumayan lah gan buat referensi bacaan emoticon-Big Grin

Minyak goreng bekas bisa jernihkan lho

Minyak goreng bekas bisa dijernihkan lho.

Caranya gampang bisa dilakukan di rumah tangga.

Caranya agar minyak goreng kembali jernih
Quote:
Agan/wati dapat melakukan langkah-langkah berikut ini:

Masukkan 2 kepal arang kayu yang sudah dihaluskan ke dalam 1 kilogram minyak jelantah
Biarkan sejenak, aduk sampai merata dan biarkan lagi selama 5 menit
Semua residu akan diserap oleh arang kayu dan minyak menjadi jernih kembali
Sebelum dipakai, saring minyak dengan menggunakan kain bersih
Nah, bagaimana hasilnya? Lebih jernih daripada semula kan?

Silahkan memakai minyak ini sekitar 2-3 kali lagi kemudian buang apabila warnanya sudah terlalu pekat.

sumber informasi
setau ane jg klo minyak blum di proses penggorengan mah aman... klo sdh di goreng ama daging dll baru deh terbentuk kolestrol...
nice infonya gan

baru tau ane

nice sharingnya gan

emoticon-Kiss
berarti kita dikibulin dong gan
emoticon-Hammer2
emang ada ya gan? emoticon-Bingung (S)
iklan emang menjebak ato mengelabui