alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5250bd6d108b46140a000007/arti-dari-isyarat-lampu-bus-bus-malam-di-indonesia
Arti dari Isyarat Lampu Bus-Bus Malam di Indonesia
Arti dari Isyarat Lampu Bus-Bus Malam di Indonesia

Quote:
Arti dari Isyarat Lampu Bus-Bus Malam di Indonesia
Assalamualaikum... Kali ini saya mau share ke kalian beberapa arti dari isyarat lampu pada bus malam yang sering kita temui di jalan. Langsung aja check this out ! Isyarat lampu ini sering (atau bahkan 'selalu') digunakan oleh para driver bus malam untuk berkomunikasi dengan pengguna jalan lainnya. Isyarat lampu ini antara lain lampu sein dan lampu hazard. Saat lampu sein kiri dinyalakan (pengecualian belok kiri) artinya kurang lebih sbb :
1. Bila ada kendaraan yang menyalip kendaraan lain di arah yang berlawanan, driver memberi tahu kendaraan di depan tersebut bahwa posisinya sudah berada pada sisi paling kiri (bukan mempersilakan kendaraan di depannya untuk tetap menyalip). Ini membuat kendaraan tadi akan segera kembali ke jalur yang benar, atau jika driver kendaraan tersebut cukup nekat, kendaraan tersebut biasanya akan tetap menyalip dan memaksa masuk

2. Memberikan tanda pada kendaraan di belakangnya agar posisinya tidak melebihi sisi paling kanan bus tersebut. Karena pada umumnya driver selalu agak condong ke kanan untuk memperoleh ruang pandang yang cukup sewaktu ingin menyalip kendaraan di depannya.

3.Sebagai tambahan informasi, kalau kita misalnya ada pada sebuah konvoi bus malam dan kita berada di urutan no. 5. Jika bus no. 1 berpapasan dengang kendaraan lain, dia akan menyalakan sein kiri, diikuti bus 2 dan seterusnya sehingga bus paling belakang akan waspada karena bus 1 sedang berpapasan. Ini sangat membantu iring-iringan pada jalan penuh tikungan.

4. memberitahu kendaraan yang berpapasan dengan kita bahwa kita tidak akan mengambil jalur mereka

5. Kita mau mengalah dari mobil yang berpapasan dengan kita. Lampu hazzard digunakan dalam situasi darurat, berhenti mendadak, masuk Rumah Makan atau SPBU. Tapi kalau di tol waktu hujan, kadang ada yang konyol. Nggak semua sih, cuma satu atau dua aja. Kalau pas hujan deras malah nyalain lampu hazard. Kalau gini mau ngikutin jadi susah. Bis ini jadi gak bisa ditebak mau goyang ke mana, mungkin hanya sopirnya dan Tuhan yang tahu emoticon-Big Grin. Salah satu sopan santun di Bus Malam adalah dilarang menyalip dengan lampu dim / lampu besar. Salah satu kebiasaan unik para driver bus adalah kalau dia bisa mengejar teman yang berangkat duluan biasanya tidak disalip, tetapi 'didorong' menggunakan lampu dim.

Lain lagi jika misalnya kalau pas dijalur 4 yang tidak ada trotoar tengah nya, saat ingin nyalip tetapi ada kendaraan lain di depannya, caranya tidak asal masuk tetapi bis sedikit nongol untuk kasih tau dulu. Kalau truknya mulai minggir ke kiri, baru nyalip deh.

Dan kalau untuk lampu dim biasanya digunakan untuk meminta jalan karena mau nyalip, atau juga sebagai ucapan terima kasih (2 kali dim pendek dan 1 kali klakson pendek) setelah diberi jalan untuk menyalip.
Kalau berpapasan dengan kendaraan di depannya, dengan menghidupkan lampu sen kanan itu berarti:
1. Kasih tahu ke mobil yang berpapasan dengan kita, batas kanan kita seberapa. Ini di gunakan biasanya di jalan yang berkelok-kelok, atau jalan yang sempit

2. Memberitahu mobil di belakang bahwa kita tidak mau di blong

3. Memberitahu mobil di belakang kita bahwa di depan ada mobil yang berpapasan, jadi jangan nyalip dulu. "Bahasa-bahasa" ini memang sangat tergantung dengan kondisi dan pemahaman driver. Tetapi memang ada kesepakatan tertentu yang berlaku pada pengemudi, yang berhubungan dengan toleransi berkendara. Tips aman berada di belakang bis : disamping kita harus memperhatikan isyarat lampu sein adalah MENJAGA JARAK AMAN.

Kalau memang ingin menuruti hawa nafsu, kita harus berpikir dan mempertimbangkan seberapa safety kendaraan yg kita bawa dari mulai akselerasi, rem dan kekuatan mesin kita untuk bisa mendahului / mengekor bis yg berada di depan kita. Yang penting konsentrasi dan patuhi rambu-rambu jalan.

Perlu diingat bahwa driver bus malam itu hidupnya di jalan dan hampir tiap hari lewat jalan yg sama jadi tentu beda "feeling" dan "touch" nya dengan kita-kita yang masih "newbie". Hal-hal tersebut tentu perlu dicontoh tapi masih banyak hal yang perlu diperbaiki dari sikap berlalu lintas bus-bus malam. Satu lagi... Mengalah kadang-kadang memang perlu, bahkan bus-bus juga sering mengalah kalau disalip. Jadi tidak ada salahnya untuk mengalah.
Arti dari Isyarat Lampu Bus-Bus Malam di Indonesia


Quote:BAGI SEORANG YANG MERASA JAGO NYETIR, PEKERJAAN SEBAGAI SOPIR BUS MALAM ADALAH PEKERJAAN YANG PRESTISE emoticon-Cool
PERTAMAX ANE AMANKAN DARI IKLAN SITUS DOWNLOAD FILM TERBARU emoticon-Cool

ternyata ada artinya juga ya... tapi apa setiap pengemudi bus tau artinya...??emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
nyimak gan
Nice inpho gan emoticon-Big Grin
ikut nyimak gan
info yang berguna nih gan......
Arti dari Isyarat Lampu Bus-Bus Malam di Indonesia
nice share gan emoticon-2 Jempol
ane biasa bawa bajaj neh....ane mau terapin ilmu ngasih sign itu gimana ya , lah wong semua bajaj itu lampu signnya mati.Hanya tuhan dan supir bajaj yg tau kemana mereka akan berbelok....emoticon-Hammer2
OH BGONO YAH GAN,,,,TP TLONG DIRAPIHKAN SPY ENAK DIBACANYA...
kalo naek bis gak ngeblong gak asyik.
Ikut nyimak gan cz ane klo mudik pake bus malam
emoticon-Matabelo
ternyata gitu ya gan, ane sering naek bis malam gan
di spasi napa gan,mumet bacanya
Mantap sih inpona tapi puyeng pas bacanya
gan, bikin trit yang rapihan dikit dong. ane aja nubi udah bisa bikin trit yang rapih dan berkualitas.
Quote:Original Posted By sandyangga90
di spasi napa gan,mumet bacanya


udah emoticon-Ngakak
wahh ane baru tau gan emoticon-Big Grin
di blong tuh diapain gan?
Naek bis resikonya gede gan ,mending ane naek kereta dah emoticon-Cool
baru tahu ane emoticon-Smilie