alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5250b68ac3cb177a0e000004/gerakan-sedekah-sehat
GERAKAN SEDEKAH SEHAT
Happy Sunday gan emoticon-Matahari

Quote:Thread ini spesial buat juragan semua yang ingin bersedekah tapi takut salah sasaran emoticon-angel

Sekarang marak sekali pemberitaan tentang penghasilan pengemis yang luar biasa besarnya dan di Kaskus sendiri pemberitaan itu sering jadi Hot Thread. emoticon-Berduka (S)

Fenomena ini terjadi karena banyak penipu yang menyalahgunakan kedermawanan dan belaskasih untuk mengeruk keuntungan diri sendiri emoticon-Mad (S)

Quote:Pengemis gadungan ini juga koruptor lho gan. Mereka mengkorupsi kedermawanan dan kepercayaan kita emoticon-Mad (S)

Bahkan muncul gerakan-gerakan anti pemberian. Oh iya MUI juga sudah mengeluarkan fatwa juga emoticon-Berduka (S)

Sebagai komunitas yang cerdas, semua ini perlu kita tanggapi secara positif gan jangan hanya menggerutu gan emoticon-thumbsup

Bukan berarti fatwa MUI dan fenomena ini mencegah kita untuk bersedekah gan.

GERAKAN SEDEKAH SEHAT

Yuk gan kita kampanyekan Gerakan Sedekah Sehat agar sedekah kita tidak salah sasaran. emoticon-Smilie

Apa yang bisa kita lakukan?
Pertama, kita sebisa mungkin menghindari bersedekah secara langsung pada pengemis pinggir jalan atau tempat ibadah. Mengapa gan? Berkaca dari kasus yang ada, ini akan menghindarkan kita salah sasaran.

Kedua, mari kita bersedekah dengan terencana gan.

Bagaimana caranya?
  1. Bersedekah melalui tempat ibadah. Di masjid, gereja, wihara dll pasti terdapat kotak amal kan gan? Nah sempatkanlah memasukkan sebagian rezeki agan di sana.
  2. Selain melalui rumah ibadah, agan juga bisa menyalurkan lewat lembaga amal atau langsung ke kelompok yang membutuhkan. Contohnya : Panti Asuhan dan Rumah Singgah Anak Jalanan
  3. Jika agan ingin menyalurkan secara langsung ke penerima sebisa mungkin berikan langsung di rumah gan. Apalagi kalau kita bisa membantu sesama di lingkungan sendiri / terdekat kan lebih bermakna gan. emoticon-Smilie
  4. Kalau agan malu hanya bisa sedekah recehan, kenapa recehan itu nggak ditabung dulu. Siapkan celengan dan beri label Tabungan di Surga. Sedikit berlebihan tapi memotivasi kan? emoticon-Big Grin Kalau sudah cukup kita bisa berikan dalam bentuk tunai atau kebutuhan pokok.
  5. Kalau agan merasa nominalnya masih terlalu kecil, nggak ada salahnya kan kita bikin Kelompok Sosial. Bisa mulai dari anggota keluarga sampai komunitas (sekolah, geng, club).
  6. Dan kenapa tidak mencoba sedekah demi masa depan negara. Maksudnya apa ini gan? Mari kita bersedekah untuk anak-anak yang membutuhkan. TS miris kalau lihat ada anak kecil nggak sekolah gan. Kenapa nggak bikin Kelompok Kakak Asuh? Kita bikin kelompok kecil yang menyokong 1 anak (bisa lebih, bagus lagi gan) untuk sekolah. Walaupun ada BOS, tapi untuk kebutuhan sekolah seperti seragam dan alat tulis kan masih menjadi kendala. Bisa juga disalurkan ke Rumah Singgah gan emoticon-thumbsup
  7. Bagaimana cara menghadapi orang yang minta sumbangan dan mengaku dari organisasi tertentu? Kalau agan yakin dengan organisasi tersebut, silakan menyumbang. Jika tidak, mintalah mereka untuk membuat surat pengantar dari RW. Kalau mereka memang berniat baik, mereka pasti akan bikin surat pengantar. Kalau perlu, agan bisa antar mereka. emoticon-thumbsup
  8. Tambahan gan. Selain sedekah, alangkah baiknya uang kita digunakan untuk membeli dagangan asongan atau penjual yang sudah renta. Kita patut menghargai usaha mereka gan. Mereka tetap berjuang dengan cara yang halal emoticon-thumbsup


Itu dulu hasil pemikiran ane gan. Kalau agan ada ide lain bisa dibagikan gan. emoticon-shakehand

Quote:TS sendiri gimana?
Kalau di rumah kedatangan pengamen, ane nggak pernah ngasih gan. Jadi pengamen yg suka keliling kampung, sudah apal dan skip rumah ane. emoticon-Big Grin
Kalau yang datang pengemis, ane liat dulu. Kalau pengemisnya keliatan sehat dan gagah emoticon-Hammer (S) ane nggak ngasih gan. Badan mereka sehat, tapi nggak mau cari kerjaan yang halal emoticon-Cape d... (S)

Ane kadang sedia roti kecil sebagai ganti duit buat pengemis yang di jalan gan. Ini ane contoh dari seorang bapak-bapak yang ane liat rajin bagi-bagi roti buat anjal dan gepeng. Dulu hampir tiap pulang kampus ane liat bapak itu bagi roti, tapi sekarang ane nggak pernah liat bapak itu.

Pernah ada kejadian roti ane dibuang gan, ane yakin ini pengemis gadungan. emoticon-Mad (S)
Tapi juga ada kejadian, pengemis yang ane kasih roti, bilang terima kasih sambil berkaca-kaca gan. Ane ampe trenyuh gan.
emoticon-Frown

Untuk topeng monyet, ane juga nggak pernah ngasih duit. Kadang ane hapalin daerah yang bakal ane lewati ada topeng monyet atau nggak. Kalau ada, ane pasti ambil cadangan pisang pakan burung peliharaan bokap buat si monyet ntar emoticon-Big Grin


Quote:Beda lagi Nyokap TS
Kalau nyokap ane paling sering beli jajanan atau belanja barang yang aneh-aneh.
Alasannya adalah kasihan sama penjualnya!
Biasanya penjualnya sudah tua gan. Kata nyokap ane, uangnya lebih baik diberikan orang yang kerja keras berjualan walaupun (maaf) rasanya kurang enak, daripada buat pengemis yang nggak jelas.

Dan rupanya pacar TS juga gitu gan. emoticon-Big Grin
Pernah kejadian, waktu di jalan tiba-tiba anr disuruh puter balik gara-gara dia lihat ada nenek-nenek uzur banget jualan di pinggir jalan. Padahal motor ane kenceng dan keadaan rame, matanya awas banget gan. emoticon-Smilie
Lucunya yang harus beli ane, soalnya dia sudah nangis duluan liat penjualnya. emoticon-Big Grin
Dan ane sendiri kasihan tapi salut sama penjualnya gan, sudah renta tapi masih mau berjuang emoticon-thumbsup
Kalau nggak salah inget jualan ketan bakar dan jualannya bener-bener tulus gan. Waktu ketan bakar ane jatuh satu, sama penjualnya dibuatin lagi.
emoticon-Matabelo


Semoga jadi inspisari ya gan.
Ayo jangan takut saling berbagi! emoticon-Smilie
Salam Kaskus emoticon-I Love Kaskus (S)
pertamax kah ??
Quote:Original Posted By jackveldmist
pertamax kah ??

jedyar...
selamat gan, terima kasih dah nyundul emoticon-Smilie
keren gan... nyokap juga suka gitu..

beli dari org yang udh tua..
trus makanannya dibagiin ke orang2 di rumah juga.. soalnya gak bakal abis dimakan sendiri..
Quote:Original Posted By damianjonathan
keren gan... nyokap juga suka gitu..

beli dari org yang udh tua..
trus makanannya dibagiin ke orang2 di rumah juga.. soalnya gak bakal abis dimakan sendiri..

emoticon-thumbsup buat nyokap kita

iya gan. kesannya juga kita menghargai usaha mereka
gak ada kata sedekah buat pengemis yang kerjanya minta doang tanpa ada usahanya emoticon-Smilie
gerakan agar tak tertipu oleh pengemis koruptor
Quote:Original Posted By .Vy.
gak ada kata sedekah buat pengemis yang kerjanya minta doang tanpa ada usahanya emoticon-Smilie

yup gan, bikin jengkel dan gemes

emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
btul bnget gan gak usah mlayani org yg datang kerumah agan yg ngaku dari lmbaga ini emoticon-Smilie
tanya aja alamatnya trus beritahu klo biar kita sendiri yg ksana emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By budz4694
gerakan agar tak tertipu oleh pengemis koruptor

bener gan. sekarang definisi korupsi sudah luas gan.
Quote:Original Posted By wndorama

emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
btul bnget gan gak usah mlayani org yg datang kerumah agan yg ngaku dari lmbaga ini emoticon-Smilie
tanya aja alamatnya trus beritahu klo biar kita sendiri yg ksana emoticon-Smilie

kalo jurus ane minta mereka bikin pengantar rw gan. klo emg niat pasti mereka bikin. emoticon-Smilie
usul Gan, selain Gerakan Sedekah Sehat, juga galang Gerakan Membeli dari Penjual kyk nenek itu Gan...
Quote:Original Posted By masuyi
usul Gan, selain Gerakan Sedekah Sehat, juga galang Gerakan Membeli dari Penjual kyk nenek itu Gan...


udah ane update gan. thx sarannya. emoticon-Angkat Beer
Mantab gan, berguna sekali. emoticon-thumbsup
ada lembaga yang bisa dipercaya ga gan? ane mau sedekah jg gan
Quote:Original Posted By mystervan
ada lembaga yang bisa dipercaya ga gan? ane mau sedekah jg gan

agan bisa mampir ke lembaga2 ini yang sudah dipercaya masyarakat
[url=www​.tzuchi.or.id/]Budha Tzu Chi[/url]
Badan Zakat Nasoonal
Rumah Zakat
Karitas Indonesia
Obor Berkat Indonesia
[url=www​.gn-ota.or.id/]Gerakan Orang Tua Asuh[/url]

masih banyak lembaga2 yang bisa menjadi saluran donasi gan.
Quote:Original Posted By pisangkaramel
Mantab gan, berguna sekali. emoticon-thumbsup

makasih gan udah nyundul
Semoga org2 makin cerdas neh bwt mensedekahkan rejekinya di post2 yg semestinya... emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By benbenbenben
Semoga org2 makin cerdas neh bwt mensedekahkan rejekinya di post2 yg semestinya... emoticon-Smilie

bener gan. sebenarnya klo kita ikhlas, mereka mau ngapain aja pake uang kita pun ya gpp.
tp terkadang kita jd jengkel liat pemberitaan media massa
Mengemis haram gan
http://kaskus.co.id/thread/52046b06f...ung-di-akhirat