alexa-tracking

[SHARE] WASPADAI PENIPUAN MENGATASNAMAKAN BLACKBERRY

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525092ec19cb17744e000006/share-waspadai-penipuan-mengatasnamakan-blackberry
[SHARE] WASPADAI PENIPUAN MENGATASNAMAKAN BLACKBERRY
hallo agan agan semua emoticon-Big Grin

makin hari ane liat makin canggih usaha penipuan melalui media alat komunikasi baek telepon, sms sekarang lebih canggih lagi pake email ama pesan PIN.

hal itu menggugah ane buat bikin thread ini, yang gunanya selain merangkum modus dan metode serta data penipu juga sebagai ilmu insya allah buat kita semua biar tidak menjadi salah satu korbannya.

ane gak pinter deh buat bikin kata-kata panjang yang enak dibaca jadi ane mulai aja ama salah satu contoh pesan penipuan yang sempet di share di forum ini yak :

Quote:


contoh ini ane copas dari sms yang ane dapet
yuk kita kenalin bareng contoh penipuan berdasarkan beberape indikator :

1. Gaya Penulisan dan Bahasa

sebuah pengumuman resmi atau email resmi biasanya menggunakan bahasa baku dan EYD yang merupakan standar penulisan dan surat menyurat resmi, kadang si penipu terkesan memaksakan hal ini seperti pada contoh :
Quote:


a. Penulisan dengan case Capitalize Each Word pada surat resmi adalah salah karena seharusnya menggunakan Sentence case kecuali pada Nama, Nama perusahaan, dsb (lihat lagi standar baku penulisan surat resmi)

b. Kalau merupakan surat resmi maka pengirim sangat sadar akan media yang digunakan untuk mengirim pesan tersebut, jika melalui email dan PIN message maka tidak diperlukan penyingkatan karena tidak ada batasan akan banyaknya huruf yang bisa ditulis, namun pada contoh coba perhatikan kata "smrthphone" seharusnya ditulis "smartphone"

c. penulisan surat resmi tidak akan pernah menggunakan symbol yang tidak lazim contohnya : ‎

d. gaya bahasa, coba perhatikan contoh gaya bahasanya terkesan memaksakan agar terlihat resmi namun salah (ane kagak bahas ini lanjut karena ane nilai bahasanye jelek, coba cari referensi melalui mesin pencari tentang gaya bahasa surat resmi)

itu dulu deh di poin ini yang menyolok....

2. Pencantuman Nama dan alamat email serta nomor telepon
contoh :
Quote:


mulai dari tanggal 30 Januari 2013 bersamaan dengan event peluncuran global blackberry 10 nama Research In Motion Limited telah berubah menjadi BlackBerry dan tidak pernah ada RIM BlackBerry Indonesia

Quote:


Penulisan PEMKOT seharusnya hanya pada pemerintahan walikota, untuk provinsi seharusnya di tulis : PEMPROV atau PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA

lebih jauh tentang singkatan tidak ane lanjut, ntar malah lebih canggih lagi yang nipu hahahaha emoticon-Big Grin

jika menerima pesan dari alamat email resmi maka seharusnya alamat emailnya [nama/jabatan/bagian]@blackberry.com contohnya: @udinsuridinblackberry.com bukan yang lain.

jika diumumkan di website maka alamat websitenya seharusnya : id.blackberry.com bukan yang lain

jika menerima telepon atau ada nomor telepon untuk menghubungi maka seharusnya akan diberikan nomor sesuai ekstension bukan direct phone, contohnya : 021-1234567 ext 8910 atau 1112 (logikanya perusahaan besar teleponnya kagak direct tapi hunting atau lewat operator dan kagak mungkin ada yang mau nomor hapenya dipublikasi walaupun hape pembagian kantor, bener gak sih?)

pada contoh terdapat kata-kata :

Quote:


ini berarti pesan dikirim menggunakan email yang dipush ke perangkat blackberry, gak mungkin kan surat resmi yang ditujukan kepada seluruh dunia (mengacu pada kata-kata di contoh) dikirim menggunakan perangkat blackberry dan tidak akan pernah

selanjutnya sih masih banyak indikator lainnya, ane hanya share beberapa poin dengan harapan dari situ saja kita udah paham kalo ini penipuan.

LALU YANG BENAR BAGAIMANA?

Yang sudah pasti benar adalah, jika memang ada program undian ataupun promo resmi maka pengumumannya akan terpampang (tayang) di web resmi blackberry yaitu : http://id.blackberry.com untuk Indonesia dan http://blackberry.com untuk global alias seluruh dunia dan forum dukungan komunitas resminya yaitu :

- http://supportforum.blackberry.com (forum dukungan komunitas blackberry resmi dengan bahasa Inggris)
- http://foros.blackberry.com (forum dukungan komunitas blackberry resmi dengan bahasa Spanyol)
- http://forumdukungan.blackberry.com (forum dukungan komunitas blackberry resmi dengan bahasa Indonesia)

hanya baru 3 forum dukungan komunitas resmi blackberry di seluruh dunia

Blackberry TIDAK PERNAH mengirimkan pesan PIN kepada pengguna layanan Blackberry dalam bentuk apapun,
mengapa? Pesan PIN hanya bisa dikirim melalui perangkat yang mempunyai PIN (blackberry device) dan gak mungkin juga mengirimkan pesan ke sebegitu banyak PIN pengguna blackberry dengan perangkat blackberry.

Alamat email resmi dari blackberry hanya menggunakan domain @rim.com atau @blackberry.com contohnya: udinsuridin@rim.com atau udinsuridin@blackberry.com

TAPI SAYA MENDAPAT PESAN BERWARNA YANG MENGAKU DARI BLACKBERRY APAKAH BENAR?

Pesan berwarna ungu atau merah adalah ciri bahwa pesan itu dikirimkan secara broadcast bukan berarti penting dsb hanya ciri pesan broadcast jadi jawabannya tetep PALSU

SAYA MENJADI KORBAN PENIPUAN TERSEBUT APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN?

Laporkan hal ini pada pihak berwajib, jika di daerah, laporkan pada POLRES atau POLDA sesuai tempat tinggal, tepatnye ke bagian Reskrimsus

SAYA INGIN MELAPORKAN NOMOR TELEPON, EMAIL ATAU PIN SI PENIPU KEMANA?

tulis di sini dengan format :
Quote:


TRUS KALO UDEH DILAPORIN KIRA2 BAKAL DIAPAIN TUH LAPORAN, ADA SANKSI GAK?

Karena ane cuma pengguna yang merasa peduli ama masalah ini maka ane cuman bisa meneruskan ke pihak terkait untuk kemudian di follow up oleh mereka

ADUH JADI PARNO, MUSTI GIMANA DONG?

Tenang aja deh, selagi sedikit share diatas dipelajari secara seksama insya allah bakal terbebas dari penipuan, ada beberapa tips yang mungkin bisa di coba sebagai antisipasi :

a. jika mendapat pesan pin seperti contoh, coba sorot bagian pengirim pasti kelihatan PINnya nah coba samain ama PIN temen di kontak, kenapa? biasanya pesan tersebut dikirm oleh orang yang tau PIN atau email kita, kalo udeh ketauan orangnya segera remove atau blok ntuh kontak karena jelas-jelas bukan temen itu mah kalo mau nipu.

b. hati-hati menyebar Informasi Pribadi baik langsung atau media social

c. jangan pernah sungkan untuk bertanya (dalam hal ini manfaatkan forum resmi, komunitas, milist ataupun lainnya yang memang eksis di edukasi penggunaan blackberry di indonesia)


itu dulu deh share dari ane, ayo sama-sama kita lindungin temen, saudara, dsb agar terhindar dari penipuan, bukankah dalam agama manapun disarankan untuk saling mengasihi dan mengingatkan dalam hal kebaikan?

semoga berkenan,

terima kasih emoticon-Jempol
kalau ane ga bakalan percaya..
maklum ga punya bb emoticon-Big Grin
itu masih apesnya si penipu. signature 3 gak dihapus, masih ada penulisan yang salah smrthphone, no tlp gak ada extentionnya. bentar lagi si penipu akan memperbaiki kesalahan itu setelah membaca thread agan
nice inpoh gan... ane ska gaya kupasan ente gan....heehee
Mantab nih TS, ijin dulu ninggalin jejak
Ane juga dikirimin gan...
[SHARE] WASPADAI PENIPUAN MENGATASNAMAKAN BLACKBERRY

Isinya seperti ini:
Quote:


Tampilan websitenya:
Quote:


Hati-hati buat kaskuser lainnya.

Btw kalo ane cek, pin pengirimnya(si penipu) adalah 2231AA7A
hati2 gan ntar penipunya tahu kekurangannya trus tambah canggih ngemodusnya emoticon-Takut (S)
nice share gan ane jdi pbi mewaspadai emoticon-army
×