alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52506cddfbca17c565000002/agar-apel-kupas-tak-berwarnakecokelatan-siasati-dengantrik-ini-gan
Agar Apel Kupas Tak Berwarna Kecokelatan, Siasati dengan trik Ini gan
Jakarta - Warna kecokelatan sering kali muncul pada daging buah apel yang sudah dipotong. Tentunya akan merusak penampilan buah dan rasa. Untuk mencegah perubahan ini bisa dilakukan cara mudah. Seperti beberapa langkah ini. Perubahan warna cokelat pada apel umum terjadi karena enzim buah bereaksi dengan oksigen di udara yang lebih dikenal dengan oksidasi. Untuk mencegahnya simak lima trik jitu ini.


1. Olesi air jeruk lemon

Perubahan warna pada apel bisa diatasi dengan air jeruk lemon. Air lemon yang mengandung asam sitrat akan mencegah terjadinya oksidasi. Caranya cukup kucuri permukaan daging buah apel yang sudah dibelah dengan air lemon. Rasanya pun jadi lebih segar.


2. Gunakan garam

Garam merupakan pengawet alami dan efektif mencegah perubahan warna pada apel yang sudah dipotong. Larutkan setengah sendok teh garam dalam air dingin secukupnya. Kemudian rendam apel yang sudah dikupas ke dalam larutan garam selama 3-5 menit. Kemudian bilas dengan air matang dan tiriskan.

3. Rendam dalam minuman

berkarbonasi Minuman berkarbonasi umumnya mengandung asam sitrat. Baik digunakan untuk mencegah perubahan warna cokelat pada buah apel. Jenis minumannya bisa berupa lemon-lime soda. Cukup merendam buah apel yang sudah dipotong-potong dan diamkan beberapa saat.


4. Rebus apel

Merebus apel juga bisa mencegah perubahan warna pada apel. Proses ini dapat menghentikan reaksi enzim dengan oksigen. Cara ini mudah dilakukan, masukkan apel yang sudah dipotong-potong ke dalam panci berisi air mendidih selama 5 menit. Kemudian angkat dan bilas dengan air dingin.


5. Bungkus dengan plastik

Metode sederhana ini juga bisa dilakukan untuk mencegah perubahan warna pada buah apel. Cukup bungkus apel yang sudah dipotong-potong dengan plastik rapat-rapat agar udara tidak mudah masuk sehingga enzim dalam buah apel tidak teroksidasi.

sumber : food.detik..com
insyallah pertamax gan
emoticon-Cool
nice trit gan.. nmbh2 inpo.. bru tw ane klo gtu crax.. bysax ane iri aja yg coklat.
yang pernah ane coba tu bungkus pake plastik.. it works gan
kalo mengikuti trick 1,2,3,4 itu bisa merubah rasa gak gan emoticon-Bingung (S)
nice info gan soalnya ane kadang kurang selera kalo makan apel yang udah ane kupas tapi terus warnanya jd kevoklatan
hehehe ane udah tau kok gan,tapi ane jarang makan apel.nice info aja dah
oh bgitu triknya
nice info gan emoticon-Cendol (S)
ane sih rendam di air garam aja emoticon-Big Grin
ane ga pernah begitu gan, tp nais imponya.
kapan2 ane cobain
Ane sih langsung makan aja gan emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By kurihingkaring
Ane sih langsung makan aja gan emoticon-Ngakak (S)


hahaha... Bnr bngt,gan ! Cra yg simple. emoticon-Ngakak
mendingan langsung dikunyah aja gan emoticon-Ngakak