alexa-tracking

Ikan Ini Bisa Mengasi Pertumbuhan Anak Yang Pendek !

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52505b93c1cb173b40000002/ikan-ini-bisa-mengasi-pertumbuhan-anak-yang-pendek
Inspiratif 
Ikan Ini Bisa Mengasi Pertumbuhan Anak Yang Pendek !
Ikan Ini Bisa Mengasi Pertumbuhan Anak Yang Pendek !

Quote:Liputan6.com, Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar), bersama Poltekes Kemenkes RI, berhasil memanfaatkan potensi ikan bilih (Mystacoleuseus Padangensis) untuk membantu mengobati penyakit anak pendek (stunted).


Pihak Poltekes Kemenkes RI, yang diketuai Eva Yunirith di Arosuka, Kamis, menyebutkan berdasarkan hasil penelitian, ikan bilih adalah ikan spesifik yang terdapat hanya di Danau Singakarak dan Danau Maninjau, memiliki keunggulan utama dibanding ikan lain yaitu kadar zink yang tinggi yang mencapai 173,29 ppm atau setara dengan 17,329 mg/100g, kandungan itu jauh lebih tinggi dari kandungan zink dari hati sapi atau unggas.

Penggunaan ekstrak ikan bilih sebagai bahan pangan lokal berkualitas untuk suplementasi zink organik perlu dikembangkan sebagai upaya percepatan penanggulangan masalah anak stunted di Sumbar," katanya.

Ia menjelaskan, penyakit anak pendek (stunted) tidak hanya berdampak pada pertumbuhan fisik yang lebih pendek, namun juga dapat menghambat perkembangan psikomotor dan kognitif.

selain itu, stunted juga beresiko tinggi menderita kombinasi dari gangguan penyakit kardiovaskular dan diabetes (syndrome metabolic).

Suplemen zink yang dikandung ikan bilih dapat meningkatkan pertumbuhan jaringan tulang, serta memperkuat matriks tulang, katanya seperti dikutip dari Antara, Sabtu (5/10/2013).

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Solok, Iryani M mengatakan, kandungan suplemen zink yang tinggi pada ikan bilih dapat dimanfaat untuk menekan kasus penyakit anak pendek di Sumbar.

Ia menyebutkan, pada tahun 2010 penderita anak pendek sebanyak 39,1 persen, jumlah itu lebih tinggi dibandingkan tahun 2007 yang hanya 36,2 persen.

Sedangkan di Kabupaten Solok, tahun 2007 prevalensi anak pendek ini mencapai 36,2 persen, dan naik pada tahun 2010 menjadi 40,39 persen.

"Kami menyadari di Kabupaten Solok masih banyak anak-anak yang terbilang kurang gizi terutama menyangkut pertumbuhan fisiknya, terutama dengan adanya pemanfaatan ikan bilih ini masyarakat dapat terbantu," kata Iryani.



Ni ane kasih bonus buat pencinta ikan , agak BM+[

Spoiler for JOSS:



Semoga Bermanfaat gan , ENJOY !

Quote:KALO BERKENAN

Ikan Ini Bisa Mengasi Pertumbuhan Anak Yang Pendek !

APALAGI AGAN TUMPAHIN

Ikan Ini Bisa Mengasi Pertumbuhan Anak Yang Pendek !


Info yang Mantap gan,


Ini ada ikan juga
Spoiler for Nitip gan:
Beuhh,,,, coba kalo tau ikan bilih bikin tinggi,,, dari dulu ane udah tinggi deh emoticon-Sorry
Kalau untuk burung pendek ikan apa boss.. emoticon-Betty
Mang ada study-nya gan yang membuktikan ikan bilih mampu mengatasi pertumbuhan anak pendek?
emoticon-Matabelo
liat ikan ini jd inget restoran padang emoticon-Big Grin
wow nais inpoh gan emoticon-Matabelo
di jawa ada ikan Bilih apa gak sih ya ? ..... emoticon-Bingung (S)
wah nice info
ane coba hunting ikan bilih ah
mirip ikan teri,tapi rada gedean.. dimasak balado keknya yummy,cmn kok bikin pendek emoticon-Ngakak
ane baru denger nama ikannya,dapetnya susah gak gan?
×