alexa-tracking

Cheng Ho

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52503f8dbdcb17437c000001/cheng-ho
Cheng Ho
Spoiler for POTRET MASA LALU Cheng Ho:


”Telah kami arungi samudra luas, ratusan ribu li * jauhnya, dan telah kami saksikan ombak yang megah, bagaikan gunung tingginya, dan telah kami pandang negeri kaum barbar nan jauh . . . saat layar kami membusung angkuh bagaikan awan-awan siang dan malam yang melaju (secepat) bintang, kami terjang ombak yang beringas seolah berderap melintasi jalan raya.”—Inskripsi dari abad ke-15 di Changle, Fujian, Cina, yang dibuat oleh Cheng Ho.

CINA adalah negeri yang luar biasa. Penduduknya adalah yang terbanyak di dunia, dan wilayahnya merupakan salah satu yang terluas di dunia. Salah satu proyek terbesar sepanjang sejarah, yaitu pembangunan Tembok Besar Cina, dilakukan di sana. Selain itu, kaisar-kaisar Cina dari dinasti Ming, yaitu Yongle dan Xuande, menghimpun sebuah armada yang terdiri dari kapal-kapal megah. Hingga lima abad setelahnya, tidak ada yang dapat menghimpun armada sebesar itu. Laksamana yang memimpinnya adalah seorang Muslim dari Cina bagian barat daya. Namanya Cheng Ho.
KUASA, NIAGA, DAN HARTA

Menurut inskripsi yang dikutip di awal artikel ini, misi perjalanan Cheng Ho adalah menunjukkan kepada bangsa-bangsa lain bahwa jika mereka mau tunduk kepada kekaisaran Cina, kehidupan mereka akan lebih baik. Sebagai hasilnya, ”negeri-negeri di balik cakrawala dan di ujung-ujung dunia telah takluk pada [Cina] . . . Kaum Barbar [orang-orang asing] . . . telah menghadap [di halaman istana] sambil membawa barang-barang berharga dan hadiah”.
Spoiler for Beberapa pelabuhan yang pernah disinggahi oleh armada Cheng Ho:

Beberapa pelabuhan yang pernah disinggahi oleh armada Cheng Ho

Alasan mengapa kaisar-kaisar dinasti Ming memerintahkan perjalanan itu masih diperdebatkan. Ada yang menganggap bahwa Cheng Ho diutus untuk memperkenalkan Cina sebagai bangsa yang besar namun cinta damai. Yang lain berpendapat bahwa dia sebenarnya bermaksud melakukan agresi politik untuk mendapatkan kerajaan-kerajaan taklukan. Memang, Cheng Ho memberikan hadiah yang berlimpah dan dukungan politik bagi para penguasa yang menerima tawarannya, tapi penguasa yang tidak mau tunduk akan ditaklukkan dan ditawan. Sebagai hasil dari perjalanan Cheng Ho yang luar biasa itu, para penguasa dari berbagai penjuru Samudra Hindia mengirimkan utusan ke negeri Cina untuk membawa upeti kepada kaisar.

Tidak soal apa tujuannya, yang pasti armada Cheng Ho membawa berbagai barang bermutu tinggi, seperti kerajinan kayu, porselen, dan kain sutra buatan perajin Ming, untuk diperdagangkan di berbagai pelabuhan. Armada itu pulang sambil membawa batu-batu permata, gading, rempah-rempah, berbagai kayu tropis, dan barang mewah lainnya yang bernilai tinggi di Cina. Mereka bahkan pernah membawa pulang jerapah. Kehadiran binatang ini cukup menghebohkan. Melalui pertukaran barang dan budaya itu, dunia sempat mencicip peradaban Cina yang hebat di abad ke-15.

Belakangan, pelayaran semacam itu tidak lagi dilakukan. Hanya beberapa puluh tahun setelah perjalanan terakhir Cheng Ho, Cina menutup diri dari perdagangan dan diplomasi dengan negara lain. Kaisar yang baru, dan para penasihatnya yang menganut Konfusianisme, berupaya membendung pengaruh asing karena merasa tidak perlu menengok dunia di luar perbatasan Cina. Mereka berupaya melupakan semua hal yang berhasil dicapai oleh armada itu. Tampaknya mereka menghancurkan catatan tentang perjalanan akbar itu, bahkan termasuk kapal-kapalnya. Baru akhir-akhir ini saja orang-orang, di Cina maupun di luar Cina, mengetahui kisah Cheng Ho yang mengarungi lautan bersama armadanya yang besar.

Spoiler for SEKILAS FAKTA:


Spoiler for Kapal Harta Cheng Ho—Sebesar Apa dan Berapa Banyak?:


emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
kaya marcopolo gitu ya gan .. emoticon-Matabelo
Quote:


yup

KASKUS Ads
oh cheng ho ya gan emoticon-Big Grin
nyimak gan.
yoi gan, bahkan cengho sudah menemukan benua amerika jauh sebelum columbus, malah columbus dapet peta nya yg dibuat cengho dan dibawa marcopolo ke italia
Pernah dengar nama nya gan, sejarah dari negeri China emoticon-Smilie
nyimak aja gan, ga paham soalna emoticon-Big Grin
Quote:
ya gan

Quote:

lanjut gan

Quote:

bener gan

Quote:

emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Quote:


LANJUTKAN
wah kangen banget ma riwayat cheng ho...
PINGIN BANGET LIAT FILM DOKUMENTERNYA YANG DULU DIPUTER DI METRO TV. DIPERANIN SAMA Yusril Ihza Mahendra sebagai Cheng Ho.
wah kangen banget ma riwayat cheng ho...
PINGIN BANGET LIAT FILM DOKUMENTERNYA YANG DULU DIPUTER DI METRO TV. DIPERANIN SAMA Yusril Ihza Mahendra sebagai Cheng Ho.
Quote:

Soal yang satu ini masih patut dipertanyakan.
Quote:



betul: perlu dipertanyakan.

wong malah banyak literaturnya yang membuktikan bahwa justru sebaliknya koq; colombus menggunakan data peta cheng ho untuk ekspedisinya kemudian klaim (rebut royalti) penemuan benua amerika pertama, padahal sejatinya cheng ho lah si penemu pertama. (dibuktikan dari prasasti2 yang semakin ditemukan akhir2 ini)
Quote:



mana nih yang tau filmnya cheng ho, pm or post disini dung.
kalo ga ada yaa ane minggat dari mari dah
Quote:



mana nih yang tau filmnya cheng ho, pm or post disini dung.
kalo ga ada yaa ane minggat dari mari dah
Quote:


siapa yg tanggung jawab ya ganemoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)
china muslim nih gan. sesepuhnya felixsiauw sama ustadz koko liem hahaha
Quote:

Justru perlu literatur dan bukti pasti bahwa Cheng Ho sudah sampai ke Amerika. Emang prasasti yang dimaksud apa?

Penemu benua Amerika itu orang-orang Viking. Misal Leif Errickson yang mendarat di amerika utara 500 tahun sebelum Columbus. Columbus hanya sosok yang memperkenalkan 'dunia baru' itu pada orang-orang Eropa.

Quote:

Cheng Ho itu dari etnis minoritas Hui (yang mayoritas muslim)