alexa-tracking

TEMPAT KERAMAT DAN BERSEJARAH DIBANYUWANGI

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5250377b59cb173c2b000000/tempat-keramat-dan-bersejarah-dibanyuwangi
TEMPAT KERAMAT DAN BERSEJARAH DIBANYUWANGI
kita mulai ya agan agan.. banyak peziarah diluar Banyuwangi mungkin hanya mengenal tentang keangkeran Alas Purwo sebagai tempat para Dewa dan tempat ritual bertapa..
mengingat Banyuwangi merupakan sebuah Kabupaten Dijawa yang memiliki dan berbatasan langsung dg 3 Taman Nasional antara lain :
1. TAMAN NASIONAL ALAS PURWO
2. TAMAN NASIONAL BALURAN
3. TAMAN NASIONAL MERUBETIRI
Bahkan hal ini dijelaskan dalam lagu khas banyuwangi yang berjudul UMBUL UMBUL BELAMBANGAN.. Dimana dikisahkan bahwa Banyuwangi disebelah timur laut dan utara selatan alas angker yang kliwat kliwat.. Bahkan mitos bahwa Banyuwangi merupakan gudang mitos tempat santet dsb...
memang kalo dilihat kondisi geografis Banyuwangi sebelah utara adalah hutan gunung raung yg pada masa dulu adalah tempat pasraman maharsi markandeya sebelum beliau mendapat petunjuk untuk membuka hutan dibali dilereng gunung raung ini terdapat beberapa situs peninggalan maharsi markandeya antara lain :
1. CANDI GUMUK KANCIL biasanya sering dikunjungi peziarah dari bali. candi ini cukup keramat disana juga terdapat tirta yang berkhasiat untuk berbagai macam kegunaan seperti pengobatan didekat situ jg terdapat watu gantung yg kata penduduk sekitar dijaga oleh harimau yang sesungguhnya
2. ANANTA BOGA tempat ini merupakan sebuah pohon apak yg berusia ratusan tahun menurut penduduk setempat banyak kejadian kejadian aneh ditempat ini sprti munculnya ular yang sangat besar. banyak peziarah yang datang ketempat ini untuk bertapa dan beberapa yang mengharap berkah konon 100 m dari tempat ini tempat pembantaian ribuan manusia pada jaman pki dulu. Anantaboga tempatnya ditengah hutan tp walau ditengah hutan disana banyak para pertapa yg tinggal disana.. menurut mitos SANGHYANG ANANTABOGA dewa yang berwujud naga sebagai penguasa bumi. diseblah Ananta boga terdapat situs RAMBUT MUKO yang konon mata airnya bisa meleburkan berbagai macam penyakit akibat ilmu hitam atau guna guna..
3. GUA GEROJOKAN SEWU tempat ini berada 500m dari Pertapan Anantaboga didalam gua ini terdapa dua buah gerojokan atau mata air yang konon bila kita mandi ditempat ini bisa membuat kita berumur panjang dan awet muda belum pernah ada orang yang berani bertapa didalam gua ini sendirian dimalam hari selain tempatnya angker gua ini berada dibawah tebing dihutan dan diatas sebuah air terjun menurut cerita gua ini dulu sebuah sarang ular yg sangat besar.. banyak peziarah yang datang ketempat ini hanya sekedar untuk sembahyang maupun meditasi. tokoh paranormal banyuwangi seperti bapak Joko Pitoyo bersama Padepakan Padaleman Rahayu sering acara ritual dan meditasi ditempat ini dan Anantaboga.
4. LINGGA SIWA nah tempat ini berada sekitar 4 km dari tempat diatas berada diatad bukit payung tempatnya sangat sepi soalnya tempatnya berada ditengah hutan sehingga peziarah dari jauh kesulitan mengakses tempat ini. menurut kisah perjalanan maharsi markandeya agan agan bisa googling ketika maharsi berangkat pertama kali untuk membuka hutan dibali dengan membawa sekitar 800 masyarakat aga sebutan untuk masyarakat lereng selatan gunung raung menemuai banyak musibah sehingga tinggal 400 orang saja.. kemudian sang resi kembali kegunung raung dan minta petunjuk dari sanghyang PASUPATI atau DEWA SIWA ditempat ini. menurut cerita penduduk setempat ditempat ini sering muncul bola api dan banaspati.. sehingga banyak penduduk yang takut memasuki daerah ini. tetapi sekarang tempat ini menjadi situs purbakala musium trowulan. mengenai alas purwa sudah ada dithread sebelah..
Ini foto pertapaan anantaboga
TEMPAT KERAMAT DAN BERSEJARAH DIBANYUWANGITEMPAT KERAMAT DAN BERSEJARAH DIBANYUWANGI
Gua gerojogan sewu
TEMPAT KERAMAT DAN BERSEJARAH DIBANYUWANGI
Bagian dalam
TEMPAT KERAMAT DAN BERSEJARAH DIBANYUWANGI
Mulut gua
TEMPAT KERAMAT DAN BERSEJARAH DIBANYUWANGI
Depan gua berupa air terjun
TEMPAT KERAMAT DAN BERSEJARAH DIBANYUWANGI
image-url-apps
untuk update foto menyusul gan silahkan diberi masukan.
Selain tempat tersebut yg telah disebutkan yang kebanyakan berada dikecamtan glenmore kecuali Lingga Siwa berada dikecamatan Sempu. Kita telusuri kearah timur tepatnya dikecamatan sempu juga terdapat makam mbah Dosol disebuah bukit yang bernama Bukit atau Gumu Dosol makam ini juga dikunjungi oleh peziarah pada malam jumat.
Kita beranjak ketimur lagi terdapat makam Mbah Jayeng yang pada hari hari tertentu ramai peziarah.. deseblah selatan makam Mbah Jayeng ada Makam Eyang Joyo Purnomo yang kata penduduk sekitar ketika eyang Joyo Purnomo meninggal pada tahun 50 an. Jasadnya muksa .. sampai sekarang makam ini juga banyak paziarah ketempat ini pada malam jumat manis
Quote:


menunggu update fotonya om, eike belum pernah k banyuwangi emoticon-Malu
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:

iya gan bsok sya update ftonya.. banyak kok orang dari luar negeri yg datang kesana.. apalagi musim kampanye kayak gni banyak dech yang datang ksna..
image-url-apps
ada tuh forsup banyuwangi si om leo
image-url-apps
Quote:

iya mungkin gan tp ini mbahas lereng selatan gunung raung trednya apa yah punya om leo
image-url-apps
Quote:


si om leo yg tua aneh ntu yah emoticon-Ngacir2
Ehem ..... emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
image-url-apps
Quote:

batuk gan hehehe perlu panduan
image-url-apps
Quote:

oh ya om leo punya tred yg sma yah
image-url-apps
Quote:


nah ini dia neh si om leo dekong from dan birthday on banyuwangi city
salah satu tempat² keramat yg ane inceremoticon-Smilie tolong share potonya gan biar tar kalo ane kesono nga tersesatemoticon-Peace
Kang,

۞★ஜ๑~ Kemistisan/Kekeramatan di Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur ~๑ஜ★۞
http://www.kaskus.co.id/post/0000000...00000656810713

[share] Sejarah & Budaya Banyuwangi - Blambangan
http://www.kaskus.co.id/thread/00000...i---blambangan

emoticon-Salaman
Quote:


Quote:


ndak kok puh emoticon-Malu (S)
nubi blom pernah bikin trit di forsup emoticon-Malu (S)

Quote:


emoticon-Matabelo salim dulu ama dukun kebal emoticon-Matabelo

image-url-apps
Serem di banyuwangi masih bnyk utan emoticon-Takut
image-url-apps
Dukun banyuangi udah muncul
emoticon-Takut
Quote:


TEMPAT KERAMAT DAN BERSEJARAH DIBANYUWANGI

Mister Tukul Jalan-jalan Episode Banyuwangi
http://www.kaskus.co.id/post/51c4180...cb17e95a000007
Quote:

Om leo dedengkot banyuwangi jg yah emoticon-Matabelo

Quote:

Kalo boleh tau om leo banyuwangi mana yah

Quote:

Maaf klo trednya sama

Quote:

Iya dikelilingi hutan dan laut gan
Quote:

Hehehe penunggunya cantik lo gan hehehe
Quote:

Syang mr.tukul jalan jalan gak mampir ditempat ini kmrn yah
Buat ftonya sabar yah
Quote:


Terusin aja threadnya mbah, itu saya kasih link buat tambahan referensi dalam membahas lebih jauh di thread ini dengan tema judul thread yang telah dibuat.

emoticon-Salaman
image-url-apps
Quote:

terimakasih mod.. ini membahas bagian lereng gunung raung.. kalo wilayah alas purwo sudah ada.. makash mod.. biar peziarah tau kalo dilereng selatan gunung raung jg gak kalah.. malah ada petilasan prabu tawangalun
×