alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52501cc5becb17413900000a/inspiratif---prof-dr-aznan-leno-dokter-yang-tidak-memasang-tarif-pada-pasiennya
Inspiratif - Prof. Dr. Aznan Lelo, Dokter yang tidak memasang tarif pada pasiennya
Bismillahirrahmanirrahim

Mimin, momod dan agan2, Suramoto minta izin membuat thread lagi. Semoga thread ini bisa menginspirasi para pembaca.

Spoiler for Cek repost/no:


Agan2, ceritanya, TS baru saja membaca edisi khusus HUT ke-50 majalah int*sari. Di dalam majalah tersebut, Saya membaca beberapa artikel menarik. Salah satu artikel terbaik yang menurut Saya sangat menginspirasi adalah artikel mengenai seorang dokter di Medan yang tidak menerapkan tarif kepada para pasiennya. Beliau adalah Prof. dr. Aznan Lelo Ph.D, Sp.FK.

Inilah beliau:
Inspiratif - Prof. Dr. Aznan Leno, Dokter yang tidak memasang tarif pada pasiennya

Apa saja yang istimewa dari beliau:

1. Beliau tidak menerapkan tarif. Di meja registrasi, disediakan amplop putih. Pasien yang datang berobat mengambil amplop tersebut, kemudian mengisi dengan sukarela, lalu diberikan ke beliau saat giliran mereka tiba.
Berapakah uang yang biasa didapat beliau? Ternyata banyak di antara amplop tersebut hanya berisi Rp. 5.000, Rp. 500 dan bahkan terkadang tidak ada isinya. Wajar, karena sebagian besar pasiennya berasal dari kalangan tidak mampu. Beliaupun ikhlas dengan berapapun uang yang diterimanya, bahkan jika menemukan amplop kosong.

2. Beliau juga ahli farmakologi. Seringkali obat untuk pasien diraciknya sendiri sehingga harganya juga tidak mahal. Terkadang beliau juga meresepkan obat yang harus dibeli di apotek. Namun, obat yang diresepkan beliau selalu obat generik yang harganya murah namun sesuai dengan penyakit pasiennya. Hal ini juga sulit dijumpai pada dokter lain karena kebanyakan dokter mempunyai kerjasama dengan perusahaan obat sehingga meresepkan obat yang mahal walaupun sebenarnya tidak terlalu diperlukan dalam penyakit pasiennya.

3. Beliau tidak bernafsu memikirkan harta duniawi. Prinsip hidup beliau sederhana, "Yang penting tak ada utang". Berbeda dari dokter-dokter lain yang memiliki banyak rumah mewah, beliau tinggal di rumah dinasnya di komples perumahan dosen Universitas Sumatra Utara (USU). Beliau hanya punya 1 rumah pribadi yang dicicil dari BTN, namun rumah itu disewakan. Sedangkan tempat praktek beliau menggunakan rumah milik mertuanya.
Beliau tidak pernah takut kehabisan rezeki, karena beliau yakin bahwa Allah tidak akan pernah berhenti memberi rezeki kepada hambanya.

4. Beliau tidak membatasi jumlah pasien. Seringkali beliau praktek hingga pukul 01.30 karena pasiennya mencapai seratus orang lebih. Menurut beliau, paling sedikit sehari jumlah pasiennya adalah 30 orang.

5. Menurut beliau, dokter, pengacara dan guru adalah 3 profesi yang seharusnya tidak boleh menetapkan tarif.

Demikian gan keteladanan yang bisa Saya ambil dari artikel yang Saya baca mengenai beliau. Semoga bisa menginspirasi semua orang yang membaca. Tidak hanya dokter, semua profesi, jika kita ikhlas dalam menjalankannya untuk menolong sesama, insya Allah hidup kita akan barokah tanpa takut akan kekurangan.

Tambahan dari agan ini:
Quote:Original Posted By TOLEAW
Pagi gan,doi itu dosen ane di kampus gan,ngajarin farmakologi,doi dosen favorit di kampus tuh gan,selalu jadi panutan,doi selalu cerita masa masa dia sekolah dulu,dia itu orang susah tapi bisa sampe beasiswa kuliah di luar negri,makanya beliau merasa kalau dia kuliah dibiayai oleh uang rakyat dan harus dibaktikan untuk rakyat. Beliau selalu ngajarin sama kami untuk jadi dokter yang berguna di dunia dan akhirat.


Quote:Original Posted By zughie
ane dah ikut seminar2nya gan ampe 4x

dan kesimpulannya dia
"Tegas, Jujur, dan sangat Inspiratif bagi orang2 dunia Kesehatan"
emoticon-thumbsup
dia juga meneliti Madu sebagai obat alami gan

emoticon-I Love Indonesia


Quote:Original Posted By TOLEAW



Waaaah amiin gaan mungkin ane tambahin dikit aja ya gan buya (panggilan akrab prof) itu praktek di jalan puri gan dan yang dikatain meracik obat nya sendiri mungkin maksudnya dia ngeresepin obat nya yang racikan ( secara buya kan guru besar farmako emoticon-Big Grin ) jadi yang ngeracik itu tetap apoteker gan nah resep racikan ini dibuat kalau memang dibutuhkan utk kondisi sakit si pasien sih. Gak cuma buya kok ane juga pernah dapat obat racikan waktu ane sakit iritasi kulit emoticon-Big Grin oiya dia juga salah satu penyusun buku standar obat indonesia gan,makanya kalo setiap beliau ngasi kuliah atau praktikum,kita dapet pelajaran plus plus hahaha,teori,skill,sama moral gan heheh emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By NiceMilk
Beliau merupakan salah satu dosen pengajar di fakultas ane gan

Yang ane lihat

Keseharian beliau berpenampilan sederhana
Punya prinsip hidup yang kuat
Orangnya tegas dan benci dengan kemalasan serta kecurangan
Dibalik itu semua beliau juga merupakan pribadi yang suka menolong dan ramah

Semoga lulusan dokter indonesia bisa mencontoh beliau
Aminn



Thread TS yg lain:
Quote:
Dosen Menggampar Mahasiswa
Indahnya cahaya Mizuakari festival di Kumamoto-Jepang
PTC legit bonus RCB menarik
Sepuluh bidadari penegak hukum cantik di serial televisi
Tokoh komik yang jago makan
[Humor] Buat anda saja


Iklan
Quote:Main Game dibayar Euro di Market Glory
pertamaxemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By 4121ari
pertamaxemoticon-Ngakak


selamat eaaaa kaka emoticon-Ngakak
waduh hebat sekali ada yg lain gk ya gan?. itu yang dulu pengen ane lakuin jadi dokter cuman buat berbagi aja tapi sayang ane cuman setahun di kedokteran gara2 ane punya pikiran kalo gk jadi dokter jadi aja yg bayarin dokternya praktek buat baksos makanya sekarang ane sedang merintis jadi pengusaha besar. mohon doanya gan.
Quote:Original Posted By oetoes8
waduh hebat sekali ada yg lain gk ya gan?. itu yang dulu pengen ane lakuin jadi dokter cuman buat berbagi aja tapi sayang ane cuman setahun di kedokteran gara2 ane punya pikiran kalo gk jadi dokter jadi aja yg bayarin dokternya praktek buat baksos makanya sekarang ane sedang merintis jadi pengusaha besar. mohon doanya gan.


Iya gan, semoga sukses dan jangan lupa dengan cita2nya
tarifnya yang ngasih nanti Yang Kuasa gan berlipat2 ganda
betul gan, coba pejabat2 juga punya prinsip kayak gini. Yg ada malah mereka memperkaya diri dengan cara tidak halal
kalo dokter d indonesia semua gini gimana yah?? asiik kayaknyaa :d
inspiratif.. cerdik sekali beliau,biar yg kuasa yg bales. nice share gan..
Quote:Original Posted By egmwie
kalo dokter d indonesia semua gini gimana yah?? asiik kayaknyaa :d


tentunya semua rakyat ga perlu susah mikir untuk biaya kesehatan gan

Quote:Original Posted By PERTAMAX..
inspiratif.. cerdik sekali beliau,biar yg kuasa yg bales. nice share gan..


betul gan, terima kasih
wuih sungguh menginspiratif dan mulia banget pak dokter yg satu ini
seharusnya semua dokter indonesia menerapkan hal ini
emoticon-Matabelo sunggu mulia doi niatnya gan...moga niatnya di beri berkah dan kelancaran
Quote:Original Posted By ce.islamholic.X
wuih sungguh menginspiratif dan mulia banget pak dokter yg satu ini


Iya gan, semoga banyak orang yg terinspirasi dan meniru beliau
Ispiratif
Kayanya dari 1000000 dokter cuman ada 1 yg kaya gini...
Seharusnya orang kaya gini dipelihara pemerintah bukan para penjahat emoticon-Mad
suuuuppeeeerrr inspiratif gan
beliau tau klo balasan dari tuhan g ada apa apanya di banding uang milyaran
Quote:Original Posted By catoblepaz
suuuuppeeeerrr inspiratif gan
beliau tau klo balasan dari tuhan g ada apa apanya di banding uang milyaran


emoticon-Bingung (S) kebalik kali maksudnya gan. Uang milyaran ga ada apa2nya dibanding balasan dari tuhan
Mudah2an di indonesia gitu semua dokternya gan emoticon-I Love Indonesia
ane juga pengen kayak gitu gan emoticon-Matabelo
Pagi gan,doi itu dosen ane di kampus gan,ngajarin farmakologi,doi dosen favorit di kampus tuh gan,selalu jadi panutan,doi selalu cerita masa masa dia sekolah dulu,dia itu orang susah tapi bisa sampe beasiswa kuliah di luar negri,makanya beliau merasa kalau dia kuliah dibiayai oleh uang rakyat dan harus dibaktikan untuk rakyat. Beliau selalu ngajarin sama kami untuk jadi dokter yang berguna di dunia dan akhirat.