alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52500dda38cb17ed17000002/apakah-design-knalpot-racing-anda-sudah-pas
Cool 
Apakah Design Knalpot Racing Anda Sudah Pas?
di Rate ya gan emoticon-Big Grin
emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S)

Apakah Design Knalpot Racing Anda Sudah Pas?

emoticon-Big Grin WELCOME TO MY THREAD emoticon-Big Grin

Spoiler for repsol:


Apakah Design Knalpot Racing Anda Sudah Pas?

Quote:
Apakah Design Knalpot Racing Anda Sudah Pas?

Bro semua, meliahat banyaknya motor baru, terutama yang sport, baru beli, belum ada setahun dah pada ganti knalpot racing. Kalo ngeliat iklannya sih sepertinya menjanjikan, apalagi ditunjang dengan pembuktian grafik dyno test, konsumen tambah kesengsem untuk nge-ganti knalpot standar dengan knalpot racing. Tapi apa bener bahwa knalpot tersebut bisa meningkatkan performance motor kita?

Bagi orang awam kayak ane sih, selain liat grafik iklan, ane bakalan cari testimoni dari orang yang dah memakainya, terutama yang ane kenal. Jadi testimoninya jujur, dan ane tinggal ngumpulin duit trus beli dan pasang dah. Tapi adakalanya (bahkan sering), ternyata performa yang dijanjikan cuma isapan jempol, memang akselerasi putaran bawah terasa lebih nendang, akan tetapi tenaga di puataran atas malah tertahan. Atau sebaliknya topspeed naik sedikit, tapi pada putaran rendah mesin malah mbrebet, batuk2, nembak2 dan konsumsi bensin menjadi sangat boros. Terbukti dengan banyaknya bro yang menjual knalpot racingnya, padahal baru dipake beberpa bulan, bahkan ada yang cuma beberpa minggu. Bukan knalpot racingnya yang jelek, akan tetapi mungkin tidak cocok dengan motor kita. Trus bagaimana memilih knalpot racing yang sesuai dengan motor kita ??? nah ini yang mau kita obrolin bro, yuk kita mulai….

Menurut Graham Bell panjang pipa dan diameter knalpot, dirancang untuk memaksimalkan power hanya diputaran tertentu saja, dan sangat dipengaruhi oleh durasi bukaan klep buang/ex.

Coba perhatikan persamaan berikut :

Apakah Design Knalpot Racing Anda Sudah Pas?


Dari persamaan di atas terlihat, bahwa semakin besar bukaan klep buang (exhaust valve open) sebelum titik mati bawah, semakin panjang leher knalpotnya. Dan semakin tinggi posisi rpm saat power maksimum, semakin pendek leher knalpotnya. Jadi kalo mau ngeser2 peak power, selain berubah timing dan durasi camshaft, panjang leher knalpot juga harus menyesuaikan.
Sedangkan diameter dalam pipa untuk leher knalpotnya mengikuti persamaan berikut :


Apakah Design Knalpot Racing Anda Sudah Pas?

Sehingga diharapkan, pada rpm peak power tsb, seluruh volume hasil pembakaran dapat tuntas dibuang lewat knalpot. Kalo nggak mau repot mungkin bisa ngikutin tabel excell berikut

Apakah Design Knalpot Racing Anda Sudah Pas?


khusus untuk sel F3 bisa diisi dengan ”=(850*(C3+180))/B3-3” dan yang F4 tinggal ngopi dari F3.

dan untuk H3 bisa diisi dengan ”=(E3/((F3+3)*25))^0.5*2.1” , H4 juga tinggal ngopi dari H3.

Dan konfersi dari inchi ke cm, tinggal kali saja dengan 2.54, atau isi G3 dengan “=F3*2.54″, yang lain (G4, I3 dan I4) tinggal ngopi aja dari G3. Gampang anak SMP juga bisa.

****[ Mengenai jenis motor boleh apa aja yang spek rpm dan EVO-nya diketahui (ane pilih NVL dan CB karena lagi hot dibicarakan), posisi rpm peak power dan bukaan klep ane kira2 (bagi bro yang mengetahui dengan pasti, mohon koreksinya)]***

Nah kemudian hasil dari perhitungan panjang dan diameter pipa knalpot inilah yg kemudian dijadikan acuan untuk memilih knalpot racing yg cocok. Atau bahkan bagi bro yang kreatif dengan per-las2-an, bisa nih dipraktekan untuk bikin knalpot. Coba perhatikan knalpot racing lokal yang sudah terkenal yang diterapkan di CB150R dan di NVL, benerkan kan? Panjang dari pipa knalpot utamanya nggak sama, untuk CB150 keliatan lebih pendek dan lebih besar.


Apakah Design Knalpot Racing Anda Sudah Pas?


Quote:SUMBER

Quote:Quote:Quote:Quote:Quote:1. COMMENT emoticon-Big Grin
2.
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
3. Apakah Design Knalpot Racing Anda Sudah Pas?
emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool
Ane pelajari dlo gan,, bingung juga itung-itung emoticon-cystg
puyeng ane gan banyak rumusnya emoticon-Ngakak

emoticon-Hammer
Ane mah knalpot standar aja gan.
Motor ane buat kerja, bukan buat balapan.
Lagian knalpot racing bikin polusi suara gan.
Kasian orang lain.
Lagian knalpot standard dibikin berdasarkan penelitian para ahli.
Musti sarjana teknik dulu baru bisa bikin knalpot racing.
Quote:Original Posted By kelak.kau.tahu
Ane pelajari dlo gan,, bingung juga itung-itung emoticon-cystg


Quote:Original Posted By ichall1234
puyeng ane gan banyak rumusnya emoticon-Ngakak

emoticon-Hammer


iya ya ternyata knalpot aja ada rumus nya gan emoticon-Bingung (S)
nyimak dolo mbah emoticon-Malu
apdet yang 2 tak juga dong mbah emoticon-Malu
Quote:Original Posted By hends.ngt
nyimak dolo mbah emoticon-Malu
apdet yang 2 tak juga dong mbah emoticon-Malu


silahkan mbah emoticon-Malu (S)
belom nemu artikel nya kalo yang 2 tak mbah emoticon-Big Grin
masih tahap belajar juga saya emoticon-Stick Out Tongue
Ninja , jupiter , mio ane semua pake r9 new mugello gan, gahar emoticon-Kiss razia polisi aman2 aja karena termasuk knalpot elit bukan knalpot murahan emoticon-Ngakak

emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
wah, ane ling gak suka nih gan plajaran fisika emoticon-Hammer
ane kira tuh knalpot dibuat semaunya aja gan emoticon-Hammer
Ane gak suka pake knalpot racing gan, kalo masuk gang kasian berisik emoticon-Ngakak (S)

Regards,
bentobagaskara.emoticon-Paw
Quote:Original Posted By azzaniaditya2
Ninja , jupiter , mio ane semua pake r9 new mugello gan, gahar emoticon-Kiss razia polisi aman2 aja karena termasuk knalpot elit bukan knalpot murahan emoticon-Ngakak


iya sih gan, tapi sebenernya itu r9 termasuk knalpot yang desibel nya tinggi, yaa agak cempreng kalo di tarikan atas menurut ane CMIIW emoticon-Big Grin
lebih adem DBS emoticon-Stick Out Tongue tapi ya kalo buat ninja 250 mah pake apa aja juga adem emoticon-Hammer (S)
Quote:Original Posted By wndorama

emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
wah, ane ling gak suka nih gan plajaran fisika emoticon-Hammer
ane kira tuh knalpot dibuat semaunya aja gan emoticon-Hammer


hahaha kagak gan, kalo asal2 an mah suara nya jelek emoticon-Hammer (S)

Quote:Original Posted By gdeadrian
emoticon-Matabelo ane pake knalpot bikinan Om Kumis dari KebonJeruk... emoticon-Matabelo


wah siapa tuh? stanlee motomuffler ya? emoticon-Big Grin

emoticon-Request emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By bentobagaskara
Ane gak suka pake knalpot racing gan, kalo masuk gang kasian berisik emoticon-Ngakak (S)

Regards,
bentobagaskara.emoticon-Paw


iya sih ane juga kadang kalo lagi masuk ke gang gitu takut di gebukin masa emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By GEWijaya


iya sih gan, tapi sebenernya itu r9 termasuk knalpot yang desibel nya tinggi, yaa agak cempreng kalo di tarikan atas menurut ane CMIIW emoticon-Big Grin
lebih adem DBS emoticon-Stick Out Tongue tapi ya kalo buat ninja 250 mah pake apa aja juga adem emoticon-Hammer (S)


DBS bukannya banyak yg KW emoticon-Hammer2
Mau beli, suaranya mantep.. cuma..

kagak tau model knalpotnya emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By azzaniaditya2


DBS bukannya banyak yg KW emoticon-Hammer2


EMANGGGG !!!!
susah nyari DBS yang ori gan emoticon-Hammer (S)
ni aja ane sampe sekarang belom begitu yakin kalo mau beli DBS. tetep aja cbr ane pake r9 mottegi hahaha sama kaya si agan pake r9 emoticon-Malu (S)
ribet juga ya mbah emoticon-Malu kalo pengen hasil yang optimal pasti lebih ribet lagi ya mbah ? bentuk lubang/jumlah lubang sarangan dan diameter juga mempengaruhi ya mbah ? belum lagi leher yang ber sap macam ahau ato creampie ,rumusnya dong mbah
ane demen trit beginian emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By Kautsar001
Mau beli, suaranya mantep.. cuma..

kagak tau model knalpotnya emoticon-Ngakak


hahaha motor nya apaan emang gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By hends.ngt
ribet juga ya mbah emoticon-Malu kalo pengen hasil yang optimal pasti lebih ribet lagi ya mbah ? bentuk lubang/jumlah lubang sarangan dan diameter juga mempengaruhi ya mbah ? belum lagi leher yang ber sap macam ahau ato creampie ,rumusnya dong mbah
ane demen trit beginian emoticon-Shakehand2


kalo yang ane tau sih bentuk knalpot juga mempengaruhi, kalo silincer pendek ya suara agak cempreng, kalo panjang lebih adem
saringan yang didalem itu juga kalo ga salah kalo lebih panjang dan lubang lebih kecil lebih adem deh, entahlah lupa juga, ilmu nya masih cetek ane hehehe masih harus sering baca2 dan tanya2 juga emoticon-Stick Out Tongue

wah kalo nanya rumus jangan sama ane, kan banyak tuh workshop knalpot yang udah terkenal dan buatannya bagus2 mungkin dateng kesana bisa di jelasin langsung lebih detail nya emoticon-Big Grin