alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5250078738cb17886f00001a/yg-jago-masalah-mobil-masuk-gan
Yg jago masalah mobil masuk gan
Gan ane mau nanya nih kemaren ane belajar mobil manual sampe pas tanjakan macet ane panik dan mobilnya rada turun diklakson mobil belakang akhirnya ane minta bokap yg bawa, nah ane jd rada takut mau nyoba lg, ane mau nanya buat agan-agan bener gak sih klo misalnya matic itu gak turun2 saat tanjakan dan suka mati mesin krn gak ada koplingnya ? Minta usulannya iya gan soalnya klo bener ane rencana mau ambil matic
pindahan kaki kanan dari rem ke gasnya harus cepet, neken gas sama lepas kopling juga harus se irama
biar gak turun kalo macet di tanjakan

kalo make metik ente jadi ke bawa enak, jadi gak bisa bawa manual..
mending matengin aja mobil manualnya..
Setuju ama atas ane, skill pake mobil manual di perdalam dulu baru pindah ke matic. 1 hal : harus percaya diri jangan minder waktu nyetir, sekali loe minder nyawa jadi taruhannya.

Btw, emang uda punya SIM kok di jalan raya? Mending di komplek perumahan yg sepi aja belajar driving nya
di bawah due moga2 aja bukan maho.. eh...orang JAGO maksutnya..
emoticon-Ngacir
ane juga biasa pake matic gan, kalo manual dijalan datar ga masalah gan, tanjakan pun kalo lancar juga ok, cuma kalo tanjakan pas macet ane ga berani gan.
rem tangannya dipake juga gan emoticon-Malu (S) jadi kalo mau jalan di gas dulu baru cabut rem tangannya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By leonardfresly
Gan ane mau nanya nih kemaren ane belajar mobil manual sampe pas tanjakan macet ane panik dan mobilnya rada turun diklakson mobil belakang akhirnya ane minta bokap yg bawa, nah ane jd rada takut mau nyoba lg, ane mau nanya buat agan-agan bener gak sih klo misalnya matic itu gak turun2 saat tanjakan dan suka mati mesin krn gak ada koplingnya ? Minta usulannya iya gan soalnya klo bener ane rencana mau ambil matic


Kalo mau aman pas berenti tarik rem tangannya gan... Tar pas maju lepasin rem tangannya pelan-pelan. Buat cegah supaya gak mundur aja tp ati2 kalo keseringan rusak rem tangannya...

Turun paling bbrp centimeter gan kalo matic... Itu juga kalo dikasih gas nanggung... Kalo lepas rem langsung gas dalem sih gak turun... Tapi kurang tau sih kalo tanjakannya curam banget... Yang pasti sih kalo bawa matic lebih aman, soalnya cuma mindahin kaki dari rem ke gas, kalo manual kan musti maenin kopling juga... Kalo mati mesin sih kayaknya hampir impossible mobil matic bisa mati mesin gan... Cuma jeleknya matic kalo buat nyalip kadang2 gak seagresif mobil manual... Lemot naek putaran mesinnya soalnya... Tapi kalo itu agan udah jago bawa mobil.. Kalo awal-awal ma buat apa nyalip nyalip kan
salahin yg ngajari loe nyetir....
masak masalah kek gini aja gak bisa.

matik: enak kalo jalan di daerah sering macet.
gak enak kalo loe suka ngebut. karna matic nggembott
saat berhenti ditanjakan n mo jalan lg,klo pke manual kaki kanan ijek rem,kakikiri injek kopling,masukin gigi,buka kopling sedikit aj,smpe mobil bergerak pelan kedepan,lepas rem,pindahin kaki kanan ke gas,klo pke rem tangan jg sama caranya.

klo matic ga bakal turun kalo ditanjakan saat pedal rem dibuka.

terakhir,ga usah beli mobil nti tambah macet
Quote:Original Posted By leonardfresly
Gan ane mau nanya nih kemaren ane belajar mobil manual sampe pas tanjakan macet ane panik dan mobilnya rada turun diklakson mobil belakang akhirnya ane minta bokap yg bawa, nah ane jd rada takut mau nyoba lg, ane mau nanya buat agan-agan bener gak sih klo misalnya matic itu gak turun2 saat tanjakan dan suka mati mesin krn gak ada koplingnya ? Minta usulannya iya gan soalnya klo bener ane rencana mau ambil matic


boss..mobil matic yang jaman sekarang pas tanjakan ga langsung turun dalam 8-10 detik, jadi mengantisipasi kepanikan orang ditanjakan..aman klo buat tanjakan, kaki juga enak ga pegel pas macet..biaya perawatan relatif sama kaya manual cuma emang agak mahal..
nah cara pakenya jangan injek gas poll gan (kickdown), tar cepet rusak n boross..
Tapii kelemahannya pas jalan cepet n macet, remnya ga bisa mepet2 kaya mobil manual gan, ada jarak pengeremannya...trus pas banjir cilakaaa tuh, ga bisa gas terus klo pas depan ada mobil antri.. klo pas mogok, agan perhatin posisi kunci persenelengnya yah klo ga tar rusak gear nya.. trus mobil ga bisa sembarangan modif mesin, tar komputernya rusak..

klo mobil manual enak diajak ngebut, berasa sentakan gas n tarikannya..trus bisa diatur antara "gigi", RPM, n gas nya.. pas banjir relatif aman selama ga gila2an tingginya emoticon-Ngakak biaya perawatan murah, tapi inget bawanya juga jangan gila2an..ganti gigi RPM 2500-3000 aja gan..trus enak nih di modif2 klo mobil manual..

nah skill tanjakan buat mobil manual ada 2 sih klo ane biasa bawa:
1. klo tanjakan/macet nanggung, injek kopling setengah n pas mau maju injek gas sambil angkat kopling (agak boros kopling klo tipe ini)

2. pas tanjakan berenti, injek rem kaki full trus tarik rem tangan (INGET PENCET TOMBOL UJUNG REM TANGAN sambil tarik ke posisi paling mentok klo tanjakan curam, jangan kaya mobil2 angkot yang langsung tarik krek kreeekk kreeek..rusak tar gerigi handle rem tangannya gan...) trus netralin perseneling trus klo dah maju, injek rem kaki full sambil injek kopling n masukin gigi 1, trus mulai perlahan turunin rem tangan sambil imbangin gas n kopling) ====> cara ke 2 paling efektif n enak kaki ga capek gan..

klo mobil matic ane biasa bawa ford new focus sedan mobil keluarga..
klo manual mobil pribadi jazz idsi, kia picanto, innova, sama mobil2 pickup buat angkut barang


just share ajah gan...pasti banyak agan2 yang jago nyetir disini bisa berbagi ilmu lainnya.. emoticon-I Love Kaskus (S)

oh yah klo agan butuh lampu LED ane jual lohh (iklannnn emoticon-Ngakak)
http://www.kaskus.co.id/post/52500e1...cb17a11f000002
Quote:Original Posted By azzaniaditya2
Setuju ama atas ane, skill pake mobil manual di perdalam dulu baru pindah ke matic. 1 hal : harus percaya diri jangan minder waktu nyetir, sekali loe minder nyawa jadi taruhannya.

Btw, emang uda punya SIM kok di jalan raya? Mending di komplek perumahan yg sepi aja belajar driving nya

iya gan itu juga ane degdegan bgt pas mundur2, belom ada sim gan, itu ane belajar di perumahan trus krn udah agak bs pulangnya ane disuruh bawa, nah daerah ane ada tanjakan yg srng macet itu

Quote:Original Posted By jackapole
ane juga biasa pake matic gan, kalo manual dijalan datar ga masalah gan, tanjakan pun kalo lancar juga ok, cuma kalo tanjakan pas macet ane ga berani gan.

iya ane jg lumayan lancar klo jalanan datar, ente sering pake matic ? gak ada masalah turun2 saat tanjakan & mati mesin ?

Quote:Original Posted By irrational

Kalo mau aman pas berenti tarik rem tangannya gan... Tar pas maju lepasin rem tangannya pelan-pelan. Buat cegah supaya gak mundur aja tp ati2 kalo keseringan rusak rem tangannya...

Turun paling bbrp centimeter gan kalo matic... Itu juga kalo dikasih gas nanggung... Kalo lepas rem langsung gas dalem sih gak turun... Tapi kurang tau sih kalo tanjakannya curam banget... Yang pasti sih kalo bawa matic lebih aman, soalnya cuma mindahin kaki dari rem ke gas, kalo manual kan musti maenin kopling juga... Kalo mati mesin sih kayaknya hampir impossible mobil matic bisa mati mesin gan... Cuma jeleknya matic kalo buat nyalip kadang2 gak seagresif mobil manual... Lemot naek putaran mesinnya soalnya... Tapi kalo itu agan udah jago bawa mobil.. Kalo awal-awal ma buat apa nyalip nyalip kan

iya gan ane jlnnya ajak pelan bgt ampe diklaksonin & diketawain kk ane, btw bukannya klo matic dlm keadaan kita gak rem full persneling di D jalan juga iya gan mobil tapi pelan apa belom cukup membantu buat nahan saat tanjakan ?

Quote:Original Posted By andrean88
salahin yg ngajari loe nyetir....
masak masalah kek gini aja gak bisa.

matik: enak kalo jalan di daerah sering macet.
gak enak kalo loe suka ngebut. karna matic nggembott

ngajarin tp anenya blank krn panik gan & belom biasa ngelepas koplingnya

Quote:Original Posted By aresebastian
saat berhenti ditanjakan n mo jalan lg,klo pke manual kaki kanan ijek rem,kakikiri injek kopling,masukin gigi,buka kopling sedikit aj,smpe mobil bergerak pelan kedepan,lepas rem,pindahin kaki kanan ke gas,klo pke rem tangan jg sama caranya.

klo matic ga bakal turun kalo ditanjakan saat pedal rem dibuka.

terakhir,ga usah beli mobil nti tambah macet

hihihi thanks sarannya om

Quote:Original Posted By ud.trubus


boss..mobil matic yang jaman sekarang pas tanjakan ga langsung turun dalam 8-10 detik, jadi mengantisipasi kepanikan orang ditanjakan..aman klo buat tanjakan, kaki juga enak ga pegel pas macet..biaya perawatan relatif sama kaya manual cuma emang agak mahal..
nah cara pakenya jangan injek gas poll gan (kickdown), tar cepet rusak n boross..
Tapii kelemahannya pas jalan cepet n macet, remnya ga bisa mepet2 kaya mobil manual gan, ada jarak pengeremannya...trus pas banjir cilakaaa tuh, ga bisa gas terus klo pas depan ada mobil antri.. klo pas mogok, agan perhatin posisi kunci persenelengnya yah klo ga tar rusak gear nya.. trus mobil ga bisa sembarangan modif mesin, tar komputernya rusak..

klo mobil manual enak diajak ngebut, berasa sentakan gas n tarikannya..trus bisa diatur antara "gigi", RPM, n gas nya.. pas banjir relatif aman selama ga gila2an tingginya emoticon-Ngakak biaya perawatan murah, tapi inget bawanya juga jangan gila2an..ganti gigi RPM 2500-3000 aja gan..trus enak nih di modif2 klo mobil manual..

nah skill tanjakan buat mobil manual ada 2 sih klo ane biasa bawa:
1. klo tanjakan/macet nanggung, injek kopling setengah n pas mau maju injek gas sambil angkat kopling (agak boros kopling klo tipe ini)

2. pas tanjakan berenti, injek rem kaki full trus tarik rem tangan (INGET PENCET TOMBOL UJUNG REM TANGAN sambil tarik ke posisi paling mentok klo tanjakan curam, jangan kaya mobil2 angkot yang langsung tarik krek kreeekk kreeek..rusak tar gerigi handle rem tangannya gan...) trus netralin perseneling trus klo dah maju, injek rem kaki full sambil injek kopling n masukin gigi 1, trus mulai perlahan turunin rem tangan sambil imbangin gas n kopling) ====> cara ke 2 paling efektif n enak kaki ga capek gan..

klo mobil matic ane biasa bawa ford new focus sedan mobil keluarga..
klo manual mobil pribadi jazz idsi, kia picanto, innova, sama mobil2 pickup buat angkut barang


just share ajah gan...pasti banyak agan2 yang jago nyetir disini bisa berbagi ilmu lainnya.. emoticon-I Love Kaskus (S)

oh yah klo agan butuh lampu LED ane jual lohh (iklannnn emoticon-Ngakak)
http://www.kaskus.co.id/post/52500e1...cb17a11f000002


thanks infonya bro,gak bs mepet gmn mksdnya bro ? harus diteken full gitu tapi apa gak jatohnya kaya rem mendadak, oiya mau nanya klo pindah persneling di matic harus teken rem full apa bs dalam keadaan jalan tp gak gak ditekan ?
kalo ditanjakannya macet / maju dikit2 / agak lama, sebaiknya gigi netral dan pake rem tangan, kalo mau jalan tekan kopling masuk gigi 1 injak gas perlahan [feeling aja sih sebenernya] sampe sekira kalo rem tangan dilepas mobil kagak mundur.

ane dulu pas awal2 hampir nabrak bajay di tanjakan tebet barat emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By chamleo
kalo ditanjakannya macet / maju dikit2 / agak lama, sebaiknya gigi netral dan pake rem tangan, kalo mau jalan tekan kopling masuk gigi 1 injak gas perlahan [feeling aja sih sebenernya] sampe sekira kalo rem tangan dilepas mobil kagak mundur.

ane dulu pas awal2 hampir nabrak bajay di tanjakan tebet barat emoticon-Ngakak


Iya gan kata bokap sih itu wajar sampe dpt feelingnya sndiri tp ane msh rada takut
Iya gan matic emank kl persneling di D lepas rem lepas gan bs ngeluncur sendiri ampe speed kr2 10km/jam.. Mknya biar jalan datar kl posisi gear gak di P jgn sekali2 lepasin rem. Tapi kl jalannya datar... Kl di tanjakan gak bakal kuat dy kalo ga diinjek gasnya...
emoticon-Ngakak jadi inget waktu dlu ane prtama blajar mobil gan pas tanjakan panik stgh mampus tapi ane paksain buat nyantai lama2 terbiasa kok gan
asal pinter2 maen rem tangan aja kalo d tanjakan gan
Quote:Original Posted By irrational
Iya gan matic emank kl persneling di D lepas rem lepas gan bs ngeluncur sendiri ampe speed kr2 10km/jam.. Mknya biar jalan datar kl posisi gear gak di P jgn sekali2 lepasin rem. Tapi kl jalannya datar... Kl di tanjakan gak bakal kuat dy kalo ga diinjek gasnya...


Klo tanjakan biasanya pindahin persneling ke L/1 atau tetep di D gan ? Oiya mau nanya klo pindah persneling di matic harus injek rem dikit baru pindahin atau bs sambil injek gas ?
Quote:Original Posted By leonardfresly

thanks infonya bro,gak bs mepet gmn mksdnya bro ? harus diteken full gitu tapi apa gak jatohnya kaya rem mendadak, oiya mau nanya klo pindah persneling di matic harus teken rem full apa bs dalam keadaan jalan tp gak gak ditekan ?


klo mobil manual, klo lagi macet ato ngebut bisa berenti cepet karena bisa ada bantuan engine break dari gigi 5 bisa langsung ke tahan di gigi 3, nah klo matic ga ada, langsung injek rem kaki full aja suka meluncur beberapa puluh cm klo kenceng..klo di ford yg baru bisa rem full tapi klo didepan kita ada benda (ada sensor autobrake).. iyah rem nya jadi rem mendadak n ga enak buat penumpang..
klo mau idupin mobil matic musti injek rem full gan baru pencet tombol start/stop..
dalam keadaan jalan bisa kok dari D1-D2-S (klo di ford ane D sama S aja) langsung ganti mode aja gpp, tapi perlu pencet lock nya di perseneling.. dan perhatikan juga batasan RPM nya gan, klo RMP rendah ya ga pake S, ga ada tarikan.. klo jalan pelan sehari2 pake mode D aja, klo ngebut dah diatas RPM 3500 pake mode S...
main rem tangan aja gan.. kalo main matic nanti kaki lo pincang gan.. hahahahahammm. mending ente belajar tuh manual..
kalo ditanjakkan sebelum jalan injek full rem ato rem tangan buat nahan ga mundur.
pas mo jalanin (biar ga mundur dan mati mainnya walaupun seterjal apapaun tanjakannya) lepas kopling dulu tanpa lepas rem ampe rpm aga drop dikit lalu bantu gas deh sambil lepas rem.
thats it.
namun hal ini alangkah baiknya diasah terus dilokasi tanjakkan sepi dan didampingi oleh instruktur berpengalaman.
kalo sudah terlatih tinggal asah terus feelingnya biar ġǎ panik.

seterjal apapun tanjakannya dengan cara ini dah teruji solved.
gigi satu lebih baik.

keep on safety Ъяσ°
sumber:
Lebak Safety Driving Course
belajar manual lagi, pas tanjakan coba tarik rem tangan dulu, klo matic, susah buat pindah ke manual lagi, kl ud bs manual, matic gampangemoticon-Kiss