alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/524fca72148b464013000003/jadilah-legenda-indonesia
Jadilah Legenda Indonesia!
Jadilah Legenda Indonesia!Jadilah Legenda Indonesia!Jadilah Legenda Indonesia!

emoticon-I Love Indonesia Jadilah Legenda Indonesia emoticon-I Love Indonesia

Kalo ngobrolin sejarah, kebudayaan, keindahan, dan keunikan di Indonesia emang gak bakal ada habis nya, ane buat thread ini mau ngangkat seputar Indonesia gan, dan ane juga gak berharap cendol dan rating nya ya yang mau ngasih ane berterima kasih, yang nggak juga gak apa apa.. soalnya ane cuma mau ngeramein Oktober aja emoticon-I Love Kaskus (S), yuk mari disimak! emoticon-Ngacir

Sambil nyimak, play dulu gan lagu dari sebuah band yang berasal dari Bali.. Superman Is dead - Jadilah Legenda

youtube-thumbnail


Dimulai dari Dongeng yang terpopuler ya gan emoticon-Embarrassment

Quote:Quote:Bawang Merah dan Bawang Putih emoticon-I Love Indonesia (S)
Spoiler for Bawang Merah dan Putih:


Quote:Keong Mas emoticon-I Love Indonesia (S)
Spoiler for Keong Mas:


Quote:Timun Mas emoticon-I Love Indonesia (S)
Spoiler for Timun Mas:


Quote:Sangkuriang emoticon-I Love Indonesia (S)
Spoiler for Sangkuriang:


Quote:Malin Kundang emoticon-I Love Indonesia (S)
Spoiler for Malin Kundang:


Sumber | KapanLagi[dot]com


Kebudayaan

Quote:Upacara Ngaben dari Bali emoticon-I Love Indonesia (S)
Jadilah Legenda Indonesia!

Ngaben adalah upacara penyucian atma (roh) fase pertama sbg kewajiban suci umat Hindu Bali terhadap leluhurnya dengan melakukan prosesi pembakaran jenazah. Seperti yg tulis di artikel ttg pitra yadnya, badan manusia terdiri dari badan kasar, badan halus dan karma. Badan kasar manusia dibentuk dari 5 unsur yg disebut Panca Maha Bhuta yaitu pertiwi (zat padat), apah (zat cair), teja (zat panas) bayu (angin) dan akasa (ruang hampa). Kelima unsur ini menyatu membentuk fisik manusia dan digerakan oleh atma (roh). Ketika manusia meninggal yg mati adalah badan kasar saja, atma-nya tidak. Nah ngaben adalah proses penyucian atma/roh saat meninggalkan badan kasar.


Quote:Upacara Kasada dari Jawa Timur emoticon-I Love Indonesia (S)
Jadilah Legenda Indonesia!

Sejak Jaman Majapahit konon wilayah yang mereka huni adalah tempat suci, karena mereka dianggap abdi – abdi kerajaan Majapahit. Sampai saat ini mereka masih menganut agama hindu, Setahun sekali masyarakat tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada. Upacara ini berlokasi disebuah pura yang berada dibawah kaki gunung bromo. Dan setelah itu dilanjutkan kepuncak gunung Bromo. Upacara dilakukan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama dibulan Kasodo menurut penanggalan Jawa.


Quote:Upacara Grebeg Suro dari Yogyakarta emoticon-I Love Indonesia (S)
Jadilah Legenda Indonesia!

Upacara Adat Grebeg Keraton Yogyakarta merupakan upacara adat yang diadakan sebagai kewajiban sultan untuk menyebarkan dan melindungi agama Islam. Upacara yang lebih dikenal dengan nama grebeg ini pertama kali diadakan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I (1755—1792).
Grebeg suro disebut juga dengan kirab pusaka. Kirab pusaka adalah upacara adat yang dilaksanakan oleh keraton Kasunanan Surakarta, yang merupakan cabang budaya berupa tatacara keraton. Upacara grebeg suro tidak hanya sebagai sarana memanjatkan doa dan mencari berkah saja tetapi juga sebagai bentuk penyampaian nilai moral kepada masyarakat disekitarnya.


Quote:Upacara Kenduren dari Jawa Tengah emoticon-I Love Indonesia (S)
Jadilah Legenda Indonesia!

Kenduren/ selametan adalah tradisi yang sudaah turun temurun dari jaman dahulu, yaitu doa bersama yang di hadiri para tetangga dan di pimpin oleh pemuka adat atau yang di tuakan di setiap lingkungan, dan yang di sajikan berupa Tumpeng, lengkap dengan lauk pauknya. Tumpeng dan lauknya nantinya di bagi bagikan kepada yang hadir yang di sebut Carikan ada juga yang menyebut dengan Berkat.
Tujuan dari kenduren itu sendiri adalah meminta selamat buat yang di doakan, dan keluarganya,kenduren itu sendiri bermacam macam jenisnya


Quote:Upacara Lompat Batu Nias emoticon-I Love Indonesia (S)
Jadilah Legenda Indonesia!

Lompat batu (hombo batu) merupakan tradisi yang sangat populer pada masyarakat Nias di Kabupaten Nias Selatan. Tradisi ini telah dilakukan sejak lama dan diwariskan turun temurun oleh masyarakat di Desa Bawo Mataluo (Bukit Matahari). Tradisi lompat batu sudah dilakukan sejak jaman para leluhur ,di mana pada jaman dahulu mereka sering berperang antar suku sehingga mereka melatih diri mereka agar kuat dan mampu menembus benteng lawan yang konon cukup tinggi untuk dilompati.
Seiring berkembangnya jaman, tradisi ini turut berubah fungsinya. Karena jaman sekarang mereka sudah tidak berperang lagi maka tradisi lompat batu digunakan bukan untuk perang lagi melainkan untuk ritual dan juga sebagai simbol budaya orang Nias. Tradisi lompat batu adalah ritus budaya untuk menentukan apakah seorang pemuda di Desa Bawo Mataluo dapat diakui sebagai pemuda yang telah dewasa atau belum. Para pemuda itu akan diakui sebagai lelaki pemberani apabila dapat melompati sebuah tumpukan batu yang dibuat sedemikian rupa yang tingginya lebih dari dua meter.


Quote:Upacara Tabuik dari Sumatera Barat emoticon-I Love Indonesia (S)Jadilah Legenda Indonesia!

Berasal dari kata ‘tabut’, dari bahasa Arab yang berarti mengarak, upacara Tabuik merupakan sebuah tradisi masyarakat di pantai barat, Sumatera Barat, yang diselenggarakan secara turun menurun. Upacara ini digelar di hari Asura yang jatuh pada tanggal 10 Muharram, dalam kalender Islam. Pada hari yang telah ditentukan, sejak pukul 06.00, seluruh peserta dan kelengkapan upacara bersiap di alun-alun kota.Para pejabat pemerintahan pun turut hadir dalam pelaksanaan upacara paling kolosal di Sumatera Barat ini.
Satu Tabuik diangkat oleh para pemikul yang jumlahnya mencapai 40 orang. Di belakang Tabuik, rombongan orang berbusana tradisional yang membawa alat musik perkusi berupa aneka gendang, turut mengisi barisan. Sesekali arak-arakan berhenti dan puluhan orang yang memainkan silat khas Minang mulai beraksi sambil diiringi tetabuhan.
Saat matahari terbenam, arak-arakan pun berakhir. Kedua Tabuik dibawa ke pantai dan selanjutnya dilarung ke laut. Hal ini dilakukan karena ada kepercayaan bahwa dibuangnya Tabuik ini ke laut, dapat membuang sial. Di samping itu, momen ini juga dipercaya sebagai waktunya Buraq terbang ke langit, dengan membawa segala jenis arakannya.


Quote:Upacara Pasola dari Sumba emoticon-I Love Indonesia (S)
Jadilah Legenda Indonesia!

Pasola adalah bagian dari serangkaian upacara tradisionil yang dilakukan oleh orang Sumba. Setiap tahun pada bulan Februari atau Maret serangkaian upacara adat dilakukan dalam rangka memohon restu para dewa agar supaya panen tahun tersebut berhasil dengan baik. Puncak dari serangkaian upacara adat yang dilakukan beberapa hari sebelumnya adalah apa yang disebut pasola. Pasola adalah ‘perang-perangan’ yang dilakukan oleh dua kelompok berkuda. Setiap kelompok teridiri atas lebih dari 100 pemuda bersenjakan tombak yang dibuat dari kayu berdiameter kira-kira1,5 cm yang ujungnya dibiarkan tumpul.


Quote:Upacara Tingkeban dari Jawa emoticon-I Love Indonesia (S)
Jadilah Legenda Indonesia!

Upacara Tingkeban adalah salah satu tradisi masyarakat Jawa, upacara ini disebut juga mitoni berasal dari kata pitu yang arti nya tujuh, upacara ini dilaksanakan pada usia kehamilan tujuh bulan dan pada kehamilan pertama kali. Upacara ini bermakna bahwa pendidikan bukan saja setelah dewasa akan tetapi semenjak benih tertanam di dalam rahim ibu. Dalam upacara ini sang ibu yang sedang hamil di mandikan dengan air kembang setaman dan di sertai doa yang bertujuan untuk memohon kepada Tuhan YME agar selalu diberikan rahmat dan berkah sehingga bayi yang akan dilahirkan selamat dan sehat.


Quote:Upacara Mapasila Tedong (Adu Kerbau) dari Toraja emoticon-I Love Indonesia (S)Jadilah Legenda Indonesia!

Salah satu budaya yang menarik dari Tana Toraja adalah adat Mapasilaga Tedong atau adu kerbau. Kerbau yang diadu di sini bukanlah kerbau sembarangan. Biasanya, kerbau bule (Tedong Bunga) atau kerbau albino yang menjadi kerbau aduan. Kerbau yang termasuk kelompok kerbau lumpur (Bubalus bubalis) tersebut merupakan spesies kerbau yang hanya ditemukan di Tana Toraja. Selain itu, ada juga kerbau Salepo yang memiliki bercak-bercak hitam di punggung dan Lontong Boke yang berpunggung hitam. Jenis kerbau terakhir ini adalah yang paling mahal dengan bandrol mencapai ratusan juta rupiah. Kerbau jantan yang sudah dikebiri juga bisa diikutsertakan dalam Mapasilaga Tedong ini.

Sebelum upacara adat berlangsung, puluhan kerbau yang akan diadu dibariskan di lokasi upacara. Kerbau-kerbau tersebut kemudian diarak dengan didahului oleh tim pengusung gong, pembawa umbul-umbul, dan sejumlah wanita dari keluarga yang berduka ke lapangan yang berlokasi di rante (pemakaman). Saat barisan kerbau meninggalkan lokasi, musik pengiring akan dimainkan. Irama musik tradisional tersebut berasal dari sejumlah wanita yang menumbuk padi pada lesung secara bergantian.
Kerbau adalah hewan yang dianggap suci oleh suku Toraja. Kegiatan budaya ini biasanya ditampilkan saat Upacara Adat Rambu Solo, upacara pemakaman leluhur yang telah meninggal beberapa tahun sebelumnya.


Mungkin segitu aja dari ane buat Upacara Adat di Indonesia, kalau ada yang nambahin silahkan emoticon-Embarrassment yuk setelah melihat lihat upacara adat, kita beralih ke kesenian musik di Indonesia emoticon-Ngacir

Indonesia adalah negara kesatuan, terdiri dari beribu – ribu pulau yang disatukan oleh lautan, setiap wilayah memiliki budaya serta alat musik tradisional masing – masing. Sebagai warga negara indonesia yang baik kita wajib menjaga keutuhan bangsa indonesia dari berbagai aspek termasuk alat musik tradisional yang kita miliki. emoticon-Kaskus Radio

Quote:Angklung emoticon-I Love Indonesia (S)
Jadilah Legenda Indonesia!

Alat musik yang berkembang di daerah jawa barat ini terbuat dari bambu dan dibunyikan dengan cara di goyangkan, suara dari alat ini sangat merdu dan Angklung biasanya dimainkan dalam tim/ sebuah kelompok.


Quote:Kacapi emoticon-I Love Indonesia (S)Jadilah Legenda Indonesia!

Kacapi merupakan alat petik asli Indonesia yang serumpun dengan alat petik serupa yang terdapat di Asia tenggara dan Asia Timur (Thai, Birma, Vietnam, Cina, Korea dan Jepang.
Kacapi sunda, bentuk dan teknik memetiknya lebih berkembang dan sudah maju bila dibandingkan dengan alat-alat petik lainnya yang terdapat pada suku-suku lain di Indonesia, bahkan sekarang dengan adanya kemajuan teknologi, maka dibuatlah kacapi elektronik (kacapi yang diperkeras bunyinya dengan menggunakan arus listrik)


Quote:Gamelan emoticon-I Love Indonesia (S)
Jadilah Legenda Indonesia!

Sebagai warga indonesia pasti tidak asing lagi dengan alat musik tradisional yang satu ini, alat musik ini berasal dari daerah jawa dan biasa dimainkan di Bali, alat musik ini dimainkan dengan cara di tabuh/dipukul dan sampai saat ini masyarakat jawa masih menggunakan alat musik ini sebagai pengiring tari, acara – acara sakral keraton dll.


Quote: Calung emoticon-I Love Indonesia (S)
Jadilah Legenda Indonesia!

Jika dilihat dari bentuk nya, Calung dengan Angklung sangat mirip dan banyak masyarakat yang menyemakan kedua alat musik ini, tapi walaupun sama dalam hal bentuk namun Calung berbeda dengan Angklung, Angklung yang cara memainkannya dengan cara menggoyangkan-nya, tetapi Calung ditabuh/ dipukul.


Quote:Kolintang emoticon-I Love Indonesia (S)
Jadilah Legenda Indonesia!

Alat musik Kolintang merupakan alat musik asli daerah Minahasa Sulawesi Utara. Nama kolintang menurut masyarakat Minahasa berasal dari suaranya: tong (nada rendah), ting (nada tinggi) dan tang (nada biasa). Dalam bahasa daerah setempat berarti, ajakan “Mari kita lakukan TONG TING TANG” adalah: ” Mangemo kumolintang”. Ajakan tersebut akhirnya berubah menjadi kata kolintang agar mudah dilafal oleh masyarakat.


Quote:Saluang emoticon-I Love Indonesia (S)
Jadilah Legenda Indonesia!

Alat musik Saluang merupakan alat musik tradisional masyarakat Minangkabau Sumatera Barat. Alat musik tersebut merupakan alat musik tiup yang serupa dengan alat musik seruling, namun pembuatannya lebih sederhana yaitu dengan melubangi bambu tipis atau yang biasa disebut oleh masyarakat Minang dengan talang sebanyak 4 lubang.


Quote:Talempong emoticon-I Love Indonesia (S)
Jadilah Legenda Indonesia!

Talempong adalah sebuah alat musik pukul tradisional khas suku minangkabau. Bentuknya hampir sama dengan instrumen bonang dalam perangkat gamelan. Talempong dapat terbuat dari kuningan, namun ada pula yang terbuat dari kayu dan batu. Saat ini talempong dari jenis kuningan lebih banyak digunakan.

Talempong berbentuk lingkaran dengan diameter 15 sampai 17,5 sentimeter, pada bagian bawahnya berlubang sedangkan pada bagian atasnya terdapat bundaran yang menonjol berdiameter lima sentimeter sebagai tempat untuk dipukul. Talempong memiliki nada yang berbeda-beda. Bunyinya dihasilkan dari sepasang kayu yang dipukulkan pada permukaannya.


Quote:Triton emoticon-I Love Indonesia (S)Jadilah Legenda Indonesia!

Triton adalah alat musik tradisional masyarakat Papua. Triton dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini terdapat di seluruh pantai, terutama di daerah Biak, Yapen, Waropen, Nabire, Wondama, serta kepulauan Raja Amat. Awalnya, alat ini hanya digunakan untuk sarana komunikasi atau sebagai alat panggil/ pemberi tanda. Selanjutnya, alat ini juga digunakan sebagai sarana hiburan dan alat musik tradisional.
SUMBER

LANJUT DIBAWAH YA GAN emoticon-Smilie
Mungkin segitu aja ya gan buat alat musik tradisional khas Indonesia nya emoticon-Embarrassment yang mau nambahin silahkan emoticon-Cendol (S)

Setelah alat musik tradisional, kita lanjut ke musik indonesia yang melegenda yuk! emoticon-Ngacir

Quote:Badai Pasti Berlalu - Berlian Hutauruk (1977) emoticon-I Love Indonesia (S)

youtube-thumbnail


Quote:Berita Kepada Kawan - Ebiet G. Ade (1979) emoticon-I Love Indonesia (S)

youtube-thumbnail


Quote:Oemar Bakrie - Iwan Fals (1981) emoticon-I Love Indonesia (S)

youtube-thumbnail


Quote:Bento - Swami (1989) emoticon-I Love Indonesia (S)

youtube-thumbnail


Quote:Kompor Mleduk - Benyamin S (1970) emoticon-I Love Indonesia (S)

youtube-thumbnail


Quote:Kolam Susu - Koes Plus (1973) emoticon-I Love Indonesia (S)

youtube-thumbnail


Quote:Begadang - Rhoma Irama (1974) emoticon-I Love Indonesia (S)

youtube-thumbnail


Quote:Biarlah Bulan Bicara Sendiri - Broery Marantika emoticon-I Love Indonesia (S)

youtube-thumbnail


Quote:Kisah Kasih di Sekolah - Chrisye emoticon-I Love Indonesia (S)

youtube-thumbnail

Lagu lagu diatas udah dipilih pilih sama TS, kalo mau lihat selengkapnya cek SUMBER
ciee pada nostalgia ya gan emoticon-Embarrassment walaupun ane masih pelajar, tapi lagunya nyess banget gan, terasa tempo doeloe nya emoticon-Big Grin

lanjut gan.... kita ngomongin kesenian di Indonesia yuk emoticon-Ngacir


Quote:Wayang emoticon-I Love Indonesia (S)
Jadilah Legenda Indonesia!

Wayang adalah seni pertunjukkan asli Indonesia yang berkembang pesat di Pulau Jawa dan Bali. Selain itu beberapa daerah seperti Sumatera dan Semenanjung Malaya juga memiliki beberapa budaya wayang yang terpengaruh oleh kebudayaan Jawa dan Hindu.

UNESCO, lembaga yang membawahi kebudayaan dari PBB, pada 7 November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukkan bayangan boneka tersohor dari Indonesia, sebuah warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur

Daftar Tokoh Wayang


Quote:Batik emoticon-I Love Indonesia (S)
Jadilah Legenda Indonesia!

Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi

Yuk baca baca selengkapnya tentang Batik :)


duuuh, ane jadi bingung pengen ngepost apaan lagi emoticon-Bingung (S) terlalu banyak sih memang kesenian khas Indonesia emoticon-I Love Indonesia (S) sampe sampe ane bingung apaan lagi yang harus dishare emoticon-Thinking mungkin ada yang bisa bantu nambahin nih emoticon-Malu

Yaudah kita ke tokoh tokoh top legendaris aja yuk gan! emoticon-Ngacir


Quote:Walisongo emoticon-I Love Indonesia (S)
Jadilah Legenda Indonesia!

Walisongo atau Walisanga dikenal sebagai penyebar agama Islam di tanah Jawa pada abad ke 14. Mereka tinggal di tiga wilayah penting pantai utara Pulau Jawa, yaitu Surabaya-Gresik-Lamongan di Jawa Timur, Demak-Kudus-Muria di Jawa Tengah, dan Cirebon di Jawa Barat.

Wali Songo terdiri dari ;
Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)
Sunan Ampel (Raden Rahmat)
Sunan Bonang (Makhdum Ibrahim)
Sunan Drajat
Sunan Kudus
Sunan Giri
Sunan Kalijaga
Sunan Muria (Raden Umar Said)
Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah)

Mereka adalah simbol penyebaran Islam di Indonesia, khususnya di Jawa. Tentu banyak tokoh lain yang juga berperan. Namun peranan mereka yang sangat besar dalam mendirikan Kerajaan Islam di Jawa, juga pengaruhnya terhadap kebudayaan masyarakat secara luas serta dakwah secara langsung, membuat para Walisongo ini lebih banyak disebut dibanding yang lain.

emoticon-No Sara Please


Quote:Ir. Koesno Sosrodihardjo (Soekarno) emoticon-I Love Indonesia (S)
Jadilah Legenda Indonesia!
sebagai warga negara Indonesia, siapa sih yang gak kenal doi?

Dr.(HC) Ir. Soekarno (ER, EYD: Sukarno, nama lahir: Koesno Sosrodihardjo) lahir di Surabaya, Jawa Timur, 6 Juni 1901 – meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970 pada umur 69 tahun) adalah Presiden Indonesia pertama yang menjabat pada periode 1945–1966. Ia memainkan peranan penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia (bersama dengan Mohammad Hatta) yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945. Soekarno adalah yang pertama kali mencetuskan konsep mengenai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dan ia sendiri yang menamainya.

Tanggal Lahir : Kamis, 6 Juni 1901
Warga Negara : Indonesia
Ayah : Raden Soekemi Sosrodihardjo
Anak : Megawati Soekarnoputri, Mohammad Guruh Irianto Soekarnoputra, Guntur Soekarnoputra, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, Taufan Soekarnoputra , Bayu Soekarnoputra, Totok Suryawan, Kartika Sari Dewi Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri
Ibu : Ida Ayu Nyoman Rai
Istri : Oetari, Inggit Garnasih, Fatmawati, Kartini Manoppo, Ratna Sari Dewi, Haryati, Yurike Sanger, Heldy Djafar, Fatmawati Soekarno


Quote:Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) emoticon-I Love Indonesia (S)
Jadilah Legenda Indonesia!

Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie atau dikenal sebagai BJ Habibie (73 tahun) merupakan pria Pare-Pare (Sulawesi Selatan) kelahiran 25 Juni 1936. Habibie menjadi Presiden ke-3 Indonesia selama 1.4 tahun dan 2 bulan menjadi Wakil Presiden RI ke-7. Habibie merupakan keturunan antara orang Jawa (ibunya) dengan orang Makasar/Pare-Pare (ayahnya).
Dimasa kecil, Habibie telah menunjukkan kecerdasan dan semangat tinggi pada ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya Fisika. Selama enam bulan, ia kuliah di Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB), dan dilanjutkan ke Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule – Jerman pada 1955. Dengan dibiayai oleh ibunya, R.A. Tuti Marini Puspowardoyo, Habibie muda menghabiskan 10 tahun untuk menyelesaikan studi S-1 hingga S-3 di Aachen-Jerman.

Selama menjadi mahasiswa tingkat doktoral, BJ Habibie sudah mulai bekerja untuk menghidupi keluarganya dan biaya studinya. Setelah lulus, BJ Habibie bekerja di Messerschmitt-Bölkow-Blohm atau MBB Hamburg (1965-1969 sebagai Kepala Penelitian dan Pengembangan pada Analisis Struktrur Pesawat Terbang, dan kemudian menjabat Kepala Divisi Metode dan Teknologi pada industri pesawat terbang komersial dan militer di MBB (1969-1973).

Tempat Lahir : Pare-Pare
Tanggal Lahir : Kamis, 25 Juni 1936
Hobby : Membaca
Warga Negara : Indonesia
Istri : Hasri Ainun Besari


Mungkin segitu dulu gan dari ane, suatu waktu bakal ane update kok jadi subscribe dulu ya... emoticon-thumbsup
Keren. Ane bakal simpan trit ini di hati emoticon-Shakehand2
musik yang melegenda mana ganemoticon-Matabelo
wow emoticon-Belo legenda banget ini sih gan emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By j6bountyhunter
musik yang melegenda mana ganemoticon-Matabelo


udah update tuh gan, tapi masih dalam tahap proses ya yang lainya emoticon-Big Grin
sepi banget emoticon-Frown

sundul dah... emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S)
bantu sundul juga emoticon-Sundul emoticon-Sundul
nice info x gan emoticon-Cool
ane sampe emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By kateliciious
Mungkin segitu aja ya gan buat alat musik tradisional khas Indonesia nya emoticon-Embarrassment yang mau nambahin silahkan emoticon-Cendol (S)

Setelah alat musik tradisional, kita lanjut ke musik indonesia yang melegenda yuk! emoticon-Ngacir



















ciee pada nostalgia ya gan emoticon-Embarrassment walaupun ane masih pelajar, tapi lagunya nyess banget gan, terasa tempo doeloe nya emoticon-Big Grin

lanjut gan.... kita ngomongin kesenian di Indonesia yuk emoticon-Ngacir






duuuh, ane jadi bingung pengen ngepost apaan lagi emoticon-Bingung (S) terlalu banyak sih memang kesenian khas Indonesia emoticon-I Love Indonesia (S) sampe sampe ane bingung apaan lagi yang harus dishare emoticon-Thinking mungkin ada yang bisa bantu nambahin nih emoticon-Malu

Yaudah kita ke tokoh tokoh top legendaris aja yuk gan! emoticon-Ngacir








Mungkin segitu dulu gan dari ane, suatu waktu bakal ane update kok jadi subscribe dulu ya... emoticon-thumbsup


Quote:Original Posted By echonvalivers
nice info x gan emoticon-Cool


iya gan emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By punished2012
ane sampe emoticon-Matabelo





sampe belo maksudnya gan? emoticon-Bingung (S)
emoticon-Matabelo lajutkan perjuanganya gan.. di tunggu updatenya.

emoticon-2 Jempol
mantap dah legenda indonesia
ane suka dongeng keong mas dlu hahaha emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By minyaxs
emoticon-Matabelo lajutkan perjuanganya gan.. di tunggu updatenya.

emoticon-2 Jempol


iya gan, tunggu ya emoticon-Angkat Beer
rate 5 dulu dooong emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By tokokalimalang
mantap dah legenda indonesia


rating pol nya mana dong kalo mantap? emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By shiraisiso
ane suka dongeng keong mas dlu hahaha emoticon-Ngakak


ahahha iya gan populer itu dulu emoticon-Big Grin
sampe sekarang juga banyak tau emoticon-Big Grin
panjang banged thread nya si agan emoticon-Belo
ganbatte emoticon-thumbsup
itu dulu dongeng sering ane baca waktu SD, kira-kira SD sekarang masih gitu juga ga ya? wong jangankan budaya, pancasila aja mau dilupain.. emoticon-Cape d... emoticon-Turut Berduka
Quote:Original Posted By luck1est
panjang banged thread nya si agan emoticon-Belo
ganbatte emoticon-thumbsup


asal bermutu gan emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By guzarmstrong
itu dulu dongeng sering ane baca waktu SD, kira-kira SD sekarang masih gitu juga ga ya? wong jangankan budaya, pancasila aja mau dilupain.. emoticon-Cape d... emoticon-Turut Berduka


yap bener bener, banyak yang cuma asal tau aja, tapi ga dipahami emoticon-Cape d... (S)
semoga ada manusia pilihan untuk membangkitkan nasionalisme di indonesia emoticon-I Love Indonesia (S)
sundul dulu biar maknyoss emoticon-Sundul
angkLung ane waktu keciL dimana ya sekarang ??
emoticon-Sorry

kenang"an banget ituu..