alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/524f9f02f7ca175944000004/ternyata-kandungan-gizi-ikan-bandeng-lebih-tinggi-dari-ikan-salmon-gan
Thumbs up 
Ternyata kandungan Gizi Ikan Bandeng Lebih tinggi dari Ikan Salmon Gan
Ternyata kandungan Gizi Ikan Bandeng Lebih tinggi dari Ikan Salmon Gan
emoticon-Selamat

Spoiler for no repsol:


Quote:Ada fakta menarik yang mulai di ungkap oleh media baik media elektronika maupun media cetak, terkait kandungan ikan salmon dan ikan bandeng.

Spoiler for bandeng vs salmon:


Bandeng (Chanos chanos Forsskål) adalah ikan pangan populer di Asia Tenggara. Ikan ini merupakan satu-satunya spesies yang masih ada dalam familia Chanidae (bersama enam genus tambahan dilaporkan pernah ada namun sudah punah). Dalam bahasa Bugis dan Makassar dikenal sebagai ikan bolu, dan dalam bahasa Inggris : milkfish)

Ikan Bandeng ditengarai memiliki kandungan gizi yang jauh lebih baik dibandingkan ikan Salmon yang mendunia itu. Kandungan Omega-3 ikan Bandeng ternyata enam kali lebih tinggi dibandingkan ikan Salmon. Dan, kandungan lemak ‘sehat’ dalam perut ikan bandeng juga cukup tinggi sehingga bisa menjadi pilihan terbaik ikan konsumsi emoticon-2 Jempol

Sebagaimana kita ketahui selama ini ikan Salmon dianggap memiliki kandung Omega-3 tertinggi. Sebaliknya, ikan Bandeng dianggap sebagai ikan biasa–biasa saja. Tak sehebat ikan Salmon yang begitu banyak diperbincangkan perihal keunggulannya. Akibatnya harga ikan Salmon harganya menjadi sangat mahal (lebih dari Rp. 400.000,- per kilogramnya) dan hanya dijual di supermarket besar dan untuk segmen pasar menengah atas.

Fakta sebaliknya, justru terjadi pada ikan Bandeng. Meskipun potensi gizinya lebih baik dan budidaya produksinya lebih mudah. Ternyata, citra ikan Bandeng justru terpuruk dan berada di bawah. Ikan Bandeng justru dikenal sebagai ikan murahan yang dikesankan sebagai ikan ‘berbahaya’ kalau dimakan karena banyak durinya.

Indonesia sebagai salah satu negara produsen terbesar ikan Bandeng. Selama ini hanya dikenal sebagai eksportir ikan Bandeng untuk umpan pemancingan ikan Tuna yang harganya tentu murah. Tidak lebih dari itu. Mengenaskan memang!


Quote:
FAKTA
Berdasarkan Balai Pengembangan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan (1996), Kandungan omega-3 pada ikan bandeng 14,2% melebihi kandungan omega-3 pada ikan salmon (2,6%), ikan tuna (0,2%) dan ikan sarden/mackerel (3,9%), dengan kandungan protein yang tinggi dari bandeng(20.38%).
Selain itu ikan bandeng juga mengandung asam folat tinggi dan vitamin B 6 dan B 12 yang sangat dibutuhkan oleh janin. Selain itu karena tingginya kandungan omega 3 bandeng, konsumsi rutin ikan bandeng juga sangat efektif untuk mencegah penyakit jantung koroner dan arteriosklerosis


Dengan fakta terbaru ini mulai sekarang hendaklah kita jangan memandang dan menilai sesuatu hanya dari sebelah mata atau hanya karena harga yang murah dan kurang populer sehingga pola pikir kita terbangun hanya dari opini akibat gencarnya propaganda atau promosi.

Quote:
UPDATE
perbedaan kandungan gizi ikan bandeng tanpa presto dengan yg udah di presto
Spoiler for belum di presto:


Spoiler for bandeng presto:


Spoiler for Sumber Informasi Gizi:



Spoiler for dari berbagai sumber:


Quote:jangan lupa emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss


Spoiler for jgn lupa mampir:
reserved for update
emang enak sih ikan bandeng,apalagi yang duri lunak emoticon-Request
ikan bandeng ane kurang suka gan,tapi kalo dibikin durinya lunak + jago masaknya ane suka jg sihemoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By bajiste
emang enak sih ikan bandeng,apalagi yang duri lunak emoticon-Request


Quote:Original Posted By yieLoo
ikan bandeng ane kurang suka gan,tapi kalo dibikin durinya lunak + jago masaknya ane suka jg sihemoticon-Embarrassment


banyak yg ga suka ikan bandeng cuma gara2 durinya gan , tapi sekarang bandeng bisa diolah jadi macem2 misal bandeng duri lunak / presto emoticon-2 Jempol
ane suka bandeng emoticon-Request:
tp yg duri lunak emoticon-Embarrassment
ribet klo banyak durinya emoticon-Embarrassment
Okelahkalobegitu emoticon-army berarti harus diperbanyak makan bandeng dong ya emoticon-Amazed
ane suka bandeng nih..apelagi kl gratisan emoticon-Ngakak
kalo ikan salmon sih ane belom nyobain emoticon-Malu (S)
tapi kalo ikan bandeng sering gan
bandeng enak sih gan, apalagi dipresto emoticon-Big Grin

ane baru tau kalo ikan bandeng kandungan gizinya lebih banyak, padahal lebih mahal salmon emoticon-Big Grin
tapi kenapa cara berpikir orang2 yang makan ikan bandeng beda dengan orang yang makan2 ikan salmon ?? hahuahauahuaaa emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Bandeng tuh enak gan emoticon-Genit

Tapi sayangnya durinya banyak banget..

Kalau dimasak presto, kandungan gizinya bisa banyak yang hilang emoticon-Hammer


Quote:
Originally posted by:
profesor.idiot

males makan bandeng gan, resiko lebih tinggi ..DURI nya beserakan kwkwkw nyangkut dileher dong kwkwkw
Bandeng enakan buat DIPANCING aja gan trus jual
baru tau ane.... coba kalau bandeng populer di luar pasti harganya mahal...
tinggalin jejakk dulu gan.
Quote:Original Posted By dulma
ane suka bandeng emoticon-Request:
tp yg duri lunak emoticon-Embarrassment
ribet klo banyak durinya emoticon-Embarrassment

iya gan, ribet emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By themanlie
Okelahkalobegitu emoticon-army berarti harus diperbanyak makan bandeng dong ya emoticon-Amazed

daripada bli salmon mahal gan emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By somaytop
ane suka bandeng nih..apelagi kl gratisan emoticon-Ngakak

emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By inayram
kalo ikan salmon sih ane belom nyobain emoticon-Malu (S)
tapi kalo ikan bandeng sering gan
bandeng enak sih gan, apalagi dipresto emoticon-Big Grin

ane baru tau kalo ikan bandeng kandungan gizinya lebih banyak, padahal lebih mahal salmon emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By tutz777
tapi kenapa cara berpikir orang2 yang makan ikan bandeng beda dengan orang yang makan2 ikan salmon ?? hahuahauahuaaa emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


itulah Indonesia gan emoticon-Ngakak
bandeng emang enak buat di makan emoticon-Kiss
bandeng ane suka yg duri lunak
kalo makan colekim ke sambal emoticon-Genit
ikan bandeng sebenarnya ane suka cuma kadang males makannya karena durinya suka bikin ribet kalo pas makan, kalo salmon kayanya ane blom pernah coba emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By wakandremedan
males makan bandeng gan, resiko lebih tinggi ..DURI nya beserakan kwkwkw nyangkut dileher dong kwkwkw
Bandeng enakan buat DIPANCING aja gan trus jual


di presto gan..biar ente telen juga g bakal sangkut durinya..emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By wakandremedan
males makan bandeng gan, resiko lebih tinggi ..DURI nya beserakan kwkwkw nyangkut dileher dong kwkwkw
Bandeng enakan buat DIPANCING aja gan trus jual


yang suruh makan sama durinya siapa? emoticon-Ngakak
×