alexa-tracking

[PENTING!] Penggunaan “SubhanaLlah” & “MasyaAllah” yg sering terbalik

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/524f14c5a2cb17641b000000/penting-penggunaan-subhanallah-amp-masyaallah-yg-sering-terbalik
[PENTING!] Penggunaan “SubhanaLlah” & “MasyaAllah” yg sering terbalik
Berikut ini kultweet Ust @salimafillah tentang ”SubhanaLlah” & ”MasyaaLlah”. Saya menambahkan terjemahan Al-Qur’an dari ayat yang disampaikan dalam tweetnya. Semoga Beermanfaat.

Ada 2 yang mengikatnya; tuntunan Quran-Sunnah & kebiasaan dalam Bahasa Arab.

Al Quran menuturkan; SubhanaLlah digunakan dalam mensucikan Allah dari hal yang tak pantas. “Maha Suci Allah dari mempunyai anak, dari apa yang mereka sifatkan, mereka persekutukan, dll.” Ayat-ayat berkomposisi ini sangatlah banyak. Juga, SubhanaLlah digunakan untuk mengungkapkan keberlepasan diri dari hal menjijikkan semacam syirik (QS 34: 40-41), dihinakannya Allah tersebab kita (QS 12: 108) dll.

Quote: “Dan (ingatlah) hari (yang di waktu itu) Allah mengumpulkan mereka semuanya kemudian Allah berfirman kepada malaikat: ”Apakah mereka ini dahulu menyembah kamu?”.Malaikat-malaikatitu menjawab: “Maha Suci Engkau. Engkaulah pelindung kami, bukan mereka: bahkan mereka telah menyembah jin; kebanyakan mereka beriman kepada jin itu”.” (QS 34 Saba’: 40-41)
“Katakanlah: “Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik”.” (QS 12 Yusuf: 108)


Bukankah ada juga pe-Maha Suci-an Allah dalam hal menakjubkan? Uniknya, Al Quran menuturnya dengan kata ganti kedua (QS 3: 191), atau kata ganti ketiga yang tak langsung menyebut asma Allah (QS 17: 1 dll). Sedangkan ia juga terpakai pada; me-Maha Suci-kan Allah dalam menyaksikan bencana & mengakui kezhaliman diri (QS 68: 29), menolak fitnah keji yang menimpa saudara (QS 24: 16). Bagaimana Hadits-nya?

Quote:“(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.”" (QS 3 Ali Imran:109)

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidilharam ke Al Masjidilaksa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (QS 17 Al Israa’: 1)

“Mereka mengucapkan: “Maha Suci Tuhan kami, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang dzalim”.” (QS 68 Al Qalam: 29)

“Dan mengapa kamu tidak berkata, di waktu mendengar berita bohong itu: “Sekali-kali tidaklah pantas bagi kita memperkatakan ini. Maha Suci Engkau (Ya Tuhan kami), ini adalah dusta yang besar.”" (QS 24 An Nuur:16)


“Kami apabila berjalan naik membaca takbir, & apabila berjalan turun membaca tasbih.” (HR Al Bukhari, dari Jabir).

Jadi “SubhanaLlah” dilekatkan dalam makna “turun”, yang kemudian sesuai dengan kebiasaan orang dalam Bahasa Arab

secara umum; yakni menggunakannya tuk mengungkapkan keprihatinan atas suatu hal kurang baik di mana tak pantas

Allah SWT dilekatkan padanya. Adalah Gurunda @kupinang (Moh. Fauzil Adhim) yang pernah memiliki pengalaman memuji seorang Gurunda lain nan asli Arab dengan “SubhanaLlah”, kemudian mendapat jawaban tak dinyana.

“AstaghfiruLlahal ‘Adhim; ‘afwn Ustadz; kalau ada yang bathil dalam diri & ucapan ana; tolong segera Ant luruskan!”, kira-kira demikian.


Bagaiamana simpulannya? Dzikir tasbih secara umum adalah utama, sebab ia dzikir semua makhluq & tertempat di waktu utama pagi & petang. Adapun dalam ucapan sehari-hari, mari membiasakan ia sebagai pe-Maha Suci-an Allah atas hal yang memang tak pantas bagi keagunganNya.
Bagaimana dengan “MasyaaLlah”? QS 18: 39 memberi contoh; ia diucapkan atas kekaguman pada aneka kebaikan melimpah; kebun, anak, harta. Sungguh ini semua terjadi atas kehendak Allah; kebun subur menghijau jelang panen; anak-anak yang ceria menggemaskan, harta yang banyak. Lengkapnya; “MasyaaLlah la quwwata illa biLlah”, kalimat ke-2 menegaskan lagi; tiada kemampuan mewujudkan selain atas pertolongan Allah.

Quote: “Dan mengapa kamu tidak mengucapkan tatkala kamu memasuki kebunmu “MAA SYAA ALLAH, LAA QUWWATA ILLAA BILLAH” (Sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Sekiranya kamu anggap aku lebih sedikit darimu dalam hal harta dan keturunan,” (QS 18 Al Kahfi: 39)

Pun demikian dalam kebiasaan lisan berbahasa Arab; mereka mengucapkan “MasyaaLlah” pada keadaan juga sosok yang kebaikannya mengagumkan. Demikianlah pengalaman menghadiri acara Masyaikh; & membersamai beberapa yang empat ke Jogokariyan; dari Saudi, Kuwait, Syam, & Yaman. Di antara mereka ada yang berkata, “MasyaaLlah” nyaris tanpa henti, kala di Air Terjun Tawangmangu, Bonbin Gembiraloka, & Gunung Merapi.

Simpulannya; “MasyaAllah” adalah ungkapan ketakjuban pada hal-hal yang indah; dan memang hal indah itu dicinta & dikehendaki oleh Allah. Demi ketepatan makna keagunganNya & menghindari kesalahfahaman; mari biasakan mengucap “SubhanaLlah” & ”MasyaAllah” seperti seharusnya.

Membiasakan bertutur sesuai makna pada bahasa asli insyaaLlah lebih tepat & bermakna. Tercontoh; orang Indonesia bisa senyum gembira padahal sedang dimaki. Misalnya dengan kalimat; “Allahu yahdik!”. Arti harfiahnya; ”Semoga Allah memberi hidayah padamu!” Bagus bukan? Tetapi untuk diketahui; makna kiasan dari “Allahu yahdik!” adalah “Dasar gebleg!” ;D Jadi, mari belajar tanpa henti & tak usah memakiemoticon-Wink

ember

==

kesimpulan:

MasyaAllah adalah ungkapan ketakjuban pada hal-hal yang indah; dan memang hal indah itu dicinta & dikehendaki oleh Allah
dan
SubhanAllah digunakan dalam mensucikan Allah dari hal yang tak pantas


oh iya tambahan, tadi ane ngeliat post troll football
isinya gambar ini
Spoiler for :

dan beberapa org muslim menjawab MASHA ALLAH , BUKAN SUBHANALLAH ( maaf gasempet ngasih gbr )


jadi jangan salah lagi gan emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)
( ane udah sering bgt liat agan/wati ngucapin kalimat yg salah, termasuk ane sih ) emoticon-Ngakak (S)

maaf kalau repost emoticon-Blue Repost (kyknya sih repost soale ane pernah baca jg, pengen nyundul trit doi tapi ane cari ngga ada emoticon-Bingung (S))

walaupun cuma copas dan dimodifikasi dikit, tapi boleh dong gan ijo-ijo nya emoticon-Kiss (S)
asdasd
mari kita biasakan...

emoticon-Kiss
Quote:Original Posted By cimi.cimi
mari kita biasakan...

emoticon-Kiss (S)


yepp
sepi amed emoticon-Sundul Gan (S)
nice info gan emoticon-Smilie
ternyata pemahaman ane salah
Quote:Original Posted By ma.fauzie
ternyata pemahaman ane salah


ane jg dah emoticon-Ngakak (S)
harus lebih memerhatikanlagi nih gan. takut salah paham
Ane sering kebalik berarti gan emoticon-Hammer2

Regards,
bentobagaskara. emoticon-Paw
nice share gan semoga bermanfaat untuk kita semua
Quote:Original Posted By TonyDoank
harus lebih memerhatikanlagi nih gan. takut salah paham

iya, harus diperhatikan gan
Quote:Original Posted By todalife
nice share gan semoga bermanfaat untuk kita semua

rate 5 dong gan, kalau bermanfaat
Masya Allah.. terimakasih sudah diingatkan gan emoticon-Smilie

soalnya ane sering kebalik emoticon-Hammer
ane pas kmaren ke dubai ada cewe cakep ane bilang subhanallah. temen ane dr oman langsung mandang ane dengan tatapan aneeeehh bgt. dy tanya kenapa bilang subhanallah, ya ane jawab soalnya buat ngagumin hal2 indah gt. eh ternyata keliru haha
Quote:Original Posted By NyamnyuL
ane pas kmaren ke dubai ada cewe cakep ane bilang subhanallah. temen ane dr oman langsung mandang ane dengan tatapan aneeeehh bgt. dy tanya kenapa bilang subhanallah, ya ane jawab soalnya buat ngagumin hal2 indah gt. eh ternyata keliru haha


ke dubai ? yg boneng gan ? emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By iPodSpark
Masya Allah.. terimakasih sudah diingatkan gan emoticon-Smilie

soalnya ane sering kebalik emoticon-Hammer


sama2 emoticon-Malu (S)
emoticon-Sundul Gan (S)
Quote:Original Posted By TonyDoank
harus lebih memerhatikanlagi nih gan. takut salah paham


iya gan, ternyata banyak yg salah kaprah. emoticon-Cape d... (S)
mudah2n ga salah lagi untuk kedepannya. amin


=====================
>> internet cepat harga bersahabat, FIRST MEDIA
oh ternyata gitu ya gan. baru tau ane.
wah kalo gitu hampir seluruh masyarakat indonesia salah kaprah...
soalnya biasanya kalo liat yang mengagumkan atau yang sangat indah orang2 pada ngucap "subhanallah.."
dan kalo liat hal yang buruk / kelewatan berucap "masyaallah.." atau "naudzubillah.."

misal ane kalo baca2 di fb, ada cerita yg mengagumkan, misal tentang sahabat2 nabi.. ato cerita tentang kebesaran2 Allah, komen2nya malah pada "subhanallah" semua... emoticon-Cape d...
Good info gan, byk yg salah kaprah pd artian nya
td ane perasaan udah komen trit beginian . .

rada beda sih, tp isinya ya sama emoticon-Big Grin wong jdulnya sma emoticon-Big Grin