alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/524d199ff8ca17b95e00000a/tips-meningkatkan-kapabilitas-dan-keahlian-seorang-pns
Tips Meningkatkan Kapabilitas dan Keahlian Seorang PNS
Dalam rangka mewujudkan sistem pemerintahan yang bersih dan berwibawa serta pelayanan publik yang baik, efisien, efektif dan berkualitas tentunya perlu didukung adanya Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur khususnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang profesional, bertanggungjawab, adil, jujur dan kompeten dalam bidangnya. Dengan kata lain, PNS dalam menjalankan tugas tentunya harus berdasarkan pada profesionalisme dan kompetensi sesuai kualifikasi bidang ilmu yang dimilikinya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, mengatakan bahwa dari 4,7 juta Pegawai Negeri Sipil (PNS), sebanyak 95% PNS tidak kompeten, dan hanya 5% yang memiliki kompetensi dalam pekerjaannya. Pernyataan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ini merupakan salah satu bahan introspeksi diri untuk memperbaiki dan meningkatkan kompetensi bagi kalangan PNS, karena PNS berkedudukan sebagai unsur aparatur negara yang bertugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional, jujur, adil, dan merata dalam penyelenggaraan tugas negara, pemerintahan, dan pembangunan.

Rendahnya kinerja birokrasi (PNS) tentu akan mengakibatkan rendahnya kualitas pelayanan publik. Gambaran buruknya birokrasi (kinerja PNS yang rendah) disebabkan kurangnya atau bahkan tidak kompetennya sebagian pejabat struktural di lingkungan pemerintah. Dapat dibayangkan kalau seandainya PNS ini tidak memiliki kompetensi, akan berakibat atau berpengaruh terhadap pelayanan kepada masyarakat, misanya pelayanan menjadi lambat, bekerja asal-asalan, tidak maksimal, tidak efisien dan hasilnya tidak sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditentukan.

Untuk mewujudkan SDM aparatur (PNS) yang profesional dan berkompetensi, sebenarnya pemerintah sudah mengupayakan berbagai program dan kegiatan, seperti melakukan reformasi birokrasi, berbagai Diklat dalam jabatan, berbagai Diklat fungsional, berbagai Diklat teknis, workshop, seminar dan kegiatan ilmiah lainnya. Tapi mengapa PNS masih banyak yang tidak memiliki kompetensi? Bagaimana cara yang efektif untuk meningkatkan kapabilitas dan kompetensi PNS?

Upaya mewujudkan reformasi birokrasi dan meningkatkan kapabilitas serta kompetensi PNS dapat dilakukan melalui cara berikut:
1. Penataan kembali kelembagaan/organisasi, Sumber Daya Manusia Aparatur dan tatalaksana (manajemen) pemerintahan dengan ukuran yang pas (right sizing) sesuai dengan tujuan, urgensi/kepentingan, visi dan misi yang diemban;
2. Peningkatan kapasitas dan kapabilitas para birokrat (PNS) dalam perumusan kebijakan, pemberian pelayanan dan pemberdayaan masyarakat. Peningkatan kapasitas dan kapabilitas atau kompetensi PNS diupayakan dengan cara :
a. Pendidikan Formal, yakni dengan penugasan para PNS untuk mengikuti jenjang pendidikan tinggi S1, S2, dan S3, serta pemberian ijin belajar jenjang S1, S2, dan S3;
b. Pendidikan dan Pelatihan Jabatan yang dipersyaratkan, yakni Diklatpim Tingkat IV, Diklatpim Tingkat III, Diklatpim Tingkat II, dan Diklatpim Tingkat I;
c. Pendidikan dan Pelatihan Fungsional bagi PNS yang dipersiapkan untuk menduduki jabatan fungsional;
d. Pendidikan dan Pelatihan Teknis, untuk memenuhi kebutuhan keahlian para PNS di bidang teknis tertentu;
3. Pemberian kemampuan melalui pengalaman (Tour of duty) para PNS.
4. Perbaikan sistem tatakelola (manajemen) urusan pemerintahan dan pelayanan masyarakat dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.
5. Perbaikan sistem reward and punishment. Sistem reward dengan menerapkan equal work for equal pay atau pemberian gaji yang layak sesuai dengan tingkat kedudukannya dalam organisasi. Pemberian hukuman bagi yang melakukan pelanggaran sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.
6. Perbaikan etika dan moralitas PNS sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korp dan Kode Etik PNS, dan meningkatkan pengawasan (pengawasan internal, pengawasan eksternal, pengawasan masyarakat).

Lenere Virtual Office kuningan epicentrum WWW.LENERE.COM

Frequently Asked Questions (FAQs)
1. Q: Virtual Office itu apa sih gan?
A:“A virtual office is a combination of off-site live communication and address services that allow users to reduce traditional office costs while maintaining business professionalism.”

Wikipedia “A business that offered a receptionist, office services and a conference room for consultants or sole proprietors who did not have their own locations. They paid a monthly service fee to use the phone and mailing address for their own needs and met with customers in the conference room to present a professional appearance”


Yang dimana definisinya adalah: Virtual Office adalah kantor yang dapat dimiliki (disewa), dimana pada kantor tersebut tersedia fasilitas kantor layaknya kantor secara umum, beroperasi seperti layaknya kantor biasa yang memiliki resepsionis, staff, office boy, dll. Virtual Office yang baik, seharusnya berada pada lokasi yang prestisius seperti pada area Central Business District (CBD), yang dimana di Jakarta salah satunya adalah daerah Kuningan. Dengan letak yang prestisius, tentunya akan mendongkrak nama perusahaan anda sehingga menjadi lebih bonafit dimata klien anda.

"Virtual Office merupakan sebuah jasa yang memberikan sebuah alamat kantor yang memungkinkan anda untuk menggunakan alamat kantor tersebut sebagai alamat dan keperluan bisnis anda.”
Virtual Office bertujuan untuk mereduksi pengeluaran business owner, dengan cara mereduksi beban sewa tanah/ruko/gedung/listrik/air, mereduksi pengeluaran dengan tidak mempekerjakan banyak staff (resepsionis, admin, office boy, etc).


2. Q: Apakah menyewa Virtual Office itu legal?
A:Menyewa virtual office 100% legal gan, namun diwajibkan untuk bayar surat domisili gedung , dan juga surat domisili dari kelurahan , serta untuk klien yang mendaftarkan PT baru, sudah tentu akan dipandu dalam pendiriannnya [/B]
3. Q: Apa saja keuntungan menyewa Virtual Office?
A: Berikut keuntungannya:
1. Harga yang sangat murah
2. Memiliki alamat kantor yang bonafit
3. Jasa resepsionis untuk melayani tamu anda
4. Ruang meeting
5. Bekerja efisien dengan hanya sedikit orang
6. Tidak ada expense/pengeluaran atas air,listrik,telepon dll
7. Mudah di maintain
8. Bisa bekerja dimanapun (rumah, ranjang, luar kota,dll)
Bagaimana gan? tertarik dengan konsep smart office dengan memiliki Virtual Office? Apabila anda tertarik dengan Virtual Office, silahkan klik link tentang Lenere Virtual Office disini http://www.kaskus.co.id/post/51429db...75b4c77600000e

 Tips Meningkatkan Kapabilitas dan Keahlian Seorang PNS

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita emoticon-I Love Indonesia (S) semua akan dunia bisnis
 Tips Meningkatkan Kapabilitas dan Keahlian Seorang PNS