alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52499bc5a3cb17225e000007/mengenang-resimen-tjakrabirawa-pasukan-elite-pengawal-soekarno
Mengenang Resimen Tjakrabirawa, pasukan elite pengawal Soekarno
Mengenang Resimen Tjakrabirawa, pasukan elite pengawal Soekarno

Senin, 30 September 2013 01:02:00
"Kepada semua anggauta Tjakrabirawa!"

Tahukah kamu untuk apa Tjakrabirawa diadakan?
Setialah kepada tugasmu!
Aku melimpahkan kepercayaan penuh kepadamu!

Presiden/Panglima Tertinggimu

Soekarno
Jakarta 5 Oktober 1962

Itulah pesan Presiden Soekarno kepada segenap anggota Resimen Tjakrabirawa. Pasukan elite yang baru dibentuk 6 Juni 1962. Tepat di hari ulang tahun Bung Karno ke-61. Tjakrabirawa dibentuk khusus untuk mengawal keselamatan Soekarno dan keluarganya.

Personelnya dipilih dari pasukan terbaik empat angkatan. Angkatan Darat mengirimkan Batalyon Banteng Raiders, Angkatan Laut mengirim Korps Komando Operasi (KKO), Angkatan Udara mengirim Pasukan Gerak Tjepat (PGT) dan Polisi mengirim Resimen Pelopor.

Seluruh anggotanya wajib punya kemampuan terjun payung dan pernah memiliki pengalaman perang gerilya. Soekarno sendiri yang memilih nama Tjakrabirawa, dari senjata sakti milik Batara Kresna. Semboyannya 'Dirgayu Satyawira' berarti pasukan setia berumur panjang. Soekarno juga yang mendesain baju dan perlengkapan pasukan pengawalnya.

Pembentukan Tjakrabirawa dinilai perlu oleh menteri pertahanan saat itu Jenderal Nasution. Sebabnya percobaan pembunuhan pada Presiden Soekarno terus terjadi. Mulai dari serangan pesawat oleh Daniel Maukar, penggranatan di Makassar dan Cikini, hingga penembakan saat Salat Idul Adha di istana.

Awalnya Soekarno menolak. Dia merasa pengawalan Detasemen Kawal Pribadi (DKP) yang berkekuatan belasan polisi istimewa ini sudah cukup. Namun para pimpinan tentara berhasil mendesak Soekarno untuk membentuk sebuah pasukan elite pengawal presiden.

"Pada hari kelahiranku di tahun 1962, dibentuklah pasukan Tjakrabirawa. Satu pasukan khusus dengan kekuatan 3.000 orang yang berasal dari keempat angkatan bersenjata. Tugas pasukan Tjakrabirawa adalah melindungi presiden," kata Soekarno dalam biografinya yang ditulis Cindy Adams.

Menurut Soekarno , tugas Tjakrabirawa tak cuma mengawal. Ada juga yang menyediakan grup band dan menghibur dirinya. Mereka juga bertugas mencicipi makanan sebelum disantap oleh Soekarno .

Diakuinya juga, Tjakrabirawa menjaganya rapat. Mereka selalu mengamankan gerak-gerik Soekarno . Awalnya Soekarno merasa kagok juga, tapi dia lalu terbiasa.

"Satu-satunya yang yang tidak dapat dijaga oleh Tjakrabirawa adalah kesehatanku. Aku punya satu ginjal yang membatu," canda Soekarno .

Ajudan senior presiden, Kolonel Sabur menjadi komandan pertama Resimen Tjakrabirawa. Pangkatnya dinaikkan menjadi brigadir jenderal. Sementara Kolonel Maulwi Saelan menjadi wakilnya.

Wakil Komandan Tjakrabirawa Kolonel (Purn) Maulwi Saelan yang ditemui merdeka.com menjelaskan Soekarno sangat dekat dengan para pengawalnya. Soekarno hapal dengan anggota Tjakrabirawa yang biasa bertugas di sampingnya.

"Bung Karno itu sangat egaliter. Saya pernah berdebat dengannya, sampai mukanya merah padam karena marah. Beliau lalu masuk kamar. Beberapa saat kemudian beliau panggil saya. Saya tegang, wah mau dipecat saya, pikir saya. Ternyata Bung Karno bilang, Saelan, kamu yang benar. Luar biasa beliau mau mengakui dirinya salah, padahal berdebat dengan bawahan," puji Saelan.

Sayang, tak seperti harapan Soekarno , Tjakrabirawa tak berumur panjang. Sebagian kecil pasukan elite ini kemudian terlibat penculikan para jenderal dalam peristiwa G30S. Tak semua terlibat, hanya sekitar 60 orang di bawah pimpinan Letkol Untung yang mengikuti aksi itu. Namun semua terkena imbasnya.

Umur resimen Tjakrabirawa hanya seumur jagung. Dibubarkan jenderal Soeharto di senjakala kekuasaan Soekarno yang makin meredup. Seperti kata pepatah, karena nila setitik hancur susu sebelanga.

Usai pembubaran Tjakrabirawa, arah dan kisah sejarah Indonesia memulai babak baru. Mulai dari pembantaian para pelaku penculikan hingga orang-orang yang dianggap komunis. Babak baru sejarah Indonesia yang harus melalui stempel Orde Baru.

http://www.merdeka.com/peristiwa/men...-soekarno.html

seumur jagung pasukan pengawal kepresidenan ini dan pembubaran pasukan ini juga menjadi bagian dari awal babak baru Indonesia dibawah jendral Soeharto.
cikal bakal Paspamres saat ini emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By darmazie
cikal bakal Paspamres saat ini emoticon-Big Grin


emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
klo gw perhatiin pas lewat dpn istana yg ada pos kecil gw Liat warna seragam paspampres kayana sama deh ma yg dipake Tjakrabirawa warna Krem gtu
CMIIW y Bro
emang keren gan paspampres. apalagi yg naik motorsport yamaha itu... gayanya macam biker...

nyumbang video..

youtube-thumbnail
jadi teringat temen baik babe , dia dah meniggal 5 taon lalu.
dia kadang2 omong2/kongkow sama babe tentant pengalamannya di Tjakra, dan tentang Soekarno, diman dia "yakin" Soekarno di "kerjain" sama penerusnya.

seingat gua, dia itu akhirnya dimutasi deh, ketempat lebih bawah dari kerjaan di Tjakra....:|, he enjoyed his job until retired. sayang waktu 5 taon lalu dia meninggal karena heart attack.


gua juga sering dengen cerita2 nostalgia/gila dia bersama temen2nya..
kita(bonyok dan anak2) berkunjung mostly tiap minggu sekali, namanya temen baik emoticon-Big Grin

dia org Bali, makanya dulu sering ke Bali emoticon-Big Grin tiap taon waktu dulu naek mobil babe (hehe Kijang tiada duanya) rame2. was fun utk gua, dimana banyak pengalaman dan kenangan yang tak terlupakan

^^^
Pertanyaanya pasukan tjakrabirawa yg tidak ikut G 30 s, setelah dibubarkan dikemanakan, dikembalikan ke angkatannya masing2??
Quote:Original Posted By littlesophie24
^^^
Pertanyaanya pasukan tjakrabirawa yg tidak ikut G 30 s, setelah dibubarkan dikemanakan, dikembalikan ke angkatannya masing2??


dikembalikan ke satuan masing masing, banyak diantaranya yang harus melalui screening (dalam tahanan), sebagian besar mentok karirnya.....

Sejarah adalah politik masa lalu

Spoiler for they are:
Mengenang Resimen Tjakrabirawa, pasukan elite pengawal Soekarno Mengenang Resimen Tjakrabirawa, pasukan elite pengawal Soekarno Mengenang Resimen Tjakrabirawa, pasukan elite pengawal Soekarno Mengenang Resimen Tjakrabirawa, pasukan elite pengawal Soekarno
Quote:Original Posted By irengmbutheng
[SPOILER=they are]
bla bla


ini bukan cakra deh sepertinya...., siliwangi mungkin, senjata cakra ga kaya gitu....
Quote:Original Posted By raisa_farizza
dikembalikan ke satuan masing masing, banyak diantaranya yang harus melalui screening (dalam tahanan), sebagian besar mentok karirnya.....


sebagian lagi ada yg selamat meniti karir di kemiliteran sampai purna tugas. Pak lik dulu jaga di istana Bogor sebagai danton kavaleri. Waktu pemakaman 7 jenderal panser beliau yg angkut peti jenasah jenderal Ahmad Yani.

Karirnya sempat lama mentok di kolonel sebelum kemudian ditugaskan sebagai Kapusjankav (sekarang Kapussenkav). Pensiun bintang 2 tapi tetap ga punya rumah pribadi, walaupun pernah jadi Sekjen salah satu departemen emoticon-army
Quote:Original Posted By irengmbutheng
Spoiler for they are:
Mengenang Resimen Tjakrabirawa, pasukan elite pengawal Soekarno

Yang ini campur2 senjata Lee Enfieldnya. Dr satuan mana neh? Pdhal taun segitu mah rata2 pasukan udah pegang Garand.
Quote:Original Posted By cheeseekau


sebagian lagi ada yg selamat meniti karir di kemiliteran sampai purna tugas. Pak lik dulu jaga di istana Bogor sebagai danton kavaleri. Waktu pemakaman 7 jenderal panser beliau yg angkut peti jenasah jenderal Ahmad Yani.

Karirnya sempat lama mentok di kolonel sebelum kemudian ditugaskan sebagai Kapusjankav (sekarang Kapussenkav). Pensiun bintang 2 tapi tetap ga punya rumah pribadi, walaupun pernah jadi Sekjen salah satu departemen emoticon-army


eyang saya dibuang ke papua (beruntung karena ga perlu masuk tahanan) pensiun kolonel (temen temen seangkatan rata rata bintang, ada yang bintang empat) itu pun setelah ikut operasi sampai masih turun di timor timur...

pernah baca dimana tapi lupa yang hampir tembak tembakan ama rpkad di lanud yang katanya pak sarwo edi udah dibidik tapi ga ditembak gara gara pake baret merah yang mencolok itu pasukan cakrabirawa bukan ya?
Quote:Original Posted By awanpeteng

pernah baca dimana tapi lupa yang hampir tembak tembakan ama rpkad di lanud yang katanya pak sarwo edi udah dibidik tapi ga ditembak gara gara pake baret merah yang mencolok itu pasukan cakrabirawa bukan ya?


di halim? yang mustang dibocorin bannya ?
Quote:Original Posted By awanpeteng

pernah baca dimana tapi lupa yang hampir tembak tembakan ama rpkad di lanud yang katanya pak sarwo edi udah dibidik tapi ga ditembak gara gara pake baret merah yang mencolok itu pasukan cakrabirawa bukan ya?


yang di lanud udah tembak tembakan, tapi bukan sama cakra, sama Benteng Raiders, ada korban dari RPK....cakra sendiri stay di istana kecuali yang ikut G30, yang tembak tembakan dipisah ama PGT...
Quote:Original Posted By raisa_farizza


ini bukan cakra deh sepertinya...., siliwangi mungkin, senjata cakra ga kaya gitu....


yup...tapi siliwangi juga bukan...I believe they were Menpor Polri
marilah kita mengheningkan cipta untuk semua anak bangsa yg telah berjasa kepada negeri ini...
Quote:Original Posted By kabei


di halim? yang mustang dibocorin bannya ?


yang waktu sarwo edhie datang dari arah klender naik panser,..dah di bidik salah satu danton BR ( Banteng Riders ) yg kemudian di batalkan karena beliau kenal baik dan sangat segan kepada pak edhie,..akhirnya ajudan yg berdiri di samping yg di sikat...

plus 2 orang pengawal dari TNI AU juga gugur di sikat RPKAD....

sejarah yg kelam.....