alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5245683bbecb17f90d000008/mantan-pangkostrad-djaja-suparman-divonis-4-tahun-penjara
Mantan Pangkostrad Djaja Suparman Divonis 4 Tahun Penjara
Quote:Metrotvnews.com, Sidoarjo: Mantan Pangkostrad Letjen (Purn) Djaja Suparman dijatuhi hukuman empat tahun penjara atas kasus korupsi ruilslag tanah Kodam V Brawijaya senilai Rp17,6 miliar.

Vonis tersebut dijatuhkan oleh majelis hakim Pengadilan Militer Tinggi Surabaya di Jalan Raya Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, setelah melalui proses persidangan yang berlangsung sekitar 12 jam, dan berakhir Kamis (26/9) pukul 24.00 WIB.

Jenderal bintang tiga itu dinyatakan secara sah dan meyakinkan melakukan korupsi dalam ruislag tanah milik Kodam V Brawijaya. Selain menjatuhkan vonis empat tahun penjara, majelis hakim yang diketuai Letjen TNI Hidayat Manao itu juga menjatuhkan denda Rp30 juta subsider tiga bulan penjara.

Selain itu, Mantan Pangkostrad juga diwajibkan membayar uang pengganti Rp13,4 miliar atau pidana pengganti enam bulan penjara.

Dalam persidangan terungkap, tanah yang diruislag hingga menyebabkan terjadi korupsi adalah tanah milik Kodam V Brawijaya seluas 8,8 hektare di Dukuh Menanggal, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya, senilai Rp17,6 miliar.

Saat korupsi terjadi, terdakwa menjabat sebagai Pangdam V Brawijaya pada 1997-1998. Tanah tersebut digunakan untuk pembangunan tol simpang susun Waru-Tanjung Perak.

Dari dana hasil ruislag senilai Rp17,6 miliar itu, Rp4 miliar di antaranya digunakan terdakwa untuk menambah aset kodam melalui pembangunan gedung dan pembelian tanah di Pasuruan. Sementara sisanya senilai Rp13 miliar diduga digunakan untuk kepentingan pribadi.

Terkait vonis yang dijatuhkan tim majelis hakim, Djaja bersikeras menyatakan dirinya tak bersalah. Oleh karena itu ia menyatakan tidak menerima putusan majelis hakim yang lebih berat dari tuntutan oditur militer. Sebelumnya, oditur militer menuntut Djaja divonis tiga tahun penjara. “Saya akan mengajukan banding,” kata Djaja.


Sumber: http://www.metrotvnews.com/metronews...-Tahun-Penjara
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

mantan Pangdam dan Pangkostrad kena kasus korupsi..emoticon-I Love Kaskus (S)

btw dia suaminya bu Connie Rahakundini kan ya?? emoticon-Bingung (S)
Ancur bgt ya denda belasan milyar subsider 6 bulan penjara doang.
Jendral rakus kayak gini yg bikin negara hancur. Harusnya seumur hidup aja. Jasanya jg gak ada.
Quote:Original Posted By dellealpi82
Ancur bgt ya denda belasan milyar subsider 6 bulan penjara doang.
Jendral rakus kayak gini yg bikin negara hancur. Harusnya seumur hidup aja. Jasanya jg gak ada.


husss rakus rakus gitu gitu pensiunan Letjend lho.. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By nylekamin


husss rakus rakus gitu gitu pensiunan Letjend lho.. emoticon-Big Grin


semua warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum gan...

http://www.tribunnews.com/nasional/2...di-depan-hukum
Quote:Original Posted By pecotot


semua warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum gan...

http://www.tribunnews.com/nasional/2...di-depan-hukum


amiiinnnnn ya Rabb...emoticon-I Love Indonesia (S)
Pengen tau yg ngerti hukum mohon pencerahan. Ini vonis hakimnya kok aneh ya. Biasanya kerugian negara dlm hal ini 13 miliar bukanya harusnya disita dr terdakwa atau dilakukan penyitaan atas aset terdakwa senilai 13 miliar jika tidak ada lg aset negara dan kerugian negara blom terpenuhi seluruhnya maka ditambah kurungan yg 6 bulan itu ya. Ini hakimnya alpa atau wartawannya yg gak lengkap britainnya.

Klo gak disita ya bener kayak agan di atas. Enak bener gak bayar 13 miliar kerugian negara cuma ganti 6 bulan penjara.....klo gitu semua pada mau dunk korupsi miliaran cuma dihikum 6 bulan sama porsinya dg maling ayam emoticon-Nohope Maling ayam masih plus tonjokan ama sabetan kopel lg di kantor Polisi emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By nylekamin


husss rakus rakus gitu gitu pensiunan Letjend lho.. emoticon-Big Grin


Justru karena dia pensiunan letjend kerusakannya lebih parah.
Apa yg mau dibanggakan emang? Ikutan perang gede aj gk pernah. Yang ada ngerusak bangsa.
Quote:Original Posted By tedyimoet
Pengen tau yg ngerti hukum mohon pencerahan. Ini vonis hakimnya kok aneh ya. Biasanya kerugian negara dlm hal ini 13 miliar bukanya harusnya disita dr terdakwa atau dilakukan penyitaan atas aset terdakwa senilai 13 miliar jika tidak ada lg aset negara dan kerugian negara blom terpenuhi seluruhnya maka ditambah kurungan yg 6 bulan itu ya. Ini hakimnya alpa atau wartawannya yg gak lengkap britainnya.

Klo gak disita ya bener kayak agan di atas. Enak bener gak bayar 13 miliar kerugian negara cuma ganti 6 bulan penjara.....klo gitu semua pada mau dunk korupsi miliaran cuma dihikum 6 bulan sama porsinya dg maling ayam emoticon-Nohope Maling ayam masih plus tonjokan ama sabetan kopel lg di kantor Polisi emoticon-Big Grin


tergantung tuntutan jaksanya mas.dalam hal ini oditur militer.hakim ga boleh memutus melebihi atau diluar yg dimintakan.mungkin memang ga dimintakan terpidana buat ganti kerugian negara
Quote:Original Posted By dellealpi82


Justru karena dia pensiunan letjend kerusakannya lebih parah.
Apa yg mau dibanggakan emang? Ikutan perang gede aj gk pernah. Yang ada ngerusak bangsa.


emang lo tau gan..perang itu gimanaa??????? sinetron addicted yeee...emoticon-Ngakak
pangkat gedhe kelakuan nyelenehemoticon-Cape d... (S)
ga kaget kok........ bnyk modus kaya gini dari pangkat bawah sampe atas.
bahkan untuk naik pangkat pun yg dilihat bkn prestasi,tp duit ke atasan yg disetor. walaupun lu pinter tp klo ga bisa diajak "kompromi" ga bisa naik pangkat/jabatan.

bahkan masalah agama bisa jadi perbedaan dalam naik pangkat.(serius ini)
dl yang sering diembat kan dana ASABRI itu.... klo ga uang lauk pauk.
Quote:Original Posted By gearbox23
ga kaget kok........ bnyk modus kaya gini dari pangkat bawah sampe atas.
bahkan untuk naik pangkat pun yg dilihat bkn prestasi,tp duit ke atasan yg disetor. walaupun lu pinter tp klo ga bisa diajak "kompromi" ga bisa naik pangkat/jabatan.

bahkan masalah agama bisa jadi perbedaan dalam naik pangkat.(serius ini)
dl yang sering diembat kan dana ASABRI itu.... klo ga uang lauk pauk.


setuju banget sama yang ini... dan bokap ane merasakannya... emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By farizwiranegara


tergantung tuntutan jaksanya mas.dalam hal ini oditur militer.hakim ga boleh memutus melebihi atau diluar yg dimintakan.mungkin memang ga dimintakan terpidana buat ganti kerugian negara


Putusan Hakim tidak boleh melebihi tuntutan penggugat itu kalo perkara perdata. Kalo perkara pidana, putusan hakim boleh melebihi tuntutan Penuntut Umum. Contohnya ya di kasus ini. Oditur militer menuntut 3 tahun, putusan hakim 4 tahun.
ini beneran pak Djaja sudah masuk bui 6 bulan ???
dan apa benar nggak mengembalikan kerugian negara ???
ada yang tahu ???
ane kok jd lupa-lupa ingat kasus koperasi di tubuh tni thn kapan tu, hadeh..memori ane kok ya pas lemo.
Vonisnya sebentar banget ya cuma 4 tahun penjara emoticon-Bingung (S)
harus nya sekalian juga turunin pangkat nya jadi PRADA

nangis darah dah emoticon-Ngakak
Yang nggak ketahuan masih banyak gak? tetangga ai ada yang rajin "jualan" solar masih aman-aman aja tukh emoticon-Malu (S)
kalau udah kayak gini masih dpt pensiun gak?
Quote:Original Posted By nylekamin


mantan Pangdam dan Pangkostrad kena kasus korupsi..emoticon-I Love Kaskus (S)

btw dia suaminya bu Connie Rahakundini kan ya?? emoticon-Bingung (S)

Benar, suami dari pengamat militer Indonesia yang pernah menjadi peneliti di INSS (Institute of National Security Studies), Tel Aviv, Israel.
sumber