alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5244ffc63c118ecb58000003/pertus-balik-setuju---tidak
Peringatan! 
PETRUS balik, setuju / tidak?
Agan-agan masih inget gak sama Petrus (Penembak Misterius) yang booming banget di masa orde baru? Kalau gak inget, silahkan nyimak dulu artikel ini...

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Petrus sebenarnya adalah singkatan dari Penembak Misterius. Tahun 1980-an. Ketika itu, ratusan residivis, khususnya di Jakarta dan Jawa Tengah, mati ditembak. Pelakunya tak jelas dan tak pernah tertangkap, karena itu muncul istilah “petrus”, penembak misterius.

Tahun 1983 saja tercatat 532 orang tewas, 367 orang di antaranya tewas akibat luka tembakan. Tahun 1984 ada 107 orang tewas, di antaranya 15 orang tewas ditembak. Tahun 1985 tercatat 74 orang tewas, 28 di antaranya tewas ditembak. Para korban Petrus sendiri saat ditemukan masyarakat dalam kondisi tangan dan lehernya terikat. Kebanyakan korban juga dimasukkan ke dalam karung yang ditinggal di pinggir jalan, di depan rumah, dibuang ke sungai, laut, hutan dan kebun. Pola pengambilan para korban kebanyakan diculik oleh orang tak dikenal dan dijemput aparat keamanan.

Sebagian besar korban para petrus adalah preman-preman kelas teri yang biasanya menjadi pemalak, perampok, dan Bromocorah atau mereka yang dianggap melawan peraturan kekuasaan rezim soeharto. Mereka lebih dikenal dengan sebutan Gali. Petrus biasanya mengambil para pemuda yang dianggap sebagai preman. Meraka biasanya dibawa dengan mobil jeep gelap dan dibawa ke tempat yang jauh dari keramaian. setelah itu mereka dibunuh dan mayatnya dibiarkan tergeletak begitu saja. Pada masa itu, para preman menjadi sangat takut untuk keluar rumah.

Dari data yang diterima, petrus berawal dari operasi penanggulangan kejahatan di Jakarta. Pada tahun 1982, Soeharto memberikan penghargaan kepada Kapolda Metro Jaya Mayjen Pol Anton Soedjarwo atas keberhasilan membongkar perampokan yang meresahkan masyarakat.

Para korban petrus sendiri saat ditemukan masyarakat dalam kondisi tangan dan lehernya terikat. Kebanyakan korban juga dimasukan ke dalam karung yang ditinggal di pinggir jalan, di depan rumah, dibuang ke sungai, laut, hutan dan kebun. Pola pengambilan para korban kebanyakan diculik oleh orang tak dikenal dan dijemput aparat keamanan. Tercatat ada 11 provinsi yang menerapkan petrus, seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Bali, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur.

Spoiler for Gambar:


Gaya pembasmian kejahatan ala pendekar-penumpas-kejahatan ini pada awalnya memang disambut dengan gegap gempita oleh masyarakat pada era kekuasaan Orde Baru yang dipimpin oleh Soeharto, atas alasan keresahan yang dialami oleh masyarakat dengan naik drastisnya tingkat kejahatan, khususnya di kota-kota besar Indonesia.

Penembakan misterius juga merupakan bukti dari penggunaan kekuatan militer dalam mengatur peri kehidupan masyarakat. Militer, sebagai pemegang kekuatan bersenjata, dengan giat dan ligat menumpas orang-orang (yang dicurigai) sebagai pelaku kejahatan. Uniknya, seperti yang terjadi dalam cerita Bunyi Hujan di atas Genting dan Grhhh, ciri khusus pelaku kejahatan yang salah satunya dijadikan acuan adalah ciri yang kini bolehlah disebut dangkal: tubuh bertato. Bahkan pemuda bukan preman tapi mempunyai tato di badanya kadang juga sering menjadi incaran para petrus. Maka tak heran jka pada masa itu, Rumah sakit kewalahan menerima para pemuda yang ingin menghapus tato mereka.

Mungkin memang benar bahwa kebanyakan pelaku kejahatan (kecil) adalah orang-orang yang bertato. Tapi apa semua orang bertato adalah penjahat? Sepertinya dari titik peristiwa ini pula semakin kuat citra stereotipikal tentang tato yang beredar di masyarakat luas.

Yang menarik dan harus diperhatikan dari penumpasan kejahatan gaya Batman ini adalah bahwa, dari sekitar 10.000 korban yang bergelimpangan akibat timah panas petrus, dapat dikatakan semuanya adalah pelaku kejahatan ‘kecil’. Mereka adalah orang-orang yang dicurigai sebagai perampok, pencuri, preman, bandar judi, dsb, bahkan banyak sekali yang ternyata sudah menyandang gelar ‘mantan penjahat’. Lagipula, belum pernah ada terdengar seorang anggota DPR yang korup menjadi korban petrus.

Hingga sekarang tidak ada pengakuan resmi dari pemerintah . Dan bahkan kasus ini seakan hilang begitu saja seiring dengan lengsernya kekuasaan Soeharto.

sumber dimari Tapi aye udah edit dikit biar gampang nangkep maksunya emoticon-I Love Indonesia (S)
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Nah, sekarang kan lagi rame tuh kalo kabarnya salah satu capres yang dulu sempet jadi orang kepercayaan si "pemimpin operasi" ini (agan pasti tau lah emoticon-Malu (S) ) bakalan nerapin hal yang sama buat basmi kejahatan di jalanan seandainya terpilih jadi presiden nanti.

Menurut aye PETRUS ini buruk karena buat kita sama kayak binatang! No Law! No judgement! Melanggar HAM berat! Dan rawan sekali di salah gunakan! Tapi... gak bisa di pungkiri kalo cara ini terbukti efisien buat menekan angka kriminalitas, bahkan gembelpun lenyap! emoticon-Cape d... (S)

Kalau pendapat agan-agan dimari (di thread aye) banyakan yang dukung ni PETRUS balik lagi. Alasannya sih kurang lebih sama ya.. buat ngurangin tingkat kriminalitas
Spoiler for contohnya:


Tapi ada juga yang gak setuju dengan alasan mirip kayak aye
Spoiler for contohnya:


Apapun pilihan agan-agan di komeng, pilsemoticon-No Sara Please emoticon-Jangan ribut disini

Sorry buat yang gak setuju ama pendapat aye(beda kepala beda pikiran kan?!) Jadi plis jangan kasih emoticon-Blue Guy Bata (L) aye kan cuma kasih pendapat. Tapi kalo emoticon-Blue Guy Cendol (L) aye ngarep banget dah! emoticon-Ngakak
kalau mnrt gw, asal hukum bnr2 ditegakan pada koruptor, bandar narkoba, perusuh udh cukup sih. Kasian stdknya sejahat2ny org, kk mati ya hrus dikubur dgn layak.
klo emang Petrus dihidupkan kembali dan mengincar orang2 yg bertatto,ane bakalan menyelamatkan Chantal Della Concetta,Olla Ramlan,Poppi Bunga,Poppi Sofia dan Fahrani emoticon-Genit
Quote:Original Posted By smartladies
kalau mnrt gw, asal hukum bnr2 ditegakan pada koruptor, bandar narkoba, perusuh udh cukup sih. Kasian stdknya sejahat2ny org, kk mati ya hrus dikubur dgn layak.

dicari : siapa yang bisa menegakkan hukum di Indonesia.

Quote:Original Posted By rokokopimik
klo emang Petrus dihidupkan kembali dan mengincar orang2 yg bertatto,ane bakalan menyelamatkan Chantal Della Concetta,Olla Ramlan,Poppi Bunga,Poppi Sofia dan Fahrani emoticon-Genit


nikita mirzani gak sekalian bro ?? emoticon-Big Grin
kalau koruptor dipetruskan ane setuju gan
tp petrus jg bisa jd blunder, tar banyak yg jadi pembunuh bayaran nyamar jd petrus nembakin musuh dr orang yg bayar . bagaimana itu solusinya gan?
cmiiw
Quote:Original Posted By mukelu

dicari : siapa yang bisa menegakkan hukum di Indonesia.



nah ini tantangannya, aplg kl tersangkanya dr penegak hukum itu sndr. Berharap wlw blm terlihat harapan emoticon-Mewek
Quote:Original Posted By smartladies
kalau mnrt gw, asal hukum bnr2 ditegakan pada koruptor, bandar narkoba, perusuh udh cukup sih. Kasian stdknya sejahat2ny org, kk mati ya hrus dikubur dgn layak.


Jadi agan intinya gak setuju kayak aye kan?! emoticon-Malu (S)
Sejahat-jahatnya orang menurut aye juga gak boleh sampe di bunuh sadis gitu juga... Tapi kalo gda shock terapi kayak gini tu penjahat2 kayak udah kebal sama "dinginnya penjara". Jadi ditangkep-diadilin-dipenjara-keluar-ditangkep lagi dan seterusnya.. emoticon-Bingung (S)
barusan baca di bpln ada p*l1c* takut ama rampok -_- , korban dikejar dan udah kena tusukan di lengan, parah kan ??

berasa ga punya pelindung ini negara ....

gw berharap Militer / TNI bisa masuk lagi sebagai pengaman , kayak dulu ABRI masuk Desa ....

Petrus di adain , ntar juga lama" kriminalitas dari preman pasti turun ....

klo mo punya duit KERJA WOI , BUKAN MALAKIN ORANG YANG UDAH KERJA !!!! emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S)
Quote:Original Posted By rokokopimik
klo emang Petrus dihidupkan kembali dan mengincar orang2 yg bertatto,ane bakalan menyelamatkan Chantal Della Concetta,Olla Ramlan,Poppi Bunga,Poppi Sofia dan Fahrani emoticon-Genit



Jiaahh... si agan... emoticon-Ngakak

hidupkan aja dah ngga ada takutnya penjahat2 sekarang.
disebelah sampe brownies aja ngga berani.
http://www.kaskus.co.id/thread/5244f...-nolong-warga/ emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By mr.rightspeech
barusan baca di bpln ada p*l1c* takut ama rampok -_- , korban dikejar dan udah kena tusukan di lengan, parah kan ??

berasa ga punya pelindung ini negara ....

gw berharap Militer / TNI bisa masuk lagi sebagai pengaman , kayak dulu ABRI masuk Desa ....

Petrus di adain , ntar juga lama" kriminalitas dari preman pasti turun ....

klo mo punya duit KERJA WOI , BUKAN MALAKIN ORANG YANG UDAH KERJA !!!! emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S)


Jadi agan setuju nih sama pembangkitan PETRUS? emoticon-Takut
Aye sih enggak.. serem tau kalo orang di bunuh misterius gitu.. terus banyak juga yang salah sasaran emoticon-Cape d... (S)

Lagian apa gunanya hukum kalo ada PETRUS?
Judulnya saja misterius, serba rahasia & rawan penyalahgunaan.

Kalau mau membarantas penjahat, lakukan secara terang2an! Publik harus tau siapa & mengapa seseorang harus dihukum mati!

Itu situs2 radikal semacam Arrahmah yg terang2an mengajarkan terorisme saja dibiarkan.

PERTUS balik, setuju / tidak?

PERTUS balik, setuju / tidak?
KALO JADI FILM:

BATMAN

Quote:Original Posted By sekwilda
hidupkan aja dah ngga ada takutnya penjahat2 sekarang.
disebelah sampe brownies aja ngga berani.
http://www.kaskus.co.id/thread/5244f...-nolong-warga/ emoticon-Ngakak


Bener sih, tapi coba agan pikir... sejahat-jahatnya manusia, pantes gak sih di bunuh tanpa di adili dulu? Apalagi dibunuhnya sadis gan.. emoticon-Takut
tempat pembuangan body2nya.. kalau jalan ke gn. halimun tuh dari leuwiliang..
Quote:Original Posted By victim.of.brick
Judulnya saja misterius, serba rahasia & rawan penyalahgunaan.

Kalau mau membarantas penjahat, lakukan secara terang2an! Publik harus tau siapa & mengapa seseorang harus dihukum mati!

Itu situs2 radikal semacam Arrahmah yg terang2an mengajarkan terorisme saja dibiarkan.

PERTUS balik, setuju / tidak?

PERTUS balik, setuju / tidak?


Setuju ama agan! sejahat apapun orangnya, mereka juga masih punya hak buat di adili secara hukum! Kalu diem-diem gitu kan sama aja kayak main hakim sendiri emoticon-Cape d... (S) Hukum Indonesia jadi cacat kalo gitu emoticon-Cape d... (S)

Lagian PETRUS cuma di berlakukan buat penjahat kelas cere.. Kalo bisa diterapik ke penjahat berdasi mungkin aye bisa pertimbangin lagi emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By omarmawar


Jadi agan setuju nih sama pembangkitan PETRUS? emoticon-Takut
Aye sih enggak.. serem tau kalo orang di bunuh misterius gitu.. terus banyak juga yang salah sasaran emoticon-Cape d... (S)

Lagian apa gunanya hukum kalo ada PETRUS?


asal petrusnya jangan diambil dari kalangan p*l1c* cukup TN* aja emoticon-Smilie

klo salah sasaran sih gw rasa enggak , yang pasti ditebar intel dulu ....

masa langsung maen eksekusi emoticon-Cape d... (S)

tapi klo petrus memang tidak mau diaktifkan dan mau seadil adilnya , itu preman ditangkep yang ngadilin bukan p*l1c* tapi langsung sama warga , gebukin rame" , Hukum Rimba berjalan .....

klo masih ga setuju juga , datengin cuk noris , dijamin langsung jadi anak ayam emoticon-Ngakak

Quote:
Lagian PETRUS cuma di berlakukan buat penjahat kelas cere.. Kalo bisa diterapik ke penjahat berdasi mungkin aye bisa pertimbangin lagi emoticon-Ngakak

justru kelas cere berbahaya , karena mereka yang mengeksekusi ke korban ...
coba keluarga ente ada yg kena ? apa reaksi anda kalo mereka preman ??
, yang berdasi pun juga gitu , karena mereka mengendalikan yang cere tadi itu, sama aja dua"nya harus ilank !!
setuju gan...masa bodo HAM
emoticon-Cool emoticon-Cool
Quote:Original Posted By lpb023
kalau koruptor dipetruskan ane setuju gan
tp petrus jg bisa jd blunder, tar banyak yg jadi pembunuh bayaran nyamar jd petrus nembakin musuh dr orang yg bayar . bagaimana itu solusinya gan?
cmiiw


Wah.. agan mikirnya udah jauh... aye aja belum kepikiran nyampe sono emoticon-Ngakak

Itu juga bisa jadi salah satu alasan buat nolak PETRUS balik...
Tapi kalo berlaku juga buat para koruptor, mungkin aye bisa pertimbangin "kembalinya PETRUS" emoticon-Cool