alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52444e23becb173903000007/pln-akan-hapuskan-subsidi-listrik-gimana-pendapat-agan
PLN Akan Hapuskan Subsidi Listrik, Gimana Pendapat Agan?
PLN Akan Hapuskan Subsidi Listrik, Gimana Pendapat Agan?)

Jakarta, GEO ENERGI - Seiring dengan semakin bertambahnya konsumsi listrik dan juga semakin mahalnya harga energi primer untuk pembangkitan listrik, PT PLN berencana menghapuskan subsidi listrik mulai triwulan terakhir 2013 ini. Rencananya, subsidi listrik yang akan dihapus adalah subsidi listrik untuk empat golongan pelanggan PLN, yaitu pelanggan dengan kategori rumah tangga besar (konsumsi listrik lebih dari 6600 , bisnis besar (swalayan ukuran sedang), bisnis sangat besar (mal), dan kantor pemerintah.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jarman, menyampaikan bahwa subsidi listrik pada dasarnya adalah untuk membantu rakyat yang tidak mampu, sedangkan keempat golongan pelanggan tersebut diatas merupakan golongan yang mampu. “Sesuai dengan undang-undang no 30, subsidi diperuntukkan bagi masyarakat tidak mampu. Sehingga, masyarakat yang mampu, katakanlah golongan bisnis dan rumah tangga besar, harusnya tidak disubsidi,” tegas Jarman dalam suatu siaran TV swasta pada Selasa, 27 Agustus 2013.

Jarman menambahkan, harga primer untuk pembangkitan listrik yang semakin mahal menjadi penyebab utama dihapuskannya subsidi listrik untuk beberapa golongan per Oktober 2013. “Tahun 2003, harga gas hanya USD 2 per MMBTU, sekarang sudah menjadi USD 8 per MMBTU. Batu bara Rp 200.000 / ton, sekarang sudah jauh lebih mahal. Sedangkan kenaikan tarif dasar listrik tidak seberapa, hanya 15 persen,” terang Jarman.

Dalam kesempatan yang sama, hal senada juga diutarakan Direktur Utama PT PLN, Nur Pamudji. Menurut Nur sudah saatnya keempat golongan pelanggan PLN tersebut dikenakan tarif listrik sesuai harga keekonomian, atau disebut dengan adjustment tariff. Sehingga, keempat golongan tersebut akan membayar tarif listrik sesuai dengan harga energi primer pembangkit listrik. "Misal, harga batu bara, minyak dan gas naik, harga keekonomian listrik akan naik. Begitu harga energi primer turun, harga listrik ikut turun," papar Nur.

Nur menambahkan, dari sekitar 51 juta pelanggan PLN, keempat golongan pelanggan yang akan dikenakan adjustment tariff tersebut hanyalah sekitar 500.000 pelanggan, atau kurang dari 1 persen dari total jumlah pelanggan PLN. Namun, keempat golongan tersebut menyedot 14 persen dari total produksi listrik PLN.

Sampai saat ini, rencana penghapusan subsidi dan implementasi adjustment tariff bagi golongan rumah tangga besar, bisnis besar, bisnis sangat besar dan kantor pemerintah masih dalam perencanaan. Jika disetujui pemerintah, adjustment tariff akan berlaku mulai Oktober 2013.

- See more at: http://id.geoenergi.co/read/national.../#.UkRMf9KSAaI

mau bikin website klik http://creathink-digital.com/#!/page_SPLASH
waduh udah bbm yg dicabut . pentil dicabut skr listrik juga mau dicabut ..

mau bgimane nihh idup . pasti makin pada naik n perusahaan banyak yg kolep alhasil banyak pengangguran yg ngisi kaskus ( nyampah ) hufftt
makin susah aja deh hidup di indonesia
kalau mau listrik yang murah, menurut ane harus ada pembangkit listrik yang murah juga gan
seperti jepang dan negara maju lainnya
mungkin PLN perlu mencoba untuk merealisasikan PLTN ya
yg dihapus diatas 6600..
atas gua bararoon amt..

emoticon-Cape d...
kantor pemerentah tuh elu beresin kalo wani emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngacir
Subsidi yg mane dulu dicabut...

Lgian sebelum maen cabut2an subsidi, kinerja pln dah bener ato belum..
emoticon-Mad
Asyik.... Mahasiswa bisa sering sering demo lagi... Nasi bungkus bakal laris manies...
1300 udah ga dapet subsidi kok.

pemerintahan sekarang emang hobi cabutin subsidi.

kinerja pln sendiri juga masih berantakan.
sebenarnya kalau lu perhatiin cara PLN nentuin tarif, udah ada tiga macam subsidi yang diterima masyarakat:

1. kewajiban supply pembangkit listrik
walau harga di luar negeri bagus kaya apapun, ada gas, bbm, atau batubara yang wajib disetor ke PLN.
2. ada kelas-kelas tarif PLN yang makin berat untuk kelas atas dan industri
kalau dijadikan perbandingan kelas rumah tangga biasa sebenarnya bisa dibilang pake tarif yang lebih rendah daripada yang lain.
3. subsidi tarif listrik
ini yang paling kita sering obrolin, ini bikin tarif untuk rumah tangga yang kelas bawah lebih kecil.

pertanyaannya sekarang... apa yang udah kita hasilkan dari mengucurkan duit trilyunan untuk subsidi listrik? sebesar apa kegunaannya buat masyarakat kecil? Ini udah dikasih tripel subsidi loh.

jadi kita liat dengan perbandingan aja, manfaat dan biaya yang dihasilkan dari subsidi listrik. yang kita mau itu kalau udah subsidi trilyunan dampaknya juga terasa buat masyarakat.

kita perlu benahin cara kita pake listrik. kalau listriknya mahal mungkin orang akan lebih pikir2 untuk kasih ijin pake listrik.

jakarta: mallnya parah banget pake listrik.
Waw, emang sih inflasi dll ngaruh, tp apa iya pln kaga ngarti efek domini nya kek apa?

Sbnrnya semua harga itu bs masuk asal kaga dikorup aja kok, beli batubara 10ton jg plg yg dateng cmn 6ton.

Benahi dl lah kinerja intern dl, apa iya udah monopoli rugi molo, ntr kek telkom lg, jaman monopoli triak2 rugi, HP masuk kolaps2 deh
berenti bayar pajak yok.... kendaraan tanah dan bangunan ga usah bayar pajak.
yang dicabut subsidinya yang 6600watt ke atas enih... udah tepat sasaran kalo rencananya emang gitu... kok masih pada sewot si
Hutang nambah,
subsidi dicabut,
pendidikan dan kesehatan masih kacau,
Kota dan desa masih beda jauh.

Koruptor cuma 4tahun doank emoticon-Frown

Parah amat yak

..

Quote:Original Posted By heavenspace
yang dicabut subsidinya yang 6600watt ke atas enih... udah tepat sasaran kalo rencananya emang gitu... kok masih pada sewot si


Ane setuju gan...gpp asal di kaji mana yang akan di cabut,,,
saya juga berfikir bgmn kalo listrik tidak dimonopoli PLN,.
1300 dan 2200 ud ga ad subsidi kan??
Bisa saya bayangkan gimana reaksi masyarakat di luar Jawa kalau pemadaman tanpa jadwal masih sering terjadi setelah subsidi dicabut
emoticon-Hammer2 Sudah sepatutnya dinaikan emoticon-Hammer2

emoticon-Big Grin Kalo memang yang akan dinaikan cuma 4 golongan itu aja sih gak masalah
tapi paling tidak sebelum dinaikan pelayanan harus ditingkatkan terlebih dahulu
masalah pemadaman terutama.

emoticon-Malu
pekan baru saja setiap hari listrik mati belum ada solusinya, cuma mau uang nya aja tapi ga mau perbaiki fasilitas .
kalau masalah harga gas atau batu bara naik, kenapa ga bangun pembangkit geothermal. apa lagi Indonesia dikaruniai sumber panas Bumi yang berlimpah karena banyaknya gunung berapi.