alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52435d6e40cb17a250000002/sack-sirion-auto-community-kaskus---part-1

Thumbs up 
SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS]

WELCOME TO THE HOME BASE OF
SACK
(SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS)


SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS] - Part 1Quote:Thread ini merupakan lanjutan dari thread tempat ngumpul sebelumnya di Tentang DAIHATSU SIRION ngobrol disini nyok!
Dimana TS thread sebelumnya udah gak aktif lagi.

Semoga dengan dibuatnya thread baru ini dapat semakin mempererat tali silaturahmi para pengguna Sirion di Indonesia dan menambah referensi tentang Sirion untuk para calon pengguna Sirion.

SACK terbuka bagi siapa saja baik itu pengguna, calon pengguna maupun mantan pengguna Daihatsu Sirion. Silahkan berbagi tips & trick, pengalaman, keluhan, modifikasi, etc tentang Daihatsu Sirion tentu dengan selalu memegang nilai-nilai kesopanan dan etika.

Di SACK, semua member diperlakukan sama rata dan sama tinggi. Tidak ada Ketua, tidak ada wakil, or whatever...


Best Regards

SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS] - Part 1


ABOUT SIRION
Spoiler for About Sirion:


SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN SIRION DI INDONESIA
Spoiler for Sejarah:

Spoiler for Cara Gabung SIC (SIRION INDONESIA CLUB):

Autolock Thread by Hansip

Thread ini adalah thread lanjutan dari http://www.kaskus.co.id/thread/00000...00000013754958 yang sudah melebihi batas reply.

Terima kasih.
MANUAL BOOK SIRION
Spoiler for Manual Book:


SPESIFIKASI
Spoiler for Spek:


ALL NEW SIRION DELUXE
Spoiler for ANS Deluxe:
tips & trik
Spoiler for tips & trick:

modifikasi & aksesoris
Spoiler for modifikasi & aksesoris:

Members of sack

Quote:JABODETABEK
deepoceanblue | Azhar | B2455DT | Sirion | Grey | jakarta
mwaddicted | DWI | B 1855 VFK | ANS A/T |Icy White| Tangerang-Jakarta
bobbyzz | BOBBY | B 1289 NKI |ANS M/T | White | Tangerang
schoedafunk | DIGDO | B 1287 NKI |ANS A/T 2012 | Icy White | Tangerang
oonbgt | AMIN | |ANS M/T | 2011 | Hitam | Cibubur
Yes.I.4m | ALDY B 1105 SFD |Sirion D 2008 | Abu-Abu Metalik | Bintaro
biru_laut |B 1316 CFS |ANS 2011 | Noble Grey | Tangerang
Chansnowe | CHANDRI | ANS A/T 2012 | Icy White | Graha Raya Bintaro
chronosbudo | IRFAN |B1701KKK [ANS M/T 2011 | Noble Grey | Bekasi
tukangkebon78 | B 14XX SZE |ANS 2012 | Noble Grey | Jakarta – Bogor
dowjoy | Dowfik | B 1917 ZFC |ANS A/T 2012 | Purple | Cibubur
Victhor | Victhor | B 1997 TOI |ANS 2011 | Noble Grey | Jakarta Timur
calichaplin | GHOZALI | B 114 LIF |ANS 2011 | Putih | Djakarta
ddiadi | B 1 XXX |Sirion D A/T 2007 | Hitam | Jakarta-Selatan
VERSCHRICKKELIJ | B 1759 TOZ |ANS M/T 2012 | Icy White | Lebak Bulus Jakarta
dj_jimz | JIMMY | B 1773 BZC | ANS 2012 | Hitam | Jakarta
kaedesoul27 | MADE | B 1303 SKC |Sirion D Smart 2010 | Biru | Pondok Labu Jakarta Selatan
aldolpet | ALDO | A 1088 UI | Sirion Femme A/T | 2010 | Pink | Jaktim
myvipurple | Satrio | B 1200 SZI | ANS 2011 | Ungu | Permata Pamulang, Tangsel
amenity1794 | A 131 3CA |ANS 2012 | Putih | Serang Banten
bargahs25 | B 1789 TOX |ANS STD A/T | White | Kayuputih Jakarta Timur
inov8 | Nabil | B1352PFD |Sirion D 2008 A/T | Biru Metalic | Graha Raya Bintaro
plenoz | B 1283 WFR |ANS Deluxe A/T 2011 | Noble Grey | Depok
Piets | B 1871 ZFD |ANS STD M/T | Midnight Black | Depok
ronald.ekaputra | B 1508 GS | Sirion M 2007 A/T | Merah | Jakarta barat
Fire001 | B 1976 POI |ANS A/T 2012 | icy white | Jakarta
orangjualanaja | MICHAEL | B 1246 BZH | ANS A/T 2012 | Icy White | Jakarta Utara
indraroh0808|indra| B 1635 VFL |ANS A/T 2012|Noble Grey|Graha Raya Bitaro
Hipopotemus29 | Lius Hendra a.k.a Bie | B 13 HNY | ANS | Purple | Jakarta Barat
f1zr_ek | evan | B 1139 BZD | ANS | Putih | JakBar Meruya
Esfan | esfan | B 35 FAN | All New Sirion | hitam | bekasi - cikarang PP on weekdays
stefensinyo | Stefen Sidharta | All New Sirion | Hitam | Jakarta
valovine| Yustine | B 1648 KKR | A/T | Noble Grey | jakarta Utara
Syah611 | Ferdy | B1384EFV | ANS | Black | Depok
danielkinoshi | DANIEL | B 1421 FFA | Sirion D 2008 | Silver Metalik | Depok
rudevimogenheap | DEVI| D 1627 PD | ANS A/T 2011| Mystical Purple | Jakarta-Bandung
sandysugoi | SANDY| B 8687 IO | Sirion M 2009 | Biru | Bekasi
maynamekez| belum dapet plat |ANS A/T |Icy White| Jakarta Timur
Blackzaque | Hendra | B 1025 TOS | ANS A/T 2011 | Hitam | Jakarta Timur
coolcast08 | B 1998 | ANS M/T 2011 | Noble Grey | Jakarta Barat
FunPerson | Reza | B1432BZ* | ANS 2012 | Putih | Jakarta Barat
renzzoman1 | B1338ZFD | ANS 2012 | Icy White | Jakarta
m1ll3n1um | B1501BZL | ANS 2012 | Icy White | Jakarta
mommywerx | Mommy | B 1230 SZN | ANS Deluxe 2012 | Icy White | Jagakarsa, Jakarta Selatan
Lowmillions | B 1138 TZC | ANS 2012 | Black | Jakarta timur
appleguy | rhevano dp | B 1446 WUF | Sirion | Hitam | BSD
JT728 | Jati | B 1622 CFU | ANS M/T 2012 | Icy White | Tangerang
"badboys_125" | Ruly oskar juardo | B.1272.SOG | Sirion Drift 2011 | black metalic | Bintaro-jakarta
ekofebrianto118 | ekofebrianto | b1477nkg | all new sirion | putih | BSD
Droshopstore | Riry | B1575KKT | ANS M/T 2012 | icy white | Jakarta timur – Bekasi
Debhoz | B 1635 TZF | ANS A/T 2012 | Midnight Black | Bekasi - Jakarta Timur
akubukananu| angga| B 1923 KKX| ANS A/T 2012 | icy white | Jakarta timur - Bekasi
motzymotzy | L 38 AR | ANS AT 2012 | Icy White | Jakarta
onmax2/noventino| Noventino | B 1202 POI | ALL New Sirion AT 2012 | PUTIH | BSD
arghaka | Aris | B 1xx6 SZL| ANS AT 2012 | Icy White | Kalibata, Jakarta Selatan
raya19 | taufik adilesmana | B 1901 TOJ | ANS A/T 2011 | ice white | jakarta timur
ranggab | Rangga Bachri | ANS A/T 2012 | ice white | jatisari Bekasi
kuLtheShAx | asrul a.k.a chokie | B 1296 FKF | ANS A/T 2012 | putih | cikarang
derrylicious | derry | B 1958 VFN | ANS M/T 2012 | ice white | tangerang
Quez | Alfin | B 2115 NB | Sirion A/T 2008 | Black | Jakarta Barat
BLUESKYRIDER | rivan | B 1325 TZN | ANS | Icy White | Cibubur, Jakarta
jimz_coolz | Jimmy | B 1580 POX | ANS M/T | 2012 | Grey | Jakarta Pusat
noez92 | B 1120 "BRA" | ANS Deluxe M/T | 2012 | Ivory White | Jakarta Barat
kimtekiloe | Tommy | B 1848 TZQ | ANS A/T | 2012
2163505 | REZA | B 1085 VFM | ANS A/T | 2012 | Black | Tangerang-Jakarta
sk8board88 | Eka | B 1358BZT | ANS 2012 | nobel grey | Tomang
joerkas | Dedy Krismanto | B 1677 NKR | ANS M/T 2012 | purple metalic | tangerang - banten
andrevixioner | Arif S | B 1371 EKD | ANS Deluxe M/T | Icy White | Depok
Chryogenics | ian | ANS M/T 2011 | mystical purple | Bekasi
malikmaliqmaliq | Malik | B 1551 VUE | Sirion M/T 2007 | Silverstone | Bekasi
Herry | herryndut | B 1287 BYA | ANS A/T 2013 | ungu metalik | Puri - Ciledug
Willy | vebezone | B 1152 VFT | ANS A/T 2013 | Milky White | Tangerang
Nino | novalebou | ANS A/T 2013 | Milky white | Jakarta
Abdul | toarship | B 1249 VFS | ANS M/T 2013 | milky white | Pondok Aren Tangerang
sPoNgEbOoBs | Benny | B 1017 CKE | ANS AT | Icy White | Tangerang
gusmantriady | Gusman | F 1525 DU | ANS A/T 2013 | Ungu Metalik | Bogor
Speddy | Gustian | B 1075 UOU | ANS A/T 2012 | Icy White | Kelapa Gading
topkomersil | Kurnia Nur Rahmat | B 1387 TGY | Sirion D 2008 | Abu-abu Metalic | Jakarta


Quote:JAWA BARAT
R.1 | IRFAN | T 1365 AF | ANS M/T 2011 | Noble Grey | Purwakarta
reeze_wind | D 1315 ZI | ANS 2011 | Putih | Bandung – Cirebon
zookside | NEGY | D1257LU |Sirion D 2009 | Hitam | Bandung
papasaurus | IBINK | E 1223 BF |ANS Deluxe 2011 | Putih | Cirebon
ghaijal | RIZAL | E 1399 BF | ANS A/T 2012 | Icy White | Cirebon-Tasik-Bandung
jersey^mania | Deni | E 1208 PL | ANS Putih | Cirebon
Aecpopo | alex | D 911 QQ | ANS (A/T) | Icy White | Bandung
rudevimogenheap | DEVI | D 1627 PD | ANS (A/T) 2011 | Mystical Purple | Bandung
Siraje.geblek | Agil | F xx | ANS D A/T | Putih | Bogor
jayakusuma08 | hartono | E 1426 BH | ANS M/T 2012 | icy white | indramayu -cirebon
ihsan | dodets | D 1547 IRA | ANS M/T 2013 | icy white | Bandung
Budhi Wiliandry | luvdee | D 1041 ZP | ANS A/T 2013 | Icy White | Bandung ( Kope Permai)
tobe | t0be | B 1105 SYM | ANS M/T 2013 | Black | Bandung


Quote:YOGYAKARTA
Imoshy | Yan | B1349FKE | ANS matic 2012 | HItam | jogja


Quote:JAWA TENGAH
upikfii | sirion M 2007 | Hitam | Semarang
hezz | BM 1776 QJ | Sirion D M/T 2008 | Abu-abu | Semarang
warastra.adhi | H 8998 ZR | ANS 2011| putih | semarang
gunawan75 | ARIF GUNAWAN | R 8913 BH | ANS 2011 AT | HITAM | PURWokerto
edm135 | Emil | H 8982 YC | ANS | Putih | Semarang
rakhakusuma| ADI D | AB 1620 SE | Sirion D M/T 2010 | Putih | PURWOKERTO JATENG
mr.archd | Ardhy Widyatmoko | G 2345 | Sirion M 2007 M/T | Merah | Semarang


Quote:JAWA TIMUR
inuyasharema | N 1805 BD | ANS 2011 | Icy White | Malang
echo_darko | Eko Hadi | L1546NQ | Sirion M Sporty 2008 | Grey | Surabaya
whiteANS l erich l L 1514 VV l ANS 2012 l icy white l surabaya
straldin | adhitya putra | N 791 BI | ANS white manual 2013 | Malang
fajar.hz | Fajar Hariz | W 1910 XS | ANS M/T 2013 | Icy White | Sidoarjo; Jatim


Quote:SUMATRA
indra.broxz | INDRA | BE 2358 YF | ANS M/T 2011 | Black | Bandar Lampung
ayura.184 | Ardian | BD *88* AO |ANS M/T 2012 | Icy White | Bengkulu
Yongjay | Jaya | BE 2164 YD | ANS M/T 2011 | Icy White | Bandar Lampung
ndri1006 | andri | BH 1091AE | Sirion D MT 2008 | Grey | Jambi
agazyajalah | andre | BM1480ME | ANS M/T 2011 | icy white | medan
zetroindo | Hartanto | ANS A/T | Icy White | Bengkulu
1991.deri | Deri Aditya N | BG 1083 NA | M/ Sporty | Grey metalik| palembang
1991.deri | Deri Aditya N | BG 1083 NA | M/ Sporty | Grey metalik| palembang
dadone82 | hendri doni | BA 1030 QD | Sirion D M/T 2013 | Sumatera Barat


Quote:KALIMANTAN
chalik16 | CHALIK | DA 7184 ZB |Sirion M/T 2011 | Midnight Black | Batulicin Kal-Sel
batchmania | B3 50 FUN |ANS AT 2011 | Purple | Balikpapan
sideways|adhie | KT 1326 MN |ANS 2012 M/T|white |samarinda
nabil farren | nabil | DA 7206 AR | ANS 2012 M/T | Icy White | Sampit
Gilasenjata | Hendry Ismail | KT 1835 MO | All New Sirion | Putih | Samarinda
bharmonoxs l Bambang l KT1726KY l ANS M/T l Grey l Balikpapan
timelow | randy | KT 1986 KR | ANS M/T 2011 | hitam | Balikpapan
xienwien | DA 8749 AR | ANT M/T 2012 | PUTIH | BANJARMASIN
ekewmarikew/harna rizki/KT 1759 BW/Sirion D 2009/White/Samarinda
sunaji026 | Sun Aji | DA7502AO | Sirion M 2010 | Grey | banjarbaru
iqbalparay | B1027BZN | ANS Deluxe 2012 | Icy White | Palangkaraya KAL-TENG
SiNyoWin | Sinyo | DA 7148 AR | ANS 2012 M/T | Putih | Banjarmasin


Quote:SULAWESI
lukiluke | santok | DD 1079 ID |Sirion M A/T 2009 | Noble Grey | Kendari
milday | mael | DD 815 JR |ANS M/T 2012 | Icy white | Makassar - SulSel
klikman | Marion Widjaya | DB 4484 AP |Sirion Drift 2010 | Black | Manado / SuLuT
boys.dont.cry | Dimaz | DD 1035 XM |ANS M/T 2012 | icy white | Makassar
asatari | asatari | DD365JO | ANS 2011 | Purple | Makassar


Quote:NTT
Kristanto | cizzto | ANS M/T 2013 | ungu metalik | Kupang


Quote:ACEH
Umar Vatriono | uve | BK 1159 IP | ANS M/T 2013 | icy white | Langsa


Quote:MALAYSIA
Rangga | ronggo_sweet | WXU8750 | Myvi EZi 2012 | Solid White | PJ, Selangor, Malaysia

SACK Show Off!

Quote:
R.1
Spoiler for pict ans std ane:

reeze_wind
Spoiler for reeze_windsirion:

deepoceanblue
Spoiler for deepoceanbluesirion:

mwaddicted
Spoiler for masih plat putih:

indra.broxz
Spoiler for pict:

bobbyzz
Spoiler for Bobbyzzsirion!:

schoedafunk
Spoiler for schoedafunksirion!:

oonbgt
Spoiler for oonbgtsirion!:

hezz
Spoiler for bluwek butut:

lukiluke
Spoiler for pict:

Yes.I.4m
Spoiler for Yes.I.4msirion:

Chansnowe
Spoiler for Chansnowe:

jersey^mania
Spoiler for jerseymaniasirion!:

esfan
Spoiler for esfansirion!:

chronosbudo
Spoiler for chronosirion!:

zookside
Spoiler for zooksidesirion!:

Quez
Spoiler for quezsirion!:

upikfii
Spoiler for upikfiisirion!:

kaedesoul27
Spoiler for kaedesoul27sirion!:

chalik16
Spoiler for chalik16sirion!:

dowjoy
Spoiler for Dowjoysirion:

inuyasharema
Spoiler for pict:

batchmania
Spoiler for pic:

papasaurus
Spoiler for papasaurussirion!:

Vichtor
Spoiler for vichtorsirion!:

calichaplin
Spoiler for standar aja:

ddiadi
Spoiler for Sirion:

plenoz
Spoiler for ANS:

adhedirga
Spoiler for My sirion:

ayura.184
Spoiler for BD*88*AO:

myvipurple
Spoiler for pict:

Fire001
Spoiler for pict:

ghaijal
Spoiler for ghaijalsirion:

dj_jimz
Spoiler for pict:

phiets
Spoiler for pict:

nabil farren
Spoiler for mysiri:

inov8
Spoiler for SirionBiru:

indraroh0808
Spoiler for pict:

Gilasenjata
Spoiler for my all new sirion icy white:

danielkinoshi
Spoiler for pict:

rudevimogenheap
Spoiler for pict:

sandysugoi
Spoiler for pict:

Blackzaque
Spoiler for pict:

renzzoman1
Spoiler for pict:

stefensinyo
Spoiler for ijin nampilin ya:

mommywerx
Spoiler for pict:

lowmillions
Spoiler for OON ane di parkiran MKG:

ndri1006
Spoiler for pict:

mommywerx
Spoiler for pict:

appleguy
Spoiler for pict:

JT728
Spoiler for pict:

zetroindo
Spoiler for pict:

raya19
Spoiler for pict:

SACK Show Off

Quote:"badboys_125"
Spoiler for pict:

boys.dont.cry
Spoiler for sirion ane:

mr.archd
Spoiler for si Jago Merah:

sunaji026
Spoiler for pict:

iqbalparay
Spoiler for pict:

motzymotzy
Spoiler for pict:

santow76
Spoiler for pict:

sunputu
Spoiler for penampakan:

Ichal2002
Spoiler for ans ane front & rear:

Spoiler for Pict:

Chryogenics
Spoiler for pict:

malikmaliqmaliq
Spoiler for pict:

uve
Spoiler for "Penampakan":

novalebou
Spoiler for pict:

sPoNgEbOoBs
Spoiler for montok:

How Engine Work by SACKER

Quote:Original Posted By deepoceanblue
mohon masukannya

Bagaimana Mesin Bekerja

untuk mengoptimalkan mesin, kita harus memahami dulu cara kerjanya. Mesin bensin 4 tak memiliki 4 langkah:
suck-squish-bang-blow
SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS] - Part 1
suck = menghisap udara
squish = memadatkan dan mencampurnya dengan bensin dalam perbandingan tertentu
bang = peledakan
blow = pembuangan hasil ledakan

*ini kita bicara khusus mesin saja dulu ya*

mari kita bahas per langkah

suck
langkah ini memasukkan udara ke mesin. darimana sumbernya? udara dari luar mobil dihisap melalui filter udara, throttle body, header ke ruang bakar

squish
disini udara dicampur dengan bensin yg disemprotkan injector. untuk oon, pencampuran diatur melalui ECU mobil untuk mencapai perbandingan stoikometrik ideal 14.64 (udara) :1 (bensin) dimana seluruh komponen dalam pembakaran terbakar habis. perbandingan ini disebut Air Fuel Ratio. Dan rasio inilah yang paling seimbang antara power, fuel economy, dan emisi. bayangkan hubungan ketiga hal ini sebagai suatu segitiga sama sisi yang rapuh. kalau mengoptimalkan salah satu, kedua titik lain akan mengecil. terlalu ditarik, maka segitiganya bisa buyar. kasar nya: untuk hemat, tambahkan rasio udara, tapi kalau kebanyakan ya akan ngempos. untuk power, tambahkan rasio bensin, tapi kalau kebanyakan bisa banjir...

bang
campuran udara-bensin tadi diledakkan dengan busi

blow
hasil pembakaran dibuang melalui exhaust. untuk ngejar efisiensi dan target emisi kadang ada yang disirkulasikan lagi ke ruang bakar untuk diledakkan lagi


Quote:Original Posted By hezz

udah jelas itu prosesnya bro.. emoticon-thumbsup emoticon-Angkat Beer

---
tambahin dikit..
kondisi stokiometri ideal (14.7:1) adalah kondisi rpm idle atau <2000 rpm..
kondisi >2000 rpm stokiometri ideal tsb ga bisa dipake, krn pembakaran jadi terlalu 'kurus' bensin.. hasilnya ga bagus, selain menimbulkan kerak jg bikin panas berlebih di mesin.. simpelnya ga ada tenaga lah..

naa disitu fungsi oksigen sensor.. salah satu parameter ecu utk perintah injektor semprot bensin.. jadi di map ecu pasti ada kondisi utk rpm tertentu, misal 10:1 utk rpm tinggi, 12:1 utk rpm tengah dan 14:1 utk rpm bawah..

ada kemungkinan di O2 sensor jg masalah ndut2an di transmisi manual di rpm rendah.. sensor yg dipake range-nya sempit (0-1 volt) akirnya matrix mapping ecu mungkin ga sesuai atau kurang pas atau emang di-set utk ngejar irit..

trus ttg sirkulasi tahap blow yg dikembalikan ke intake, biasanya utk aplikasi turbo.. klo non turbo ya buang aja langsung.. emoticon-Smilie

*cmiiw* emoticon-Malu (S)


Quote:Original Posted By deepoceanblue
Optimalisasi Mesin

Mesin sebagaimana dikirimkan ke konsumen seringkali belum optimal karena produsen memang harus berkompromi untuk mendapatkan keseimbangan bagi berbagai kebutuhan. banyak faktor yang harus dipertimbangkan: horse power, torsi, keandalan, konsumsi BBM, kemudahan produksi, keamanan, dan harga.
sebagai konsumen, adalah hak kita untuk mengatasi kompromi tersebut sesuai kebutuhan kita. tentu dengan pertimbanga matang-matang dan risiko ditanggung sendiri ya emoticon-Smilie

mari kita coba bahas sesuai dengan langkah kerja mesin

1. SUCK
tahap ini adalah menghisap udara yang jadi reaktan pembakaran di mesin. tanpa udara, mesin ngga akan nyala. premisnya: lebih banyakdan lebih cepat udara masuk, maka mesin akan lebih efisien pembakarannya. bagaimana caranya? udara dimasukkan melalui filter udara, throttle body, dan pipa2 intake... kebanyakan dimainkan disitu.

2. SQUISH
tahap pencampuran udara dan bensin sesuai dengan AFR yang diinginkan. kalau suplai udara sudah diperbanyak, maka ECU akan mengkompensasi dengan suplai bensin yang lebih banyak di tiap titik RPM. kadangkala kemampuan suplai bensin sudah maksimum sehingga harus diimbangi juga emoticon-Smilie *berlaku dua arah ya*

3. BANG
tahap meledakaan AFR tadi. ledakan dimantik melalui... busi. karena itu banyak dimainkan dari segi pengapian dan kelistrikan. dan konversi ledakan ke tenaga emoticon-Big Grin

4. BLOW
pembuangan hasil pembakaran tadi. banyak makan harus banyak juga kan yang dikeluarkan? emoticon-Stick Out Tongue efisiensi exhaust menjadi pilihan banyak orang.

=====

ada masukan dan pertanyaan? hihihi


maap om TS, ane edit ganti poto kopdar perdana Sirioner Tangerang yak emoticon-Big Grin



Spoiler for Kopdar perdana Tangerang:
n gabung.. ane baru beli all new sirion februari kemaren.. ungu metalik.. salam kenal
Quote:Original Posted By hezz
Perilaku eco-driving / mengemudi ekonomis dan hemat bahan bakar seharusnya menjadi pedoman serta acuan kita semua, karena menghasilkan dampak;

1. Menghemat biaya perawatan kendaraan
2. Hemat bahan bakar
3. Lebih berwawasan lingkungan
4. Nyaman bagi penumpang
5. Megurangi stress pengemudi

Ketentuan utama mengemudi ekonomis / eco-driving adalah sebagai berikut;

Pindahkan Transmisi ke Posisi yang Lebih Tinggi Secepat Mungkin
Kendaraan berbahan bakar bensin atau gas perpindahan transmisi dilakukan sebelum 2500 Rpm.
Kendaraan mesin Diesel pemindahan transmisi dilakukan sebelum putaran 2000 Rpm.

note:
bdasarkan pengalaman ane.. utk sirion paling efisien ganti gear di rpm 3200-3500..
kalo di rpm 2500 pasti rpm drop sampe 1500.. efeknya jd ndut2an.. emoticon-Ngacir2


Sedapat Mungkin Pertahankan Kecepatan pada Putaran Ekonomis
Kebanyakan tenaga mesin hanya terpakai untuk akselerasi atau kecepatan tinggi, apabila pengemudi berusaha untuk mempertahankan kecepatan dan putaran ekonomis, maka energi yang terbuang dan boros bahan bakar dapat dikurangi.

note:
hasil riset sementara.. emoticon-Smilie
utk sirion paling efisien jaga putaran mesin di rpm 2100-3500..
rpm >2000 vvt-i mulai bekerja..
rpm >3500 udah mendekati torsi puncak, garis kurva torsi mendekati garis kurva power.. injektor mulai ngocor deres..
lagian gear 5 @3500 rpm udah >120kpj.. emoticon-Big Grin
*cmiiw*


Hindari pengereman dan akselerasi yang tidak perlu.
Pengereman yang tak perlu memboroskan energi, hindari akselerasi yang ekstrim, kecuali keadaan terpaksa, antisipasi kondisi lalu lintas dan tidak mengikuti mobil lain terlalu dekat dapat menghemat bahan bakar 5 - 10%.

Antisipasi Arus Lalu Lintas
Antisipasi tersebut mencakup;
1. Lalu lintas di depan kendaraan kita.
2. Lalu lintas arah berlawanan.
3. Lalu lintas di persimpangan.
4. Mendahului dan mundur

Untuk itu pengemudi harus;
1. Memandang kedepan sejauh mungkin.
2. Kosentrasi.
3. Mengerem dengan cermat.
4. Hati-hati dengan kendaraan di depan.
5. Jaga jarak.
6. Berusaha sebisanya mempertahankan kecepatan ekonomis.
7. Beradaptasi dengan perubahan situasi.
8. Mengetahui rute perjalanan dan
9. Memperhatikan kerusakan jalan dan kemungkinan kesalahan pengemudi lain.

Meperlambat dengan Lembut
Ketika memperlambat atau menghentikan kendaraan, maka lakukanlah perlambatan dengan lembut dan persneling tetap dalam keadaan masuk.
Untuk lebih menghemat bahan bakar dapat juga dengan menetralkan segera transmisi/menekan pedal kopling bila tenaga mesin untuk pengereman tidak diperlukan lagi, mesin akan secepatnya kembali pada putaran idel dan sisa energi dorong (kinetis) kendaraan dapat dimanfaatkan sampai ke posisi yang diinginkan.

Mengemudi di Tanjakan dan Turunan
Pada jalan mendaki diperlukan tenaga mesin yang lebih besar dibandingkan dengan jalan datar.
Tergantung dari sudut tanjakan yang akan ditempuh, usahakan cara berikut ini;
1. Sesuaikan putaran mesin.
2. Teknik perpindahan transmisi yang tepat dan cermat.
3. Manfaatkan kecepatan kendaraan untuk menempuh tanjakan berikutnya.

Matikan Mesin bila Memungkinkan
Matikan mesin waktu perhentian singkat; pada lintasan jalan kereta api, lampu lalu lintas atau sedang menunggu sesuatu yang berhentinya diperkirakan lebih dari 60 detik.
Ketika menghidupkan mesin kembali jangan tekan pedal gas.

Mengemudi dengan Banyak belokan
Kurangi kecepatan saat mendekati belokan sampai mencapai kecepatan yang sesuai, bila perlu pengurangan kecepatan dilakukan dengan tenaga mesin atau sebisanya tanpa pengereman dan tidak menurunkan transmisi pada posisi yang lebih rendah.
Bila sering melakukan akselerasi dan pengereman mendadak dan putaran mesin tinggi, tidak saja meningkatkan konsumsi bahan bakar dan keausan rem, juga menyebabkan kondisi kurang baik pada pengemudi.

Muatan/Beban
Muatan/beban adalah faktor yang mempengaruhi pemakaian bahan bakar yang utama. Penambahan beban 100 kg pada kendaraan ukuran sedang (1500 kg) akan menaikkan konsumsi bahan bakar sekitar 6 - 7%
Kurangi beban tambahan yang tidak perlu pada kendaraan.

Aerodinamis
Faktor lain yang mempengaruhi pemakaian bahan bakar adalah aerodinamis.
Makin cepat laju kendaraan semakin besar hambatan udara yang ditimbulkan, misalnya pada kecepatan 120km/jam dapat meningkatkan sedikitnya 20% pemakaian bahan bakar.

Tekanan Ban
Memeriksa tekanan ban adalah penting agar hambatan gesek ban dapat dikurangi.
Tekanan yang tidak sesuai misalnya kurang 25% dari spesifikasi dapat meningkatkan tahanan gesek sampai 10% serta memboroskan bahan bakar 2%.
Terlalu rendah tekanan ban juga mempunyai akibat kurang baik pada jarak pengereman.
Untuk memastikan tekanan ban, periksa sedikitnya sekali sebulan.

Servis Berkala
Servis berkala adalah faktor yang sangat penting untuk menghemat bahan bakar, membersihkan saringan udara serta melaksanakan item pekerjaan servis rutin lainnya dengan benar dan diakhiri dengan uji emisi akan dapat membantu Anda untuk menghemat bahan bakar, oleh kerana itu lakukan
pekerjaan servis berkala kendaraan Anda pada bengkel yang Anda percayai.


masi bisa pekiwan gak?
Quote:Original Posted By reeze_wind
masi bisa pekiwan gak?


masi om

Mantep Rumah baru....
Hayo beres-beres... emoticon-2 Jempol
Baek banget ni mimin, diangkut nyampe postingan ke#11... Makasih min. emoticon-2 Jempol
Agan reezewind bangun tidur langsung cek SACK kayanya.... emoticon-Ngakak
owh...pantesan postingan ane gak masyuk2...
rumah baru nih, mga makin rame + banyak ratjun nya emoticon-Smilie

isi data dulu ah
- Nama : ihsan
- Nama id Kaskus : dodets
- Type Sirion : ANS M/T
- Tahun : 2013
- Warna : Icy White
- No Kendaraan : D 1547 IRA
- Domisili : Bandung
- Foto nyusul emoticon-Big Grin

emoticon-Cendol (S)
Quote:Original Posted By dodets
rumah baru nih, mga makin rame + banyak ratjun nya emoticon-Smilie

isi data dulu ah
- Nama : ihsan
- Nama id Kaskus : dodets
- Type Sirion : ANS M/T
- Tahun : 2013
- Warna : Icy White
- No Kendaraan : D 1547 IRA
- Domisili : Bandung
- Foto nyusul emoticon-Big Grin

emoticon-Cendol (S)


Racun sih udah banyak beredar gan, tinggal siapin aja modalnya. emoticon-Ngakak
Biasa servis dimana gan kalo di Bandung? Ane biasanya di Astra Biz Center
Quote:Original Posted By R.1


Racun sih udah banyak beredar gan, tinggal siapin aja modalnya. emoticon-Ngakak
Biasa servis dimana gan kalo di Bandung? Ane biasanya di Astra Biz Center


nunggu ratjun yg ga bikin kantong jebol gan emoticon-Malu (S)

ane di tunas daihatsu soekarnohatta gan
Ikut nimbrung ah....^^
×