alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5242ecacf7ca17760f000002/warga-indonesia-religius-tetapi-tingkat-korupsi-tidak-turun
Warga Indonesia Religius, tetapi Tingkat Korupsi Tidak Turun
http://nasional.kompas.com/read/2013...upsi.Tak.Turun

Warga Indonesia Religius, tetapi Tingkat Korupsi Tidak Turun

Quote:Warga Indonesia Religius, tetapi Tingkat Korupsi Tidak Turun

Penulis :
Icha Rastika
Rabu, 25 September 2013 | 15:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Rektor UIN Syarief Hidayatullah Komaruddin Hidayat menilai wajar jika partai yang berbasis agama menjadi semakin surut. Hal tersebut, menurut Komaruddin, terjadi karena partai yang menggunakan simbol agama itu gagal melahirkan negarawan yang berkualitas.

"Kalau partai-partai menggunakan simbol agama tetapi tidak berhasil melahirkan negarawan dan tidak menunjukkan prestasinya, ya wajar saja kalau partai keagamaan semakin surut. Di sisi lain, partai nasionalis juga memiliki sayap agamais," kata Komaruddin di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Rabu (25/9/2013), seusai mengikuti diskusi dengan KPK terkait korupsi politik.

Diskusi tersebut membahas penyebab kegagalan era reformasi demokrasi dalam melahirkan pemimpin yang berkualitas, padahal berbiaya mahal. Komaruddin juga bertanya-tanya mengapa Indonesia yang masyarakatnya religius justru tidak mengalamai penurunan tingkat dalam hal korupsi.

"Sementara itu, di negara sekuler, korupsinya berhasil ditekan," sambungnya.

Menurut Komaruddin, fenomena ini terjadi di Indonesia karena nilai agama belum dijadikan kekuatan utama dalam memberantas tindak pidana korupsi. "Bahwa yang bertugas memberantas korupsi adalah lembaga hukum, ya KPK, polisi, jaksa agung, agama, itu hanya sebagai kekuatan moral, bukan lembaga yang berwenang memberantas korupsi. Paling-paling hanya memberikan dorongan," ungkapnya.

KPK menggelar diskusi dengan sejumlah tokoh mengenai korupsi politik. Diskusi ini merupakan bagian dari upaya pencegahan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh KPK.




Editor : Hindra Liauw


Kalau dalam metode penelitian dan pengujian hipotesis artinya tingkat keberagamaan tidak berkorelasi dengan tingkat korupsi.
emoticon-Paw Assalamu'alaikum emoticon-Paw


siapa sih yang ga kuat nahan goadaan duit gan emoticon-Big Grin


posted by sitoy.51704 emoticon-I Love Kaskus (S)
kalau membaca pernyataan anggota dpr di sini

Quote:"Persoalan moral dan etik lebih tinggi daripada itu (bersih-red)," imbuh anggota komisi hukum DPR itu.

dari trit ini
[Pilih Mana?] Samad Sebut Ruhut Agak Bersih, Ini Kata 'Trio SBY'

seolah-olah banyak petinggi yang beranggapan ga apa-apa korupsi asal rajin Ibadah emoticon-Big Grin
orang memang lebih mudah takut dengan hukum dunia ketimbang hukum di akherat.. bisa jadi juga karena meremehkan Tuhan mereka yg disebut Maha Pengampun... korupsi terus pergi haji.. bangun masjid.. sedekah..emoticon-Embarrassment
orang Indonesia itu religius. Tapi sudah ga takut TUHAN. Bahkan TUHANpun dijual untuk bisa memenangkan suara di partai politik. Luar biasa sekali.

Warga Indonesia Religius, tetapi Tingkat Korupsi Tidak Turun
Quote:Original Posted By kanataqueen
orang memang lebih mudah takut dengan hukum dunia ketimbang hukum di akherat.. bisa jadi juga karena meremehkan Tuhan mereka yg disebut Maha Pengampun... korupsi terus pergi haji.. bangun masjid.. sedekah..emoticon-Embarrassment


Emang gitu khan modusnya, habis korupsi cuci dosa emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By valravn


Emang gitu khan modusnya, habis korupsi cuci dosa emoticon-Embarrassment


atau menurut mereka bisa cuci dosa.. padahal munafikun... terang-terangan berusaha "menipu" Tuhannya.. Innaillahi :norose
mereka2 yg korupsi itu sbnrnya tidak percaya tuhan lg apalagi trhadap azab tuhan d akhirat nanti d saat hari kiamat hari pembalasan.

jd agama skrg hanya d jadikan bungkus saja supaya keliatan lebih baik d dalam kehidupan bermasyarakat.
Quote:Original Posted By terunik
mereka2 yg korupsi itu sbnrnya tidak percaya tuhan lg apalagi trhadap azab tuhan d akhirat nanti d saat hari kiamat hari pembalasan.

jd agama skrg hanya d jadikan bungkus saja supaya keliatan lebih baik d dalam kehidupan bermasyarakat.


dan di Indonesia banyak orang yang *mohon maaf* bodoh yang gampang dikibuli dengan alasan 'surga' dan 'pahala' padahal dikadali untuk kepentingan kelompok tertentu. Efek pendidikan yang rendah di negeri ini.
Quote:Original Posted By kanataqueen


atau menurut mereka bisa cuci dosa.. padahal munafikun... terang-terangan berusaha "menipu" Tuhannya.. Innaillahi :norose


munafik memang cuma mereka yang memegang kekuasaan sekarang
isinya muter2 padahal koruptor dihukum mati dan pembuktian terbalik bisa jadi solusi untuk mengurangi korupsiemoticon-Malu (S)
kesimpulannya: Masyarakat Indonesia itu Munafik emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By wahwibson


munafik memang cuma mereka yang memegang kekuasaan sekarang
isinya muter2 padahal koruptor dihukum mati dan pembuktian terbalik bisa jadi solusi untuk mengurangi korupsiemoticon-Malu (S)



udah berapa kali kita lihat berita truk terguling atau pipa bocor yang dijarah warga? emoticon-Embarrassment



------------------------------


berarti ane juga yak emoticon-Ngakak (S)

Yang fasih bahasa onta aja doyan jajan pusthun sembarangan.
emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By kanataqueen


atau menurut mereka bisa cuci dosa.. padahal munafikun... terang-terangan berusaha "menipu" Tuhannya.. Innaillahi :norose


Mungkin dulu mereka diajarin selagi pahala > dosa pasti masuk surga.
masyarakat kita memang sebagian besar religius hanya pada aspek ritual semata. belum menyentuh hingga ke karakter atau kepribadian manusianya.
itu akibatnya jika menganggap amar ma'ruf nahi munkar cakupannya lebih kecil ketimbang cakupan berpolitik
Quote:Original Posted By valravn


Mungkin dulu mereka diajarin selagi pahala > dosa pasti masuk surga.


anu... tapi... emang kan kyk gitu ajarannya??

*yg jadi masalah adalah kita ga tau kadar pahala dan dosanya.
Agama dijadikan kedok bukan di amalkan secara baik
jadi, buat apa agama?
eh, tapi,
seandainya orang indonesia tdk religius,
tingkat korupsinya pasti lbh ancur2an dibanding sekarang ini, emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By InRealLife


anu... tapi... emang kan kyk gitu ajarannya??

*yg jadi masalah adalah kita ga tau kadar pahala dan dosanya.


Gimana yah, kalau emang kayak gitu ajarannya, gak heran mereka jor-joran cari pahala sebanyak-sebanyak setelah korupsi(haji, bangun masjid, dll)...

*Tapi masa saya salahin agama, khan engga bener juga... emoticon-Ngakak (S)
Banyak kok yang gelarnya haji tp korupsi......