alexa-tracking

Budi Bowoleksono, Calon Dubes RI untuk AS, Korupsi?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5242bb724f6ea19232000001/budi-bowoleksono-calon-dubes-ri-untuk-as-korupsi
Inspiratif 
Budi Bowoleksono, Calon Dubes RI untuk AS, Korupsi?
Budi Bowoleksono, Calon Dubes RI untuk AS, Korupsi?

Banyak berita soal calon Dubes RI ternyata ada juga yang menarik untuk dibahas. Selama ini orang banyak komentar soal Foke yang digadang-gadang jadi Dubes Jerman. Wah pro dan kontra makin berkeliaran di berbagai media. Tapi kali ini saya tidak mau ikut-ikutan bahas soal dia karena di antara sekian banyak calon dubes, ada yang lebih menarik untuk saya komentari. Iya, siapa lagi kalau bukan Budi Bowoleksono, calon dubes RI untuk AS. Menurut pemberitaan, Budi Bowoleksono tengah terjerat kasus korupsi.

Budi Bowoleksono, Calon Dubes RI untuk AS, Korupsi?

Mungkin harus sedikit hitung mundur soal kasus korupsi apa yang menjerat Budi Bowoleksono. Pada tahun 2011 KPK pernah memeriksa Budi sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi anggaran kegiatan di Deplu (sekarang Kemenlu) pada tahun 2004-2005. Sedangkan tersangka kasus ini sendiri adalah Sudjadnan Parnohadiningrat, yang menjabat sebagai Sekjen Kementerian Luar Negeri sebelum Budi. Sudjanan sendiri diduga melakukan penyalahgunaan wewenang terkait dengan sejumlah kegiatan yang dilakukan kementerian dari kurun waktu 2004-2005 ini. Dihitung-hitung, negara sendiri mengalami kerugian sejumlah 18 miliar.

Walaupun diperiksa KPK bersatus sebagai saksi, namun dengan adanya track record bersentuhan dengan kasus korupsi harusnya sih pemerintah bisa berpikir dua kali untuk menggolkan Budi sebagai Dubes AS. Tak melulu soal Budi saja, calon dubes lainnya pun bila terjerat kasus korupsi harusnya sih dianulir saja namanya sebagai seorang duta besar RI.

Mengutip apa kata Tubagus Hasanuddin, politisi dari PDIP, bahwa seorang calon duta besar bukan hanya harus memiliki kompetensi untuk ditempatkan di negara yang dituju, namun juga memiliki integritas bebas dari indikasi korupsi.

Kan bisa jadi hal yang sangat memalukan negara sendiri, bila ada diplomat kita yang masih berurusan dengan KPK karena masalah korupsi yang belum tuntas. Terlebih lagi kemungkinan bakal ada tersangka-tersangka baru mengingat korupsi biasanya dilakukan secara berjamaah. Tak terkecuali untuk Budi Bowoleksono ini. Apa Negara mau ambil resiko andaikata dirinya terbukti terlibat dalam korupsi Deplu pada beberapa tahun yang lalu?

Semoga dicerahkan..

Referensi:
Aktual.co

Ada juga referensi lain gan, walaupun link lama. Cek di sini aja [URL="http://news.detik..com/read/2011/12/08/122043/1786019/10/kpk-periksa-sekjen-kemlu-budi-bowoleksono"]detik..com[/URL]
×