alexa-tracking

37 Sekolah Inklusi Tersebar di Kabupaten Gresik

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5242b6cc8227cf456e000000/37-sekolah-inklusi-tersebar-di-kabupaten-gresik
37 Sekolah Inklusi Tersebar di Kabupaten Gresik
37 Sekolah Inklusi Tersebar di Kabupaten Gresik

GRESIK, Gresikgress.com – Sebanyak 37 Sekolah Inklusi tersebar di wilayah Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Jumlah tersebut tercatat, 5 sekolah di tahun 2009, 16 Sekolah di tahun 2011, dan 16 sekolah pada tahun 2013.

Meski sudah dipersiapkan sejak tahun 2009 silam, Pemerintah Kabupaten Gresik baru mendeklarasikan diri sebagai Kabupaten Inklusi pada 9 September 2013 lalu, setelah mendapatkan founding dari Australia.

Inik Hikmatin, Kepala UPT Recources Center mengatakan, Sekolah inklusi sudah dipersiapkan jauh hari sebelum di deklarasikan pada 9 September lalu. Bertunjuan agar ada kesetaraan pendidikan antara siswa berkebutuhan khusus dengan siswa pada umumnya.

“Dalam sekolah inklusi, Para siswa berkebutuhan khusus dapat bersosialisasi dengan siswa normal lainnya, sehingga akan memacu kreatifitas dan kemandirian siswa berkebutuhan khusus itu sendiri,” ucap Inik Hikmatin, saat menyambut 30 mahasiswa Fakultas Da’wah dan Ilmu Komunikasi IAIN Sunan Ampel Surabaya, yang tengah study banding bersama UPT Recourches Center, Rabu (25/09/13) siang.

Noviana Aini, Koordinator sekaligus Fasilitator Studi Banding mahasiwa IAIN menyatakan, pihaknya ingin mengetahui lebih jauh, terkait perkembangan Pendidikan Inklusi di Kabupaten Gresik.

“Kunjungan kami ke kota Gresik bertujuan ingin belajar lebih dalam, terkait dengan Sekolah Inklusi dan Pendidikan bagi Anak Berkebutahan Khusus,” Kata dosen muda asli Gresik ini.

Menurut Noviana, Konsep Sekolah Inklusi membuatnya terkesan. Sebab, bentuk pendidikan ini membuat anak berkebutuhan khusus (ABK) dan siswa normal, dapat kesempatan belajar bersama dalam satu ruang Pendidikan

Sementara itu, berdasar Permendiknas 12 tahun 2009 dan Perbup 12 tahun 2012, dalam Sekolah Inklusi, terdapat Kelompok Kerja atau Pokja, dan Grand Desain, sebagai daya dukung pencanangan Kabupaten Gresik sebagai Kabupaten Inklusi. Terdapat pula sejumlah persyratan bagi Guru SK GPK (Guru Pembimbing Khusus) yang kini berjumlah 41 guru dengan sertifikat yang ditentukan. [A'am/yad]
Quote:http://gresikgress.com/37-sekolah-in...upaten-gresik/
mantapp, kota Gresikk emoticon-Smilie